Simulasi Harga Kredit Honda Brio, Mobil Murah Paling Diburu

23/04/2021

Jual beli

3 menit

Bagi Anda peminat Honda Brio, penting untuk mengetahui perkembangan harga dari Honda Brio, baik itu harga kredit Brio maupun cash atau tunai.

Honda Brio hingga kini menjadi salah satu pilihan favorit bagi peminat mobil murah di rentang harga Rp 100 jutaan. Bahkan, Honda Brio berhasil menjadi salah satu mobil terlaris di tahun 2020. Bagi Anda yang termasuk peminat Honda Brio, penting untuk mengetahui perkembangan harga dari Honda Brio, baik itu harga kredit atau tunai.

Meski dikenal sebagai mobil yang terjangkau, ternyata tidak semua jenis Honda Brio termasuk dalam kategori Low Cost Green Car atau LCGC. Honda Brio sendiri menawarkan dua varian yakni LCGC dan non-LCGC. Untuk varian LCGC diberi nama Honda Brio “Satya”. Sedangkan untuk varian non-LCGC diberi nama Honda Brio “RS”. Dari sisi harga dan spesifikasi, Honda Brio RS memang lebih unggul ketimbang saudaranya tersebut. Berikut daftar harga cash dan harga kredit Honda Brio.

Harga Honda Brio dan Harga Kredit Honda Brio

Brio bekas

Honda Brio menjadi mobil terlaris di Indonesia mengalahkan Toyota Avanza

Berbeda dari tahun 2020, di awal tahun 2021 ini harga Honda Brio mengalami kenaikan sekitar Rp 3 - 4 jutaan. Untuk varian termurah Honda Brio yakni Honda Brio Satya S M/T dalam kondisi baru dibanderol Rp 149.000.000 untuk On The Road (OTR) Jakarta. Sedangkan yang termahal yaitu Honda Brio RS CVT dibanderol Rp 204.000.000 OTR. Harga Honda Brio Satya S M/T mengalami kenaikan Rp 3 juta dari harga sebelumnya sementara Honda Brio RS CVT naik sekitar Rp 4,4 juta. 

Daftar lengkapnya sebagai berikut.

Tipe Mobil

Harga Mobil

Honda Brio Satya S M/T

Rp149.000.000

Honda Brio Satya E M/T

Rp158.000.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp173.500.000

Honda Brio RS M/T

Rp188.500.000

Honda Brio RS CVT

Rp204.000.000

Sedangkan harga cicilan Honda Brio yang ditawarkan adalah dengan besaran Down Payment (DP) 30 persen. Artinya, untuk tipe terendah yakni yakni Honda Brio Satya S M/T, DP yang diperlukan adalah Rp 44.700.000. Selain besaran DP, yang perlu diperhitungkan adalah berapa lama jangka waktu (tenor) yang Anda ambil. Umumnya tenor yang ditawarkan ialah antara 1-5 tahun. Semakin lama tenor berarti semakin kecil cicilan honda Brio yang dibayarkan tiap bulannya.

Brio bekas

Honda Brio menjadi pilihan mobil perkotaan yang murah

Dengan kondisi tersebut maka simulasi perhitungannya ialah sebagai berikut:

  • Harga mobil: Rp 149.000.000
  • Tenor kredit 5 tahun: 60 bulan
  • Uang muka: Rp 149.000.000 x 30 % = Rp 44.700.000
  • Pokok hutang: Rp 149.000.000 - Rp 44.700.000 = Rp 104.300.000
  • Cicilan per bulan: Rp 104.300.000/60 = Rp 1.738.333 

Jadi untuk harga cicilan Honda Brio tipe Satya S M/T yang perlu dibayarkan setiap bulan ialah Rp 1.783.333 dengan tenor lima tahun. 

Skema perhitungan tersebut juga berlaku untuk tipe Honda Brio lainnya. Dan yang perlu diketahui adalah simulasi harga tersebut belum termasuk biaya administrasi, biaya paket servis berkala, biaya asuransi selama tenor diambil. Biasanya pihak Honda akan menawarkan biaya paket servis berkala kepada konsumen. Namun semua kembali lagi tergantung pada Anda selaku pembeli ingin mengambil paket servis berkala atau tidak.

