Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty

20/03/2020

Share this post:

Toyota Agya 2020

Editor rate:

Rp. 169.200.000

Lihat promo

Tak ingin tertinggal dengan rival-rival sekelasnya, Toyota New Agya TRD 2020 ini menambah fiturnya dan tampil makin sporty, inilah Review Toyota Agya TRD 2020

Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty
Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty
0 Gambar

Pengantar Toyota Agya 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Agya 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin Lega

Fitur Safety Lengkap

Radius Putar Juara

Kekurangan
Transmisi Otomatis Konvensional
Kapasitas Bagasi Kecil
Akselerasi Di Putaran Rendah

Gambar menunjukkan Toyota Agya model 2017 dengan model 2020

Bagimana tampilan baru Toyota Agya kali ini?

Review Toyota Agya TRD 2020 - Pasar LCGC (Low Cost Green Car) 5 penumpang merupakan salah satu pasar dengan persaingan yang sengit. Honda Brio merupakan pemimpin di pasar ini Dan terus membuktikan penjualan yang baik. Demi mempertahankan Eksistensi di kelas ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan pembaharuan terhadap LCGC 5 seaternya yakni Toyota Agya. 

Dengan menambahkan beberapa fitur yang mampu menambah value untuk bersaing di kelasnya. Dipercaya membuat Toyota Agya TRD 2020 ini mampu bersaing dengan lawan-lawanya. Namun tidak hanya fitur dan tampilan Toyota Agya ini juga mendapat sentuhan sehingga makin sporty. Inilah review Toyota Agya TRD tahun 2020 dari Cintamobil.com

Eksterior Toyota Agya 2020

Review Toyota Agya TRD 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Agya TRD 2020

Tampilan eksterior depan Toyota Agya TRD 2020 merupakan ubahan utama dari pembaharuan kali ini. Bumper depan yang sebelumnya mirip Yaris ‘Joker’ kini diubah menjadi lebih sporty dengan lekukan-lekukan tajam yang meyakinkan. Aksen merah pada bumper depan juga makin memperkuat kesan sporty meski harus diakui desain bumper seperti itu membuat hambatan angin menjadi lebih besar.

Gambar menunjukkan bumper depan Toyota Agya TRD 2020

Grille depan Toyota Agya TRD 2020 dengan aksen krom terang

Jika sebelumnya pada grille depan yang bentuknya minimalis mendapatkan aksen krom ‘terang’, maka kini Toyota Agya tipe TRD ini mendapatkan kelir black chrome yang membuat tampilannya makin sporty dan agresif. Sayangnya, meski ubahannya cukup heboh di bagian depan, baik headlamp maupun foglamp masih mengusung lampu berjenis bohlam halogen biasa. Untunglah masih tetap tersedia positioning lamp di headlampnya.

Review Toyota Agya TRD 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Agya TRD 2020

Ubahan mudah dilihat dari sisi samping Toyota Agya TRD 2020 adalah bagian velgnya

Lanjut ke bagian samping ubahan yang langsung terlihat adalah velgnya. Meski ukuran velgnya masih sama yakni berdiameter 14 inci dengan PCD (Pitch Circle Diameter) 4 x 100 dengan lebar 5 inci dan offset (ET) 45, namun kini desainnya berbeda. Velg New Agya TRD 2020 kini menggunakan model seperti Toyota New Calya. Secara umum membuat tampilan mobil lebih stylish dan fresh.

Gambar menunjukkan spion Toyota Agya TRD 2020

Side skirt Toyota Agya TRD 2020 lebih kalem

Side skirt juga mendapatkan desain baru yang lebih kalem dari model sebelum facelift. Makin menarik karena side skirt tersebut juga mendapat decal sticker senada dengan fender depan. O ya, yang paling menarik adalah kini spion yang digunakan Toyota Agya TRD 2020 ini lebih besar dan aerodinamis, mirip kepunyaan Toyota Avanza dan Rush. Terlebih spion ini sudah bisa terlipat secara elektris.

Review Toyota Agya TRD 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Agya TRD 2020

Bagian belakang Toyota Agya TRD 2020 ada banyak perubahan

Pada bagian belakang Toyota Agya TRD 2020 ini sebenarnya tidak terlalu banyak ubahan. Yang paling kentara adalah mika lampu yang dipakai sekarang bermodel transparan sehingga menimbulkan kesan clean dan sporty. Lampu belakang ini menggunakan bohlam full LED (Light Emitting Diode) untuk stoplamp-nya, sementara untuk lampu sein dan lampu mundur tetap pakai bohlam halogen.

Gambar menunjukkan spoiler belakang Toyota Agya TRD 2020

Spoiler belakang sudah dicat dengan warna hitam membuat Toyota Agya TRD 2020 mempertegas kesan sporty

Selanjutnya adalah ubahan spoiler belakang pada Toyota Agya TRD 2020 yang kini dicat berwana hitam untuk mempertegas kesan sporty. Sayangnya ubahan ini akan tampak sia-sia jika Anda memilik Agya dengan warna hitam atau gelap. Satu hal yang tidak terlalu terlihat namun cukup mengganggu dan masih bisa ditemui pada Agya teranyar ini, adalah tidak tersedianya gagang bukaan pintu belakang, sehingga tetap harus dibuka dari dalam kabin.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Agya 2020

Review Toyota Agya TRD 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Agya TRD 2020

Interior Toyota Agya TRD 2020

Sebenarnya pada layout dasbor Toyota Agya TRD 2020 tidak ada ubahan signifikan dibandingkan model sebelum facelift, namun kini bagian tengah menggunakan model floating dengan finishing berwarna piano black yang keren. Hal ini lebih pas, mengingat kini Agya terbaru sudah menggunakan pengaturan AC model digital. Agar makin terasa modern, model cluster di spidometer dan takometer juga mengalami ubahan sedikit pada fontnya, namun MID dan layoutnya tetap dipertahankan seperti model sebelum facelift.

Review Toyota Agya TRD 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Toyota Agya TRD S 2020

Kursi dengan motif anyar

Bagian kursi juga mendapat ubahan pada Agya teranyar ini, meski ketika kami coba duduki tingkat keempukannya masih sama, tapi pada mobil ini terasa lebih fresh karena menggunakan bahan fabric dengan motif anyar pada jok dan trim pintu. Apalagi kombinasi warna dominan hitam lebih tidak mudah kotor dibandingkan warna terang. Sayangnya pengaturan kursinya hanya mampu reclining saja tanpa adanya fitur height adjuster.

Review Toyota Agya TRD 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir Toyota Agya TRD 2020

Lingkar kemudi Toyota Agya TRD 2020

Lingkar kemudi Toyota Agya TRD 2020 ini menggunakan model 3 spoke, material campuran plastik dan polyurethane membuat permukaan setir ini tidak licin ketika digenggam oleh tangan. Meski enak digenggam dan lingkar diameternya pas, namun setir ini tidak dapat diatur posisinya, padahal di kelasnya sudah ada rivalnya yang mengadopsi fitur tilt steering.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Agya 2020

Review Toyota Agya TRD 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan head unit Toyota Agya TRD 2020

Head unit Toyota Agya TRD 2020

Tak mau ketinggalan dengan rivalnya, Toyota Agya TRD 2020 ini juga hadir dengan head unit dengan layar sentuh. Tak hanya itu saja, berbagai fitur kekinian juga dapat dimainkan, seperti koneksi bluetooth yang akan semakin menambah pilihan sumber musik guna menemani perjalanan Anda. Namun kualitas reproduksi suara yang dihasilkan masih terasa pas-pasan, sebab ia hanya dilengkapi 4 speaker mid-range.

