Review Toyota Prius 2019

09/01/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Salah satu sedan hybrid terlaris dii Amerika ini mengalami penyegaran tahun 2019 ini, bentuknya menjadi lebih sporti dan enak dilihat. Namun apakah ToyotaPrius 2019 hanya mengandalkan ubahan kosmetik eksterior saja? Berikut ini ulasan kami mengenai Toyota Prius 2019.

PENGANTAR Toyota Prius 2019

Gambar mobil Toyota Prius generasi pertama 1997 berwarna coklat

Inilah bentuk awal Toyota Prius generasi pertama yang menginjakkan kakinya di bumi tahun 1997

Review Toyota Prius 2019 - Mobil yang muncul berawal dari mimpi, ya Toyota Prius adalah salah satu produk yang muncul akibat dari mimpi imajinasi akan teknologi di masa depan. Di tahun 1995 Toyota Prius diperkenalkan sebagai mobil konsep yaitu menciptakan sebuah mobil yang sangat irit bahan bakar dan dengan harga yang affordable. Baru pada tahun 1997 tepatnya saat negara Indonesia kita tercinta ini mengalami krisis moneter. Toyota Motor Corporation meluncurkan sebuah sedan dengan teknologi hybrid pertama didunia. Yaitu Toyota Prius. Toyota Prius sendiri pada awal kemunculannya tidak terlalu heboh, lantaran saat itu konsumen mobil bersikap skeptis. Apa iya kendaraan irit dan ramah lingkungan ini bisa terjangkau.

Gambar sebuah mobil Toyota Prius generasi pertama facelift 2000

Karena sambutan pasar yang luar biasa, Toyota Motor Corporation melakukan penyegaran pada Toyota Prius generasi pertama tahun 2000

Dan hal tersebut memang terbukti benar, tidak mudah untuk mengubah mindset orang lama yang menganggap mobil dengan teknologi tinggi itu dapat dibanderol dengan harga terjangkau. Makanya Toyota Prius generasi pertama ini tidak terlalu heboh sambutannya. Sampai Toyota sempat berpikir, apakah kendaraannya ini terlalu aneh, sehingga Toyota Motor Corporation melakukan sedikit penyegaran pada tahun 2000. Penyegaran ini meliputi ubahan kap mesin, bumper, grill depan, serta pelek. Toyota Prius generasi pertama ini cukup dapat diterima dipasar mobil yang saat itu dituju yaitu pasar Amerika, dan Eropa. Bahkan Toyota Prius dengan kode bodi NWH11 ini jadi mobil favorit di Amerika.

Gambar mobil Toyota Prius generasi ke 2 tahun 2003

Inilah Toyota Prius generasi kedua yang muncul di 2003 dan merupakan Toyota Prius paling laris di dunia

Toyota Prius menjadi mobil favorit di Amerika tentunya bukan tanpa sebab. Para pengguna Toyota Prius mendapatkan keringanan pajak yang sangat signifikan, karena peraturan di Amerika Serikat menyatakan bahwa pengguna mobil yang ultra rendah emisi dapat keringanan pajak sekitar Rp 29 juta rupiah (USS 2000 dikali kurs rupiah saat tulisan ini dibuat). Peraturan ini membuat Toyota Prius laris manis bak kacang goreng di Amerika. Apalagi pesaing terdekatnya saat itu yakni Honda Insight dirasa kurang bertenaga dan jarak pakai baterainya tidak sejauh Toyota Prius. Penjualan Toyota Prius yang bergairah inilah yang merangsang Toyota untuk menelurkan generasi keduanya di tahun 2003.

