Luhut Harap Mobil Listrik Wuling Lahir di Indonesia Tahun 2022

02/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berharap mobil listrik Wuling bisa mengaspal di Indonesia setidaknya akhir tahun 2022 sehingga masyarakat cepat beralih.

Wuling tampaknya bakal ikut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia. Bicara elektrifikasi, tentu bukan hal baru bagi Wuling. Wuling sendiri sudah memiliki sejumlah lini produk mobil listrik mulai dari E100, E200, E300, hingga Mini EV di China. 

Seiring dengan perkembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, Wuling pun tak ingin ketinggalan. Wuling siap menambahkan investasinya di Tanah Air guna mengembangkan kendaraan elektrifikasi.

mobil listrik

Luhut saat menjajal mobil listrik merek China itu

>>> 'All New' Daihatsu Xenia RWD Bidik Wuling Confero?

Mobil Listrik Wuling Diharap Mengaspal di Indonesia Tahun 2022

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun menyambut baik hal tersebut dan berharap Wuling bisa melahirkan mobil listrik perdananya di Indonesia mulai tahun 2022. 

“Kalau bisa dipasarkan secepatnya, akhir 2022, agar masyarakat bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat,” harap Luhut disela-sela kunjungannya ke pabrik Wuling, Cikarang baru-baru ini seperti dikutip laman Kemenko Marves. 

Adapun agenda Luhut ke pabrik Wuling memang untuk menjalin kerjasama perihal kendaraan listrik termasuk dengan pembangunan infrastrukturnya. Pada kesempatan ini, President Director Wuling Motors Shi Guoyong memaparkan rencana ke depan perkembangan kendaraan listrik Wuling yang saat ini telah dipasarkan di China beserta ragam teknologinya. 

mobil listrik

Wuling diharap bisa melahirkan mobil listrik mulai tahun 2022

Kualitas mobil listrik garapan Wuling di China pun tampaknya tak perlu diragukan lagi. Penjualannya pun tinggi, bahkan menjadi yang pertama di Negeri Tirai Bambu diantara kendaraan listrik lainnya. Sebanyak 200.000 unit mobil listrik Wuling ludes terjual di China sepanjang Januari hingga Juli 2021. 

>>> Ini Dia Tampang SUV Wuling Asta yang Dijual Mulai Rp 153 Juta!

Teknologi Canggih Bakal Disematkan pada Mobil Listrik Wuling

Teknologi yang ada di platform GSEV terdiri dari kendaraan penumpang dan logistik tanpa pengemudi, konektivitasi 5G, serta komputasi awan. Dengan demikian, Wuling sudah memiliki rangkaian produk EV dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut saat menyambangi pabrik Wuling di kawasan Cikarang

"Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia," ungkap Shi Guoyong. 

Luhut dan jajaran menteri lainnya pun berkesempatan untuk menjajal dua kendaraan Wuling yang dihadirkan di pabrik kawasan Cikarang itu. Dipandu oleh Vice President Wuling Motor Indonesia Arif Pramadana, para Menteri dapat merasakan langsung kendaraan listrik Wuling dan mencoba inovasi yang terdapat pada dua kendaraan listrik Wuling, yakni E100 dan Mini EV. 

>>> Wuling Confero Jadi Kendaraan Travel Lintas Sumatra

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top