Mitsubishi Xpander GLX, Paling Murah Apa Saja Kelengkapannya?

06/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mitsubishi Xpander GLX, Paling Murah Apa Saja Kelengkapannya?
Mitsubishi Xpander GLX menjadi tipe Xpander paling murah dari Mitsubishi. Lalu apa saja yang berbeda dari mobil yang harganya kurang dari Rp250 juta ini?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan Mitsubishi Xpander dalam beberapa tipe. Yaitu tipe GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate. Sementara varian transmisinya ada manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Untuk Mitsubishi Xpander GLX hanya tersedia dalam transmisi manual, sebaliknya untuk Mitsubishi Xpander Ultimate cuma hadir dengan transmisi otomatis. Sedangkan tipe GLS, Exceed, dan Sport tersedia dalam pilihan transmisi manual serta otomatis.

Dilihat dari rentang harga, GLX merupakan Mitsubishi Xpander paling murah yang per Juni 2020 harganya Rp217.800.000. Dan untuk Mitsubishi Xpander tipe termahal adalah Ultimate yang dibanderol Rp 275.100.000 on the road Jakarta.

Anda bisa baca artikel harga dan tipe Mitsubishi Xpander yang dipasarkan di Indonesia untuk dapat info lebih lengkap

Sebagai tipe yang berharga paing terjangkau, apakah Mitsubishi Xpander GLX masih layak dibeli? Apa saja fitur yang tersedia di tipe terendah ini? Berikut ulasan lengkap dari tim Cintamobil.com

1. Eksterior

Mitsubishi Xpander GLX eksterior

Perbedaan paling mencolok adalah tipe GLX masih pakai velg kaleng

Secara desain, jelas tidak ada perbedaan signifikan antara tipe GLX dengan Mitsubishi Xpander tipe lainnya. Namun diferensiasi tetap ada yang biasanya menyesuaikan antara harga dengan komponen atau aksesoris yang digunakan.

Misalnya pada tipe GLX lampu utamanya masih pakai Halogen bukan LED. Selain itu fitur foglamp di tipe ini juga belum tersedia seperti pada Xpander tipe lain. Lalu di tipe GLX, Mitsubishi masih memakai velg steel alias velg kaleng berdiameter 15 inci yang ditutup dop, dengan padanan ban ukuran 185/65/R15.

Perbedaan lainnya ada pada model antena yang dipakai masih model stick belum menggunakan tipe Shark Fin, serta absennya keberadaan Rear Defogger di kaca belakang. Meski begitu pada tipe terendah ini sudah dilengkapi wiper untuk kaca belakang, memakai lampu belakang tipe LED dan sudah ada lampu High Mount Stop tambahan juga dengan teknologi LED.

>>> Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018, Spesifikasi dan harganya

2. Interior

Mitsubishi Xpnader GLX Interior

Tidak ada headunit audio dan kontrol audio di setir

Perbedaan Mitsubishi Xpander GLX dengan Xpander tipe lainnya juga bisa terlihat dari bagian ruang kabin. Untuk pelapis jok misalnya, walau sama-sama berbahan fabric, namun permukaan jok pada tipe GLX berbeda dibanding tipe Exceed, Sport atau Ultimate.

Kemudian lingkar kemudi dan tuas transmisi pada tipe GLX hadir dengan warna hitam doff serta belum dilapis bahan kulit. Kemudian pada setir juga belum diaplikasikan tombol kontrol audio. Hal ini lantaran khusus di tipe GLX, Mitsubishi belum memasang headunit audio. Meski begitu, sistem pengaturan kemudi model Tilt & Telescopic sudah ada di tipe terendah ini.

Jika Anda ingin interior mobil Xpander makin mewah, jangan tinggalkan beberapa tips ini

3. Dimensi

Mitsubishi Xpander GLX pilihan warna

Tipe GLX cuma tersedia Quartz White Pearl serta Diamond Black Mica

Secara dimensi, Mitsubishi Xpander GLX sama dengan tipe GLS. Yaitu memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.695 mm, dan jarak ke tanah 200 mm. Namun tipe GLX lebih rendah 5 mm dibanding tipe Exceed, Sport ataupun Ultimate. Selain itu, untuk pilihan warnanya, khusus tipe GLX cuma tersedia Quartz White Pearl (Putih) serta Diamond Black Mica (Hitam). Tidak ada pilihan warna Sterling Silver Metallic (Silver), Titanium Gray Metallic (Abu-abu), Red Metallic (Merah), atau Deep Bronze Metalic (Cokelat).

>>> Sekian Banyak Warna Mobil, Warna Ini Paling Butuh Perhatian

4. Mesin dan Suspensi

Mitsubishi Xpander GLX mesin

Mesin yang dipakai sama pada semua tipe Mitsubishi Xpander

Tidak ada perbedaan antara tipe GLX dengan tipe Mitsubishi Xpander lainnya dalam hal spesifikasi teknis mesin. Mitsubishi membenamkan mesin 1.499 cc MIVEC berteknologi DOHC dengan 16 valve ke tubuh seluruh tipe Xpander. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan daya puncak 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 NM di 4.000 rpm.

Begitu pun dengan sistem suspensi yang dipakai. Semua tipe Xpander menggunakan suspensi model MacPherson Strut with Coil Spring di depan dan tipe Torsion Beam pada suspensi belakang. Hanya saja, Mitsubishi Xpander GLX cuma ada dalam tipe transmisi manual 5 percepatan.

>>> Bunyi-bunyi Aneh Ini Pertanda Ada Kerusakan Suspensi Mobil

5. Fitur

Mitsubishi Xpander GLX fitur

Tipe GLX belum pakai kunci model Keyless

>>> Simaklah tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya di sini

Selain perbedaan eksterior dan interior, fitur-fitur yang ada pada Mitsubishi Xpander GLX tentu berbeda dibanding tipe GLS, Exceed, Sport, atau Ultimate. Antara lain dari sisi fitur keselamatan. Tipe ini belum tersedia Brake Assist (BA), Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist, Cruise Control, dan Parking Sensor. Kemudian sistem kunci dari tipe GLX juga belum pakai model Keyless.

Walau begitu untuk tipe GLX sudah tersedia Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dual SRS Airbags, Disc Brake untuk pengereman roda depan, Immobilizer, Seatbelt disemua kursi penumpang, serta ISO-FIX untuk memasang kursi bayi di jok penumpang belakang bari kedua.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil baru dan mobil bekas ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top