Review Toyota Previa 2000: MPV Langka Yang Banyak Diminati Oleh Kolektor Mobil Eksotis Old Fashioned

27/07/2018
editor rate: 3,9 user rate: 4,0
Mungkin banyak dari kita kurang mengenal mobil Toyota Previa di Indonesia. Kedengarannya cukup asing, namun desas-desusnya masih terasa hingga kini. Ya, mobil Mini Van besutan Toyota ini masih mendunia di berbagai negara, namun kurang beruntung untuk area Indonesia. Padahal dari minimnya informasi yang didapat, kabar tentang Toyota Previa selalu tentang keunggulannya dalam memberi performa luar biasa dan mewah. Seperti apa sosoknya? Mari kita simak dalam review Toyota Previa 2000.

PENGANTAR Toyota Previa 2000

Review Toyota Previa 2000 – Jika dilihat perkembangannya di pangsa pasar internasional, Toyota Privia sudah mulai debut pertamanya di tahun 1990an dan telah meraih generasi ketiganya pada tahun 2006 silam. Sebutan mobil Mini Van satu ini cukup beragam yakni Toyota Estima di negara asalnya, Jepang serta Toyota Tarago untuk pasar di Australia. Meski berbeda sebutan namun makna yang diusungnya terlebih sama yang merujuk pada kata “Preview” atau sosok teknologi yang akan digunakan pada mobil Mini Van di masa depan.

Toyota Previa 2000 memiliki ciri khasnya tersendiri daripada pesaing lainnya

Toyota Previa 2000 tampilannya terlihat cukup ikonik dengan bodi menyerupai kapsul

Pada tahun 2000 silam, Toyota Previa pernah dipasarkan untuk masyarakat Tanah Air  dengan proses impor dalam mode rekondisi asal Jepang yang diakses dari pelabuhan Batam dan Sabang. Namun sayangnya, perjalanan karirnya di Indonesia tidak begitu sukses sehingga banyak dari kita kurang mengenal sosok anggunnya serta performa mesinnya yang tiada banding. Bahkan, sosoknya kami anggap langka untuk era digital seperti saat ini. Salah satu perwakilan PT. Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan tentang alasan utamanya tidak begitu diminati masyarakat dikarenakan desain eksteriornya yang kurang mengena di hati masyarakat. Apakah hal tersebut benar adanya? Mari kita bahas bersama dalam review Toyota Previa 2000.

EKSTERIOR Toyota Previa 2000

Berbeda dengan pesaingnya yakni KIA Sedona dan Honda Odyssey, desain eksterior Toyota Previa 2000 terbilang cukup ikoni dengan mengusung bodi mirip kapsul, memadukan porsi bodi memanjang namun agak bulat. Mungkin bagi kebanyakan orang, desain eksteriornya kurang diminati, tapi bagi kami sosoknya terlihat sangat ikonik dan tak salah apabila mobil satu ini sangat langka dan dicari-cari para kolektor.

  • Review Toyota Previa 2000: Eksterior Depan

Dari sisi depan, wajah Toyota Previa dikemas cukup minimalis terutama dalam hal Front Grille serta bemper depannya. Sedangkan jika menyisir bagian lampu utama Bulb-nya, mengusung desain senada, namun dengan ukuran segitiga yang menampakkan kesan mungil dan modern. Menariknya, lampu sein juga telah terintegrasi langsung dengan lampu utamanya, sukses menyampaikan pesan praktis nan stylish.

Eksterior depan Toyota Previa 2000 menggunakan lampu Bulb berbentuk segitiga yang memberi kesan minimalis dan modern

Tampilan depan Toyota Previa 2000 menggunakan desain minimalis terutama pada aspek Front Grille

  • Review Toyota Previa 2000: Eksterior Samping

Panjang bodinya yang berada di angka 4.770 mm, dipadu apik dengan Wheelbase 1.790 mm. Mampu memberikan ruang kabin lebih luas yang mampu menampung hingga delapan orang penumpang sekaligus. Tentu hal tersebut, menjadi salah satu keunggulan lain dari Toyota Previa selain sajian kemewahan interiornya. Tak berhenti di situ saja, di bagian atap juga tersedia Roof Rail yang makin memperkaya fungsinya sebagai mobil Mini Van.

Eksterior Samping Toyota Previa 2000 menggunakan dimensi poros roda yang panjang sehingga memberikan kesan bahwa ruang kabinnya nampak lapang

Tampilan samping Toyota Previa 2000 dihias apik dengan fitur Roof Rail

  • Review Toyota Previa 2000: Eksterior Belakang

Sisi belakangnya juga menampilkan kesan sporty dengan menghadirkan fitur Rear Spoiler.  Kesan mewah juga tak lupa disuguhkan pada aksen krom mengilap pada tuas pintu bagasinya yang dipadu dengan lampu Rear Combination. Identitas mobil langka ini juga mudah dikenali, lewat disematkannya logo bertuliskan Previa di samping kanan bodi belakangnya.

