Review Wuling Hongguang Plus 2019: Confero Berbodi Kotak Bermesin Turbo

30/08/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Meski baru 2 tahun di Indonesia, Wuling Motors sudah melahirkan banyak produk mulai dari MPV hingga yang terbaru, SUV. Sementara di negara asalnya, Tiongkok, dalam beberapa tahun terakhir juga memperkenalkan beberapa model terbaru produknya. Terbaru, Wuling Hongguang Plus akan diperkenalkan kepada publik dengan menggunakan mesin baru berteknologi turbo.

PENGANTAR Wuling Hongguang 2019

Review Wuling Hongguang Plus 2019 - Confero menjadi produk pertama Wuling di Indonesia dengan harga yang kompetitif. Namun pada dasarnya, MPV Wuling ini masih satu basis dengan Wuling Hongguang di Tiongkok dengan kode CN113. Di negara asalnya tersebut, Wuling Hongguang ada beragam tipe dan varian. Terbaru, SGMW Motors sebagai induk dari Wuling akan meluncurkan Wuling Hongguang Plus.

Gambar sebuah mobil Wuling Hongguang S 2019 berwarna coklat sedang berjalan di jalan Indonesia

Wuling Hongguang S menjadi basis untuk Wuling Hongguang Plus model terbaru

Sebelumnya dua tipe dengan model facelift sudah diperkenalkan yakni Wuling Hongguang S dan V dengan ubahan minim. Melihat ada celah baru yang belum pernah dihadirkan, Wuling Hongguang Plus akan mengisinya. Dalam informasi yang beredar, ada banyak perbedaan antara Wuling Hongguang Plus dengan dua tipe lainnya yakni S dan V. Apa saja perbedaannya? Berikut review Wuling Hongguang Plus 2019 dari Cintamobil.com.

EKSTERIOR Wuling Hongguang 2019

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Eksterior Depan

Tampak depan Wuling Hongguang Plus 2019 berwarna putih

Tampak depan Wuling Hongguang Plus dengan bumper mengotak

Secara bentuk, Wuling Hongguang Plus masih sedikit mirip dengan tipe lainnya. Lampu depan yang mengotak dan hadir dengan model lampu proyektor. Perbedaan paling terlihat adalah bagian bumper depan yang dibuat lebih mengotak. Desain ini mengingatkan kami akan rival MPV di Indonesia yakni Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza 2019 terbaru. Lampu kabut berbentuk garis vertikal dengan ukuran grill yang besar. Sekilas tampilan depannya menjadi kekinian yang sedang digemari konsumen Indonesia.

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Eksterior Samping

Tampak samping Wuling Hongguang Plus 2019 berwarna silver

Tampak samping Wuling Hongguang Plus terlihat tinggi dan boxy

Kesan MPV boxy juga terlihat pada bagian samping. Seperti pilar A, atap dan pilar D yang dibuat kaku. Begitu juga dengan desain jendela yang terlihat mengotak menguatkan desain boxy yang seharusnya menjadi keunggulan untuk kabin yang lebih lapang. Meski MPV boxy, Wuling Hongguang Plus tidak mengadopsi pintu geser. Wuling masih mengandalkan pintu konvensional. Secara dimensi, Wuling Hongguang Plus diperkirakan menggunakan basis yang sama dengan Hongguang S. Mempunyai panjang sekitar 4.700 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.800 mm. Sementara jarak sumbu rodanya diprediksi mencapai 2.800 mm.

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil  Wuling Hongguang Plus 2019 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Wuling Hongguang Plus tampak belakang semakin menguatkan desain boxy

Beralih ke sisi belakang, Wuling Hongguang Plus mempunyai desain lampu yang lebih baik dibandingkan dua saudaranya yakni V dan S. Posisi lampu belakang yang berada dibawah pilar D mempunyai desain yang minimalis dan terlihat elegan. Sama seperti bagian depan, bumper belakang juga dibuat mengotak dengan penyematan reflektor berbentuk garis vertikal pada sisi terluarnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Wuling Hongguang 2019

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Dasbor

Gambar menunjukkan desain dasbor Wuling Hongguang S 2019

Desain dasbor Wuling Hongguang Plus kemungkinan mirip dengan S 

Mengingat Wuling Hongguang Plus belum resmi diluncurkan, maka foto yang beredar di dunia maya baru sebatas eksterior saja. Sementara bagian interior belum diketahui desainnya seperti apa. Namun bila berkaca pada tipe lainnya, ada kemungkinan mirip dengan Hongguang S yang menjadi varian mewah saat ini. Desain yang minimalis dengan dua warna yakni hitam dan abu-abu terlihat cukup mewah. Ditengah terdapat layar monitor cukup besar sebagai fitur hiburan sepanjang perjalanan.

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Setir

Gamabr menujukkan Desain setir pada Wuling Hongguang S 2019

Desain setir yang umum digunakan Wuling pada seluruh produknya

Pada Wuling Hongguang S menggunakan setir palang tiga. Logo Wuling beraksen krom berada ditengah tepat pada tombol klakson. Tidak banyak tombol fitur yang dihadirkan. Namun kami memprediksi bila Wuling Hongguang Plus menjadi varian flagship, maka akan ada tombol audio steering.

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian jok Wuling Hongguang S 2019

Wuling Hongguang Plus diprediksi menggunakan desain captain seat seperti varian S

Sama seperti Wuling Hongguang S, kami perkirakan Wuling Hongguang Plus mempunyai kapasitas 7 penumpang. Namun pada baris tengah akan menggunakan captain seat untuk akses masuk penumpang baris ketiga. Tentunya selain itu membuat nyaman penumpang di baris kedua. Semi kulit diprediksi menjadi material yang melapisi seluruh jok.

>>> Baca juga:

FITUR Wuling Hongguang 2019

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan Layar headunit Wuling Hongguang S 2019

Fitur layar sentuh monitor berukuran besar ada kemungkinan disematkan pada Wuling Hongguang Plus

Belum diketahui fitur apa saja yang akan hadir pada Wuling Hongguang Plus. Namun fitur multimedia dengan layar monitor 8 inci seperti yang ada pada Wuling Hongguang S seharusnya menjadi standar untuk produk terbaru ini. Dengan ragam konektivitas seperti USB, Bluetooth, hingga Android Auto yang bisa menghubungkan head unit dengan smartphone.

Review Wuling Hongguang Plus 2019: Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ABS fitur keselamatan pada mobil Wuling Hongguang S 2019

ABS menjadi fitur wajib yang seharusnya hadir di Wuling Hongguang Plus

Dalam hal fitur keselamatan pun belum banyak informasi yang bisa digali. Tetapi kami ekspektasikan bahwa fitur-fitur tertinggi pada Wuling Hongguang S akan hadir pada MPV terbaru tersebut. Seperti ABS+EBD, EPS (electronic power steering), dan sensor parkir mundur menjadi fitur wajib.

>>> Simak juga:

OPERASI Wuling Hongguang 2019

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin turbo pada Wuling Almaz

Mesin turbo pada Wuling Almaz diprediksi digunakan pada Hongguang Plus

Meski belum ada informasi fitur apa saja yang hadir pada Wuling Hongguang Plus, tetapi tidak untuk bagian mesin. Perbedaan paling terlihat nantinya dengan tipe Wuling Hongguang S dan V adalah dapur pacunya. Mesin 1.500 cc turbo akan digunakan pada mobil ini dengan tenaka maksimal diprediksi mencapai 147 dk. Bila memang mesin yang digunakan nantinya sama dengan Almaz di Indonesia, maka torsi maksimumnya bisa mencapai 250 Nm direntang 1.800-3.600 rpm. Sementara untuk transmisinya hampir pasti ada versi manual dan otomatis.

>>> Murah Tapi Bukan Murahan, Inilah Harga Mobil Wuling Cortez 1.5 2019 Terbaru Di Surabaya

spesifikasi Wuling Hongguang 2019

Penasaran seperti apa info spesifikasi Wuling Hongguang Plus 2019? Silakan cek informasinya berikut ini.

Spesifikasi Mesin Wuling Hongguang Plus 2019

Tipe Mesin

1.5-litre DOHC DVVT Turbocharger

Isi Silinder

1.451 cc

Tenaga Maksimum

147 dk / 5.200 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm / 1.800-3.600 rpm

Transmisi

Manual dan Otomatis

Spesifikasi Bodi Wuling Hongguang Plus 2019

P x L x T

4.700 x 1.800 x 1.800 mm

Wheelbase

2.800 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Wuling Hongguang Plus 2019

Rem Depan / Belakang

Drum / Drum

Velg

185/70 R14

kelebihan & kekurangan Wuling Hongguang 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Wuling Hongguang Plus 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Ruang kabin yang luas

Desain boxy yang bukan favorit konsumen Indonesia

Mesin turbo yang bertenaga dan efisien bahan bakar

Bagasi yang tidak terlalu luas bila tiga barus ditegakkan

Captain seat pada baris kedua

 

daftar harga Wuling Hongguang 2019

Pihak SGMW Motor belum meluncurkan resmi produk terbarunya ini. Sebagai acuan, Wuling Confero S yang dijual di Indonesia harga untuk varian tertingginya mencapai Rp 186,8 juta untuk wilayah Jakarta. Bila nantinya Wuling Hongguang Plus ini dihadirkan di Indonesia dan mengisi celah antara Confero dan Cortez, kami perkirakan selisih harganya sekitar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Mengingat harga Wuling Cortez 1.5 dengan transmisi manual harga terendahnya Rp 202 juta. Bukan tidak mungkin harga yang dipasarkan nantinya mulai dari Rp 190 jutaan.

Video Wuling Hongguang 2019

KESIMPULAN Wuling Hongguang 2019

MPV dengan desain mengotak bukan banyak selera konsumen Indonesia. Meskipun di Tiongkok mobil desain ini lebih laris. Pun bila Wuling Motors Indonesia nantinya menghadirkan MPV boxy, menurut kami akan lebih cocok menggunakan pintu geser seperti Toyota Sienta atau Honda Freed. Meskipun lagi-lagi penjualannya tidak akan selaris MPV desain konvensional seperti Wuling Confero S, Toyota Avanza dan produk sekelasnya. Padahal mobil dengan desain mengotak ini punya kelebihan dalam ruang kabin lebih luas. Meskipun rasa limbung akan lebih terasa saat melaju kencang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mahmudi Restyanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil