Komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017, Perlu Upgrade?

24/03/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017, Perlu Upgrade?
Bagi Anda yang sudah memiliki Toyota Agya 2017 apakah perlu untuk ganti ke Agya terbaru? Agar paham simak komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017, Perlu Upgrade?

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Agya 2017 dan Toyota Agya 2020

Apakah perlu jual Agya lama Anda untuk upgrade ke Agya terbaru?

Menjawab tantangan pasar sekaligus sebagai usaha untuk memperkuat eksistensi di kelas mobil LCGC (Low Cost Green Car) 5 penumpang, Toyota Agya mendapat pembaharuan cukup signifikan. Harganya juga naik dari Rp166,1 juta ke Rp169,2 juta. Lantas Bagi Anda yang sudah memiliki Toyota Agya 2017 apakah perlu untuk ganti ke Agya terbaru? Agar paham mari simak komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017, Perlu untuk upgrade?

1. EKSTERIOR

Gambar menunjukkan Toyota Agya 2017

Muka 'Joker' membuat tampilan eksterior Agya 2017 ini terlihat berani

Mengawali ulasan komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017 ini, mari kita lihat dulu tampilan depan dari mobil Toyota Agya TRD-S AT 2017 ini. Begitu mengamati facia depannya Anda akan merasa tampilan depan dari mobil ini cukup menarik, dan juga sporty. Hal ini tentu saja efek dari pemakaian aerokit racikan TRD-S yang terlihat cukup pas untuk mobil ini, meski jika dilihat dari arah depan sepintas mirip dengan joker face pada Toyota Yaris di bumper depannya.

Gambar menunjukkan Toyota New Agya 2020

Lekukan bumper lebih tajam di Agya TRD 2020 membuatnya kesan sporty semakin terkuak

>>> Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty

Sementara tampilan eksterior depan Toyota Agya TRD 2020 kini diubah menjadi lebih sporty dengan lekukan-lekukan tajam yang meyakinkan. Aksen merah pada bumper depan juga makin memperkuat kesan sporty meski harus diakui desain bumper seperti itu membuat hambatan angin menjadi lebih besar. Hal ini senada dengan kelir black chrome pada grill yang membuat tampilannya makin sporty dan agresif.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota New Agya 2020 dan Toyota Agya 2017

Bumper belakang tidak mendapat ubahan bentuk, hanya mika stoplamp terang yang jadi pembeda utama

Pada bagian belakang Toyota Agya sebenarnya tidak terlalu banyak ubahan. Yang paling kentara adalah mika lampu yang dipakai sekarang bermodel transparan sehingga menimbulkan kesan clean dan sporty. Lampu belakang ini menggunakan bohlam full LED (Light Emitting Diode) untuk stoplamp-nya, sementara untuk lampu sein dan lampu mundur tetap pakai bohlam halogen. Untuk menambah kesan sporty di Agya terbaru spoiler belakang dilabur kelir hitam.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota New Agya 2020 dan Toyota Agya 2017

Selain model pelek berbeda side skirt Agya baru juga lebih 'kalem' dari Agya lawas

Meski diameter velg yang digunakan oleh Toyota Agya TRD 2020 dan Agya 2017 ini sama yakni 14 inch dengan ukuran PCD (Pitch Circle Diameter) 4 x 100 dengan lebar 5" dan offset (ET) 45, namun Agya terbaru kini menggunakan side skirt dengan model yang lebih kalem dari Agya 2018 dan terdapat decal sticker yang senada dengan stiker TRD di fender kanan dan kiri mobil. 

>>> Review Dan Test Drive Toyota Agya 1.2 TRD-S AT 2017: Mobil Dalam Kota Dibawa Keluar Kota, Apa Jadinya?

2. INTERIOR

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota New Agya 2020

Head unit touch screen plus pengaturan AC digital membuat Agya TRD 2020 terasa modern

Kalau boleh jujur, sebenarnya layout dasbor maupun interior yang digunakan baik di Toyota Agya terbaru dengan Agya lawas sebenarnya masih sama saja. Bedanya pada Toyota Agya terbaru ini konsol tengahnya menggunakan model floating yang lebih modern. Tentunya penggunaan floating canter console ini bukan tanpa alasan, sebab Toyota Agya TRD 2020 sudah pakai pengaturan AC model digital dan head unit dengan layar sentuh.

Gambar menunjukkan layout interior Toyota Agya 2017

Bahkan bila dibandingkan dengan Agya yang pertama kali muncul di tahun 2013 layout dasbornya masih sama

Namun dari sisi interior Toyota Agya TRD baru ini juga mendapat beragam penyegaran, seperti corak kursi anyar yang membuat kabin tampil segar. Serta ada satu lagi ubahan yang tak kasat mata tapi cukup membantu, yakni pintu bagasi belakang yang tidak lagi dapat tertutup secara tidak sengaja ketika Anda menutup pintu depan atau belakang mobil ini.

>>> Ini Daftar Simulasi Kredit Toyota New Agya 2020

3. FITUR

Gambar menunjukkan head unit Toyota New Agya 2020

Head unit mobil Toyota Agya 2020

Bicara fitur, barulah Toyota Agya TRD 2020 ini begitu digdaya bila dibandingkan dengan pendahulunya, mulai dari head unit dengan layar sentuh. Tak hanya itu saja, berbagai fitur kekinian juga dapat dimainkan, seperti koneksi bluetooth yang akan semakin menambah pilihan sumber musik guna menemani perjalanan Anda. Namun kualitas reproduksi suara yang dihasilkan masih terasa pas-pasan, sebab ia hanya dilengkapi 4 speaker mid-range tanpa tweeter.

