'All New' Daihatsu Xenia RWD Bidik Wuling Confero?

30/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Artikel ini merupakan pendapat tim Cintamobil.com mengenai 'All New' Daihatsu Xenia yang 'masih' ada varian berpenggerak roda belakang, dengan tetap memperhatikan kondisi pasar dan data yang ada

Desas-desus kuat yang menunjukkan bahwa All New Daihatsu Xenia maupun All New Toyota Avanza akan pakai format penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) memang akan menimbulkan pro dan kontra tersendiri.

Daihatsu DN Multisix 2017

Avanza-Xenia tipe terendah hingga tertinggi semua pakai format FWD

Bagi yang berada di pihak pro, pasti berpikir lebih rasional. Karena bagaimanapun mobil FWD biasanya punya konsumsi BBM yang lebih efisien bila dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang atawa Rear Wheel Drive (RWD).

Geng Sunter Bidik Wuling Confero?

Namun di sisi lain, kami punya pandangan lain. Apakah mungkin 'geng' Sunter dalam hal ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengincar produk lain dari pabrikan tertentu dengan tetap menghadirkan 'All New' Xenia RWD untuk memenuhi kebutuhan tertentu (bisa untuk fleet maupun ekspor).

Wuling Confero S 1.5L 2021

Sekadar informasi, kini seluruh rival dari Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki All-New Ertiga, Nissan New Livina, hingga Renault Triber sudah pakai layout FWD.

Mitsubishi Xpander Sport MT 2021

Xpander sejak lahir sudah pede berpenggerak roda depan

Praktis LMPV yang masih mengusung format RWD hanya tinggal Wuling Confero. Penjualan Wuling Confero juga bisa dikatakan baik, berdasarkan data wholesales Gaikindo di bulan Agustus 2021 contohnya, Confero masih mampu terjual 576 unit.

Sejarah Daihatsu Xenia

Sejak 2004 Xenia sudah menjelma jadi mobil keluarga Indonesia mendampingi Avanza

Memang, masih di bawah Xenia yang mampu diniagakan sebanyak 968 unit di bulan yang sama (Agustus). Tapi tentu kiprah Confero tak bisa dianggap remeh, bahkan untuk kebutuhan usaha, beberapa konsumen telah mempercayakan Confero sebagai 'kuda' penghasil uang mereka.

Eksterior belakang Wuling Confero DB 2021

Produk andalan PT SAIC-GM-Wuling (SGMW) Motors Indonesia ini makin dilirik konsumen

Terbukti, di bulan sebelumnya yakni Juli 2021, penjualan Confero mampu melampaui Xenia. Mobil racikan PT SGMW Motors Indonesia ini di bulan Juli terjual 590 unit. Sementara Xenia hanya bisa terjual lebih sedikit 187 unit dibandingkan Confero, alias ada di angka 403 unit.

Mesin 2NR-VE Daihatsu

Mesin yang digunakan hanya 1.300 untuk fleet dan 1.500 untuk ekspor? Halo PT ADM...

Dari kutipan data tersebut, maka seharusnya tidak heran, jika geng Sunter ingin 'melibas' habis pesaingnya tersebut, dengan tetap menjual Xenia RWD namun 'dibungkus' dengan bodi lawas (desain bodi sama dengan Xenia yang ada saat ini). 

>>> Daihatsu Xenia Kembaran Avanza TNGA Siap Meluncur Akhir Tahun Ini?

Kenapa Harus Penggerak Belakang?

Tentu tak sedikit para fanboys (penggemar fanatik garis keras) yang menyayangkan adanya ubahan layout penggerak dari RWD ke FWD ini. Wajar saja, karena mobil RWD memiliki beragam keunggulan yang tak dimiliki oleh mobil FWD.

Toyota Avanza Transmover 2016

Bukan tidak mungkin Xenia RWD ini 'dilabeli' Avanza Transmover

Seperti lebih mudah saat harus melibas tanjakan pada kondisi permukaan jalan tak rata, dan tentunya punya kaki-kaki depan yang lebih tangguh. Berdasarkan info yang tim Cintamobil.com terima, nantinya masih tetap ada varian RWD di Daihatsu Xenia yang cocok untuk konsumen di daerah.

Masalah Kopling Wuling Confero Nyeplos

Beberapa kasus pedal kopling Wuling Confero 'nyeplos' (enggak balik) jadi masalah tersendiri

Jika benar, Daihatsu Xenia RWD akan jadi rival sejati Confero, apalagi Xenia punya konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari mobil asal Tiongkok tersebut. Serta jangan lupakan durabilitas kaki-kaki, sistem EPS, racksteer, kopling yang lebih enggak gampang rusak, dan tentu hal lainnya yang jauh lebih teruji dibandingkan rivalnya tersebut.

>>> Baca juga: Enggak Suka Toyota Avanza 2022 FWD? Tenang Masih Ada Daihatsu Xenia

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top