Review Volvo XC40 2019: Masa Depan Dunia Otomotif Sudah Hadir

06/04/2019

Share this post:

Volvo XC40 2019

Editor rate:

Lihat promo

Dikabarkan dalam waktu dekat ini, Volvo, pabrikan otomotif asal Swedia hendak meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama XC40. Bisa dikatakan, mobil satu ini sudah kental akan nuansa masa depan, mengingat mesinnya yang menggunakan tenaga listrik atau dikenal All-Electric. Sudah menjadi tugas Cintamobil.com untuk mengupas tuntas segala hal tentangnya. Berikut kita simak bersama dalam review Volvo XC40 2019.

Review Volvo XC40 2019: Masa Depan Dunia Otomotif Sudah Hadir
0 Gambar

Pengantar Volvo XC40 2019

Mari kita simak spesifikasi Volvo XC40 2019 di bawah ini.

Review Volvo XC40 2019 – Dalam beberapa tahun belakangan ini, Volvo memang sudah gencar dalam menghadirkan mobil bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya Crossover. Sebut saja, XC90 yang sudah pernah kami ulas sebelumnya serta XC60.

Pengantar Volvo XC40 2019 dikemas dengan bodi SUV Crossover

Sentuhan Crossover benar-benar terasa ketika mengamati bodi sampingnya

Volvo XC40 sendiri memiliki ukuran bodi yang lebih kompak dari kedua model sebelumnya. Menariknya, XC40 adalah satu-satunya model yang sudah menerapkan rangka bodi terbaru yang disebut Compact Modular Architecture (CMA). Rangka bodi ini sudah dikembangkan sejak tahun 2013 lalu dan akhirnya baru bisa diaplikasikan pada Volvo XC40 di tahun 2017.

Sebagai informasi tambahan saja, CMA sendiri adalah teknologi rangka bodi terbaru yang melibatkan kerjasama antara pihak Volvo dan Geely di bawah China Euro Vehicle Technology (CEVT). Dalam hal ini, XC40 adalah perintis pertama yang merasakan teknologi CMA. Diklaim pula, teknologi terbaru ini akan memberi dampak yang fleksibel bagi laju kendaraan, dikarenakan adanya pengaturan khusus antara roda depan dan Pedal Box.

Volvo XC40 2019 hendak menggunakan mesin listrik

Dikabarkan bahwa mesin Full-Electric akan menjadi arah ke depan dari Volvo XC40 2019

Hal tak kalah menarik lainnya adalah penggunaan mesin Full Electric yang tentu saja menjadi bukti bahwa Volvo sudah bergerak maju ke arah masa depan. Rencananya, Volvo XC40 Full-Electric akan dipamerkan dalam waktu dekat ini. Hmmm, rasanya artikel kali ini akan terasa menarik sobat Cintamobil.com. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak review Volvo XC40 2019.

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Volvo XC40 2019

Membahas masalah desain eksterior Volvo XC40 2019, tampilannya terlihat sangat modis dipenuhi nuansa minimalis serta futuristik. Mungkin bagi Anda yang sering mengamati pergerakan dunia otomotif, sudah mengenali sosoknya yang terlihat sangat mirip dengan mobil Concept 40.1 yang diperkenalkan pada tahun 2016 silam.

Review Volvo XC40 2019: Eksterior Depan

Pendapat kami, wajah depannya terlihat lebih kalem dengan Grille bergaris lembut tanpa ada lekuk-lekuk tajam. Sepertinya, Volvo XC40 memang sengaja dirancang untuk tampil ringkas dan serba minimalis. Adapun nuansa modern masih sangat terasa kental berkat pemilihan warna hitam untuk sisi Grille, bemper depan serta tatakan lampu kabut.

Eksterior Depan Volvo XC40 2019 dikemas dengan sangat modis dan minimalis

Wajah depannya dikemas dengan tatanan lembut dan modern berkat lampu LED DRL

Di sisi lain, mobil bernuansa futuristik ini juga diperkuat dengan penggunaan lampu LED Daytime Running Light (DRL). Hal ini yang kiranya sukses menyampaikan esensi masa depan dari fascia depannya. Selaras dengan pengunaan mesinnya yang sudah Full-Electric.

Review Volvo XC40 2019: Eksterior Samping

Tampaknya Volvo juga mengikuti tren otomotif saat ini yang mana tampilan XC40 bukan saja terlihat tangguh ala SUV namun juga agresif mirip Crossover. Hal ini juga ditemukan pada model-model SUV lainnya seperti Honda HR-V, Toyota C-HR dan sejenisnya. Tak heran, minat masyarakat saat ini bukan saja ingin kendaraan SUV yang tampil kokoh saja namun juga memiliki sentuhan agresif ala Crossover.

Eksterior Samping Volvo XC40 2019 dikemas dengan agresif lewat Two-Tone Colours

Sisi sampingnya juga dikemas dengan pelek berdesain sporty nan agresif

Untuk kasus Volvo XC40 2019, aroma Crossover terasa kental pada kaca samping di kursi penumpang yang tampil tajam namun dengan Pillar C yang masih kokoh ala SUV. Hal tersebut juga ditunjang kuat lewat penggunaan Two-Tone Colour pada atapnya sehingga terlihat sporty. Terakhir, adalah desain pelek dirancang agresif dipadu Ground Clearance yang cukup tinggi. Setidaknya, inilah sosok SUV masa depan persembahan Volvo.

Review Volvo XC40 2019: Eksterior Belakang

Sektor buritannya sendiri dikemas dengan Rear Spoiler berukuran minimalis yang semakin memperjelas esensi Crossover pada model ini., Adapun sisi lampu belakang juga dibuat agresif dengan tampilan unik yang sekilas mirip huruf “L” terbalik. Uniknya, Volvo XC40 menggunakan ukuran lampu cukup besar sehingga terlihat lebih atletis daripada saudaranya.

Eksterior Belakang Volvo XC40 2019 dikemas dengan Rear Spoiler berukuran minimalis

Bodi belakangnya juga dibekali lampu berdesain tajam yang siap menjawab kebutuhan penerangan

>>> Informasi menarik lainnya:


Interior Volvo XC40 2019

Memasuki kabinnya, Anda akan dibuat terkesima dengan tatanan yang megah serta futuristik. Pasalnya, kabin interior Volvo XC40 2019 dipersenjatai dengan teknologi mutakhir saat ini yang notabene menonjolkan kesan praktis serta kemudahan dalam berkendara.

Review Volvo XC40 2019: Dashboard

Dashboard-nya sendiri dirancang dengan konsep ergonomis yang mana pengendara dapat dengan mudah menjangkau seluruh tombol dari fitur-fiturnya. Apalagi, Head Unit-nya sudah dikemas dengan ukuran besar di angka 12,3 inci sehingga memberi pantauan lebih luas dan mudah dioperasikan.

Dashboard Volvo XC40 2019 dirancang dengan tatanan ergonomis

Dashboard-nya dikemas sangat elegan dan dipenuhi teknologi modern

Sedikit menyimpang dari lini dashboard, kami juga mengapresiasi cara Volvo mengemas pintu XC40. Perlu diketahui bahwa Volvo menggunakan material 97% plastik daur ulang pada setiap pintunya sehingga memberi sensasi yang berbeda baik dari aspek visual hingga ketika menyentuhnya. Esensi masa depan dalam hal ini juga merambah pada bagaimana Volvo memperhatikan lingkungan dengan menggunakan material daur ulang yang dirancang detail sehingga dapat menjadi hal modern  bagi sebuah SUV.

Review Volvo XC40 2019: Setir

Kemudi setir pun tak luput dari pesona mewah. Bahan yang digunakan pada setirnya terasa elegan dan nyaman digenggam. Belum lagi, fitur praktis seperti tombol pengaturan audio hingga Cruise Control sudah disematkan di kedua sisi sampingnya.

Setir Volvo XC40 2019 menggunakan model tiga palang

Lini setir tak luput dari fitur praktis seperti tombol pengaturan audio

Review Volvo XC40 2019: Kursi

Dengan dimensi bodi yang ringkas, Volvo XC40 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus. Selain menawarkan kelegaan, kursinya juga sudah dibekali bahan kulit berkualitas serta fitur Arm Rest pada bangku belakangnya.

Di negara Inggris, Volvo XC40 tipe R-Design paling laris manis, mengingat trim yang digunakan terasa sangat elegan. Sama halnya ketika mengamati kursinya yang sudah dibalut bahan kulit berkualitas dipadu warna merah Maroon. Namun, Volvo sendiri belum mengkonfirmasi tentang spesifikasi kursi pada versi 2019 di setiap variannya.

Kursi Volvo XC40 2019 dikemas dengan warna merah Maroon

Kursinya sendiri sudah dibalut mewah dan mampu menampung 5 orang

>>> Artikel terkait:

Fitur Volvo XC40 2019

Ada beberapa hal menarik terkait fitur Volvo XC40 2019 baik dari segi keselamatan hingga hiburan. Di segmen ini, Cintamobil.com akan membahasnya lebih rinci.

Review Volvo XC40 2019: Fitur Keselamatan

Paling canggih adalah fitur yang disebut Pilot Assist. Teknologi ini menggunakan konsep Semi-Autonomous Driving yang mampu menjaga jarak dengan pengendara lain di depan. Di sisi lain, Volvo XC40 juga menerapkan teknologi Automatic Emergency Braking yang berfungsi untuk melakukan pengereman mendadak ketika sensor mendeteksi adanya objek di depan Anda baik itu pejalan kaki maupun hewan.

Fitur keselamatan Volvo XC40 2019 juga menawarkan berbagai mode berkendara

Tersediia juga pilihan mode berkendara sesuai gaya berkendara Anda

Adapun dari aspek kemudahan parkir, Volvo XC40 2019 sudah dilengkapi dengan 360 Parking Camera yang memberi pantauan di seluruh sisi mobil. Hal ini tentu saja mempermudah pengendara dalam melakukan proses parkir meski di tempat sempit sekalipun.

Review Volvo XC40 2019: Fitur Hiburan

Aspek hiburan sendiri lebih difokuskan pada panel Head Unit yang disematkan di dashboard. Dari panel tersebut, pengendara dapat mengoperasikan Multimedia dengan kualitas suara yang mumpuni berkat terintegrasinya 1.200W Harman Kardon Stereo. Hal ini menjadi kelebihan spesial bagi mereka yang menikmati berkendara sambil mendengarkan musik. Adapun format yang digunakan terbilang lengkap dan mudah dioperasikan.

Fitur Hiburan Volvo XC40 2019 dirancang dengan fungsi Multimedia yang lengkap

Panel Head Unit-nya sudah didukung audio Harman Kardon Stereo

>>> Bandingkan juga dengan model SUV menarik lainnya di sini

Operasi Volvo XC40 2019

Dari informasi yang didapat oleh tim Cintamobil.com, operasi mesin Volvo XC40 2019 rencananya akan menggunakan basis Full-Electric dan Hybrid. Bahkan, Volvo sendiri mengklaim bahwa kendaraan ini akan siap dipasarkan pada tahun 2020 mendatang. Tentu bisa dibayangkan apabila mobil ini menggunakan basis mesin Full-Electric maka tak dibutuhkan lagi bahan bakar bensin maupun solar. Esensi masa depan inilah yang hendak ditangkap oleh Volvo.

Operasi Mesin Volvo XC40 2019 menawarkan tenaga Hybrid hingga Full Electric

Volvo sudah berjanji akan merilis versi Full Electric dari XC40 di tahun 2019

Untuk versi saat ini, Volvo hanya menghadirkan dua mesin berbahan bakar yakni diesel dan bensin. Tersedia banyak sekali pilihan tenaga mulai dari 154 Bhp hingga 244 Bhp. Di sisi lain, juga tersedia pilihan mode berkendara seperti halnya Front Wheel Drive (FWD) dan All-Wheel Drive (AWD) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan berkendara konsumennya.

Sedangkan dari segi harga Volvo XC40 2019 sepertinya tak akan jauh dari versi saat ini yang dibanderol seharga Rp. 600 jutaan tidak termasuk pajak. Jika mobil ini dirilis di Indonesia, dipastikan akan ada peningkatan biaya tambahan dan diprediksi mencapai Rp. 1 miliar.

>>> Jika Anda ingin tahu model Volvo menarik lainnya, Anda bisa melihat ulasan lengkapnya di sini

Kesimpulan Volvo XC40 2019

Meski rencananya, Volvo XC40 Full-Electric baru akan dipasarkan di tahun 2020 namun tak ada salahnya mengintip segala kelebihan menarik yang ditawarkan pada mobil SUV bergenre Crossover ini. Apalagi pihak Volvo sudah berencana untuk memperkenalkannya lebih dulu kepada masyarakat internasional di pertengahan tahun 2019 ini sebelum akhirnya dipasarkan pada tahun 2020. Dengan adanya mobil satu ini, maka dimulailah era baru dalam dunia otomotif roda empat yakni mobil bertenaga listrik. Bersiaplah menantikan kehadirannya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top