Audi Punya Divisi Unik yang Bertugas Menciumi Aroma Mobil

17/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Siapa sangka bahwa Audi memiliki sebuah divisi unik yang bertugas menciumi aroma bau mobil. Tidak main-main tim ini sudah berdiri sejak tahun 1985 silam.

Pabrikan mobil asal Jerman Audi dikabarkan memiliki sebuah divisi khusus yang dikenal sebagai Nose team atau Tim Hidung yang sudah aktif sejak 30 tahun silam. Divisi ini bekerja menjamin mobil baru Audi bebas dari bau tidak mengenakan.

Sejak tahun 1985, divisi Nose team  dengan tekun bekerja dengan tujuan sederhana yakni memastikan kendaraan Audi tidak mengeluarkan bau tidak sedap di dalam kabin. Sekaligus juga memastikan bahwa kendaraan tidak memiliki bau kimia yang kuat.

>>> Penjualan Mobil Lewat Online Bukan Solusi di Tengah Pandemi Covid-19

Gambar menunjukan Divisi Hidung Audi

Divisi unik ini sudah berusia 30 tahun

Divisi ini bekerja tidak sesederhana menggantung penyegar udara di dalam kabin mobil. Ilmuwan Audi tahu bahwa tidak mungkin memiliki mobil yang bebas bau, jadi alih-alih berusaha menutupi aroma, mereka menjaga agar kabin dari kendaraan Audi memiliki aroma senetral mungkin. 

Salah satu ahli kimia di Audi Bavarian Quality Center, Heiko Lussmann-Geiger yang telah memimpin tim yang terdiri dari 5 orang awal tahun 2000-an menjelaskan bahwa kenyamanan kendaraan sebagai hal yang sangat penting mencatat bahwa bau yang dikeluarkan oleh kendaraan adalah salah satu fitur kenyamanan paling mendasar.

>>> Toyota Indonesia Salurkan Bantuan untuk Masyarakat dan Tenaga Medis

Gambar menjukan Divisi hidung Audi

Divisi Audi Odor Team ini bekerja memastikan interior mobil memiliki Aroma yang senetral mungkin

”Pada puncak piramida ini adalah kesejahteraan konsumen, dan pada bagian bawah piramidanya adalah bau mobil. Jka pelanggan sekarang kesal dengan bau dari mobil, pelanggan tidak akan bisa lagi dengan benar memahami semua sifat kenyamanan positif lainnya dari kendaraan. Dia terlalu jengkel dengan tekanan yang ditimbulkan oleh bau tersebut." ungkapnya.

Tim ini bekerja dengan secara acak menarik mobil dari armada di showroom-showroom Audi setelah lolos dari pemeriksaan awal, hanya untuk memastikan bau baru belum mendominasi sejak kendaraan meninggalkan kontrol kualitas pabrik. 

Sejatinya nama divisi unik ini bukanlah "Tim Hidung," melainkan Audi Odor Team, umumnya disebut juga sebagai "Nose Team," memastikan aroma yang konsisten menyenangkan di kendaraan. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk bergabung ke dalam divisi unik ini?

>>> Cek harga mobil baru yang paling lengkap beserta diskon dan promonya di sini 

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top