Bunyi-bunyi Aneh Ini Pertanda Ada Kerusakan Suspensi Mobil

Share this post:
Bunyi-bunyi Aneh Ini Pertanda Ada Kerusakan Suspensi Mobil
Memiliki tugas berat, suspensi mobil juga punya usia pakai. Menariknya, ketika terjadi kerusakan suspensi mobil maka muncul bunyi-bunyian aneh.

Suspensi pada sebuah kendaraan termasuk mobil, memiliki peranan yang cukup vital. Karena suspensi mobil bertugas untuk menopang seluruh beban kendaraan beserta isinya. Bayangkan beban tersebut harus dipikul selama Anda berkendara maupun ketika mobil diparkir.

>>> Memahami Suspensi pada Mobil Anda

Sehingga tak jarang, usia suspensi mobil lebih cepat dibanding usia mobil tersebut. Namun menariknya, ketika muncul gejala kerusakan suspensi mobil, beberapa bagian ini mengeluarkan bunyi-bunyi tak lazim. Apa saja bunyi-bunyian yang muncul? Berikut penjelasannya:

1. Kletek-Kletek

ball joint mobil

Kerusakan ball joint akan menimbulkan suara aneh

Ketika Anda berkendara melewati permukaan jalan yang kurang mulus lalu muncul suara kletek-kletek dari bagian suspensi mobil, maka kemungkinan ada kerusakan pada bagian ball joint. Untuk memastikannya, coba dongkrak salah satu ban mobil dan biarkan ban menggantung. Kemudian dorong dan tarik ban, apabila terasa oblak, maka itu sumber bunyi kletek-kletek tadi tanda ball joint minta diganti.

>>> Promo mobil baru menarik cek disini

2. Klotok-Klotok

tie rod mobil

Tie rod mobil juga ada batas usianya

Kalau saat berkendara, sesekali mobil megeluarkan bunyi klotok-klotok, kemungkinan akibat tie rod rusak. Cara memastikannya juga sama, dongkrak ban dan biarkan menggantung. Kemudian goyangkan ban, namun dari arah depan ke belakang serta sebaliknya. Kalau suara muncul dan ban terasa oblak, dipastikan tie rod rusak.

>>> Listing mobil bekas paling lengkap cek disini

3. Duk-Duk

Shockbreaker mobil

Shockbreaker rusak akan membuat perjalanan tidak nyaman

Ketika melintas di jalan berlubang atau saat bertemu polisi tidur kemudian mobil mengeluarkan suara "duk duk duk", kemungkinan kerusakan ada pada bagian shockbreaker mobil. Untuk mendeteksi bagian ini cukup mudah karena tidak perlu didongrak. Coba tekan ujung kap mesin atau bagasi berulang-ulang. Jika bunyi tersebut muncul dan pantulan mobil terasa keras, maka kerusakan suspensi mobil sudah bisa ditemukan.

>>> Tips trik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Gemar Ngebut di Jalan? 3 Komponen Suspensi Mobil Ini Akan Mudah Rusak

27/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jika Anda termasuk pengemudi yang gemar ngebut di jalan raya, maka selain membahayakan diri Anda dan orang lain, ada komponen mobil dibagian suspensi yang bisa rentan rusak. Apa saja komponen tersebut?

Lihat juga

Cara Mudah Periksa Kondisi Suspensi

Fungsi Shockbreaker mobil adalah menahan guncangan/ kejutan/ hentakan saat mobil melewati jalan yang tidak rata misalnya jalan berbatu, jalan berlubang, gundukan jalan dan lain-lain. Sedangkan karet- karet memegang peran membantu kompen - komponen beroperasi dengan tetap. Jadi pemilik mobil harus sering memeriksa kondisi keduanya untuk menjaga keamanan selama pemakaian mobil sendiri.

Lihat juga

Suspensi Sama, Kok Rasa Handling Bisa Beda Antara All New Brio Satya Dengan All New Brio RS, Ini Dia Rahasianya

23/10/2018

Pengemudian

Bagi Anda yang sudah sempat mencoba All New Honda Brio secara langsung pasti akan merasa heran karena karakter handling maupun bantingan dari kedua model yang ditawarkan Honda ini amat berbeda. Apa rahasianya jika suspensi sama, kok rasa handling bisa beda antara All New Brio Satya dengan All New Brio RS? Ini dia rahasianya.

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019

Editor rate:

Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

Lihat juga

Harga All New Suzuki Ertiga Terbaru Agustus 2020 Di Indonesia

01/08/2020

Suzuki

Suzuki Ertiga adalah salah satu MPV terlaris Tanah Air. Dan di tahun ini Suzuki memberikan perubahan terbarunya. Berapa harga All New Suzuki Ertiga bulan ini?

Lihat juga