Review Toyota Agya TRD 2020: Keyless Entry & Tombol Start-Stop Engine

Gambar menunjukkan keyless entry & tombol start stop engine button Toyota Agya TRD 2020

Keyless entry Toyota Agya TRD 2020

Khusus untuk tipe tertinggi dari Toyota Agya ini sudah mendapat fitur keyless entry dan tombol start stop engine button. Jadi, untuk menyalakan mesin Anda tinggal menginjak pedal rem dan menekan tombol start stop engine pada bagian kanan dasbor. Tapi fitur ini kurang lengkap tanpa adanya fitur smart entry, jadi Anda harus tetap menekan tombol buka pintu pada kunci untuk dapat membuka-tutup kunci pintu.

Review Toyota Agya TRD 2020: Tombol Pengatur AC Digital

Gambar menunjukkan pengaturan AC digital di Toyota Agya TRD 2020

Pengatur AC Toyota Agya TRD 2020

Satu hal yang kami suka dari fitur di dalam Toyota Agya TRD 2020 ini, yakni AC dengan format pengaturan digital. Ubahan yang dilakukan PT TAM ini sangat memudahkan ketika hendak melakukan pengaturan AC. Meski fitur ini kurang tiga buah fungsi penting, yaitu auto climate control pada AC dan juga defogger kaca belakang serta penghilang embun untuk kaca depan.

Review Toyota Agya TRD 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan modul ABS Toyota Agya TRD 2020

ABS pada Toyota Agya TRD 2020

Untuk fitur keselamatan, rasanya mobil-mobil keluaran Toyota sudah tidak perlu diragukan lagi, dan hal ini bukanlah suatu pengecualian di Toyota Agya TRD 2020 ini. Karena dari tipe G bermesin 1000 cc sekalipun, ia sudah dilengkapi dengan rem bersistem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang mampu mencegah rem terkunci, lalu ada sensor parkir, hingga dudukan ISOFIX untuk child seat yang sesuai standar.

>>> Komparasi Rp 140 Jutaan, Harga Beda Rp 1,3 Juta, Pilih Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T

Operasi Toyota Agya 2020

Gambar menunjukkan mesin 3NR-VE Toyota Agya TRD 2020

Mesin Toyota Agya TRD 2020

Mesin berkode 3NR-VE yang digendong Toyota Agya TRD 2020 ini punya karakter alami square engine (dimana dimensi diameter piston dan langkah piston sama) tetap dipertahankan. Karakter tersebut menghasilkan output tenaga maupun torsi yang merata tiap rpm. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 88 PS atau sekitar 86,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi 107,9 Nm pada 4.200 rpm.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota Agya TRD 2020

Desain ban dan pelek Toyota Agya TRD 2020

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan maupun otomatis 4-percepatan yang juga tidak mengalami ubahan apapun. Sepertinya PT Toyota Astra Motor masih sangat percaya diri dengan kombinasi tersebut. Kami berharap PT TAM akan memberikan transmisi yang lebih halus seperti CVT maupun racikan suspensi baru di penyegaran atau generasi selanjutnya.

>>> Hari Ini Sama-sama Diluncurkan, Ini Beda New Agya dan New Ayla

Spesifikasi Toyota Agya 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Agya TRD 2020.

Mesin Toyota Agya TRD 2020  
 Seri mesin  3NR-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i
 Pasokan Bahan Bakar  Electronic Fuel Injection
 Rasio Kompresi  10,3 : 1
 Tenaga Maksimum  86,5 Hp (88 Ps) @ 6,000 rpm
 Torsi Maksimum  107,9 Nm (11,0 Kgm) @ 4,200 rpm
 Kapasitas Silinder  1,197 cc
 Bore X Stroke  72,5 mm X 72,5 mm
 Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan & Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan
  Rangka Toyota Agya TRD 2020
  Panjang X Lebar X Tinggi  3,660 mm X 1,600 mm X 1,520 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,450 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  180 mm
Track Roda Depan & Belakang  1,420 mm & 1,415 mm
 Kapasitas Tangki   33 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Agya TRD 2020
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut with Coil Spring & Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc Brake & Drum Leading Triling Brake
Teknologi Sistem Pengereman  ABS
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam
Struktur Sasis  Monokok, A-Segment
 Pelek  Machining Alloy, 14 inch
Jenis Ban  Bridgestone Ecopia, 175/65 R14

