Bunyi-bunyi Aneh Ini Pertanda Ada Kerusakan Suspensi Mobil

16/08/2019
Memiliki tugas berat, suspensi mobil juga punya usia pakai. Menariknya, ketika terjadi kerusakan suspensi mobil maka muncul bunyi-bunyian aneh.

Suspensi pada sebuah kendaraan termasuk mobil, memiliki peranan yang cukup vital. Karena suspensi mobil bertugas untuk menopang seluruh beban kendaraan beserta isinya. Bayangkan beban tersebut harus dipikul selama Anda berkendara maupun ketika mobil diparkir.

>>> Memahami Suspensi pada Mobil Anda

Sehingga tak jarang, usia suspensi mobil lebih cepat dibanding usia mobil tersebut. Namun menariknya, ketika muncul gejala kerusakan suspensi mobil, beberapa bagian ini mengeluarkan bunyi-bunyi tak lazim. Apa saja bunyi-bunyian yang muncul? Berikut penjelasannya:

1. Kletek-Kletek

ball joint mobil

Kerusakan ball joint akan menimbulkan suara aneh

Ketika Anda berkendara melewati permukaan jalan yang kurang mulus lalu muncul suara kletek-kletek dari bagian suspensi mobil, maka kemungkinan ada kerusakan pada bagian ball joint. Untuk memastikannya, coba dongkrak salah satu ban mobil dan biarkan ban menggantung. Kemudian dorong dan tarik ban, apabila terasa oblak, maka itu sumber bunyi kletek-kletek tadi tanda ball joint minta diganti.

>>> Promo mobil baru menarik cek disini

2. Klotok-Klotok

tie rod mobil

Tie rod mobil juga ada batas usianya

Kalau saat berkendara, sesekali mobil megeluarkan bunyi klotok-klotok, kemungkinan akibat tie rod rusak. Cara memastikannya juga sama, dongkrak ban dan biarkan menggantung. Kemudian goyangkan ban, namun dari arah depan ke belakang serta sebaliknya. Kalau suara muncul dan ban terasa oblak, dipastikan tie rod rusak.

>>> Listing mobil bekas paling lengkap cek disini

3. Duk-Duk

Shockbreaker mobil

Shockbreaker rusak akan membuat perjalanan tidak nyaman

Ketika melintas di jalan berlubang atau saat bertemu polisi tidur kemudian mobil mengeluarkan suara "duk duk duk", kemungkinan kerusakan ada pada bagian shockbreaker mobil. Untuk mendeteksi bagian ini cukup mudah karena tidak perlu didongrak. Coba tekan ujung kap mesin atau bagasi berulang-ulang. Jika bunyi tersebut muncul dan pantulan mobil terasa keras, maka kerusakan suspensi mobil sudah bisa ditemukan.

>>> Tips trik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain