6 Keunggulan Mobil China yang Perlu Anda Ketahui

30/10/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Sebelumnya, kami sempat membahas mengenai kelemahan-kelemahan mobil China. Tentu, mobil rakitan Tiongkok ada keunggulannya juga. Berikut 6 di antaranya.

Hadirnya merek-merek mobil asal China membawa alternatif yang segar bagi para konsumen di Indonesia. Mereka menawarkan mobil yang menarik dengan value for money yang baik.

Usia merek seperti Wuling dan DFSK pun sudah tak bisa dibilang muda lagi. Masyarakat Indonesia sudah semakin akrab dengan mobil China, kata tersebut sudah tidak sepenuhnya bermakna negatif.

Memang mobil buatan Negeri Tirai Bambu itu masih belum sempurna, tetapi mereka cukup konsisten untuk berbenah dari tahun ke tahun dengan mobil yang lebih baik. Karena itu, kami akan menyebutkan 6 keunggulan mobil China versi Cintamobil.com.

1. Harga yang Terjangkau

Tak bisa dipungkiri, harga yang terjangkau dibanding rival-rival asal Jepang di segmen yang sama merupakan keunggulan paling utama dari mobil asal Tiongkok. Bahkan, beberapa model perbedaan harganya bisa mencapai lebih dari Rp 50 juta dibanding mobil Jepang.

>>> 10 Kelemahan Mobil China yang Perlu Anda Ketahui

Gambar Wuling Cortez CT

Mempertimbangkan harga dan fitur yang ditawarkan, mobil-mobil asal Tiongkok menawarkan value for money tinggi

Jangan disalahartikan, harga murah bukan berarti murahan. Apalagi dibanding mobil-mobil China saat pertama kali masuk ke Indonesia, Wuling atau DFSK sudah lebih baik secara build quality-nya.

2. Fitur-fitur Menarik

Meski menawarkan harga yang kompetitif, merek-merek China tak pelit dalam menyematkan fitur-fitur menarik ke mobil mereka. Sebut saja sunroof untuk mobil di bawah Rp 300 juta. Anda tak mungkin mendapatkannya di mobil Jepang dengan harga serupa.

Gambar Sunroof Glory 580

Sunroof biasanya hanya ditawarkan pada mobil-mobil dengan harga premium

Belum lagi fitur canggih seperti Advanced Driver Assistance Sysem (ADAS) dan voice command yang sangat mendukung keselamatan berkendara. Semua itu ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif. Berkaitan dengan poin pertama, ini membuat mobil China memiliki value for money yang tinggi.

3. Rating Keselamatan yang Baik

Berkaitan dengan poin yang kami sebutkan sebelumnya, mayoritas mobil asal Tiongkok memiliki rating keselamatan yang baik. Tentu, mobil yang aman bagi Anda sebagai pengemudi dan keluarga merupakan nilai tambah.

4. Berani Garansi dengan Durasi yang Lama

Gambar Garansi DFSK

Merek China termasuk berani dalam memberikan garansi kepada mobil-mobilnya

Meski belum terbukti hingga belasan atau puluhan tahun seperti mesin pada mobil-mobil Jepang. Setidaknya merek-merek China di Indonesia berani memberikan garansi dengan periode yang sangat lama.

Anda bisa lebih tenang untuk menggunakan mobil sehari-hari mengetahui mesin tersebut digaransi hingga lebih dari 5 tahun. Selain itu, keberanian mereka dalam memberi garansi menunjukkan keyakinan bahwa mesin buatan Tiongkok juga tak kalah andal.

>>> Mobil Jepang Mulai Banyak Pakai Fitur Canggih, Gara-gara Wuling-DFSK?

5. Kelegaan Kabin

Jika Anda perhatikan, kebanyakan mobil China memiliki rumah kaca yang besar. Lihat saja Wuling Confero atau Cortez yang jendelanya tergolong tinggi. Artinya, mobil-mobil tersebut menawarkan headroom yang baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.

6. Prospek Masa Depan

Gambar Dealer Flagship Wuling

Menarik untuk melihat prospek mobil China di Indonesia, terutama dengan transisi menuju era elektrifikasi

Memang saat ini sebagian masyarakat masih berada dalam fase mencoba menerima mobil-mobil China. Harga jualnya memang belum sebaik kebanyakan mobil Jepang, tak berarti ke depannya keadaan tersebut akan terus bertahan.

Dengan jaringan dealer dan aftersales yang semakin banyak, kualitas yang terus membaik, tentu nama pabrikan asal China akan semakin baik ke depannya. Mereka pun cukup serius untuk menggarap pasar Indonesia, itu ditandai dengan investasi yang cukup besar untuk merakit mobil secara lokal.

Artinya, prospek merek-merek China di masa depan akan semakin baik seiring bertambahnya model dan peningkatan model-model yang sudah dipasarkan. Perlu diingat bahwa mobil-mobil Jepang sudah beredar di Indonesia dalam waktu yang sangat lama untuk sampai ke tahap saat ini.

>>> 2 Mobil Listrik China Siap Ramaikan Jalanan Indonesia?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top