>>> 10 Pilihan Oli Mobil Honda Brio Terbaik

Harga kredit Honda Brio Bekas

Tidak hanya dalam kondisi baru, Honda Brio bekas ternyata juga masih laris di pasaran. Untuk harga Honda Brio bekas generasi kedua atau facelift di atas angka Rp 120 jutaan. Bahkan untuk Honda Brio generasi pertama yakni 2013 harganya bisa lebih murah lagi, yaitu mulai dari Rp 90 jutaan.  Sedangkan untuk Honda Brio produksi 2015-2017 berkisar Rp 100 juta - Rp120 jutaan. Namun harga-harga tersebut bisa berbeda tergantung dengan daerah dan kondisi masing-masing mobil. 

honda brio bekas

Interior Honda Brio yang minimalis namun tetap menawan

Untuk perhitungan harga kredit Honda Brio bekas masih menggunakan simulasi yang sudah kami paparkan di atas. Artinya tergantung dengan berapa besaran DP dan tenor yang Anda ambil untuk setiap jenis mobil.

>>> Review Honda Brio RS Urbanite Edition 2021: City Car Milenial yang Makin Sporty

Harga Honda Brio RS 2020 bekas

Honda Brio RS merupakan varian non-LCGC dari Honda Brio. Dengan harga pasaran yang lebih mahal, jelas Honda Brio RS memiliki beberapa keunggulan ketimbang Honda Brio Satya. Keduanya sama-sama dibekali kapasitas mesin 1.199 cc. Dari sisi tampilan eksterior dan interior, Honda Brio RS tampil lebih sporty dan memiliki fitur yang lebih lengkap. Salah satunya ia sistem Audio. Honda Brio RS menggunakan Kenwood layar sentuh 6,1 inci dengan setting audio yang sangat lengkap alih-alih Honda Brio Satya yang menggunakan 2 DIN Pioneer dengan USB, AUX, dan Bluetooth.

honda bekas

Honda Brio silver tahun 2016

Selain itu, perbedaan lainnya ialah Honda Brio Satya belum dilengkapi spion dengan sistem lipat elektrik sementara Honda RS sudah. Perbedaan juga ada pada ukuran velg. Pada Honda Brio RS menggunakan velg 15 inci sedangkan Honda Brio Satya menggunakan velg ukuran diameter 14 inci.

Untuk harga Honda Brio RS tahun 2020 di pasar jual-beli berkisar Rp 170 jutaan. Harga ini bisa berubah tergantung kondisi kendaraan. 

>>> Cicilan Kredit Honda Brio Mulai Rp 1 Jutaan

Kredit Mobil Honda Brio Tanpa DP, Mungkinkah?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, harga kredit Honda Brio umumnya ditawarkan dengan minimal DP 30 persen. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa dealer yang memberikan penawaran DP di bawah itu. Pertanyaan berikutnya, apakah bisa membeli Honda Brio secara kredit tapi tanpa uang muka alias DP? Jawabannya adalah bisa.

Honda Brio RS non LCGC termasuk dalam jenis mobil yang bisa dicicil tanpa DP. Peraturan ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang mulai berlaku 1 Maret 2021. Sayangnya aturan ini tidak atau belum berlaku untuk Honda Brio LCGC atau Satya.  Kendati begitu pengajuan kredit tanpa DP ini tidak bisa dilakukan pada semua bank. Hanya bank-bank tertentu yang dapat memberlakukan kebijakan tersebut.

Secara keseluruhan, untuk pasar mobil murah Honda Brio memang masih menjadi favorit baik dalam kondisi baru maupun bekas. Selain fiturnya yang cukup lengkap, tenaga dan performa Brio terbilang mampu bersaing di kelasnya.

>>>  Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya pajak Honda Brio?
Pajak mobil Honda Brio tergantung tipe dan tahunnya. Yang paling murah mulai dari Rp 1,6 jutaan per tahunnya.
Berapa biaya sewa mobil Honda Brio di Jakarta sehari?
Harga sewa Honda Brio di Jakarta mulai Rp350 ribu.
Berapa harga spare part Honda Brio?
Harga spare part Honda Brio bisa berbeda-beda tergantung jenis dan bengkelnya. Di bengkel resmi Honda harga Oli mesin 5W-30 4 liter berkisar Rp 550 ribu serta kampas rem depan Rp528 ribu.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top