Jajaran Mobil Terlaris, Intip Kelengkapan Fitur Honda Brio RS Urbanite

26/07/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Sebagai iterasi terbaru dari Honda, Simak berbagai kelengkapan dari Honda Brio RS Urbanite Edition yang membawa desain sporty dibandingkan saudaranya.

Honda Brio menjelma sebagai sebuah kendaraan perkotaan dengan harga yang terjangkau sehingga membuatnya menjadi mobil terlaris di Indonesia pada 2020 dan di semester I 2021 lalu. Dan yang paling anyar, PT Honda Prospect Motor (HPM) di awal tahun lalu memperkenalkan edisi terbaru dari Honda Brio melalui Brio RS Urbanite yang lebih sporty.

Jika dilihat dari luar, tentu saja ada banyak perbedaan dan kelebihan mobil ini dibandingkan dengan tampilan Brio standar, Mulai dari front under spoiler dan rear under spoiler yang dilengkapi diffuser dan bagian dalam yang didominasi warna hitam. Untuk melihat berbagai kelebihan mobil ini, simak kelengkapan fitur Honda Brio RS Urbanite yang bisa Anda dapatkan.

Fitur Hiburan

Head unit layar sentuh berukuran 6.2 inci yang terletak pada bagian tengah dashboard menjadi pusat semua sistem hiburan mobil ini. Begitu pula dengan pengaturan AC digital yang memudahkan Anda untuk mengatur suhu selama berkendara serta fungsi Hands Free Telephone pada head unit.

head unit Honda Brio RS Urbanite 2021
Head unit 6,2 inci menjadi pusat hiburan mobil ini

Sebagai pelengkap di sektor hiburan, Brio RS Urbanite sudah mendapatkan teknologi yang hampir sama dengan Brio standar. Dilengkapi dengan radio untuk memutar musik, CD Player, serta konektivitas iPhone dan iPod melalui Bluetooth maupun AUX-In. Ada pula fitur pemutar DVD dan slot USB yang memberikan kepraktisan ketika berkendara.

Penumpang di dalam kabin juga bisa menikmati kualitas audio yang sudah cukup baik dengan penambahan Tweeter Speakers. Dengan Audio Steering Switch, Anda juga bisa mengganti saluran radio maupun mengatur volume melalui tombol yang terletak pada setir.

Selain untuk kenyamanan, Brio juga mendapatkan fitur lainnya yang memberikan kepraktisan ketika berkendara. Yaitu fitur Electric Trunk Opener yang membantu membuka bagasi lebih mudah hanya dengan menekan tombol pada pintu bagasi. Mengingat ruang bagasi mobil ini tak begitu lapang, sehingga akan memudahkan ketika memasukkan barang ke dalam bagasi.

bagasi Honda Brio RS Urbanite 2021 yang bisa dibuka secara elektrik
Ada fitur Electric Trunk Opener pada mobil ini

Sayang mobil ini belum mendapatkan fitur height adjuster seperti mobil yang lebih tinggi, walaupun pengaturan tempat duduk yang dibuat rendah cukup baik untuk memberikan rasa berkendara yang menyenangkan. Dan bangku penumpang di depan sudah mendapatkan fitur reclining dan headrest yang proper.

>>> Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: City Car Milenial yang Makin Sporty

Fitur keselamatan

Selain tampilannya yang dibuat lebih sporty, namun Honda juga menghadirkan pengaturan dan fitur yang memberikan kemudahan ketika berkendara. Salah satunya adalah LED Turning signal yang tak hanya menambah kesan lebih modern dan agresif tapi juga membantu ketika berkendara di jalanan perkotaan maupun ke luar kota.

head unit Honda Brio berwarna kuning
Bagian depan mendapatkan lampu sein dengan kesan agresif

>>> Harga Honda Brio Bekas Dibawah 100 Juta, Dapat Tahun Berapa?

Hanya saja lampu depannya masih menggunakan model konvensional yang diberikan tanpa proyektor maupun LED. Hal ini cukup mengganggu, apalagi ketika harus berkendara di jalanan dengan penerangan yang kurang memadai.

Sedangkan sebagai fitur keselamatan pasif, mobil ini dilengkapi dengan Dual Front SRS Airbag dan Seatbelt yang akan memberikan rasa aman ketika terjadi tabrakan untuk menghindari cedera fatal. Selain itu, seatbelt juga dilengkapi fitur pretensioner dan load limiter guna menjaga tubuh tetap berada pada tempatnya dan mengurangi tekanan berlebih pada saat terjadi tabrakan.

fitur ABS dan EBD yang diberikan kepada Honda Brio
Brio menawarkan sistem pengereman ABS dan EBD pada mobil ini

Dan salah satu sistem keselamatan yang diberikan pada mobil ini yaitu sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Kedua fitur ini membantu pengendaraan ketika harus melewati jalanan yang licin dan mencegah selip dengan menyalurkan daya pengereman sesuai dengan beban dari masing-masing roda.

>>> Daftar Pajak Honda Brio dari Generasi Awal Hingga Terbaru

Mesin Honda Brio RS Urbanite

Namun tak jauh berbeda dibandingkan model di bawahnya, mesin Honda Brio RS Urbanite masih mengandalkan unit berkode L12 berkapasitas 1.2 liter. Mesin yang sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel i-VTEC ini memang dikenal menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit dan rasa berkendara yang fun-to drive.

mesin Honda Brio RS Urbanite 2021
Honda Brio Urbanite 2021 menggunakan i-VTEC bertenaga 90 PS

Pengaturannya bisa dibilang tak mengalami perubahan signifikan dibandingkan edisi sebelumnya. Dimana Brio RS Urbanite mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 90 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan untuk memberikan pengendaraan yang sporty.

Memang keluaran tenaganya tak sekuat mobil lain yang lebih besar, tapi sudah cukup untuk membawa Anda dan penumpang di belakang meliuk-liuk di jalanan perkotaan yang dinamis. Apalagi mobil ini dilengkapi pilihan transmisi CVT dan manual 5-percepatan yang cukup responsif.

>>> Simulasi Harga Kredit Honda Brio, Mobil Murah Paling Diburu

Harga Honda Brio RS Urbanite

Ada empat pilihan varian yang tersedia, dimana Brio RS Urbanite merupakan varian tertinggi dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Selain itu, ada Brio tipe S sebagai varian terendah, diikuti Brio tipe E dan Brio RS yang sebelumnya dikenal sebagai varian tertinggi.

Dengan penambahan fitur dan tentu saja tampilan yang lebih sporty, ternyata harga yang ditawarkan tak begitu berbeda jauh jika melihat varian di bawahnya. Mengingat harga Honda Brio RS Urbanite ditawarkan mulai dari Rp 187 jutaan untuk varian bertransmisi manual dan Rp 201 jutaan untuk varian matic.

Honda Brio RS Urbanite 2021 berwarna merah
Honda Brio Urbanite 2021 merupakan varian tertinggi

Harga ini hanya terpaut Rp 6 jutaan dibandingkan varian Brio RS bertransmisi manual yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 181 jutaan dan berbeda Rp 5 jutaan saja dengan Brio RS CVT yang dibanderol Rp 196 jutaan saja.

Sistem keselamatan mumpuni dan fitur hiburan yang menarik dibantu fitur kepraktisan yang memudahkan pengemudi dan penumpang selama berkendara. Dengan harganya yang cukup menarik, Brio RS Urbanite memberikan rasa berkendara yang menyenangkan melalui teknologi yang terbilang lengkap.

>>>  Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Honda Brio RS Urbanite sudah memiliki model bekas?
Dengan baru diperkenalkan beberapa waktu lalu, belum ada model Honda Brio RS Urbanite bekas di Indonesia.
Berapa harga Honda Brio RS Urbanite 2021?
Honda Brio RS Urbanite 2021 bisa didapatkan dengan versi transmisi manual Rp 187 jutaan dan varian matic Rp 201 jutaan.
Apa saja varian Honda Brio yang ada di Indonesia?
Ada 4 tipe Honda Brio, yaitu S, E, RS, dan RS Urbanite.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top