Taycan, Mobil Listrik Porsche yang Dikembangkan dari Kertas Kosong

24/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Taycan, Mobil Listrik Porsche yang Dikembangkan dari Kertas Kosong
Siapa sangka mobil sport canggih Porsche Taycan pertama kali dikembangkan dari selembar kertas kosong? Ya, awal mula Taycan adalah selembar kertas kosong.

Siapa sangka mobil sport canggih merek Jerman Porsche pertama kali dikembangkan dari selembar kertas kosong? Ya, selembar kertas kosong merupakan awal mula Porsche mengembangkan mobil listrik perdananya Taycan. 

Taycan menambah jajaran kendaraan elektrifikasi dari Porsche yang sebelumnya hanya memiliki Plug-in Hybrid. 

"Saat kami pertama kembangkan Taycan itu pertama kali hanya di atas kertas kosong dan sepakat agar Taycan harus bisa menggambarkan Porsche yang sesungguhnya," ungkap Juru Bicara E-Mobility dan produk Taycan Mayk Wienkötter dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/6/2020). 

Porsche Taycan

 Taycan sudah melalui tes diberbagai medan

>>> Porsche Taycan Siap Mengaspal di Indonesia September Mendatang

Diposisikan di Bawah Panamera

Disampaikan Mayk, Porsche tak ingin membuat mobil listrik yang biasa. Ciri khas Porsche dalam Taycan tak boleh hilang. Oleh karena itu pabrikan asal Jerman tersebut tetap mengutamakan tenaga yang dihasilkan dari sedan listrik itu.

Diklaim Mayk, desain Porsche bisa disukai banyak orang karena sesuai dengan ekspektasi mereka para pencinta mobil-mobil super kencang. 

>>> Mitsubishi Makin Serius Garap Penjualan di Kawasan ASEAN

Mayk juga menegaskan bahwa Taycan tak akan bersaing dengan saudaranya sendiri. Taycan punya segmennya sendiri. 

"Kami melihat segmen yang belum pernah kami isi sambil mempertimbangkan volume dan masih bisa diterima, hingga jatuh pada sedan 4 pintu yang secara volume penjualannya sukses di global sama seperti sedan pintu dua, oleh karena itu kami menempatkan Taycan di bawah Panamera," tegas Mayk. 

Taycan rencananya akan mengisi pasar Indonesia pada September mendatang. Namun bila melihat kondisi infrastruktur di Indonesia rasanya sulit bagi mobil listrik bertenaga baterai bisa sanggup menghadapi hal tersebut. 

Porsche Taycan

Porsche Taycan listrik bisa dicharge di rumah

>>> Biar Nggak Rugi Banyak, Ini Tips Menjual Mobil Saat New Normal

Bisa Dicharge di Rumah

Porsche pun santai menanggapinya. Baterai Taycan bisa dicharge di rumah dengan waktu 8-10 jam hingga penuh 100 persen dengan daya 11 kW. 

Sistem pengisian baterai pada Taycan juga sudah disesuaikan dengan masing-masing negara tempatnya dijual. Dengan begitu konsumen tak akan merasa kesulitan dengan sistem pengecasan nya. 

Porsche Taycan dibekali dengan dua motor listrik yang tersemat di bagian depan dan belakang mobil. Dua motor listrik itu membuat Porsche Taycan mampu menyemburkan tenaga setara 680 PS. Bahkan untuk model Turbo S tenaganya bisa 761 PS. 

Soal harga, rencananya Porsche Taycan bakal dibanderol di kisaran Rp 2,8-2,9 miliar namun masih mungkin berubah tergantung kondisi pada saat nanti diluncurkan. 

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas berharga murah disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top