Macan Jadi SUV Perdana Porsche yang Dibekali Listrik

25/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Macan Jadi SUV Perdana Porsche yang Dibekali Listrik
Macan bakal jadi SUV perdana Porsche yang dibekali tenaga listrik. Hal itu diungkap langsung oleh juru bicara Porsche yang terlibat dalam pengembangan Taycan.

Mobil listrik sudah digadang-gadang menjadi kendaraan di masa depan. Untuk itu, sejumlah pabrikan mobil telah menyiapkan lini produksinya untuk menggarap kendaraan tanpa asap tersebut. 

Tak cuma pabrikan massal yang mulai beralih untuk memproduksi mobil bertenaga listrik. Produsen mobil sport ternama asal Jerman Porsche pun turut ambil bagian dalam pengembangan kendaraan listrik. 

>>> Taycan, Mobil Listrik Porsche yang Dikembangkan dari Kertas Kosong

Porsche Macan akan Menyusul Taycan

Porsche belum lama ini mengenalkan mobil listrik perdananya yang disapa Taycan. Taycan merupakan sedan empat pintu yang dibekali tenaga listrik. Meski mengusung tenaga listrik, jati diri Porsche pada Taycan pun tak hilang. 

Porsche Macan

Macan bakal jadi SUV perdana Porsche yang mengusung tenaga listrik

Setelah Taycan, Porsche pun sudah menyiapkan model lain untuk dibekali tenaga listrik yakni SUV andalannya Macan. 

"Macan generasi berikutnya akan hanya full electric dengan menggunakan platform bespoke PPE dan memakai teknologi 800V, akan menjadi SUV pertama bertenaga listrik,"  kata Juru Bicara E-Mobility dan produk Taycan Mayk Wienkötter dalam konferensi pers virtual. 

>>> Porsche Berencana Perkenalkan Macan Bertenaga Listrik dengan Daya 700 Tenaga Kuda

Meski begitu, Porsche tak akan begitu saja meninggalkan Macan versi bensin. Mayk menegaskan, Porsche Macan berbahan bakar konvensional atau ICE (Internal Combution Engine) bakal terus diproduksi. 

"Untuk memenuhi supply dan permintaan seluruh dunia, karena masih ada pasar di dunia yang tinggi permintaan mesin pembakaran dan kami punya pasar berkembang yang sangat inginkan mobil listrik jadi agar suplai dan demand bisa terus seimbang," lanjut Mayk. 

Porsche Macan sendiri terakhir mendapat penyegaran pada tahun 2018 yang dipamerkan di Paris Motor Show dan masuk jalur produksi pada Agustus 2018. 

>>> Optimis! Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 Bakal Digelar 15 Juli

Taycan Cross Turismo Juga Segera Dirilis

Selain Porsche Macan, seperti sudah umum diketahui produsen yang bermarkas di Stuttgart itu rencananya menghadirkan Taycan Cross Turismo pada kuartal pertama tahun 2021 dengan tenaga listriknya. 

Porsche Taycan

Taycan bakal dirilis di Indonesia pada September 2020

Sama seperti model Porsche Taycan lainnya, varian Cross Turismo akan mendapatkan tiga pilihan powertrain dan tiga pilihan model, yakni Turbo S, Turbo, dan 4S. Hampir dipastikan, besaran tenaga dan jarak tempuh Cross Turismo juga tak akan terpaut jauh dibandingkan Taycan normal.

Sebagai pembanding, Taycan Turbo S memiliki tenaga 623 HP (758 HP di mode Overboost) dan torsi 1050 Nm. 623 HP (680 di mode Overboost) dan torsi 850 Nm untuk varian turbo, dan 528 HP untuk varian 4S. 

>>> Pilihan mobil bekas berbagai merk, tipe, dan tahun yang paling lengkap ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top