Intip All New Honda City RS Di Bangkok Motor Show 2020

17/07/2020

Mobil baru

5 menit

Intip All New Honda City RS Di Bangkok Motor Show 2020
Sedan kompak yang menjadi jagoan Honda yakni All New Honda City RS turut melantai di ajang Bangkok Motor Show 2020, seperti ini detail rival Toyota Vios ini

Selain Honda CR-V facelift 2020, salah satu mobil yang mencuri perhatian mata dan dipajang di booth Honda di ajang Bangkok Motor Show (BMS) 2020 adalah All New Honda City RS. Sedan kompak yang menjadi jagoan Honda ini turut melantai dan sudah resmi dijual di negara Gajah Putih tersebut. Memang mobil ini tak lama lagi masuk Indonesia, gosipnya (kemungkinan) setelah Honda CR-V terbaru, namun tak ada salahnya kita lihat detail dari rival Toyota Vios ini.

Eksterior Mengesankan

Gambar tampilan depan All New Honda City 2020

Honda City RS terbaru ikutan 'mejeng' di BMS 2020

Bahasa desain solid wing face tetap dipertahankan Honda dalam mendesain mobilnya, tak terkecuali dengan All New Honda City RS ini. Kelir red ignite mettalic-nya membuatnya terlihat elegan dan tidak meninggalkan kesan sporty. Warna merah menyala ini seakan menyatiu dengan warna piano black di grille. Aerodinamika sedan kompak ini juga dirancang baik, sebab seluruh lekukan pada kap mesin, maupun bumper dibuat agar aliran angin dapat meluncur dengan lancar ke buritan.

Foto headlamp Honda All New City 2020

Headlamp sudah full LED

Lubang-lubang pada grille yang lebih banyak juga dibuat atas alasan teknis, yakni membantu mengalirkan udara segar ke dalam mesin. Maklum saja, mesin P10A2 yang diusung City menggunakan turbocharger dengan sistem pengabutan bahan bakar direct injection. Sistem pasokan bahan bakar langsung itu membutuhkan pendinginan yang ekstra dan saat berjalan kencang kisi-kisi tadi dapat membantu mesin lebih mudah memperoleh suhu kerja idealnya.

Gambar tampilan samping All New Honda City 2020

Aerodinamika All New Honda City RS ini membaik dari gen sebelumnya

Layaknya mobil Honda lain yang modern, estetika dan fungsi menyatu menjadi suatu perpaduan yang indah. Kebutuhan akan angka coefficient of drag yang semakin rendah tidak serta merta membuat All New Honda City ini tidak enak dipandang. Malahan sebaliknya, City terbaru ini menjadi salah satu sedan kompak yang paling menarik untuk dipandang. Tarikan garis tegas dari bagian depan hingga ke belakang membentuk sebuah harmonisasi yang indah untuk dilihat.

>>> Ingin meminang Honda City bekas? Klik di sini untuk tahu pilihannya

Model Spion Oldskool

Gambar spion All New Honda City 2020

Desain 'tangkai' spion mirip Honda City generasi keempat

Mungkin tidak banyak yang notice jika rumah spion yang digunakan Honda All New City ini bergaya old school. Sebab desainer Honda memanfaatkan 'tangkai' seperti di Honda City generasi ke keempat yang punya masa edar di Tanah Air antara 2003 hingga 2007. Perpaduan antara fungsi serta efisiensi dalam 'mengalirkan' aliran angin menjadi alasan mengapa desain seperti ini dipilih.  

Foto tampilan belakang All New Honda City 2020

City tipe Road Sailing (RS) ini punya ducktail di atas bagasi

Di Thailand sana, City memiliki empat tipe yang dapat dipilih. Yakni City tipe S sebagai tipe terendah dan masih pakai velg kaleng ditutup dop, City trim V sebagai tipe menengah serta sudah pakai pelek alloy 15 inch, tipe di atasnya lagi mendapat interior yang lebih mewah plus pilihan warna putih dengan trim SV. Sementara untuk Honda All New City yang saat ini Cintamobil.com bahas adalah top of the line-nya yaitu tipe RS.   

