Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

16/07/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Bertepatan dengan dua tahun perjalanannya di Indonesia, Wuling Motors langsung memperkenalkan varian terbaru Wuling Almaz 7-Seater 2019 dengan kursi baris ketiga serta fitur terbaru yang menggunakan voice command berbahasa Indonesia pertama di dunia.

PENGANTAR Wuling Almaz 2019

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019 - Baru berumur dua tahun di Indonesia, Wuling Motors langsung menjelma sebagai salah satu brand terbaik yang menjual model-model berkualitas di Tanah Air. Hadir pertama kali dengan seri Confero pada 2017, berlanjut dengan Cortex pada Februari 2018 dan Formo pada November 2018, Wuling memperkenalkan Wuling Almaz sebagai SUV andalan Wuling di Indonesia.

 Wuling Almaz 5-Seater 2019 berwarna hitam
Tampilan Wuling Almaz edisi 5 kursi

Hadir dengan konfigurasi 5 kursi pada Februari 2019, penggemar Wuling langsung bertanya-tanya tentang kehadiran varian 7 kursi. Menjawab pertanyaan tersebut, Wuling akhirnya memperkenalkan varian terbaru dari Almaz dengan tambahan bangku di baris ketiga serta berbagai peningkatan fitur, voice command berbahasa Indonesia pertama di dunia yang menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu, hanya ada sedikit peningkatan tampilan depan serta bemper belakang dalam perubahan kosmetik versi 7 kursinya. Dan tambahan kursi memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, mengingat Wuling belum mengubah komposisi bagian dalam serta dimensi kendaraan secara keseluruhan.

Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam
Perkenalan Wuling Almaz 7-Seater 2019

Selama perkenalan varian 7 kursi dan fitur WIND baru, tim Cintamobil.com berkesempatan mencoba kenyamanan berkendara di dalam kabin serta mengetes berbagai fitur yang ditawarkan oleh Wuling kali ini. Setelah berkeliling, berikut review Wuling Almaz 7-Seater 2019 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

EKSTERIOR Wuling Almaz 2019

Dibandingkan varian yang baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu, tidak ada perubahan yang terlihat pada eksterior Wuling Almaz 7-Seater 2019. Hanya sedikit peningkatan kosmetik pada bagian belakang yang membuat tampilan berbeda dibandingkan varian 5 kursi.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam
Tampilan depan Wuling Almaz 7-Seater 2019

Tidak terlihat perubahan berarti pada tampilan depan Almaz. Lampu depan sipit yang bisa berubah menjadi lampu sein masih tetap tampil dengan sangar, serta gril depan yang besar sebagai cakupan udara yang besar untuk sistem pembakaran melengkapi tampilan eksterior depan Wuling Almaz 7-Seater 2019. Tampang depan yang maskulin memang salah satu keunggulan Almaz. Jika tidak ada keluhan, buat apa diubah?

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Eksterior Samping

Masih sama seperti varian sebelumnya, tidak ada perubahan yang perlu diperhatikan dari sisi samping. Menawannya tampilan samping juga dibarengi dengan floating roof dan velg alloy 17 inci bercorak two-tone aluminium. Anda juga bisa memilih enam warna yang berbeda untuk eksterior Almaz.

tampilan samping Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam
Tampilan samping Wuling Almaz 7-Seater 2019

Sayangnya, dimensi yang masih tetap tanpa perubahan sepertinya menjadi salah satu masalah pada bagian dalam mobil ini. Dari eksterior samping Wuling Almaz 7-Seater 2019 memiliki panjang 4.655 mm yang sama dengan Almaz 5-seater. Hal ini mengakibatkan ruang pada kursi baris ketiga tidak terlalu besar.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam 
Tampilan belakang Wuling Almaz 7-Seater 2019

Sekilas, tidak ada perbedaan yang terlihat pada eksterior belakang Wuling Almaz 7-Seater 2019. Tapi sentuhan baru terlihat pada bemper belakang dengan muffler knalpot yang berbeda dengan varian sebelumnya. Inilah, menurut Wuling, menjadi pembeda antara varian 5 kursi dengan 7 kursi yang baru di mata konsumen.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Wuling Almaz 2019

Masih memberikan nuansa elegan yang nyaman selama perjalanan, tampilan interior Wuling Almaz 7-Seater 2019 langsung berbeda dengan tambahan satu baris di belakang. Wuling akhirnya menjawab pertanyaan tentang kursi tambahan di belakang yang sering ditanyakan oleh penggemarnya ketika pertama kali Wuling Almaz dibawa ke Indonesia awal tahun lalu.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Dasbor

dasbor Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam 
Dasbor Wuling Almaz 7-Seater 2019

Tambahan material kulit pada dasbor membuat tampilan interior menjadi lebih segar. Smart Multimedia besar 10.4 inci yang dilengkapi oleh Wuling Indonesian Command (WIND) dan bisa diakses secara touchscreen langsung menarik perhatian besar ketika masuk ke dalam kabin. Tentu saja, tidak banyak tombol pada dasbor Wuling Almaz 7-Seater 2019 dengan sebagian besar fitur sudah dimasukkan ke dalam sistem infotainment tersebut.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Kemudi

Sistem kemudi multi-fungsi masih hadir untuk menemani Anda selama perjalanan. Sudah dilengkapi dengan teknologi tilt dan steering switch untuk membantu Anda selama di jalan, kenyamanan juga diberikan dengan kemudi berlapiskan kulit.

kemudi Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam
Kemudi Wuling Almaz 7-Seater 2019

Penambahan yang paling terlihat pada kemudi Wuling Almaz 7-Seater 2019 adalah fitur voice command yang terletak pada sisi kanan kemudi. Dengan menekan tombol ini, Anda bisa mengaktifkan berbagai fitur dalam mobil cukup dengan perintah suara.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Kursi

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang paling membedakan mobil ini dengan varian sebelumnya. Penambahan bangku di baris ketiga membuat lebih banyak penumpang yang bisa diangkat. Sangat berguna jika Anda membawa anak-anak maupun penumpang tambahan, dibandingkan Almaz 5-seater yang sudah diperkenalkan sebelumnya.

kursi Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam
Kursi baris ketiga Wuling Almaz 7-Seater 2019

Sayangnya, ketika Cintamobil.com mencoba baris ketiga dari Almaz 7-seater, posisi duduk yang sedikit ‘jongkok’ menyusahkan mereka dengan postur tubuh yang cukup tinggi. Tentu saja, tanpa adanya penambahan panjang ke belakang, menambah satu baris kursi di belakang terkesan ‘memaksakan’. Namun anak-anak dan mereka dengan tinggi kurang dari 150 cm, kursi Wuling Almaz 7-Seater 2019 cukup menyenangkan untuk ditempati.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Bagasi

bagasi Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam 
Bagasi Wuling Almaz 7-Seater 2019

Wuling masih belum mengungkapkan catatan kapasitas bagasi Wuling Almaz 7-seater 2019. Tapi dilihat dari tambahan kursi belakang, dipastikan ruang bagasi belakang tidak begitu besar. Anda sepertinya harus memilih akan membawa banyak penumpang atau melipat kursi baris ketiga untuk memberikan ruang pada barang bawaan di belakang.

>>> Baca juga:

FITUR Wuling Almaz 2019

Tak banyak perubahan yang berikan pada fitur Wuling Almaz 7-Seater 2019 selain penambahan voice command Wind dalam sistem. Di dalam mobil, Anda sudah mendapatkan sistem panoramic sunroof, kursi pengemudi yang bisa diatur secara otomatis, sensor parkir dan sistem infotainment yang sudah mendapatkan kompatibilitas Wuling Link, serta radio FM/AM, USB, AUX-in, dan Bluetooth.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Wuling Indonesian Command

Bisa dibilang sebagai pelopor untuk voice command berbahasa Indonesia, Wuling mempersembahkan Wuling Indonesian Command, atau dikenal juga dengan WIND yang menjadi fitur voice command pertama di dunia yang menggunakan Bahasa Indonesia.

fitur WIND pada laya infotainment Wuling Almaz 7-Seater 2019 
Fitur WIND pada Wuling Almaz 7-Seater 2019

Bahkan, dengan melihat perkembangannya, bukan tidak mungkin Wuling akan menawarkan fitur voice command berbahasa daerah. Itulah yang sempat dijelaskan Wuling dalam upayanya untuk memberikan desain spesial khusus Indonesia dan menarik lebih banyak konsumen dalam negeri.

Wind adalah fitur voice command interaktif yang memungkinkan pengemudi dan penumpang mengaktifkan berbagai fitur di dalam mobil. Sebut saja menghidupkan radio, mengeraskan maupun mengecilkan suara lagu, membuka sunroof, bahkan menjalankan aplikasi dalam sistem infotainment Wuling.

fitur pada kemudi Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam 
Fitur baru dalam Wuling Almaz 7-Seater 2019

Ada tiga cara untuk mengaktifkan berbagai fitur Wind. Yang pertama yaitu dengan suara dan mengucapkan “Halo Wuling”, dilanjutkan dengan perintah yang Anda inginkan. Yang kedua yaitu melalui layar touchscreen. Dan yang ketiga adalah dengan tombol voice command pada sisi kanan setir.

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Sama seperti saudaranya yang menggunakan konfigurasi 5 kursi, Almaz 7 kursi memiliki banyak sistem keselamatan yang akan menjaga Anda selama di jalan. Beberapa fitur keselamatan aktif Wuling Almaz 7-Seater 2019 berupa airbag depan dan samping, fitur ISOFIX untuk kursi bagi anak Anda, pengereman ABS, EBD, Brake Assist, dan Hill Hold Control yang akan membantu Anda selama berkendara di jalanan mendaki. Cukup berlimpah untuk mobil dengan harga yang ditawarkan Wuling.

>>> Deretan Mobil Terbaik Pilihan Cintamobil.com Di Indonesia, Yang Dijual Di Kota-Kota Besar

OPERASI Wuling Almaz 2019

Walaupun Wuling menambah kursi baris ketiga, sayangnya tidak ada perubahan mesin yang terdapat pada Almaz kali ini. Masih menggunakan mesin 1.451 cc DOHC DVVT dengan turbocharger, sistem operasi Wuling Almaz 7-Seater 2019 mampu mengeluarkan tenaga maksimal 140 daya kuda pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.800 – 3.600 rpm.

 mesin Wuling Almaz 7-Seater 2019 berwarna hitam
Mesin Wuling Almaz 7-Seater 2019

Dengan transmisi CVT 8 percepatan Manual Simulation, pengendaraan Almaz sama sama seperti versi lama yang diperkenalkan awal tahun ini. Mesin turbo yang dikembangkan khusus untuk Almaz mendorong torsi semakin besar, serta akselerasi Almaz masih terasa responsif ketika pedal gas diinjak. Cukup menawan untuk diajak berkendara di dalam kota.

>>> Viral Knalpot Wuling Cortez Copot, Ini Tanggapan PT SGMW Indonesia

spesifikasi Wuling Almaz 2019

Perubahan kosmetik tidak diiringi oleh peningkatan tampilan dalam, seperti mesin dan komponen sasis di dalam Almaz. Berikut spesifikasi Wuling Almaz 7-Seater 2019 yang dikeluarkan oleh Wuling Motors Indonesia.

Dimensi Wuling Almaz 7-Seater 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4/655 mm x 1.835 mm x 1.760 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Kapasitas Tangki

52 L

Mesin Wuling Almaz 7-Seater 2019

Tipe Mesin

1.5 L DOHC DVVT dengan turbocharger

Kapasitas Silinder

1.451 cc

Tenaga Maksimal

140 dk @ 5.200 rpm

Torsi Maksimal

250 Nm @ 1.800 – 3.600 rpm

Transmisi

CVT 8 percepatan Manual Simulation

Kaki-Kaki Wuling Almaz 7-Seater 2019

Rem Depan/ Belakang

Disc Brake

Pelek

215/60 R17

kelebihan & kekurangan Wuling Almaz 2019

Meskipun belum diluncurkan ke pasaran, tim Cintamobil.com sudah mencoba menaiki Almaz 7 kursi. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Wuling Almaz 7-Seater 2019 yang kami rasakan.

Kelebihan

Kekurangan

Tambahan fitur voice command berbahasa Indonesia menjadikan Almaz spesial di Indonesia

Dengan panjang yang tidak ditambah, ruang kaki pada kursi baris ketiga tidak terlalu nyaman

Berbagai fitur keselamatan dan infotainment standar yang berlimpah

Ruang bagasi berkurang dengan kehadiran kursi baris ketiga

Nyaman dibawa berkendara untuk pengendaraan sehari-hari

 

daftar harga Wuling Almaz 2019

Sebelumnya, Cindy Cai selaku Vice President Wuling Motors menyebutkan bahwa harga Wuling Almaz 7-Seater 2019 akan dipamerkan bertepatan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun ini. Melihat tambahan fitur dan baris ketiga di belakang, kemungkinan besar Wuling Motors akan memberikan penambahan harga untuk varian terbarunya. Tapi apakah Wuling akan membuat harga Almaz lebih murah dan kembali ‘merusak harga pasar’? Mari kita tunggu saja.

Video Wuling Almaz 2019

Wuling langsung memperkenalkan fitur voice command WIND dan tambahan baris belakang bertepatan dengan ulang tahun kedua Wuling Motors di Indonesia. Karena itu, mari kita lihat lagi video Wuling Almaz 7-Seater 2019 langsung dari Wuling MotorsID.

KESIMPULAN Wuling Almaz 2019

Menjawab pertanyaan media (dan mungkin konsumen), Wuling akhirnya memperkenalkan varian terbaru dalam Wuling Almaz 7-Seater 2019. Dengan tambahan bangku baris ketiga membuat Anda bisa mengangkut lebih banyak penumpang di dalam mobil. Selain itu, tambahan fitur dan voice command pertama berbahasa Indonesia membuat mobil ini mendapatkan peningkatan yang dibutuhkannya.

dua mobil dalam peluncuran Wuling Almaz 7-Seater 2019
Peluncuran pertama Wuling Almaz 7-Seater 2019

Tapi sayangnya, keputusan Wuling untuk menambah kursi belakang tanpa diiringi dengan ruang yang cukup lega. Ruang yang kurang nyaman bagi penumpang dewasa, terlebih ketika dibawa berjalan jauh menjadi salah satu kekurangan mobil ini. Tapi selain itu, ada banyak keunggulan Almaz dibandingkan pesaingnya di segmen medium SUV di Tanah Air. 

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil