Mengenang Sejarah 50 Tahun Supercar Ikonik V12 Lamborghini Countach

15/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Mengenang Sejarah 50 Tahun Supercar Ikonik V12 Lamborghini Countach
Pameran Geneva Motor Show 1971 menjadi awal kemunculan Lamborghini Countach, model legendaris dengan pintu gunting yang menjadi ciri khas Lamborghini.

1971 menjadi tahun bersejarah bagi Lamborghini Countach. Supercar legendaris yang menjadi tonggak lanskap otomotif Lamborghini ini pertama kali diperkenalkan kepada publik dalam gelaran Geneva Motor Show. Bahkan pintu gunting Countach menjadi ciri khas pabrikan Sant’Agata Bolognese hingga saat ini.

Kemunculan yang menghebohkan

Setelah satu tahun pengembangan yang intensif, prototipe Lamborghini Countach yang diberi nama LP500 diperkenalkan kepada publik dalam gelaran Geneva Motor Show 1971. Selanjutnya tim mekanik Lamborghini menghabiskan tiga tahun menyempurnakan prototipe radikal sehingga menawarkan debut Lamborghini Countach LP400 pada tahun 1974.

mobil klasik Lamborghini Miura berwarna kuning
Countach banyak mengambil bahasa desain dari Lamborghini Miura

>>> 5 Fakta Lamborghini Huracan STO, Versi Hardcore Supercar Italia

Lamborghini sebelumnya sukses menciptakan genre supercar dengan kemunculan Lamborghini Miura. Tampilannya yang edgy dan bergaya futuristik berbeda dengan model lainnya di pasaran. Peluncuran tersebut terbilang sukses, membuat Lamborghini berupaya memenuhi permintaan pelanggan yang membludak.

Insinyur Paolo Stanzani yang bersama Lamborghini sejak 1963 bertugas mengepalai proyek tersebut. Tak bisa disangkal, mode pintu gunting menciptakan kehebohan di masa itu. Style ini merupakan hasil karya dari desainer Marcello Gandini yang legendaris. Bahkan pintu jenis ini terus menjadi ciri khas Lamborghini V12 hingga saat ini.

pintu gunting dari mobil klasik Lamborghini Countach
Model pintu gunting yang digunakan oleh Countach pada peluncurannya

Kode internal LP112 mengacu pada posisi mesin, Longitudinale Posterior dalam bahasa Italia, berarti utara/selatan di bagian belakang mobil. Seperti layaknya Miura, Countach menampilkan mesin V12 4.971 cc, tapi dengan sistem intake yang berbeda dan sistem instrument elektrik yang lebih baik.

>>> Waduh, Kap Mesin Lamborghini Aventador SVJ Bisa Tiba-Tiba Lepas!

Lima seri hingga 1990

Menyusul kesuksesan di pameran Jenewa, Kepala Penguji Lamborghini Kiwi Bob Wallace menggunakan mobil melalui pengujian di jalan raya. Meski membawa mesin V12 4.0L yang lebih ‘rendah hati’ dibandingkan model konsepnya. Inilah yang digunakan pada model produksi dengan keluaran tenaga 375 PS pada tahun 1974.

Lamborghini Countach hitam di film The Cannonball Run
Countach LP400 S dalam film The Cannonball Run (1981)

>>> Aduh, Lamborghini Countach Ini Nyangkut di Pohon

Empat tahun kemudian, model LP400 S diperkenalkan. Mesin mengalami penurunan tenaga menjadi 355 PS, tapi ubahan paling radikal terlihat pada eksterior. Ban Pirelli P7 345/35 R15, ban terluas pada mobil saat itu, digunakan. Bahkan Countach 1979 menjadi bintang dalam film The Cannonball Run yang dibintangi Burt Reynolds dan Jackie Chan.

perayaan Lamborghini Countach 25 Anniversary Edition
Edisi perayaan 25 tahun Countach yang dirilis tahun 1988

Countach mendapatkan lima perubahan, yang terakhir pada 1990. Termasuk edisi khusus Lamborghini Countach 25th Anniversary Edition yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,7 detik serta kecepatan tertinggi 295 km/jam. Eksklusivitasnya tak perlu diragukan. Dengan hanya 1999 unit yang diproduksi selama masa hidupnya.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top