Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor

19/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor
Toyota New Agya 2020 terbaru memang tampil semakin segar, namun jika ingin tampil lebih berbeda inilah tips modifikasi LCGC baru tersebut dengan optimalisasi di tiga sektor

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota New Agya TRD S 2020

Toyota New Agya 2020 memang tampil lebih keren dah agresif namun bukan berarti tidak bisa lebih optimal lagi

Di tengah badai virus Corona, PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap optimis untuk meluncurkan mobil  LCGC (Low Cost Green Car) 5 penumpang jagoannya, yakni Toyota New Agya 2020. Meski mobil kecil ini punya tampilan lebih keren dan agresif, tapi bukan berarti ia tak bisa lebih optimal lagi. Berikut ini kami sajikan tips modifikasi Toyota New Agya 2020 yang mencakup 3 sektor utama, yakni optimalisasi audio, tampilan, dan mesin. Mari simak ulasannya:

1. OPTIMALISASI AUDIO

Salah satu ubahan yang dilakukan PT TAM terhadap Toyota Agya terbaru mereka adalah sektor in-car entertaiment systemnya, utamanya pada bagian head unit. Jika pada Toyota Agya sebelum facelift belum menggunakan head unit dengan layar sentuh, maka pada Agya terbaru ini head unitnya sudah touchscreen. Berbagai fitur kekinian juga dapat dimainkan seperti koneksi bluetooth yang akan semakin menambah pilihan source musik guna menemani perjalanan Anda.

Gambar menunjukkan head unit Toyota New Agya TRD S 2020

Head unit New Agya 2020 kini sudah layar sentuh dan bisa lebih optimal lagi

Sayangnya meski head unitnya anyar, namun sampai tipe tertinggi Agya konfigurasi speaker-nya masih serupa dengan Agya lama, hanya tersedia 4 speaker tanpa tweeter. Agar reproduksi suara dapat lebih baik Anda bisa menambahkan dua buah tweeter di mobil ini dan diletakkan di atas dashboard. Tweeter berfungsi untuk mereproduksi suara frekuensi tinggi dan dapat 'mengangkat' suara vokal agar terdengar lebih jelas terdengar oleh telinga. 

>>> Toyota Agya Facelift Siap Hadir Bulan Ini, Sudah Pakai Keyless Entry!

2. OPTIMALISASI TAMPILAN

Toyota New Agya tipe TRD S 2020 sudah mendapat desain bumper depan baru yang lekuknya lebih tegas dan sporty, begitu pula dengan side skirt kini menggunakan model baru. Sayangnya, meski velg kini sudah pakai model baru yang serupa dengan Toyota Calya, namun terlihat sedikit kurang kekar karena spesifikasinya masih sama dengan model sebelum facelift, yakni berdiameter 14 inch.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota Agya TRD S 2020

Ganti velg masuk dalam tips modifikasi Toyota New Agya 2020

Agar tampilan lebih gagah, Anda bisa melakukan modifikasi Toyota New Agya 2020 dengan upgrade ukuran velgnya. Sebagai informasi velg Toyota New Agya 2020 memiliki PCD (Pitch Circle Diameter) 4 x 100 dengan lebar 5" dan offset (ET) 45. "Pakai ring 15 cukup buat harian, masih bisa pakai suspensi standar," kata Gino dari Jayaban Autofasion Jakarta. Lebih lanjut ia juga menambahkan kalau ingin tampilan velg masih rata bodi pakai maksimal lebar 7 inch dan offset jangan lebih dari 30.

>>> Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Tanpa Ubah Suspensi

3. OPTIMALISASI MESIN

Mesin berkode 3NR-VE yang digendong oleh Toyota New Agya TRD S 2020 ini berkarakter square alias bore atau diameter piston sama dengan langkah piston. Karakter mesin ini sebenarnya memiliki performa yang baik apabila dikawinkan dengan transmisi yang pas. Untuk Agya dengan transmisi manual sebenarnya tidak terlalu masalah, namun bagi Anda yang memilih transmisi otomatis mungkin akan merasakan akselerasi Agya baru ini agak 'boyo' di putaran bawah.

Gambar menunjukkan mesin 3NR-VE Toyota New Agya TRD S 2020

Ganti filter udara dan pasang kabel grounding akan membantu respons mesin jadi lebih baik

>>> Review Dan Test Drive Toyota Agya 1.2 TRD-S AT 2017: Mobil Dalam Kota Dibawa Keluar Kota, Apa Jadinya?

Pada putaran bawah rasanya mobil agak 'malas' diajak berlari, baru nanti setelah putaran mesin melewati angka 4000 rpm, tenaga mesin terasa positif dan tersalur dengan baik. Tapi jangan khawatir, tetap ada yang bisa diulik agar respon mesin menjadi lebih baik, salah satunya ganti filter udara aftermarket.

"Bisa lebih baik responnya karena flow udara lebih banyak," tutup Herdy dari Top Setup Kustom Garage di bilangan Meruya, Jakarta Barat.

Itulah beberapa tips modifikasi Toyota New Agya 2020 yang Cintamobil.com hendak bagikan kepada sobat-sobat. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda semua. 

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Mau Tahu Daftar Harga Mobil Agya Matic? Ini Informasinya

19/03/2020

Jual beli

3 menit

Jika saat ini Anda sedang mencari info harga mobil Agya matic. Kami punya daftarnya, diambil dari daftar mobil Toyota yang dijual di situs Cintamobil.com.

Lihat juga

Pilih Mobil Bekas LCGC: Toyota Agya vs Honda Brio Satya

02/04/2019

Jual beli

2 menit

Toyota Agya vs Honda Brio Satya manakah dari dua mobil kecil yang masuk dalam kategori LCGC ini yang layak untuk Anda miliki dalam keadaan bekasnya. Apalagi jika dana Anda untuk membeli mobil hanya maksimal Rp150 juta.

Lihat juga

Ikuti Jejak BMW, Toyota Luncurkan New Agya Secara Virtual

16/03/2020

Mobil baru

4 menit

Mengikuti jejak BMW Group Indonesia yang melakukan peluncuran virtual 630i Gran Turismo M Sport, Toyota Astra Motor akan menerapkan strategi serupa untuk peluncuran Toyota New Agya.

Lihat juga

Intip Dulu Harga Agya dan Ayla Lama Sebelum Model Barunya Meluncur

17/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Toyota dan Daihatsu bakal kompakan merilis LCGC kembarnya yakni Agya dan Ayla pada Kamis (16/3/2020). Sebelum model barunya meluncur, simak harga Agya dan Ayla 2019.

Lihat juga

Toyota Agya Facelift Siap Hadir Bulan Ini, Sudah Pakai Keyless Entry!

06/03/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah kemarin digegerkan dengan bocoran Daihatsu Ayla facelift, kini giliran sang kembaran, Toyota Agya, yang mendapatkan penyegaran, dengan tambahan fitur keyless entry.

Lihat juga