Daftar Harga Toyota Agya 2020

Toyota Agya teranyar ini dijual mulai harga Rp143,8 juta hingga untuk tipe termahal TRD dengan banderol Rp169,2 juta. Inilah daftar lengkapnya:

Model Harga 
Agya 1.0 G M/T Rp143,8 juta
Agya 1.2 G M/T Rp148,1 juta
Agya 1.2 G M/T TRD Rp153,4 juta
Agya 1.0 G A/T Rp156,7 juta
Agya 1.2 G A/T Rp161,6 juta
Agya 1.2 G A/T TRD Rp169,2 juta

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil Toyota lainnya

 

Kesimpulan Toyota Agya 2020

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Agya TRD 2020

Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty

Jika Anda pecinta merek Toyota dan sedang mencari hatchback LCGC, maka mobil ini layak untuk dipertimbangkan. Bukan hanya tampilannya yang kini makin fresh, namun tambahan fitur yang diberikan membuat mobil ini semakin layak untuk dipilih. Saran kami belilah tipe tertinggi dari Toyota Agya ini, yakni trim TRD dengan transmisi otomatis Jaminan nama besar Toyota dan layanan purna jual yang mumpuni juga menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk dapat informasi terlengkap tentang mobil impian Anda

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Dan Test Drive Toyota Agya 1.2 TRD-S AT 2017: Mobil Dalam Kota Dibawa Keluar Kota, Apa Jadinya?

Rp. 136.950.000

01/07/2019

Editor rate:

Toyota Agya TRD S 2017 hadir ke publik untuk meramaikan persaingan di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Dan kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Toyota Astra Motor untuk mengetes jalan dengan jarak yang panjang untuk membuktikan potensinya. Ini adalah pengetesan yang tidak biasa untuk mobil LCGC kompak.

Lihat juga

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Rp 131.500.000

29/03/2019

Editor rate:

Dalam acara peluncuran skuat 2019 di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (13/3), Toyota Team Indonesia (TTI) memamerkan empat mobil balap mereka tahun ini, salah satunya adalah Toyota New Agya Gymkhana. Karena penasaran dengan mobil mungil yang mendadak jadi sangar ini, Cintamobil.com pun ingin mereviewnya.

Lihat juga

Review Toyota Agya 1.0 G 2013: Rekomendasi LCGC dengan Harga Jual Tetap Tinggi

Rp 85.000.000

21/02/2020

Editor rate:

Toyota Agya 1.0 G 2013 bisa menjadi pilihan mobil perkotaan dengan kepraktisan dan harga jual kembali yang cukup rekomendasi pertimbangan utama untuk Anda.

Lihat juga

Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor

19/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Toyota New Agya 2020 terbaru memang tampil semakin segar, namun jika ingin tampil lebih berbeda inilah tips modifikasi LCGC baru tersebut dengan optimalisasi di tiga sektor

Lihat juga

Komparasi Rp 140 Jutaan, Harga Beda Rp 1,3 Juta, Pilih Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019

06/09/2019

Jual beli

5 menit

Inilah pertarungan tersengit dua mobil LCGC (Low Cost Green Car) sesama geng Sunter (Kantor pusat kedua pabrikan ini berada di Sunter, Jakarta Utara). Keduanya merupakan tipe terendah pada masing-masing variannya dengan kapasitas mesin 1.200 cc. Lantas, dengan hanya beda harga Rp 1,3 juta, mana yang lebih layak pilih? Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019?

Lihat juga