Mobil Listrik Xiaomi Akan Tampil Mewah

25/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Proyek mobil listrik Xiaomi akan dimulai April 2021, dan perusahaan elektronik ini sudah menegaskan jika mereka bakal membuat kendaraan listrik kelas premium.

Kabar bakal kehadiran mobil listrik Xiaomi terus bergulir bak bola salju. Setelah dilaporkan jika perusahaan elektronik asal China ini akan memulai proyek mobil listrik, maka kabar berikutnya yang muncul adalah tentang jenis mobil listrik Xiaomi yang akan segera dikembangkan.

Secara tegas, Lei Jun, CEO Xiaomi menyebut, jika perusahaannya tidak mau masuk ke segmen mobil listrik kelas menengah. Namun perusahaan ini akan mengembangkan satu mobil masa depan yang menawarkan kemewahan serta fitur-fitur premium. Lei Jun sendiri yang menegaskan bakal memimpin proyek mobil Xiaomi tersebut.

>>> Huawei Patenkan Pengisian Daya EV to EV

Akan Jadi Mobil Listrik Mewah

Xiaomi Redmi Car

Xiaomi pernah merilis satu rendering SUV listrik

Dilansir dari Carbuzz, Kamis (25/03/2021), Lei Jun mengungkapkan jika mobil pertama dari Xiaomi akan berjenis high-end EV (Electric Vehicle).

"Mobil listrik pertama Xiaomi akan menjadi EV kelas atas dengan banderol harga premium dan teknologi yang canggih," jelas Lei Jun.

Dirinya secara lebih lanjut juga menuturkan, jika proyek pengembangan mobil listrik Xiaomi akan dimulai April 2021. Menurutnya, Xiaomi juga sudah menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk berkolaborasi menghadirkan mobil masa depan.

Keinginan untuk masuk ke industri otomotif ini, membuat Xiaomi akan langsung berhadapan dengan Apple Car yang juga sedang dalam tahap pengembangan. Tak mengherankan kalau Xiaomi mungkin 'panas' dengan keinginan Apple menghadirkan mobil lsitrik pesaing Tesla. Sebab persaingan antara Xiaomi dan Apple memang sudah terjadi di industri ponsel. Bahkan Xiaomi mendapat julukan 'Apple-nya China'.

>>> Asuka All New XP-10 DSP, Headunit Canggih Buat Xpander dan All New Livina

Huawei Juga Berniat Bangun Mobil Listrik

SUV Xiaomi

Proyek mobil listirk ini akan dimulai bulan depan dan kemungkinan rilis di 2024

>>> Review Volvo XC40 2019: Masa Depan Dunia Otomotif Sudah Hadir

Kabar mengenai Xiaomi yang tertarik membuat mobil sudah terdengar sejak tahun lalu ketika perusahaan ponsel, laptop, dan home appliances ini bekerja sama dengan Lamborghini untuk menawarkan go-kart edisi khusus. Kemudian, Xiaomi juga pernah melempar desain SUV impian mereka yang saat itu sempat membuat heboh industri otomotif.

Namun ternyata bukan cuma Xiaomi yang tertarik membuat mobil listrik. Perusahaan elektornik asal China lainnya, Huawei juga tengah melakukan hal serupa. Namun berbeda dengan Xiaomi yang menyasar segmen mobil listrik kelas atas, maka Huawei lebih memilih mobil listrik dengan pasar yang cukup gemuk. Huawei menargetkan bisa bersaing dengan Volkswagen ID.4, Tesla Model Y, atau Ford Mustang March-E.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top