Tampak Toyota Prius generasi ketiga tahun 2009 berwarna silver

Butuh waktu 7 tahun bagi Toyota untuk melahirkan Toyota Prius generasi ketiga

Toyota Prius generasi kedua ini merupakan salah satu Toyota Prius paling sukses sedunia. Karena sejak kemunculannya pada tahun 2003 lalu, generasi kedua Toyota Prius yang punya coefficient of drag dengan nilai 0.26 ini mampu meraup penjualan 10.000 unit perbulannya. Luar biasa bukan? Apalagi teknologi Hybrid Synergy Drive-nya mampu membuat Toyota Prius generasi kedua ini melaju lebih jauh dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Toyota Motor Coorporation nyaris lengah dan terbuai akan kesuksesan ini. Untunglah Toyota tetaplah Toyota, sebuah pabrikan Jepang yang haus akan inovasi ini meluncurkan Toyota Prius generasi ketiga pada tahun 2009.

Gambar mobil Toyota Prius generasi keempat tahun 2015 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Toyota Prius generasi keempat lahir dengan mengusung konsep TNGA

Oh ya, kami hampir lupa. Toyota Prius sendiri sempat dijual di Indonesia. Namun, lagi-lagi terbentur harga jual dan skema pajak negara kita ini tidak mendukung mobil-mobil hemat bahan bakar seperti Toyota Prius. Karena sistem pajak dinegara kitra, mobil hybrid itu dihitung sebagai mobil yang menggunakan dua buah mesin. Walhasil, harga jual sedan hybrid terlaris didunia ini menjadi melambung sangat tinggi, bahkan harganya menempel dengan Toyota Camry yang saat itu lekat dengan citra mobil mentri. Alhasil pamor Toyota Prius tidak sebaik di luar negeri. Padahal Toyota Prius berhasil mencatatkan penjualan fantastis, pada data 2013 menunjukkan Toyota Prius generasi ketiga ini berhasil terjual di dunia sebanyak 1,688,000.

Gambar mobil Toyota Prius generasi keempat facelift 2019 berwarna biru

Inilah wajah Toyota Prius generasi keempat yang mengalami penyegaran di tahun 2019 ini

Angka penjualan yang besar tersebut tidak serta merta membuat Toyota tinggi hati. Butuh waktu tujuh tahun bagi Toyota untuk membuat Toyota Prius generasi keempat. Akhirnya pada tahun 2015 Toyota Prius generasi keempat yang masih dijual hingga hari ini. Toyota Prius generasi keempat ini mengusung konsep TNGA (Toyota New Global Architecture). Dan Cintamobil.com sempat merasakan langsung Toyota Prius ini di Jepang pada tahun 2015. Dan pada tahun 2018 lalu, kami mendapatkan kesempatan istimewa untuk mencoba Toyota Prius 2018 PHV yang kami review secara lengkap dan hanya. Pada akhirnya Toyota Prius mengalami penyegaran di tahun 2019. Toyota Prius 2019 ini kami ulas secara lengkap.Bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Prius 2019 ini? Ikuti terus review Toyota Prius 2019 ini hanya di Cintamobil.com.

EKSTERIOR Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius 2019 : Tampilan Depan

Tampilan depan sebuah Toyota Prius 2019 berwarna biru

Ubahan paling besar pada Toyota Prius 2019 ini ada pada bagian depannya

Ubahan yang paling besar pada Toyota Prius 2019 ini hadir pada tampilan depannya, lihat saja desain bumpernya yang kini lebih sporti dengan rumah foglamp yang semakin 'narik' dan sekelilingnya dilapis krom. Kesan slim and sleek juga terpancar dari desain headlampnya yang kini semakin pipih dan enak untuk dilihat, berbeda sekali dengan yang sebelum facelift. Grill depan juga semakin mengesankan siluet tampilan mobil ini lebih stiff. Bohlam lampu depan juga sudah mengandalkan teknologi LED (Light Emitting Diode) yang cahayanya putih, dan terang.

Review Toyota Prius 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping sebuah Toyota Prius 2019 berwarna biru

Tampilan samping Toyota Prius 2019 ini sepintas masih sama denga Toyota Prius sebelum facelift kemarin

Untuk tampilan samping Toyota Prius 2019 ini sebenarnya masih sama saja dengan Toyota Prius sebelum facelift. Baik itu untuk garis bodi, desain spion, bahkan jendelanya juga masih sama saja dengan model sebelum facelift. Beda yang paling mencolok di Toyota Prius 2019 ini adalah warna pelek 18 inchi yang dibalut dengan ban Eco ini kini menggunakan warna titanium (atau kami lebih suka bilang warna gun metal) meski desainnya masih sama saja dengan model sebelum facelift.

Review Toyota Prius 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang sebuah Toyota Prius 2019 berwarna biru

Ubahan terbesar Toyota Prius 2019 ini pada tampilan belakangnya adalah desain stoplampnya

Salah satu ubahan di Toyota Prius 2019 yang terbesar serta patut untuk diapresiasi adalah ubahan desain stoplamp belakangnya yang kini lebih berbentuk dinamis dan jauh lebih enak dilihat bila dibandingkan dengan Toyota Prius sebelum mengalami facelift. Stoplamp dengan bohlam bertipe LED ini kini berbentuk lebih meruncing di tengahnya. Namun yang agak patut disayangkan adalah penggunaan lampu sein dan lampu tanda mundur yang masih menggunakan bohlam bertipe halogen biasa. Memang kelemahan ini tidak terlihat, namun bagi mobil yang didaulat untuk menjadi yang tercanggih dikelasnya, hal ini agak sedikit mengganggu.

>>> Baca juga :

INTERIOR Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius 2019 : Layout Interior

Gambar menunjukkan Layout interior Toyota Prius 2019

Layout interiornya sebenarnya masih sama dengan model sebelum facelift, bedanya head unit besar kini mendominasi ditengah

Kalau Anda pemerhati mobil sejati atawa car enthusiast pasti dapat menebak jika layout interior dari Toyota Prius 2019 ini sebenarnya masih sama saja dengan model sebelum facelift. Bahan yang digunakan tetap empuk, nyaman digenggam dan juga tetap terlihat mewah. Yang jadi pembeda utama Toyota Prius 2019 ini adalah head unitnya yang kini ekstra besar dan tampil dominan di bagian tengah dasbor. Namun, ide ini jelas tidak orisinal, sebelumnya pabrikan mobil listrik Tesla, serta Renault Koleos yang menggunakan rancang bangun Nissan X-Trail sudah menggunakan head unit model raksasa ini. Namun tetap saja, hal ini membuat aura kabin Toyota Prius 2019 menjadi sedikit berbeda.

Review Toyota Prius 2019 : Kursi Dan Pilihan Warna

Tampak Kursi dan pilihan warna interior Toyota Prius 2019

Tidak hanya hitam, bagi Anda yang suka warna terang Toyota Prius 2019 ini juga menyediakan versi interior putih

Kursi pengemudi dan penumpang depan Toyota Prius 2019 ini nyaman, dan tidak ubahnya seperti sebelum mengalami facelift. Namun yang patut diapresiasi adalah kini Toyota Prius 2019 mendapatkan opsi pilihan warna interior. Ada warna hitam dan juga ada warna putih tulang atau abu-abu muda seperti yang ada di foto diatas. Otomatis, adanya pilihan ini akan membuat Anda lebih bebas dalam menentukan pilihan warna interior mobil Anda. Namun, saran kami pilihlah warna hitam karena terlihat lebih elegan, dan juga mewah dibandingkan warna terang.

Review Toyota Prius 2019 : Layout Tempat Duduk

Gambar menunjukkan Layout tempat duduk Toyota Prius 2019

Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Toyota Prius 2019

Layout tempat duduk juga masih persis sama dengan model sebelum mengalami facelift. Versi 4 tempat duduk hanya tersedia pada Prius PHV yang pernah kami tes jalan dan ulas secara lengkap. Setidaknya lima penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Toyota Prius 2019. Headroom serta legroom di kursi depan maupun belakang juga cukup. Namun memang harus diakui desain atap belakang yang melandai membuat ruang kepala penumpang di belakang menjadi sedikit terbatas, tetapi masih masuk toleransi.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius 2019 : Sistem Hiburan Dan Konektivitas

Gambar menunjukkan fitur Konektivitas di mobil Toyota Prius 2019

Kualitas suara audio dari Toyota Prius 2019 juga mumpuni dengan hadirnya 8 speaker

Tentu saja layar LCD besar pada tengah dasbor pada Toyota Prius 2019 menjadi pusat perhatian kami. Layar besar itu memuat beberapa fitur terkini yang memungkinkan pengemudi maupun penumpang depan mengakses fitur hiburan yang ada di Toyota Prius 2019 ini. Sistem navigasi di Toyota Prius 2019 ini juga patut diacungi jempol karena mengusung real-time traffic information system and map data gathered at the Toyota Smart Center yang memungkinkan pengemudi mengambil keputusan mengenai rute mana yang akan dilalui, karena sistemnya sudah online. Beragam fitur juga mampu dikontrol dari LCD besar ini.

Review Toyota Prius 2019 : Wireless Car Charger

Gambar menunjukkan Wireless Charger di Toyota Prius 2019

Khawatir smartphone Anda habis baterai saat perjalanan, jangan khawatir fitur ini dapat membuat Anda tetap eksis

Dunia media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan tak terpisahkan bagi sebagian besar orang. Untuk mengakses media sosial orang lebih memilih untuk menggunakan smartphone dan rata-rata smartphone modern kelas menengah memiliki kapasitas baterai hanya seharian penuh saja dengan pemakaian tinggi. Apabila Anda melakukan perjalanan keluar kota tentu hal ini akan menjadi masalah. Namun, jika Anda melakukan perjalanan dengan Toyota Prius 2019 Anda tidak perlu khawatir, karena fitur wireless charging akan membuat Anda tetap eksis di sosial media dan Anda enggak akan kehabisan baterai. tinggal letakkan saja smartphone Anda di konsol, secara otomatis baterai akan terisi.

Review Toyota Prius 2019 : Big Voltage Connector

gambar menunjukkan fitur Konektor lisrik dengan voltase besar di Toyota Prius 2019

Anda atau istri atau pasangan Anda suka mencatok rambut atau pakai hair dryer? Alat-alat tersebut bisa digunakan di Toyota Prius 2019

Terkadang memang suka bingung, jika membawa peralatan rumah tangga yang kondisinya hidup dan membutuhkan daya listrik yang besar memang membuat pusing. Karena, enggak semua mobil memiliki pasokan listrik yang cukup pada charging connector-nya. Apalagi, jika Anda membawa istri atau pasangan Anda suka mencatok rambut atau malah menggunakan hair dryer di mobil. Namun jangan khawatir, jika Anda menggunakan Toyota Prius 2019 ini semua alat-alat tersebut akan dapat difungsikan dengan normal.

>>> Niro EV, Mobil Konsep Listrik dari Kia yang Menjadi Pesaing Toyota Prius

OPERASI Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius 2019 : Mesin

Gambar bagian Mesin Toyota Prius 2019

Toyota Prius 2019 masih mengandalkan dapur pacu yang sama dengan sebelum mengalami facelift

Toyota Prius 2019 ditenagai oleh mesin 4 silinder berkapasitas 1.797 cc dengan mesin berkode 2ZR-FXE DOHC namun masih single VVT-i. Mesin ini mampu menelurkan tenaga maksimum sebesar 98 Ps atau sekitar 95,5 Hp pada putaran mesin 5.200 rpm, serta semburan torsi 142 Nm di kitiran 3.600 rpm. Kecil ya? Jangan salah, tenaga tersebut dibantu dengan motor listrik yang mempu menghasilkan tenaga 72 Ps atau sekitar 69,5 Hp dari 0 rpm. Kami sebut dari 0 rpm, karena karakter motor listrik memang tenaga maksimumnya sudah dicapai dari putaran mesin 0 rpm. Jadi tenaga total mobil ini adalah 165 Hp.Tenaga besar tersebut disalurkan ke dua roda depan atau pilihan baru yakni di keempat rodanya. Kami pernah mencoba secara langsung Toyota Prius model sebelum facelift dan kami sangat terkesan dengan performa serta pengendalian dari Toyota Prius tersebut.

Review Toyota Prius 2019 : Sistem AWD

Gambar menunjukkan Sistem AWD pada Toyota Prius 2019

Toyota Prius 2019 kini hadir dengan pilihan format penggerak empat roda atau AWD

Jika biasanya pilihan penggerak empat roda hanya tersedia untuk pasar Jepang saja, namun kini Toyota Motor Corporation menyediakan format penggerak empat roda atau AWD (All Wheel Drive) untuk pasar diluar Jepang. Sistem AWD akan membantu cengkraman roda saat dijalan licin, menikung, maupun saat berakselerasi. Uniknya sistem AWD di Toyota Prius 2019 ini mengandalkan motor listrik bagian belakang untuk menggerakkan roda belakangnya. Lalu diberi sensor untuk membagi daya dorong mobil sesuai dengan kebutuhan serta elevasi dan permukaan jalan. Sistem ini termasuk pintar di sebuah mobil hybrid.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil Toyota lain, silakan klik sini

spesifikasi Toyota Prius 2019

Berikut ini kami akan beri tabel tentang spesifikasi Toyota Prius 2019 dan juga kelebihan serta kekurangan mobil ini. Setelah cukup banyak membahas tentangnya, kini Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Toyota Prius 2019.

SPESIFIKASI TOYOTA PRIUS 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.646 mm x 1.760 mm x 1.471 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Jarak Pijak Depan

1.529 mm

Jarak Pijak Belakang

1.539 mm

Jarak Terendah

122 mm

MESIN

Tipe Mesin Utama

2ZR-FXE 4 Silinder Segaris 16 Katup Single VVT-i

Kapasitas Silinder

1.797 cc

Daya Maksimum Mesin Utama

98 PS / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum Mesin Utama

142 Nm / 3.600 Rpm

Kompresi

13,0 : 1

Daya Maksimum Motor

72 PS / 53 kW

Sistem Transmisi

Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (E-CVT)

Mode Penggerak

Front-Wheel Drive Dan All Wheel Drive

HANDLING

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut dan Double Wishbone Style dengan Stabilizer Bars

Suspensi Belakang

Multi-Link Rear dengan Stabilizer Bars

Rem Depan

Power-Assisted Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Integrated Regenerative Braking

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS)

Ukuran Ban

P195/65 R15 dengan ban ECO

kelebihan & kekurangan Toyota Prius 2019

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Prius 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Salah satu mobil tercanggih dari Toyota saat ini

Desain bukan selera semua orang

Interior jauh membaik bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Performa memukau dapat dengan apik dipadu efisiensi luar biasa

Fitur keselamatan patut diacungi jempol dengan memadukan Toyota Safety Sense dan Star Safety System

Belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat

daftar harga Toyota Prius 2019

Memang belum dijual di Indonesia, namun jika dimasukkan ke Indonesia dan menggunakan skema pajak negara kita tercinta kita ini yang tidak ramah pajak mobil hybrid, maka harganya secara off the road adalah sebagai berikut.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA PRIUS 2018

Toyota Prius Hybrid 2018

Rp. 526.000.000

Toyota Prius PHV 2018

Rp. 706.000.000

>>> Klik sini untuk update informasi tentang harga dan promo mobil Toyota lainnya

Video Toyota Prius 2019

KESIMPULAN Toyota Prius 2019

Gambar mobil Toyota Prius 2019 berwarna biru sedang berjalan di jalan Indonesia

Jika Anda orang kaya, maka belilah mobil ini, Anda akan membantu menghemat BBM Fossil dan juga menjaga lingkungan tetap hijau

So, is this car for you? Jika Anda orang kaya (karena mobil ini tidak akan murah masuk Indonesia), maka belilah mobil ini, Anda secara langsung akan membantu menghemat penggunaan BBM fossil, dan juga menjaga agar bumi tetap hijau karena ia adalah mobil yang ramah lingkungan. Sayangnya, PT Toyota Astra Motor tidak menjual mobil Toyota Prius 2019 ini di Indonesia.

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang mobil-mobil lainnya dengan klik sini

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil

Iklan terkait