Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: City Car Milenial yang Makin Sporty

23/02/2021

Share this post:

Honda Brio 2021

Editor rate:

TBA

Jual beli mobil Honda Brio bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Mobil terlaris di Indonesia tahun 2020 ini kini tampil semakin semakin sporty, berikut review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 oleh tim Cintamobil.com

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: City Car Milenial yang Makin Sporty
Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: City Car Milenial yang Makin Sporty
0 Gambar

Pengantar Honda Brio 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda Brio 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Handling memukau di kelasnya

Mesin irit BBM dan punya performa kuat

Tampilan eksterior lebih sporty

Kekurangan

Headlamp masih model konvensional tanpa proyetor apalagi LED

Fitur belum sebanyak rivalnya

Menu Multi Information Display (MID) terlalu sederhana

Foto emblem BRIO di Honda Brio Urbanite

Brio menjadi salah satu produk terpenting Honda Indonesia

Honda Brio merupakan salah satu line-up terpenting bagi Honda Indonesia. Bagaimana tidak, sepanjang tahun 2020 contohnya mobil satu ini menjadi mobil yang paling laris dijual di Indonesia dengan jumlah penjualan 40.789 unit. Pun demikian dengan tahun 2021, tren positif itu kembali berlanjut dengan mencatat penjualan sebanyak 3.814 unit. Untuk merayakannya, PT HPM meluncurkan edisi khusus Honda Brio RS Urbanite Edition 2021.

Foto Honda Brio Urbanite

Seberapa menarik mobil ini untuk kawula muda?

Perlu dicatat, Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 ini bukanlah produk limited edition dari Honda Brio RS. "Kita bakal lihat, kalau permintaannya bagus, ya bakal lanjut," ujar Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) saat Cintamobil.com temui di kantornya di bilangan Sunter, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Alasan HPM menggunakan Brio tipe RS sebagai basis adalah karena mereka ingin menonjolkan kesan sporty yang ada di city car ini. Lantas seberapa menarik Honda Brio Urbanite ini? Mari simak review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021.

Eksterior Honda Brio 2021

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Kesan sporty makin nampak mulai bagian depan

Ubahan paling besar pada Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 ini ada pada bagian bodi depannya. Kini HPM menyematkan new front under spoiler yang makin menyiratkan kesan sporty pada mobil Honda Brio RS ini. Meskipun body kit tersebut merupakan additional tetapi kualitasnya tetap diperhatikan oleh HPM, karena saat kami sentuh body kit tambahan ini terasa kokoh.

Foto tampilan depan Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Sayangnya headlamp tak ada ubahan

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Ubahan cukup banyak ada di bagian samping ini

Berlanjut ke bagian samping, HPM memberi cukup banyak sentuhan di bagian ini, dari mulai spion yang dilabur warna hitam sehingga kontras dengan kelir carnaval yellow (kuning) dab phoenix orange pearl (oranye) yang jadi hero color Honda Brio RS.  Lalu dilanjut dengan penggunaan black side under spoiler yang makin menguatkan kesan sporty yang disukai oleh kaum milenial sesuai dengan target pasar mobil ini.

Foto spion Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Spion tetap bisa diatur secara elektris dari dalam kabin

Cover spion yang diberi warna hitam tersebut tetap dilengkapi dengan pengaturan elektris yang bisa dilakukan dari dalam kabin lengkap dengan fitur auto folding. Fitur pada spion ini dapat membantu pengemudi saat hendak parkir maupun melewati gang sempit yang butuh untuk aksi papasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan. O ya, agar senada gagang pintu juga dilabur warna hitam.

Foto side skirt Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Side skirt dan gagang pintu warna hitam kontras dengan kelir bodi mobil

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Tampilan buritannya makin gaul dan sporty

Pada bagian buritan Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 kini bumper belakangnya dilengkapi dengan rear under spoiler yang sangat sporty. Ubahan ini makin mempertegas bahwa Honda Brio Urbanite ini adalah city car yang semakin cocok untuk digunakan oleh anak muda yang enerjik, dan dinamis sesuai dengan karakter Honda Brio RS yang jadi basisnya.

Foto bumper belakang Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Diffuser makin mencitrakan kesan sporty

>>> Baca juga review mobil Honda lainnya:


Interior Honda Brio 2021

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Layout Dashboard

Foto layout dahsboard Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Dashboard tetap memberi kesan luas

Masuk ke bagian dalam, sebenarnya tidak ada bedanya antara Honda Brio RS 'biasa' dengan Honda Brio Urbanite. Tetap menggunakan layout dashboard yang sama demikian juga dengan coraknya. Untuk di Brio RS maupun Honda Brio Urbanite sama-sama mendapatkan aksen oranye di dashboardnya yang mencitrakan kesan sporty dan dinamis. Secara umum tidak ada komplain soal bagian dashboard dari mobil ini.

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Kursi

Foto kursi depan Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Kursi mampu menopang tubuh dengan baik saat bermanuver

Posisi duduk Honda Brio adalah yang terbaik di kelasnya, posisi duduk pengemudinya rendah dan punya egronomika yang baik, meski tidak ada height adjuster. Begitu pula dengan penumpang depannya, posisi duduknya nyaman plus bisa reclining dan telah mendapat head rest yang proper dan mampu melindungi kepala Anda dengan baik saat terjadi tabrakan yang disebabkan oleh kendaraan dari belakang.

Foto kursi belakang Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Duduk di belakang kini lebih nyaman, karena wheelbase meningkat 60 mm dari generasi sebelumnya

Tiga penumpang dewasa dapat duduk dengan cukup nyaman di dalam kabin Honda Brio RS Urbanite Edition 2021. Tiga headrest pun akan melindungi penumpang yang duduk di belakang ini ketika ditabrak kendaraan dari arah belakang. Satu hal yang patut disayangkan adalah seatbelt 3 titik hanya tersedia untuk penumpang kanan dan kiri mobil ini, sementara untuk yang duduk ditengah harus pasrah dengan seatbelt 2 titiknya.

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Setir

Foto setir Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Setir mantap digenggam

Sama seperti rivalnya sesama brand Jepang itu, setir Honda Brio Urbanite ini juga bisa dapat diatur naik-turun (tilt) saja tanpa pengaturan telescopic. Namun meski demikian, lingkar kemudi ini lebih mantab untuk digenggam dibandingkan dengan Daihatsu Sirion yang menjadi rivalnya. Sebab diameter dan tebal setirnya pas. Dan tetap tersedia tombol pengatur audio yang memudahkan pengemudi melakukan kontrol terhadap audionya. 

>>> Cek juga berita terupdate seputar Honda:

Fitur Honda Brio 2021

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: Panel Instrumen

Foto panel instrumen Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Panel instrumen terlihat sederhana tapi mudah dipantau

Panel instrumen di Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 ini juga masih sama dengan Honda Brio trim lainnya, dari tipe S hingga RS. Tetap mengandalkan tiga gauge besar untuk indikator putaran mesin (rpm), speedometer, dan fuel gauge meter. Juga tetap tersedia Multi Information Display yang dapat memberi info odometer, trip, jam, posisi shifter transmisi CVT-nya, dan konsumsi BBM rata-rata.

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: APAR

Foto APAR di Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

APAR mudah dijangkau

Keharusan penerapan alat tambahan yakni APAR (Alat Pemadam Aki Ringan) telah tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. Dan PT HPM tentunya juga ingin memenuhi peraturan tersebut, maka APAR berjenis dry cemical pun diletakkan di bawah kursi penumpang depan dengan tujuan agar mudah diraih saat keadaan darurat.

Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: In-Car Entertaiment System

Foto In-Car Entertaiment System Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

4 speaker plus 2 tweeter jamin lantunan lagu kesayangan Anda terdengar merdu

Perjalanan menjadi semakin menyenangkan dan seru berkat 5,1 inch touchscreen display audio with bluetooth & hft function. Jadi Audio di Honda Brio Urbanite ini dapat memberikan kemudahan dalam memutar berbagai macam format musik, mulai dari CD/DVD, iPod/iPhone, Bluetooth & USB Connection, serta tentunya AM/FM Radio. Bahkan sistem In-Car Entertaiment System ini juga dilengkapi fungsi Hands Free Telephone.

>>> Resale value Honda Brio merupakan yang terkuat di kelasnya, lalu berapa harga mobil ini saat baru?

Operasi Honda Brio 2021

Foto mesin L12 Honda di Honda Brio Urbanite

Mesin punya tenaga terbesar di kelasnya dan juga irit BBM

Mesin Honda Brio Urbanite ini adalah unit berkode L12. Mesin 1.200 cc 4-silinder dengan teknologi katup variabel i-VTEC ini telah teruji serta menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive khas mobil Honda. Secara performa memang tak ada perubahan, masih bertenaga 90 PS atau 88,5 HP di putaran mesin 6.000 rpm. Menariknya, dari segi torsi ternyata mesin ini naik sekitar 1 NM dari Brio generasi sebelumnya keluaran awal (bukan yang terbaru). Kini mesin Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 ini bisa menghasilkan torsi maksimum 110 NM di putaran mesin 4.800 rpm.

>>> Yuk bedah teknologi mesin P10A2 andalan terbaru Honda

Spesifikasi Honda Brio 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition 2021
Seri mesin

 L12, 4-Silinder, SOHC, 16 Katup i-VTEC + DBW

Pasokan Bahan Bakar

 PGM-FI (Progammable Fuel Injection)

Rasio Kompresi

 10,1 : 1
Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

 88,5 HP (90 PS) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 110 NM @ 4.800 rpm

Kapasitas Silinder

 1,199 cc

Bore X Stroke

 73,0 mm X 71,8 mm

Tipe Transmisi

 CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Honda Brio RS Urbanite Edition 2021
Panjang X Lebar X Tinggi

 3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.405 mm

Berat Kosong

 965 Kilogram

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang
Jarak Pijak Depan / Belakang

 1.475 mm / 1.460 mm

Radius Putar

 4,6 Meter
Kapasitas Tangki

 35 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Brio RS Urbanite Edition 2021
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: H-Shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Electronic Power Steering (EPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™, Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Hatchback A Segment

Velg

 Alloy, 15 Inchi

Jenis Ban

 Bridgestone Potenza RE030, 185/55R15

Daftar Harga Honda Brio 2021

Foto ilustrasi harga Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Hingga artikel ini diturunkan, harganya belum muncul

Khusus untuk harga mobil baru Honda yang satu ini masih belum diumumkan, kemungkinan baru akan diumumkan jelang unit mulai dipasarkan dan didistribusikan pada bulan Maret 2021 mendatang. 

Kesimpulan Honda Brio 2021

Ubahan minor ini semakin menunjukkan bahwa Honda Brio RS Urbanite Edition 2021 ini layak didaulat sebagai city car untuk kaum milenial yang ubahannya semakin sporty. Apalagi dari segi performa baik itu performa akselerasi maupun performa konsumsi BBM mobil jagoan Honda Indonesia ini belum ada tandingannya. Ia juga didukung dengan fun to drive yang baik khas mobil-mobil racikan Honda.

Foto kesimpulan review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021

Brio RS Urbanite ini hadir dengan tampilan lebih sporty untuk kaum milenial

Belum lagi ia didukung dengan layanan purna jual yang mumpuni dan terdapat pilihan paket servis hemat dengan pilihan perawatan berkala 4 tahun / 50.000 kilometer atau 8 bulan / 100.000 kilometer. Dan gratis biaya jasa untuk pemeriksaan dan pengerjaan perawatan berkala normal sesuai dengan buku Garansi & Perawatan. (Mana yang tercapai lebih dulu).

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top