Eksterior Belakang Toyota Previa 2000 menggunakan lampu belakang Rear Combination

Tampilan belakang Toyota Previa 2000 mengusung Rear Spoiler berdesain tegas nan sporty

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Previa 2000

Jika dilihat pada masanya di tahun 2000an, desain interior Toyota Previa 2000 tampil sangat berkelas, tak kalah dari pesaing-pesaing di kelasnya. Bahkan, jika Anda hendak mencari sosok dari varian tertingginya yakni tipe G, fitur sekelas Twin-Moonroof dihadirkan pada bagian atapnya. Mampu menambah kesan Premium serta menciptakan sensasi berkendara tak terlupakan bagi seluruh penumpangnya.

  • Review Toyota Previa 2000: Dashboard

Dashboardnya dikemas cukup lapang terutama pada sisi kiri yang hanya menghadirkan fitur wadah serta Airbags saja. Hal menarik tertata rapi pada bagian tengah, menggunakan formasi radio berbentuk kotak, dua Blower serta pengaturan Air Conditioning (AC). Hal paling menarik dapat diamati pada peletakan Speedometernya yang tersambung dari sisi tengah dashboard dan melekuk tajam ke bagian kanan. Sukses memberi pesan ikonik daripada pesaing lainnya, khas Toyota Previa.

Dashboard Toyota Previa 2000 menyuguhkan atmosfer minimalis dan dibekali fitur yang cukup menghibur

Dashboard Toyota Previa 2000 dikemas cukup menarik dengan nuansa lapang dan elegan

  • Review Toyota Previa 2000: Setir

Desain setirnya menggunakan trim standar berpalang empat yang bersolek mewah dengan logo Toyota berlapis krom di bagian tengahnya. Pada sisi kiri kemudi setirnya terdapat beberapa tombol guna untuk memudahkan pengendara dalam mengakses audio pada Head Unit-nya. Sehingga, aksesibilitas berkendara tak terganggu layaknya mobil-mobil masa kini.

Setir Toyota Previa 2000 dibekali tombol praktis yang mampu mengoperasikan audio secara mudah

Setir Toyota Previa 2000 menggunakan trim standar

  • Review Toyota Previa 2000: Kursi

Kursi Toyota Previa 2000 mengedepankan esensi mewah dengan balutan material berkualitas. Adapun kapasitas tampungnya mampu mengangkut hingga delapan orang sekaligus sehingga cocok untuk segala lini kebutuhan Anda. Hal menarik yang disematkan oleh Toyota pada mobil ini terletak pada hadirnya banyak fitur wadah di setiap tempat. Sehingga, mampu memberikan fungsi lebih beragam khususnya dalam menaruh berbagai kebutuhan seluruh penumpang.

Kursi Toyota Previa 2000 dikemas cukup nyaman yang siap memanjakan seluruh penumpang dalam menempuh perjalanan

Kursi Toyota Previa 2000 mampu menampung hingga delapan orang sekaligus

  • Review Toyota Previa 2000: Ruang Bagasi

Untuk mobil berkapasitas delapan orang, ruang bagasi Toyota Previa tergolong luas yang mampu menampung beragam barang bawaan Anda beserta keluarga. Diprediksi kapasitas bagasinya mampu mengangkut hingga enam tas berukuran besar. Tak salah apabila mobil satu ini memiliki utilitas tinggi yang dapat merambah semua lini kebutuhan Anda baik untuk kegiatan keluarga, acara perkantoran dan sebagainya.

Ruang Bagasi Toyota Previa 2000 menawarkan kapasitas cukup lapang yang siap memenuhi berbagai lini keperluan Anda

Ruang bagasi Toyota Previa 2000 mampu merangkap segala kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Previa 2000

Hal yang akan dibahas selanjutnya terkait masalah fitur Toyota Previa 2000 khususnya pada aspek keselamatan dan hiburan. Apa saja kira-kira fiturnya? Mari kita simak bersama informasi selengkapnya.

  • Review Toyota Previa 2000: Fitur Keselamatan

Tentu keunggulannya dalam menampung delapan orang serta kapasitas bagasi luas, dituntut untuk memiliki racikan fitur handal untuk menopang performanya supaya tampil stabil di beragam medan. Menjawab hal tersebut, Toyota Previa dibekali suspensi handal yang menerapkan Strut Coil Spring dengan Stabilizer pada suspensi depan serta suspensi Torsion Beam dengan tambahan Coil Spring di bagian belakang. Lewat racikan tersebut, banyak penggunanya merasa nyaman ketika melajukannya di area perkotaan meskipun ruang kabin terisi penuh.

Fitur keselamatan Toyota Previa 2000 tampil handal dalam aspek suspensi

Fitur keselamatan Toyota Previa 2000 dibekali dengan suspensi handal

  • Review Toyota Previa 2000: Fitur Hiburan

Dari segmen hiburan, Toyota Privia mengandalkan fitur audio yang mampu mengoperasikan hiburan musik serta radio. Meski belum didukung fitur video seperti mobil-mobil masa kini, sistem audionya mampu mengusir kebosanan ketika menempuh perjalanan jauh Anda. Aspek kenyamanan mewah lainnya, dapat dirasakan dari hadirnya Twin-Moonroof yang mampu memberikan akses bagi seluruh penumpang untuk dapat menikmati sajian pemandangan alam yang segar dan rindang, khususnya di siang maupun malam hari. Kehadiran fitur ini sayangnya hanya didapati pada varian tertingginya saja.

Fitur Hiburan Toyota Previa 2000 menyediakan hal-hal menarik seperti panel audio, fitur AC penyejuk dan Twin-Moonroof

Fitur hiburan Toyota Previa 2000 mengandalkan panel audio standar

>>> Klik di sini untuk mengetahui ulasan menarik dari produk besutan Toyota lainnya

OPERASI Toyota Previa 2000

Meski mobil satu ini tergolong cukup Old Fashioned, namun jangan salah, jika berbicara masalah performa, mobil ini tampil sangat garang dan responsif. Racikan utama terletak pada operasi mesin Toyota Privea 2000 yang menggunakan basis 2AZ-FE 4 silinder segaris VVT-I. Memboyong kapasitas 2.362 cc, performa pacunya mampu meraih daya maksimum di angka 160 PS setara 6.000 Rpm dengan torsi maksimum sebesar 4.000 Rpm. Transmisinya juga tampil cukup praktis untuk digunakan di area padat pengendara dengan mengaplikasikan empat tingkat percepatan otomatis SUPERECT. Sehingga, mampu memberi sensasi pergantian gigi yang optimal, praktis dan responsif.

Mesin Toyota Previa 2000 dibekali kapasitas silinder sebesar 2.362 cc berkonfigurasi VVT-i

Mesin Toyota Previa 2000 menggunakan kode 2AZ-FE VVT-i

>>> Kami juga menyediakan beragam harga spesial terkait mobil-mobil Toyota terbaru

spesifikasi Toyota Previa 2000

Sebagai sajian utama pada artikel kali ini, tak lupa Cintamobil.com menampilkan spesifikasi Toyota Previa 2000 di berbagai aspeknya.

SPESIFIKASI TOYOTA PREVIA 2000

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.770 mm x 1.790 mm x 1.770 mm

Jarak Poros Roda

2.900 mm

Jarak Pijak Depan

1.545 mm

Jarak Pijak Belakang

1.530 mm

Jarak Pijak Terendah

155 mm

Berat Kosong

1.640 Kg

Radius Putar Minimum

5,8 m

MESIN

Tipe Mesin

2AZ-FE 4 Silinder Segaris DOHC VVT-I

Kapasitas Silinder

2.362 cc

Daya Maksimum

160 PS / 5.600 Rpm

Torsi Maksimum

220,65 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis SUPERECT Electronic

HANDLING

Suspensi Depan

Strut Coil Spring dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Sistem Kemudi

Power Steering

Ukuran Ban

215/60 R16 95h

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

70 Liter

kelebihan & kekurangan Toyota Previa 2000

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Previa 2000? Menurut hemat kami, ada beberapa keunggulan yang kami lihat menarik serta sedikit kekurangan yang bisa menjadi referensi utama Anda dalam membeli mobil satu ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior cukup ikonik cocok untuk Anda yang menginginkan kendaraan unik yang memiliki tampilan berbeda daripada mobil pada umumnya

Karena barang satu ini cukup langka di pasaran, Anda dituntut untuk bergabung dengan komunitasnya perihal mencari Sparepart

Kapasitas tampung hingga delapan orang serta ruang bagasi yang tampil lega

Biaya perawatan cukup mahal

Meski nampak Old Fashioned, fitur interiornya tergolong cukup menghibur mulai dari sistem audio hingga Twin-Moonroof

Dari penelusuran data yang ada, pintu geser sampingnya sering kali berdecit ketika melaju di kecepatan tinggi

daftar harga Toyota Previa 2000

Mengingat mobil ini sudah tidak dipasarkan secara resmi, di bawah ini Cintamobil.com hendak melampirkan daftar harga Toyota Previa 2000 dalam kategori bekas. Tak lupa, kami juga menyediakan beragam penawaran harga di Listing kami sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda. Berikut daftar harga Toyota Previa bekas dan berkualitas, selamat menyimak sobat.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA PREVIA BEKAS

Toyota Previa 2.4 Liter VVT-i

Kisaran IDR. 86.000.000 – IDR. 185.000.000

>>> Tenang sobat, meski mobil ini tergolong langka, namun kami memiliki 38 unit terbatas terkait Toyota Previa dalam kategori bekas dan berkualitas

Video Toyota Previa 2000

 

KESIMPULAN Toyota Previa 2000

Toyota Previa 2000 memang tergolong mobil Mini Van langka yang cukup banyak diincar oleh para kolektor mobil-mobil mewah eksotik. Pasalnya, mobil satu ini menawarkan segala kenyamanan dan memiliki utilitas tinggi yang mampu merambah segala lini kebutuhan Anda. Tak hanya itu, meski tergolong sosok mobil Old Fashioned, namun sejatinya mobil ini masih cukup mampu untuk tampil sejajar dengan mobil-mobil terkini. Memang tak dipungkiri, makna di balik nama Previa yang merujuk pada sosok masa depan, tersampaikan sukses pada mobil tahun 2000an ini. Berminat menggaetnya?

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil