Review Toyota Prius 2018

28/07/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Sukses menjadi trendsetter dan mobil hybrid terlaris, Toyota memperkenalkan Prius generasi keempat dengan model baru yang sarat akan pengembangan. Di tengah-tengah angin tren elektrifikasi Tanah AIr, apakah sosoknya akan hadir di Indonesia. Berikut ini review Toyota Prius 2018 dari Cintamobil.com.

PENGANTAR Toyota Prius 2018

foto dinamis Toyota Prius 2018

Toyota Prius 2018, diperkenalkan tahun 2015 dan sempat tampil di GIIAS 2017

Review Toyota Prius 2018 - Di Indonesia, mobil Prius sempat dijual sekali pada generasi III dan dihentikan penjualannya pada tahun 2015. Sungguh disayangkan, karena di tahun yang sama justru menjadi tahun kelahiran generasi keempat mobil ini. Memang awalnya Toyota tidak ingin melanjutkan penjualan mobil Prius karena peminatnya yang sangat sedikit, namun sepertinya berkeinginan kembali menghadirkannya dengan memperkenalkan Toyota Prius XW50 di Gaikindo International Auto Show 2017. Dan kembali menempati booth Toyota di GIIAS 2018. Review Toyota Prius 2018 bisa dilihat di bawah ini.

EKSTERIOR Toyota Prius 2018

Eksterior Toyota Prius 2018 masih mempertahankan siluet three-box yang telah menjadi ciri khas desain Prius sejak generasi II, melalui garis bodi mengalir dari kap mesin rendah di depan, menuju atap, dan berakhir di spoiler belakang. Sementara garis-garis bodi di bagian bawah bumper dan pintu menghasilkan kesan tampilan mobil lebih rendah. Sebenarnya desain ini juga diterapkan pada Toyota Prius PHV. Namun sebagai pembeda keduanya, terlihat dari elemen eksterior seperti gril depan dan headlamp yang didesain berbeda. Elemen eksterior pada Toyota Prius XW50 membuatnya terlihat lebih sporty dan dinamis, sedangkan Toyota Prius PHV terlihat lebih futuristik, menunjukkan bahwa ini merupakan mobil masa depan.

Review Toyota Prius 2018: Desain Bagian Depan

gambar bagian depan toyota prius 2018 dengan head lamp berdesain tajam

Bagian depan Toyota Prius 2018 yang terlihat lebih tajam namun tetap sporty

Bagian depan Toyota Prius 2018 memiliki Bi-Beam LED headlamps yang dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL). Teknologi baru yang dterapkan pada headlamp membuat desainnya mampu memperkecil area frontal di depan dengan tetap menghasilkan penerangan lebih baik, sekaligus menunjukkan karakter kuat dan cenderung radikal. Meskipun diberi gril yang cukup kecil, lubang udara pada bemper depan yang cukup besar ditambah dengan lekuk-lekuk pada kap mobil memberikan kesan aerodinamika layaknya mobil sport. Logo Toyota dengan aura biru menunjukkan identitasnya sebagai mobil hybrid.

Review Toyota Prius 2018: Desain Bagian Samping

gambar bagian samping toyota prius 2018 dengan desain hampir mirip sedan

Bagian samping Toyota Prius 2018 yang terlihat dinamis

Kalau dilihat dari sisi samping, atapnya terkesan lebih condong ke depan dengan garis cenderung rata hingga kaca belakang. Pilar C berwarna hitam menghasilkan kesan atap mengambang dan membuat Prius baru terlihat lebih panjang dan lebih mirip sedan dibanding generasi sebelumnya.

Review Toyota Prius 2018: Desain Bagian Belakang

gambar bagian belakang toyota prius 2018 dengan desain yang futuristis

Bagian belakang Toyota Prius 2018 yang terlihat lebih futuristis

Beranjak ke bagian belakang, lampu belakang unik seperti desain tailfins yang popular di era 1950 hingga 1960-an mempertegas garis-garis bodi Prius. Kesan seperti sedan ini juga dihasilkan tarikan garis dari pintu hingga spoiler yang membagi kaca belakang menjadi dua bagian. Desain futuristis ini senada dengan tampilan Mirai. Sementara diffuser di bagian bawa bumper belakang tak hanya membantu memperbaiki aerodinamika, juga memberi efek visual yang signifikan.

>>> Anda bisa lihat juga:

INTERIOR Toyota Prius 2018

Interior Toyota Prius 2018 didesain mewakili sebuah mobil futuristik dengan segala kelengkapan yang begitu canggih. Alhasil tidak hanya kesan luas dan ruang kabin 'kekinian' bisa begitu terasa, tetapi juga begitu ramah bagi penumpang mobil ini.

