Waspada, Bau Mobil Baru Bisa Ganggu Sistem Pernapasan!

31/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Waspada, Bau Mobil Baru Bisa Ganggu Sistem Pernapasan!
Hampir setiap mobil baru mengeluarkan aroma khas yang kurang sedap. Bau mobil baru ini ternyata bisa mengganggu sistem pernapasan bahkan menyebabkan kanker.

Hampir semua mobil baru memiliki bau yang khas. Tapi bau mobil baru tersebut bisa berbeda-beda tergantung model dan mereknya. Bukannya disukai, bau mobil baru justru lebih banyak membuat para pengendara terganggu dan berusaha menghilangkannya. 

Tapi tak sedikit juga pengendara yang tidak masalah akan bau yang ditimbulkan dari mobil baru tersebut. Bau yang tercium di dalam interior mobil baru ini ditimbulkan dari berbagai macam komponen. 

bau dari mobil baru

Hampir semua mobil baru memiliki bau yang sama

>>> Audi Punya Divisi Unik yang Bertugas Menciumi Aroma Mobil

Dapat Membahayakan Kesehatan Penapasan

Mengutip Car From Japan, Jumat (30/10/2020), interior di dalam mobil terbuat dari Polyurethane yang berarti mengandung banyak cat, plastik, dan juga sealant. Semua senyawa organik yang mudah menguap atau biasa disebut Volatile Organic Compounds (VOC) tersebut memiliki peran besar terhadap bau dari mobil baru. 

Senyawa tersebut bisa menguap dengan sendirinya. Saat cuaca sedang panas maka proses penguapan VOC akan semakin meningkat. Bau dari mobil baru yang dihasilkan dari VOC itu berbahaya pada kesehatan manusia, terutama masalah pernapasan. VOC yang dihirup pengendara bisa menyebakan sakit kepala, nyeri tulang, hingga kanker sekalipun. 

bau mobil baru

Tak hanya menganggu, bau dari mobil baru juga mengganggu kesehatan

Kondisi ini akan semakin parah bila si pengendara tak mendapatkan kandungan oksigen yang cukup. Dalam sebuah studi, ada 200 mobil terlibat dari berbagai pabrikan dengan tahun produksi 2011-2012, ada kandungan Cadmium, Klorin, Arsenik, Merkuri, Tin, dan Antimony ditemukan. 

>>> Mobil Jarang DipakaiI? Ini Cara Menghilangkan Bau Apek di Dalam Kabin

Cara Menghilangkannya

Meski begitu, bau mobil baru sebenarnya akan hilang perlahan-lahan. Cara mempercepatnya adalah dengan membuka semua jendela ketika Anda berkendara. Ini akan membuat bau menguap lebih cepat dan lama kelamaan menghilang. 

Namun sekiranya Anda tak kuat dengan aroma mobil baru, maka Anda bisa memilih merek yang menggunakan material dasar lebih baik. Ketimbang menggunakan lem, ada juga yang mengusung air sebagai bahan dasarnya atau menggunakan busa kedelai untuk mengurangi efek bau dari VOC. 

Kemudian untuk menghilangkan bau dari mobil baru, Anda juga bisa memanfaatkan parfum mobil.  Pilihlah parfum yang aman dan tidak menyengat karena dapat membuat mual, bahkan gangguan pernafasan. 

Anda dapat memilih berbagai bahan alami sebagai pewangi kabin mobil, mulai dari biji kopi, kayu manis, atau bahkan lemon. Bukan hanya aman, bahan-bahan ini juga mudah didapatkan dan murah. Bila menggunakan kopi yang dipercaya dapat menetralisir bau. 

>>> Tips Menghilangkan Bau Bensin Di Kabin Mobil

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top