BMW iX M60 Dirilis, Mobil Listrik Rp 1,5 Miliar Bertorsi 1.100 Nm

05/01/2022

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Edisi terbaru dari mobil listrik BMW iX M60 2022 yang dikembangkan bersama dengan BMW M GmbH menghadirkan SUV tangguh dengan torsi maksimal mencapai 1.100 Nm.

Tahun lalu BMW memperkenalkan iX sebagai model terbaru yang membawa beragam keunggulan teknologi anyar pabrikan Bavarian ini. Kali ini, BMW iX M60 diperkenalkan sebagai mobil listrik dengan bodi SUV tercepat dan terkuat milik BMW dengan keluaran tenaga maksimal hingga 610 hp.

Tampang sangar

BMW iX M60 merupakan mobil listrik pertama BMW yang dibuat berdasarkan arsitektur modular masa depan BMW Group. Serta menggunakan rangka ruang aluminium iX, bodi karbon, dan panel plastik yang diperkuat serat karbon.

mobil listrik baru BMW iX M60 2022
Tampilan depan yang dipenuhi dengan serat karbon

Tampilannya tak jauh berbeda dibandingkan BMW iX yang lebih dulu diperkenalkan. Tapi sebagai model milik BMW M GmbH, ada emblem M60 di bak belakang, velg Aero Bi-colo 21 inci, kaliper rem bermerek M dengan cat biru, dan paket eksterior BMW Individual Titanium Bronze opsional.

Di sisi lain, BMW baru saja memperkenalkan teknologi yang bisa mengubah warna mobil berdasarkan temperatur mobil pada BMW iX standar. Dirilis gelaran CES 2022, tak menutup kemungkinan versi baru iX M60 akan mendapatkan teknologi ini.

>>> Rilis Tahun Depan, BMW Concept XM Ubah BMW M Jadi SUV Berotot

Torsi hingga 1.100 Nm

Fitur yang ditawarkan tak perlu diragukan lagi. Ada lampu depan BMW Laser Light, Panoramic Sky Lounge LED Roof, BMW Love Cockpit Professional dengan panel 12.3 inci dan 14.9 inci di dashboard, 30 speaker Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System, serta Active Seat Ventilation pada jok depan dan kontrol iklim empat zona otomatis.

interior mobil listrik baru BMW iX M60 2022
Interior BMW iX M60 dengan layar sentuh 14,9 inci

>>> Lexus LX 2022 Makin Canggih, Usung Grille Besar dan Tenaga Monster

iX M60 menggunakan powertrain listrik enam fase yang dioperasikan oleh inverter ganda, terdiri dari dua motor listrik. Output gabungan mencapai 610 hp ketika Sport Mode diaktifkan dengan standar tenaga 533 hp. Jauh meningkat dibandingkan versi standar bertenaga 496 hp dengan motor ganda xDrive 50.

Selain itu, torsi gabungan pada iX M60 menyalurkan 1.015 Nm, dan bisa bertambah menjadi 1.100 Nm ketika Launch Control diaktifkan. Menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,6 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 250 km/jam. Paket baterai lithium-ion berkapasitas 106,3 kWh menawarkan jangkauan berkendara hingga 450 km.

mobil llistrik BMW iX M60 terbaru di pantai
Akselerasi dan torsi monster tak kalah dibandingkan mobil konvensional

Suspensi double wishbone di depan dan gandar belakang five-link sama dengan versi standar. Tapi M60 mendapatkan sistem suspensi udara gandar adaptif dengan peredam yang bisa diatur secara elektronik ditambah kontrol level otomatis. Dikombinasikan dengan sistem Integral Active Steering dan M Sport Brakes untuk meningkatkan pengendaraan yang lebih dinamis.

Harganya tentu saja sepadan dengan beragam keunikan dan teknologi yang ditawarkan. Dirilis langsung dari Jerman secara daring, mobil ini dibanderol dengan harga $ 105.100 (Rp 1,5 miliar) dengan biaya pengiriman sebesar $ 995 (Rp 14 juta). BMW iX M60 2022 diprediksi akan masuk ke pasar Amerika pada Juni mendatang.

>>> Simak harga mobil BMW terbaru hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top