Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

13/08/2018

Share this post:

Mitsubishi Xpander 2018

Editor rate:

Lihat promo

Di antara semua keluarga Mitsubishi Xpander, varian GLS bisa dibilang varian ekonomis. Sekalipun masih 1 tingkat di atas GLX yang menjadi varian termurah, namun secara fitur ia bisa dibilang masih cukup relevan dan manusiawi. Apalagi sekarang sudah tersedia opsi transmisi otomatis, yang tentu saja semakin menambah daya tarik varian yang satu ini.

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018
Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Xpander 2018

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Xpander 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior agresif

Desain interior modern

Harga Terjangkau

Fitur Penunjang

Fitur penunjang begitu lengkap

Kekurangan

Tidak semua tipe mendapat fitur penunjang

Rem belakang tidak menggunakan cakram

Tenaga mesin kecil untuk bobot mobil yang besar

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 - Menjadi mobil terlaris sepanjang Semester 1 2018, dengan angka penjualan 39.948 unit, membuat Mitsubishi Xpander menjadi salah satu ‘raja’ baru di kancah otomotif Indonesia. Bermain di segmen Low MPV, Mitsubishi Xpander banyak mencuri perhatian masyarakat Indonesia sejak peluncuran perdana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu.

Satu tahun berselang, tepatnya di GIIAS 2018, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan varian baru di keluarga Xpander, yakni Mitsubishi Xpander GLS AT 2018. Menjadi mobil bertransmisi otomatis paling ekonomis di jajaran varian Xpander, apakah mobil baru Mitsubishi ini bisa menarik minat masyarakat dan keluarga urban di Indonesia?

Untuk itu kami akan membahas review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 yang bisa Anda nikmati di  Cintamobil.com.

Eksterior Mitsubishi Xpander 2018

Mengusung konsep Attractive Dynamic Design, eksterior Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 kental akan nuansa lekukan tegas khas mobil SUV. Efeknya ialah mobil ini selain terlihat kokoh dan tangguh, tapi juga terasa dinamis sekaligus lebih memikat mata, jika dibandingkan Low MPV sekelasnya yang masih mengusung desain sederhana.

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 : Tampak Depan

Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 GIIAS 2018 Tampak Depan

Tampak depan Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 

Desain fascia depan Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 sudah terasa kokoh berkat bahasa desain Dynamic Shield yang seakan membangun citra tangguh di fascia depan. Headlight halogen ditempatkan di area bumper depan, yang uniknya berada di bawah LED Position Lamp yang posisinya sejajar dengan upper grille berkelir piano black. Untuk pencahayaan tambahan, Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 juga memiliki fog lamp, yang dikemas dengan bezel berkelir black.

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018: Tampak Samping

Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 GIIAS 2018 Tampak Samping

Tampak samping Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 

Mobil Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 yang memiliki postur bodi 4.475 x 1.750 x 1.695 mm (p x l x t) ini memang terasa jangkung, agak cenderung bergaya SUV-esque. Apalagi jika menilik sisi ground clearance yang notabene cukup tinggi, 200 mm, yang secara tidak langsung membuat mobil ini bisa lebih piawai melewati jalanan dengan kontur tidak rata. Unsur style tetap diperhatikan Mitsubishi, salah satunya dengan memberikan velg alloy berukuran ring 15 inci.

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018: Tampak Belakang

Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 GIIAS 2018 Tampak Belakang

Tampak belakang Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 

Tampak belakang Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 dirancang cukup tegas berkat efek lekuk pintu bagasi menyerupai huruf X. Kesan tegas ini juga disempurnakan oleh pemilihan desain taillight LED berbentuk huruf ‘L’ dan tailgate spoiler yang sudah dibekali high mount stop lamp. Di area pintu bagasi juga tersemat logo GLS yang menjadi penanda varian mobil ini.

>>> Baca juga:


Interior Mitsubishi Xpander 2018

Interior Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 mengutamakan sisi kenyamanan sesuai standar mobil keluarga di Indonesia, dalam hal ini muat hingga 7 penumpan dewasa. Di sisi lain mobil ini juga mengedepankan kepraktisan dalam hal membawa barang bawaan, sehingga membuat ia lebih fleksibel jika dipergunakan untuk berpergian jarak jauh.

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 : Dashboard & Setir

Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 GIIAS 2018 Dashboard

Dashboard Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 (foto: Arfian)

Dashboard Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 memang secara material banyak didominasi material plastik, namun untuk penempatan fitur di dalam area dashboard dirancang cukup ergonomis. Apalagi dengan mengadopsi perpaduan warna black & beige, serta didukung aksen kelir silver.

Di area dashboard terdapat banyak ruang penempatan untuk barang berukuran kecil hingga besar sekalipun. Sistem head unit sudah mengusung format 2 DIN konektifitas dari USB port, Aux In, serta mampu memutar file MP3/CD dan AM/FM Audio. Sistem head unit ditempatkan di atas kisi-kisi AC tengah, yang pengaturannya dilakukan melalui tiga kenop putar di bawahnya.

Untuk setir sayangnya untuk Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 tidak terdapat fitur pengatur audio. Namun hal ini masih bisa ditoleransi, mengingat setir sudah bisa diatur secara ketinggian maupun maju mundur (tilt & telescopic steering)

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 : Kursi & Bagasi

Kursi Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 mengusung format 3 baris dengan kapasitas penumpang yang dianjurkan ialah 7 penumpang dewasa dengan format 2 + 3 + 2. Kualitas jok bisa dibilang cukup mumpuni, sekalipun masih menggunakan material fabric dan seat adjuster di pengemudi hanya bisa untuk maju-mundur dan rebah, tanpa adanya pengaturan tingkat ketinggian jok.

Gambar bagian kabin mobil Mitsubishi Expander 2017 dengan kursi berwarna coklat

Konfigurasi jok Mitsubishi Xpander (foto: Mitsubishi)

Adapun untuk kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata lantai, maupun dilipat sesuai kebutuhan kargo yang dibutuhkan. Efeknya mobil ini sangat fleksibel untuk digunakan membawa barang bawaan berukuran besar tanpa harus mengorbankan kenyamanan penumpang selama berkendara jarak jauh menggunakan mobil ini.

>>> Baca juga:

Fitur Mitsubishi Xpander 2018

Fitur Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 yang akan kami bahas secara mendetail ialah fitur keselamatan di mobil ini. Mitsubishi sudah menyediakan fitur keselamatan aktif berupa ABS, EBD, dan Emergency Stop Signal untuk varian ini. Hanya saja untuk fitur keselamatan aktif lainnya seperti Hill Start Assist dan Active Stability Control hanya tersedia untuk tipe Ultimate dan Sport.

fitur airbags di bagian depan mobil Mitsubishi Expander 2017 di bangku duduk bagian depan

Fitur Dual SRS Airbag 

Fitur keselamatan pasif juga tak ketinggalan hadir di Mitsubishi Xpander GLS AT 2018. Ya, mobil ini sudah didukung Dual SRS Airbag yang bertugas sebagai pelindung penting bagi pengemudi dan penumpang depan. Apalagi dengan rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution), pastinya membuat mobil ini lebih aman saat mengalami insiden tabrakan.

>>> Klik sini untuk simak spesifikasi mobil Mitsubsihi lainnya

Operasi Mitsubishi Xpander 2018

gambar mesin mobil Mitsubishi Expander 2017 berwarna hitam

Mesin Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 

Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 masih tetap menggunakan mesin 1.5 liter MIVEC DOHC 16 Valve. Mesin ini mampu menghasilkan figur performa 103 dk /6.000 rpm disertai torsi maksimum 141 Nm/4.000 rpm.

Nah, mobil baru Mitsubishi yang diluncurkan di GIIAS 2018 ini sudah menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Sistem ini akan menyalurkan tenaga dari mesin ke sistem penggerak roda depan. Dan karena ia bertransmisi otomatis, jelas saat digunakan di perkotaan yang banyak menghadapi kemacetan maupun kondisi stop and go jauh lebih nyaman dibandingkan varian GLS MT yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Untuk menghasilkan handling yang nyaman dan cekatan, Mitsubishi pun mempercayakan kombinasi sistem suspensi MacPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (belakang), serta pada masing-masing shock absorber valve dirancang dengan pendekatan quick response. Pada bagian roda depan, engineer Mitsubishi menyematkan built-in strut bar yang membuat mobil lebih stabil saat digunakan bermanuver.

Review Mitsubishi Xpander GLS AT: First Drive

Hanya berbeda fitur, pengendaraan Mitsubishi XPander GLS AT sama persis dengan varian Ultimate Cintamobil.com uji di Semarang - Solo awal Maret 2018. Terasa bahwa tenaga dihasilkan mesin ini sangat mumpuni. Antaran tenaga saat stop-n-go halus, serta mampu berakselerasi dengan baik. Respons mesin dan transmisi saat diajak melahap tanjakan pun dapat diandalkan. Kestabilan dan kenyamanannya juga sangat baik. Ukuran besar dan fokus pada kenyamanan memang membuat buritan mobil seperti ketinggalan saat menikung dalam kecepatan agak tinggi. Tetapi, patut diingat bahwa ini MPV, bukan mobil sport. Yang penting, tidak limbung apalagi bikin mual seluruh keluarga Anda. 

>>> Baca di sini untuk liputan lengkap test drive Mitsubishi Xpander di Semarang - Solo

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2018

 Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Mitsubishi Xpander GLS AT 2018.

Mesin Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

Tipe

4A91 1.5L 4 silinder segaris 16 katup MIVEC DOHC

Kapasitas

1.499 cc

Tenaga maksimum

103 dk / 6.000 rpm

Torsi maksimum

141 Nm / 4.000 rpm

Transmisi

4-Speed A/T

Dimensi Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

P x L x T

4.475 mm x 1.750 mm x 1.695 mm

Berat

1.780 kg

Radius putar

5.2 m

Wheelbase

2.275 mm

Ground Clearance

200 mm

Kapasitas tangki

45 liter

Suspensi dan Kaki-kaki Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

Suspensi depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi belakang

Torsion Beam

Ban

185/65 R15

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Mitsubishi Xpander 2018

Harga Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 yang diluncurkan di GIIAS 2018 adalah Rp 228,6 jutaan (OTR Jakarta). Harga ini merupakan harga termurah di keluarga mobil Mitsubishi Xpander baru yang sudah menggunakan transmisi otomatis.

Tipe mobil

Harga Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander GLS A/T 2018

Rp 228.600.000

Karena varian ini baru diluncurkan, mau tidak mau untuk mobil bekas Mitsubishi Xpander yang tersedia kebanyakan merupakan varian yang sudah dikeluarkan satu tahun sebelumnya. Karena kepopuleran mobil ini, harga mobil bekas Mitsubishi Xpander keluaran 2017 berdasarkan database Cintamobil.com cenderung stabil berkisar di angka Rp188 jutaan hingga Rp250 jutaan tergantung varian yang dicari.

Kesimpulan Mitsubishi Xpander 2018

Menjadi varian bertransmisi otomatis termurah di keluarganya, Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 semakin cocok untuk keluarga Indonesia yang menginginkan mobil keluarga yang tak hanya nyaman, keren, tapi juga dibanderol dengan harga terjangkau. Sederhananya, Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 adalah mobil yang worth to buy.

Kendati demikian, jika Anda ingin Mitsubishi Xpander dengan fitur lebih lengkap, kabin lebih mewah, serta sistem keselamatan lebih baik, maka rekomendasi kami lebih baik langsung saja memilih varian Ultimate AT yang harganya terpaut sekitar Rp20 jutaan saja. Opsi lainnya adalah membeli mobil bekas Mitsubishi Xpander keluaran 2017 yang bisa didapat segera dengan kisaran harga tidak terpaut jauh dengan mobil baru Mitsubishi Xpander, dimana untuk mencari mobil bekas Mitsubishi Xpander sudah bisa dilakukan saat ini juga melalui Cintamobil.com

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Hafizh Fauzan
Share this post:

Review lain

Preview Mitsubishi Eclipse Cross 2018: Racikan Baru Mitsubishi, Desain Crossover Dalam Tubuh SUV

24/07/2018

Editor rate:

Apa jadinya ketika mobil dulunya kupe dijadikan crossver? Apalagi, jika perancangnya adalah pabrikan otomotif ternama sekelas Mitsubishi dari negara Sakura. Nyatanya, produk yang diandaikan tadi sudah diproduksi dengan nama Mitsubishi Eclipse Cross. Meski produk ini nyatanya belum masuk ke Tanah Air, namun terasa menarik jika membedahnya, berharap mobil terbaru ini dihadirkan untuk skala Nasional. Mari kita simak preview Mitsubishi Eclipse Cross 2018.

Lihat juga

Review Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Dakar 2017, Varian Terlengkap Dari Mitsubishi Pajero Sport

13/07/2018

Editor rate:

Setelah sukses menarik pengunjung IIMS 2017 dengan memperkenalkan varian Dakar 4x2 Ultimate yang berstatus CKD, berselang beberapa hari setelah ajang tersebut, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku pemegang merek Mitsubishi di Indonesia memperkenalkan Mitsubishi Pajero 4x4 Dakar 2017 yang juga menyandang status CKD. Review Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Dakar 2017 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review Mitsubishi New Triton Athlete 2018: Tangguh Di Medan Pegunungan, Modis Di Area Perkotaan

08/07/2018

Editor rate:

Setelah perkenalannya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Mitsubishi Triton Athlete 2018 mulai dicoba untuk membuktikan ketangguhannya dalam menerjang medan berat di kawasan Gunung Bromo. Seperti apa performanya? Bagi Anda yang berencana membeli mobil berdesain gagah dan memiliki utiliitas tinggi, rasanya tepat untuk mengamati review Mitsubishi New Triton Athlete 2018 ini hingga tuntas.

Lihat juga

Profil Mitsubishi Outlander PHEV 2018, Mobil Listrik Kekinian Tercanggih Dari Mitsubishi

29/06/2018

Editor rate:

Berbekal konsep plug-in hybrid, Mitsubishi Outlander PHEV merupakan jembatan sempurna bagi Indonesia untuk memasuki era mobil listrik.

Lihat juga

First Impression Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 AT 2018

24/04/2018

Editor rate:

Mitsubishi Pajero merupakan mobil SUV yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya di pasa mobil Indonesia. Dengan mengususng desain sporty, mobil ini menjadi salah satu mobil pilihan untuk kelas SUV di Indonesia. Di tahun 2018 ini, Mitsubishi mengeluarkan versi terbaru dari Mistubishi Pajero Sport Exceed 4x2 At untuk pasar Indonesia. Dengan beberapa perubahan di bagian eksterior dan fitur didalamnya, Pajero Sport Exceed cukup menjanjikan sebuah mobil SUV.

Lihat juga
back to top