Foto stoplamp Honda All New City 2020

Desain stoplamp 3D seperti ini Honda duluan yang membuatnya

Banyak juga yang mengira jika stoplamp model 3 dimensi pada Honda City terbaru ini merupakan hasil 'contekan' dari BMW seri-3 teranyar, padahal kenyataannya justru sebaliknya. "Desain All New Honda City ini lebih dulu, lho," papar Yusak Billy selaku Bussines Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) kepada tim Cintamobil.com dalam suatu kesempatan diskusi.

Gambar bagasi All New Honda City 2020

Bagasi luas tetap jadi kelebihan City

Honda City sejak dulu terkenal dengan sedan kompak yang punya akomodasi terbaik di kelasnya. Maka tak heran, ia menyuguhkan kapasitas bagasi yang ekstra lega. Meski di brosur sekalipun Honda tidak menjelaskan secara spesifik berapa liter kapasitas bagasi Cify baru ini, namun Anda bisa lihat sendiri pada foto di atas yang menunjukkan leganya kapasitas bagasi City RS ini. Bahkan ia tetap dilengkapi dengan ban cadangan berukuran full sized.

Interior Sporty

Foto layout dashboard Honda All New City 2020

Interior bernafas sporty

Masuk ke interiornya, All New City RS ini jauh lebih sporty dari varian di bawahnya, kursi dengan bahan suede dikombinasi jahitan merah membuat aura kabin City terbaru ini lebih sporty. Begitu pula dengan setir yang dibungkus kulit membuatnya nyaman untuk digenggam. In-car entertaiment system juga mengalami ubahan, ia sudah bersistem layar sentuh serta kompetibel dengan Google Maps dan tentunya mampu terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Gambar kursi depan Honda All New City 2020

Kursi bisa diatur maju mundur dan naik turun

Secara umum layout dashboard dan kabin bagian depannyanya mengalami ubahan cukup besar bila dibandingkan City generasi keenam. Kelegaan kabin juga meningkat secara signifikan, hal ini terbantu dari dimensi All New City RS 2020 ini yang lebih besar dari pendahulunya. Detailnya, City generasi ketujuh ini lebih panjang 113 mm, melebar 53 mm, dan ketinggiannya 'dipangkas' 10 mm dari generasi sebelumnya. O ya 6 buah airbags siap melindungi Anda ketika kecelakaan.

Gambar kursi belakang Honda All New City 2020

Legroom tetap jadi salah satu yang terluas di kelasnya

Tapi bukan Honda namanya jika tidak mampu mendesain kabin yang akomodatif. Berkat lantai yang 'rendah' dan rata, menjadikan insinyur Honda yang merancang desain interior Honda City terbaru ini dapat meletakkan kursi lebih rendah juga, hal ini berdampak pada kerebahan kursi yang pas, dan head room juga memadai. Bahkan, jika dilihat dari foto terlihat ruang legroom lebih dari cukup untuk sebuah sedan kompak.

Mesin Bertenaga

Gambar Mesin P10A2 All New Honda City di Indonesia

Mesin P10A2 jadi andalan di City versi Thailand ini

All New Honda City RS disusupi jantung mesin 3-silinder 1.000 cc dengan teknologi katup variabel i-VTEC. Mesin ini punya katup ganda di masing-masing silindernya dan memiliki kode produksi mesin P10A2. Mesin dengan jumlah silinder ganjil ini juga pakai turbocharger lansiran BorgWarner buatan Amerika. Di atas kertas tenaganya dapat diperas hingga 122 HP pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang 2.000-4.500 rpm.

Gambar tuas transmisi Honda All New City 2020

Transmisi CVT tidak membuatnya menjadi kurang responsif

Mesin ini juga telah dirancang sedemikian rupa agar memiliki nilai efisinsi volumetrik yang baik. Tenaga dan torsi mesin tersebut tersambung ke dua roda depan melalui transmisi CVT berteknologi Earth Dreams. Transmisi sabuk baja ini dapat disimulasikan hingga rasio 7-speed dan dapat dipindahkan tingkatannya melalui paddle shift di balik setir. Bagaimana impresinya? Well, ayo dong PT HPM segera masukkan All New City RS ini, agar Cintamobil.com bisa tes lengkap.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita yang hot lainnya

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top