2 Mobil Listrik China Siap Ramaikan Jalanan Indonesia?

20/09/2021

Mobil baru

2 menit

Kemunculan dua mobil listrik GWM yang terdaftar di laman DJKI mengindikasikan bahwa akan ada pabrikan China terbaru yang siap 'menggelar' dagangan di Indonesia.

Belum lama ini, Ora memperkenalkan mobil listrik terbarunya di Thailand, yaitu Ora Good Cat. Usut punya usut, pabrikan milik Great Wall Motor (GWM) ini memang sudah mendaftarkan model yang hamper sama persis dengan Ora Good Car serta satu model lainnya. Apakah ini pertanda bahwa mobil ini siap dipasarkan di Indonesia?

Mobil listrik Good Cat

Pendaftaran dua mobil GWM tersebut kami dapatkan pada laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Indonesia. Yang pertama ada Ora Good Cat atau dikenal juga dengan nama hao mao di negara asalnya. Produk ini didaftarkan dengan nomor permohonan A00202101879.

permohonan pendaftaran mobil China Ora Good Cat di Indonesia
Permohonan pendaftaran mobil China milik GWM di Indonesia

Mobil ini merupakan edisi terbaru yang baru saja diperkenalkan di Thailand pada hari Selasa, 14 September 2021 lalu. Dimensinya kompak dengan Panjang 4,2 meter, membuatnya menjadi lawan  yang pas untuk Toyota Yaris maupun Honda City Hatcback.

>>> Mobil China Ora Good Cat Siap Rilis di Thailand, Indonesia Kebagian?

mobil listrik Ora Good Cat terbaru di Thailand
Ora Good Cat yang dirilis di Thailand minggu lalu

Tampilannya menggemaskan dengan model yang terasa seperti Porsche dengan lampu depan berbentuk bulat. Ada baterai 59,1 kWh dengan daya jangkau hingga 500 km. Good Cat sendiri memiliki fitur mengemudi otonom serta parkir otonom dengan fungsi memori Artificial Intelligent (AI).

>>> Komparasi Mobil Listrik dan Bensin dalam Perjalanan 1.500 Kilometer

Mobil plug-in hybrid

Sedangkan yang kedua adalah model SUV dengan nomor permohonan A00202101940 serta memiliki tampilan mirip dengan Wey Coffee 01. Mobil plug-in hybrid tersebut ditenagai oleh mesin 2.0 liter bertenaga 200 hp dengan Panjang 4,8 meter. Membuatnya menjadi penantang yang setara dengan Mitsubishi Outlander PHEV.

permohonan pendaftaran mobil listrik Wey Coffee
Pendaftaran mobil hybrid terbaru asal China di Indonesia

Ora Cat dan Way Coffee memang baru saja diperkenalkan di Eropa pada awal September lalu. Bahkan Coffee 01 yang dipasarkan di Eropa sudah mendapatkan Qualcomm Snapdragon 8155 sebagai pusat dari sistem di dalam kabin, termasuk konektivitas Wi-Fi dan 5G.

mobil Wey Coffee 01 berwarna biru
Wey Coffee 01 yang diperkenalkan pada IAA Munich 2021

Tak mengherankan jika GWM mencoba memasukkan mobil ini ke Indonesia. Apalagi dengan sistem pajak berdasarkan emisi atau gas buang membuat harga mobil listrik maupun plug-in hybrid semakin terjangkau. Jika benar, maka GWM akan menjadi pabrikan mobil China ketiga setelah Wuling dan DFSK yang ada di Indonesia.

GWM memang sedang mempersiapkan ekspansi mereka di Asia Tenggara setelah merilis pabrik kedua mereka di Thailand. Dengan banyaknya mobil listrik yang diprediksi masuk ke Indonesia, tak menutup kemungkinan Good Cat maupun Wey Coffee 01 siap diperkenalkan ke Tanah Air. Sayangnya belum ada kepastian kapan Ora maupun Wey ini bakal dirilis di Indonesia.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top