Review Toyota Prius 2018: Dashboard

gambar dashboard toyota prius 2018 dengan desain berwarna putih yang dominan

Dashboard Toyota Prius 2018 yang begitu kuat aura futuristisnya

Bagian dashboard Toyota Prius 2018 lebih condong menggunakan warna putih agar kesan advance pada kabin mobil ini begitu terasa meskipun tetap diberi sentuhan warna hitam agar tidak berlebihan. Di bagian tengah dashboard dilengkapi dengan layar sentuh yang memiliki fitur-fitur penunjang canggih seperti Toyota Navigation System, serta multimedia seperti Radio AM/FM, CD/DVD Player, Aux Input, Smartphone Connectivity, maupun melalui HDD yang terintegrasi dengan layar sentuh ini. Untuk kontrol AC sudah terdapat fitur Automatic Climate Zone yang akan mengatur suhu dalam kabin secara otomatis.

Review Toyota Prius 2018: Setir

gambar setir toyota prius 2018 dengan audio steering switch dan cruise control

Setir Toyota Prius 2018 yang terlihat sangat fungsional

Di bagian setir kemudinya terdapat tombol fungsional seperti Audio Steering Switch yang akan memudahkan pengemudi mengatur sistem audio tanpa harus melepas setir kemudinya, dan Adaptive Cruise Control yang akan mengatur secara otomatis kecepatan mobil tetap stabil tanpa harus menginjak pedal gas. Setir mobil sudah Tilt & Telescopic Steering sehingga memudahkan pengaturan posisi setir kemudi sesuai keinginan.

Review Toyota Prius 2018: Kursi

gambar susunan kursi dua baris pada toyota prius 2018

Susunan kursi dua baris pada Toyota Prius 2018

Kursi Toyota Prius 2018 didesain bucket seat, menggunakan Premium Synthetic Seats, dan dilapisi dengan kulit yang memiliki konfigurasi 2 baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Khusus penumpang depan (termasuk pengemudi) diberikan pemanas dan khusus pengemudi diberikan fitur Lumbar Support dan Power Driver Seat.

Review Toyota Prius 2018: Bagasi

gambar bagasi toyota prius 2018 ketika baris kedua dilipat

Bagian bagasi Toyota Prius 2018

Bagasi Toyota Prius 2018 memiliki kapasitas cukup luas berkapasitas 360 liter yang bisa ditingkatkan menjadi 560 liter jika kursi baris kedua dilipat.

>>> Review mobil lainnya:

FITUR Toyota Prius 2018

Review Toyota Prius 2018: Fitur Keselamatan

gambar toyota prius 2018 sedang diuji coba tabrak oleh IIHS

Toyota Prius 2018 yang diuji coba tabrak

Fitur keselamatan dan keamanan pada Toyota Prius 2018 sangat lengkap, diantaranya berupa sistem pengereman terbaik karena sudah menggunakan teknologi ABS, EBD, dan BA. Tidak lupa ada SRS Airbags mulai dari bagian depan, bagian samping, dan bagian kepala untuk melindungi penumpang dan pengemudi ketika terjadi benturan pada mobil. Selain itu ada fitur Electronic Stability Control dan Traction Control yang akan menjada mobil tetap stabil ketika berada di jalanan dalam kondisi tertentu. Fitur Lane Departure Warning yang dipadukan Lane Keeping Assist akan membaca marka jalan melalui sebuah sensor dan akan memberitahu Anda jika Anda telah keluar dari jalur sehingga Anda dituntun untuk berkemudi pada jalur yang benar.

Review Toyota Prius 2018: Fitur Keamanan

Fitur keamanan pada mobil ini berupa Immobilizer with Keyless Entry yang terintegrasi dengan alarm sehingga akan menjaga mobil tetap aman ketika sedang tidak digunakan karena mobil hanya akan terbuka dengan kunci yang asli. Mobil ini dilengkapi dengan kamera belakang yang sudah memiliki sensor parkir sehingga akan memudahkan pengemudi untuk mundur ataupun parkir. Selain itu ada Blind Spot Monitor yang juga akan membantu pengemudi melihat suasana blind spot pada mobil ketika berkendara.

>>> Anda bisa lihat ulasan mobil Toyota lainnya disini

OPERASI Toyota Prius 2018

  • Review Toyota Prius 2018: Mesin

Mesin yang digunakan Toyota Prius 2018 masih menggunakan mesin generasi sebelumnya, berkode 2ZR-FXE Hybrid 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT-i berkapasitas 1.800 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 dk pada raungan 5.200 rpm dan torsi maksimal sebesar 105 Nm pada raungan 3.600 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis CVT.

