California Larang Penjualan Mobil Bensin Baru di Tahun 2035

02/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
California Larang Penjualan Mobil Bensin Baru di Tahun 2035
California menjadi negara bagian pertama di AS yang secara terbuka melarang penjualan mobil bensin baru di tahun 2035 mendatang. Ford setujui kebijakan ini.

California akan menghentikan penjualan mobil baru bermesin bensin pada tahun 2035 sebagai bagian dari perjuangannya melawan perubahan iklim. Langkah yang dibuat ini membuat California menjadi negara bagian pertama yang menetapkan tanggal penghentian penjualan mobil bensin baru.

>>> CEO Baru Ford Menjanjikan Kendaraan yang Lebih Terjangkau

Gambar menunjukan Pabrik Ford

Pabrik perakitan Ford

Didukung oleh Ford

Gubernur California Gavin Newsom mengambil langkah tersebut diabadikan melalui tanda tangannya di kap mobil Ford Mustang Mach-E listrik sebagai peluang ekonomi saat negara bagian tersebut beralih dari produksi mobil bensin baru dan konsumsi bahan bakar fosil. Dia mengatakan 34 perusahaan kendaraan listrik, termasuk Tesla Inc sudah beroperasi di California telah menyumbang sekitar setengah dari penjualan pasar mobil listrik.

"Kesempatan tidak terbatas bagi negara bagian California untuk bersaing," kata Newsom dalam konferensi pers yang disiarkan televisi seperti dikutip dari laman Bloomberg. “Ini adalah industri global besar berikutnya, dan California ingin mendominasinya,” sambungnya.

Sayangnya dalam kebijakan ini hanya Ford Motor Co. yang mengeluarkan pernyataan memuji langkah tersebut. General Motors Co dan Fiat Chrysler Automobiles NV menangguhkan komentar kepada asosiasi perdagangan industri karena diyakini masih lebih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan permintaan konsumen akan kendaraan listrik. 

“Kami setuju dengan Gubernur Newsom bahwa sudah waktunya untuk mengambil tindakan segera untuk mengatasi perubahan iklim,” kata Ford dalam pernyataan resminya. “Itulah mengapa kami bangga berdiri bersama California dalam mencapai pengurangan emisi gas rumah kaca yang berarti di kendaraan kami,” tutup Ford.

>>> Komponen Penting Audio Mobil, Gimana Memilih Amplifier yang Bagus?

Gambar menunjukan Mobil Ford

Tampilan Ford Mustang Mach-E electric

California VS Trump

California, rumah bagi 40 juta penduduk dan ekonomi terbesar kelima di dunia, selama bertahun-tahun telah memaksa pembuat mobil untuk menjual kendaraan tanpa emisi di negara bagian itu atau membeli kredit dari perusahaan yang melakukannya. Negara bagian itu juga telah terlibat dalam pertempuran hukum dengan pemerintah federal atas upaya pemerintahan Trump untuk menurunkan persyaratan jarak tempuh bahan bakar di masa depan untuk mobil bertenaga gas.

Enam pembuat mobil, termasuk Ford, telah secara sukarela setuju untuk mematuhi standar efisiensi California yang lebih tinggi, dan Newsom beranggapan bahwa hal itu adalah bukti bahwa industri otomotif dapat melakukan peralihan.

"Mereka tidak ingin mengalami masa depan dengan udara yang lebih kotor, air yang lebih kotor dan lebih banyak gangguan iklim," katanya, seraya menambahkan bahwa 15 negara telah menetapkan batas waktu untuk menghentikan mobil dengan mesin pembakaran internal secara bertahap. “Jika Anda adalah pabrikan Amerika, bagaimana Anda dapat bersaing secara global kecuali Anda berada dalam bisnis itu?” tutup Newsom.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Elon Musk Ingin Tesla Mendominasi Pasar California

22/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Elon Musk mendesak karyawan melalui email berjudul All hands on deck! untuk membuat dan menjual mobil listrik sebanyak mungkin sebelum 30 September 2020.

Lihat juga

Kontroversial! Meski Dilarang, Tesla Tetap Operasikan Pabrik Produksi di California

12/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Tesla dilaporkan telah membuka kembali kapasitas pabrik produksinya di California dan berhasil hadirkan sekitar 200 unit kendaraan Model Y dan Model 3.

Lihat juga

MINI Cooper S E, Mobil listrik Pertama MINI Terlihat Di Jalanan Los Angeles, California

31/05/2019

Mobil baru

3 menit

Sejak MINI Electric Concept hadir di Frankfurt Motor Show 2017 lalu, sosok MINI Cooper elektrik seakan hilang bak ditelan bumi, hingga akhirnya terlihat di jalanan Los Angeles Amerika dengan nama MINI Cooper S E

Lihat juga

Porsche Taycan Tertangkap Kamera Sedang ‘Makan’ di California

02/07/2018

Mobil baru

Kendaraan listrik pertama dari Porsche, Porsche Taycan, tertangkap kamera sedang melakukan pengisian energi di jalanan Montclair, New Jersey.

Lihat juga
 
back to top