Gambar menunjukkan tombol audio di setir pada Toyota Agya 2017

Audio steering switch sudah tersedia sejak Agya tipe TRD 2017

Meski demikian, ternyata fitur koneksi bluetooth serta tombol pengaturan audio dari setir sudah tersedia sejak Toyota Agya tipe TRD tahun 2017. Dengan adanya tombol multifungsi di kemudi ini, Anda tidak akan kehilangan konsentrasi ketika hendak melakukan penyesuaian volume, berganti channel radio favorit bahkan jika ingin mengganti source musik.

>>> Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor

Gambar menunjukkan tombol pengaturan AC digital pada Toyota New Agya 2020

Tombol pengatur AC digital semakin memudahkan penggunaan

Pengaturan AC juga mengalami ubahan, meski secara umum fitur ACnya sama saja. Tapi ubahan dari yang sebelumnya menggunakan kenop putar kini sudah pakai model digital terasa positif. Dengan adanya pengaturan AC digital ini, akan semakin memudahkan ketika ingin mengatur AC. Namun ketika ada kerusakan, cenderung akan lebih sulit dan biayanya agak mahal saat ingin diperbaiki.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita tentang mobil baru di pasar otomotif Indonesia

Gambar menunjukkan tombol start stop dan keyless entry Toyota New Agya 2020

Tombol start stop menggantikan anak kunci konvensional

Satu lagi yang menjadi keunggulan utama Toyota Agya TRD 2020, yakni adanya fitur tombol start stop yang menggantikan anak kunci konvensional. Dengan fitur ini Anda hanya perlu menginjak pedal rem dan menekan tombol saja ketika ingin menyalakan dan mematikan mesin. Sementara Agya TRD model 2017 masih menggunakan anak kunci biasa yang harus dicolok dan putar saat hendak menghidupkan mesin.

Gambar menunjukkan Kunci Toyota Agya TRD 2017

Sementara Toyota Agya TRD tahun 2017 masih harus mengandalkan anak kunci biasa

Sayangnya pada Toyota Agya TRD tahun 2020 kurang satu fitur tambahan yang cukup membantu, yakni smart entry. Jadi Anda harus tetap menekan tombol untuk membuka kunci pintu Agya Anda, sedangkan jika sudah menganut fitur smart entry kunci hanya perlu dikantungi saja dan cukup menekan tombol pada gangang pintu ketika hendak membuka dan mengunci pintu.

>>> Toyota Berikan Promo Agya Terbaru, Ini Daftarnya

4. KESIMPULAN

Gambar menunjukkan Toyota New Agya 2020

Perlu beli atau tukar tambah Agya TRD lawas Anda dengan Toyota Agya TRD terbaru?

Lantas apakah perlu membeli atau tukar tambah Agya TRD lawas Anda dengan Toyota Agya TRD terbaru? Kesimpulan pada komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017 adalah tergantung kebutuhan Anda. Apabila Anda menginginkan fitur tambahan pada Agya baru, maka rasanya perlu mengganti Agya lama Anda dengan yang teranyar. Sedangkan, bila Anda mengharapkan lebih dari kepuasan berkendara di Agya lawas, Anda tidak akan menemukannya pada Agya terbaru itu.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita mobil yang hot lainnya

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor

19/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Toyota New Agya 2020 terbaru memang tampil semakin segar, namun jika ingin tampil lebih berbeda inilah tips modifikasi LCGC baru tersebut dengan optimalisasi di tiga sektor

Lihat juga

Hari Ini Sama-sama Diluncurkan, Ini Beda New Agya dan New Ayla

19/03/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota dan Daihatsu akhirnya berikan penyegaran untuk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla hari ini. Penyegaran telah dibuat, lalu apa beda New Agya dan New Ayla? Simak infonya di bawah ini.

Lihat juga

Komparasi Rp 140 Jutaan, Harga Beda Rp 1,3 Juta, Pilih Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019

06/09/2019

Jual beli

5 menit

Inilah pertarungan tersengit dua mobil LCGC (Low Cost Green Car) sesama geng Sunter (Kantor pusat kedua pabrikan ini berada di Sunter, Jakarta Utara). Keduanya merupakan tipe terendah pada masing-masing variannya dengan kapasitas mesin 1.200 cc. Lantas, dengan hanya beda harga Rp 1,3 juta, mana yang lebih layak pilih? Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019?

Lihat juga

Produk Andalan PT Toyota Astra Motor Di Kelas LCGC Hatchback, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Agya 1.2 ...

18/06/2019

Jual beli

7 menit

Setelah kami mencoba lebih dari 3000 kilometer jauhnya mobil Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini, inilah kelebihan dan kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT menurut Cintamobil.com

Lihat juga

Ikuti Jejak BMW, Toyota Luncurkan New Agya Secara Virtual

16/03/2020

Mobil baru

4 menit

Mengikuti jejak BMW Group Indonesia yang melakukan peluncuran virtual 630i Gran Turismo M Sport, Toyota Astra Motor akan menerapkan strategi serupa untuk peluncuran Toyota New Agya.

Lihat juga