Sadis, Penjualan Tesla Model 3 Sebulan Nyaris Kalahkan Penjualan Toyota Prius Setahun

04/01/2019

Pasar mobil
Sadis, Penjualan Tesla Model 3 Sebulan Nyaris Kalahkan Penjualan Toyota Prius Setahun
Menjadi salah satu mobil listrik yang sangat dibanggakan, penjualan Toyota Prius Prime ternyata tak bisa berkata banyak saat disandingkan dengan penjualan Tesla Model 3, mobil listrik asal Amerika Serikat..

Persaingan industri mobil di level global tak hanya terjadi di segmen mobil konvensional yang didominasi SUV dan sedan, tapi juga terjadi di segmen mobil listrik atau EV (electric vehicle). Hampir semua merek otomotif terkenal di dunia saat ini memiliki produk mobil listrik, seperti Toyota Prius Prime, Mitsubishi Outlader PHEV, Honda Clarity, BMW i8, Audi A3 Sportback e-tron, Mercedes-Benz GLE 550e, VW e-Golf, Hyundai IQNIQ, KIA Niro, Mini Countryman SE PHEV, Cadillac CT6 PHEV, Porsche Cayenne S-E, Ford Fusion Energi, Chevrolet Volt dan yang lain. Tak ketinggalan merek Tesla yang sejak awal memang fokus pada produksi mobil listrik.

>>> Baca juga: Hyundai Investasikan 13 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Foto Tesla Model 3 tampak dari depan

Tesla Model 3, mobil listrik buatan Amerika Serikat bisa menempuh jarak 450 kilometer dalam sekali pengisian penuh

Siapa pemenangnya?

Mengutip dari situs Insideevs.com yang menulis data penjualan mobil listrik di Amerika Serikat (AS), pemenangnya adalah Tesla Model 3. Sepanjang tahun 2018 dari Januari hingga Desember mobil listrik asal AS ini mencatatkan penjualan tertinggi dan sangat fenomenal sebanyak 139.782 unit. Di urutan kedua ada Tesla Model X yang meraih penjualan sebanyak 26.100 unit dan Tesla Model S di urutan ketiga dengan raihan penjualan sebanyak 25.745 unit.

Di peringkat keempat ada mobil listrik asal Jepang, Toyota Prius Prime. Mobil listrik kebanggaan Toyota ini mencatatkan penjualan sebanyak 24.836 unit di pasar AS. Namun ini belum final sebab data yang ditulis Insideevs.com baru sampai bulan November. Ada kemungkinan yang sangat besar Toyota Prius Prime bakal menyalip penjualan Tesla Model S dan Tesla Model X jika data penjualan bulan Desember lebih besar dari 1.300 unit. Melihat data penjualan di bulan-bulan sebelumnya yang stabil di angka 2.000-an unit, sepertinya tak akan ada kesulitan berarti.

Meski demikian, jangan harap penjualan Toyota Prius Prime bisa menyaingi penjualan Tesla Model 3 yang sudah berada sangat jauh di depan dengan total penjualan 139.782 unit. Jika penjualan Toyota Prius Prime dalam setiap bulan tak beranjak dari angka 2.000-an unit, penjualan Tesla Model 3 hampir selalu naik tiap bulan di setiap kuartal.

>>> Uji Tabrakan Tesla Model 3 Raih Bintang 5 Sempurna dari NTHSA

Foto Toyota Prius Prime tampak dari depan samping

Toyota Prius Prime, mobil listrik kebanggaan Toyota di pasar Amerika Serikat

Sejak menutup kuartal 2 (Q2) bulan Juni 2018 dengan angka penjualan sebanyak 6.000-an unit, Tesla Model 3 langsung naik tajam di Q3 dengan catatan penjualan sebanyak 14.250 unit di bulan Juli, 17.800 unit di bulan Agustus, dan 22.250 unit di bulan September. Di awal Q4 yang dimulai bulan Oktober penjualan Tesla Model 3 sedikit mengendur dengan perolehan sebanyak 17.750 unit, lalu naik lagi di bulan November dengan penjualan sebanyak 18.650 unit. Puncaknya terjadi di bulan Desember dimana penjualan Tesla Model 3 mengalami lonjakan sangat tajam, yaitu sebanyak 25.250 unit.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Angka penjualan tinggi bulan terakhir 2018 ini sangat fenomenal sebab belum pernah terjadi pada masa-masa sebelumnya. Hampir menyamai penjualan Toyota Prius Prime dalam satu tahun yang tercatat sebanyak 24.836 unit (Jan-Nov), atau hampir menyamai penjualan Nissan LEAF satu tahun di 2014 yang tercatat sebanyak 30.200 unit.

Sekedar tambahan, mobil listrik Tesla Model 3 adalah model baru yang dirilis bulan Juni 2016 dan diluncurkan akhir Juli 2017. Mobil buatan Elon Musk ini dibekali baterai 75 kWh dengan jarak tempuh mencapai 310 mil atau sekitar 450 kilometer dalam sekali pengisian penuh.

Sedangkan Toyota Prius Prime adalah mobil listrik paling efisien di kelasnya, dengan perkiraan EPA 133 MPGe. Yang membuatnya begitu unggul adalah setiap detail telah dioptimalkan untuk menjadikannya lebih maju dan efisien. Toyota Prius Prime dibekali material mutakhir, ringan, dikombinasikan dengan teknologi hibrida untuk meningkatkan kinerja mesin.

>>> Review Toyota Prius PHV 2018 lebih lengkap, baca di sini!

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top