Mesin mobil ini memiliki efisiensi termal hingga 40 persen berkat sistem exhaust gas recirculation (EGR) yang lebih besar, dan perbaikan di ruang bakar. Selain itu desain air intake barunya dibuat agar mampu memperbaiki aliran udara menuju ruang bakar, sementara jaringan air pendingin dirancang untuk mengoptimalkan temperatur mesin. Mesin baru ini juga memiliki komponen dengan gesekan lebih rendah, sementara penggunaan oli dengan viskositas lebih rendah juga mengurangi beban kerja mesin. Komponen-komponen kunci dari sistem hybrid di Prius yaitu motor elektrik, transaxle, power control unit, dan baterai kini berukuran lebih kecil dan lebih ringan.

Review Toyota Prius 2018: Toyota Hybrid Synergy Drive

Teknologi Hybrid Synergy Drive merupakan inovasi temuan Toyota yang memadukan antara mesin bensin konvensional dengan motor elektrik yang bersama-sama menggerakkan kendaraan. Energi yang dihasilkan keduanya dirancang menggerakkan kendaraan secara simultan maupun individual. Pada saat mobil berhenti sejenak, mesin dan motor listrik tidak bekerja baterai akan memasok tenaga ke mobil untuk kebutuhan kelistrikannya sehingga mobil tidak menghasilkan energi gas buang. Saat mobil mulai melaju, mesin konvensional masih belum bekerja. Baterailah yang memasok tenaga untuk menggerakkan mobil. sehingga mobil tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali. Saat mobil melaju kencang, barulah mesin konvensional dan baterai bekerja bersama-sama menggerakkan mobil dan di saat bersamaan juga mengisi ulang tenaga ke baterai. Motor listrik dan mesin akan bekerja pada puncaknya saat mobil melintasi tanjakan.

gambar mesin toyota prius 2018 yang terhubung dengan motor elektrik

Sistem hybrid Toyota Prius 2018

Review Toyota Prius 2018: Impresi Berkendara

Cintamobil.com pernah berkesempatan merasakan Toyota Prius XW50 di Fuji International Speedway di tahun 2015. Saat duduk di balik kemudi, terasa kalau posisi bangku Prius baru lebih rendah dari model sebelumnya. Meski begitu, visibilitas ke depannya lebih baik. Hal ini dimungkinkan berkat perhitungan rancangan bonnet dan dasbor yang dibuat dengan konsep Toyota New Global Architecture (TNGA). 

Saat melewati permukaan jalan tidak rata, terasa bahwa ayunan suspensi cukup nyaman. Reaksi kemudi pun lebih lebih responsif saat sesi slalom, dibandingan model digantikannya. Pada mode Power, akselerasi Prius terasa lembut dan merata.

gambar Toyota Prius 2018 yang diuji coba di Jepang

Toyota Prius 2018 di Fuji International Speedway

>>> Klik di sini untuk melihat review mobil lainnya oleh Cintamobil.com

spesifikasi Toyota Prius 2018

Spesifikasi Toyota Prius 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Toyota Prius 2018

Tipe Mesin

2ZR-FXE Hybrid 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT-i

Isi Silinder

1.800 cc

Tenaga Maksimum

121 dk / 5.200 rpm

Torsi Maksimum

105 Nm / 3.600 rpm

Dimensi Toyota Prius 2018

Panjang

4.540 mm

Lebar

1.760 mm

Tinggi

1.470 mm

Jarak Sumbu Roda

2.700 mm

Jarak Terendah

130 mm

Berat Kosong

1.397 kg

Suspensi dan Kaki-kaki Toyota Prius 2018

Transmisi

CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem

Disc

kelebihan & kekurangan Toyota Prius 2018

Kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Prius 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain agresif tidak membosankan

Harga jual belum jelas, masih menunggu regulasi baru

Interior futuristis dan mewah

Teknologi hybrid kompleks membutuhkan perawatan ekstra

Sensasi berkendara

 
Hemat bahan bakar dan ramah lingkungan  

daftar harga Toyota Prius 2018

Di Jepang, Toyota Prius 2018 dijual dengan harga Rp 300 jutaan. Harga jual di Indonesia belum jelas, masih menunggu kejelasan regulasi pemerintah dengan LCEV (Low Carbon Emission Vehicle). 

Video Toyota Prius 2018

Sebagai penutup kami sertakan video tentang Toyota Prius 2018 dibawah ini.

KESIMPULAN Toyota Prius 2018

beauty shot tampak samping Toyota Prius 2018

Toyota Prius generasi IV berkode XW50

Toyota membangun Prius generasi keempat ini dengan rancangan yang sama sekali baru dengan konsep “a beautiful car for a beautiful Earth”. Prius baru juga dirancang untuk memiliki daya tarik dalam hal desain, performa, serta memiliki sentuhan personal. Meski hanya uji coba singkat dan berjalan dalam iring-iringan, dua putaran yang dilakukan dapat memberi gambaran akan pengembangan yang dilakukan Toyota demi mempertahankan Prius sebagai trendsetter dan mobil hybrid terlaris. Andaikan ia dapat dijual dengan harga terjangkau di Indonesia.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Handy Goeyana
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil