Waduh, Kap Mesin Lamborghini Aventador SVJ Bisa Tiba-Tiba Lepas!

06/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Waduh, Kap Mesin Lamborghini Aventador SVJ Bisa Tiba-Tiba Lepas!
Pihak NHTSA menemukan hasil penelitian jika kap mesin Lamborghini Aventador SVJ Coupe diketahui bisa tiba-tiba copot dan terlempar. Adanya risiko yang membahayakan ini membuat Lamborghini melakukan recall terhadpa model tersebut.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil seperti Lamborghini Aventador SVJ, maka pastinya Anda berharap mendapatkan kendaraan yang sempurna. Sebab dengan banderol belasan miliar, pastilah mobil tersebut sudah dibangun dengan material berkualitas terbaik dan pengecekan yang mendetil.

Tetapi ternyata, semua buatan manusia memang tidak ada yang sempurna. Semahal apapun sebuah barang, pasti ada saja terdeteksi cacat produksi. Tak terkecuali dengan Lamborghini yang melaporkan ada masalah pada sejumlah model Aventador SVJ yang telah mereka produksi.

>>> Ada Potensi Kerusakan, Recall Lamborghini Aventador SVJ Diumumkan

Kap Mesin Bisa Terlepas Saat Mobil Melaju

Recall Lamborghni Aventador SVJ

Baut engsel kap mesin mobil ini bisa tiba-tiba kendur

DIkutip dari Carbuzz, Jumat (05/03/2021), pihak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat (AS) sudah mengeluarkan surat perintah recall (penarikan kembali) terhadap Lamborghini. Sasarannya adalah model Aventador SVJ Coupe yang diproduksi antara 4 Juli 2018 hingga 15 Januari 2021.

Recall terhadap Aventador SVJ ini setelah pihak NHTSA menemukan risiko kap mesin yang bisa tiba-tiba terbuka dan terlepas saat mobil sedang melaju. Berdasarkan hasil penelitian NHTSA, plastik pada engsel kap mesin mobil ini bisa berubah bentuk seiring waktu yang terus menerus terkena panas dari mesin.

Pada kondisi tertentu, sekrup penahan di engsel tersebut dapat kendur dan menyebabkan kap mesin terbuka. Pada skenario terburuk, kap mesin bisa copot dan terpental. Tentunya kondisi ini akan membahayakan pengguna jalan yang lain, apalagi jika saat itu kondisi mobil sedang dipacu dalam kecepatan tinggi di jalan raya.

>>> Bagian Dari Wajah, Inilah Tips Mencuci Kap Mesin Dengan Benar

Semua Pemilik Aventador SVJ Diharapkan Melapor

Lamborghini Aventador SVJ Coupe

Hanya terjadi pada Aventador SVJ Coupe

>>> Spesifikasi Lamborghini Aventador 2013

Meskipun dalam penelititan NHTSA risiko kap mesin yang tiba-tiba copot ini hanya pada produksi tertentu, tetapi Lamborghini menginginkan proses pengecekan dilakukan untuk semua model Aventador SVJ. Sehingga bagi Anda pemilik Aventador SVJ, khususnya yang tipe Coupe bukan Roadster, sebaiknya langsung melapor ke dealer resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Lamborghini mengaku jika mereka mendapat keluhan ini pertama kali dari sebuah dealer di Perancis pada Januari 2021. Namun sampai sata ini tidak ada laporan kecelakaan atau bahkan korban jiwa akibat masalah tersebut. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, Lamborghini telah menambahkan pengunci ulir pada sekrup demi mencegah baut kap mesin terlepas sewaktu-waktu.

Sebagai catatan, ini bukan kali pertama recall Lamborghini Aventador SVJ. Karena tahun lalu, produsen berlambang Banteng ini juga melakukan hal yang sama karena adanya temuan suspensi yang bisa copot sewaktu-waktu.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top