Preview Honda Clarity PHEV 2018: Paduan Sempurna Dari Kenyamanan Berkendara Serta Performa Efisien

26/07/2018

Share this post:

Honda Clarity PHEV 2018

Editor rate:

Lihat promo

Kami sekali lagi dibuat salut oleh perusahaan otomotif asal Jepang yang sering kali membuat purwarupa kendaraan ramah lingkungan. Memang, tak dapat dipungkiri, pergerakan dunia kini telah mengarah ke dunia yang semakin hijau, otomatis pabrikan mencari alternatif lain untuk penggunaan maupun efisiensi bahan bakar. Pada Honda Clarity PHEV misalnya, didesain dengan keunggulan tersebut berbodi mewah khas sedan. Mari kita simak preview Honda Clarity PHEV 2018.

Preview Honda Clarity PHEV 2018: Paduan Sempurna Dari Kenyamanan Berkendara Serta Performa Efisien
Preview Honda Clarity PHEV 2018: Paduan Sempurna Dari Kenyamanan Berkendara Serta Performa Efisien
0 Gambar

Pengantar Honda Clarity PHEV 2018

Mari kita simak spesifikasi Honda Clarity PHEV 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin unggul terutama dalam hal efisiensi

Desain eksterior sekilas mirip Honda Civic, cocok bagi Anda pecinta mobil dengan desain sporty dan agresif

Ruang interior tampil lega serta dibekali fitur yang cukup menghibur

Kekurangan

Desain eksterior kurang sukses menyampaikan performa mesinnya yang futuristik

Jika hadir di Indonesia, teknologi Honda Sensing akan kurang cocok untuk diaplikasikan terkait perbedaan kondisi lalu lintas

Sebagai mobil irit bahan bakar, mobil ini dibanderol dengan harga cukup tinggi termasuk biaya pajak

Preview Honda Clarity PHEV 2018 – Sosok mobil yang satu ini berangkat dari Honda FCX Clarity Concept yang pertama kali diperkenalkan di bumi tahun 2006. Ia menggunakan bahan bakar Hydrogen Fuel-Cell Electric. Pengisian bahan bakarnya juga cukup praktis yang hanya membutuhkan waktu lima menit saja. Memang, bahan bakar non-konvensionalnya dituntut seimbang dengan penyediaan stasiun pengisian berbahan bakar hidrogen. Sehingga tak salah, jika mobil yang mulai diproduksi tahun 2008 ini hanya dipasarkan di California Selatan kala itu. Alasan utamanya lebih kepada tersedianya stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di berbagai titik.

Honda FCX Clarity Concept 2006 menjadi awal mula dari hadirnya Honda Clarity di pasar global

Honda FCX Clarity Concept 2006 menjadi tonggak sejarah awal dari Honda Clarity

Melihat respon positif dari konsumen, Honda Clarity merilis generasi keduanya pada tahun 2017. Terdapat dua varian yang ditawarkan yakni Honda Clarity Electric dan Honda Clarity Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Keduanya memiliki perbedaan mendasar yang terletak pada spesifikasi mesin dan bahan bakarnya. Nah, di kesempatan kali ini Cintamobil.com hendak membahas lebih mendalam tentang preview Honda Clarity PHEV 2018.

Honda Clarity PHEV 2018 merupakan generasi keduanya

Sosok Honda Clarity PHEV 2018 terlihat cukup anggun dan atletis

Eksterior Honda Clarity PHEV 2018

Siluet bodi yang ditampilkan nampak atletis dipadu dengan sensasi aerodinamis di sekujur tubuhnya. Sesuai konsepnya sebagai mobil sedan, eksterior Honda Clarity PHEV 2018 memiliki dimensi bodi yang panjang dan bodi belakang gagah. Mari kita lihat, beragam fitur yang disematkan pada bodi luarnya.

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Eksterior Depan

Jika boleh diandaikan, sisi depan Honda Clarity agak mirip dengan fascia Honda Civic. Front Grille tegas dengan satu sapuan ornamen krom di bagian tengah, semakin manis yang dipadu logo kebanggaan Honda. Dari sisi pencahayaan, lampu utamanya menggunakan LED Headlights berukuran menyipit yang sudah didukung dengan Auto-On/Off dan lampu indikator sein. Tak lupa, lampu kabutnya dan lampu Daytime Running Light (DRL) juga dikemas dengan tatakan agresif tanpa menghilangkan kesan sporty.

Eksterior depan Honda Clarity PHEV 2018 menggunakan lampu DRL sebagai penunjang keselamatan utamanya

Tampilan depan Honda Clarity PHEV 2018 dihias apik dengan lampu utama yang menyipit serta lampu DRL

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Eksterior Samping

Merambah ke bodi sampingnya, nampak satu garis mengalur tegas dari sisi depan hingga ke arah lampu belakang. Mampu memberi kesan tegas namun tetap atletis khas sedan-sedan Honda lainnya. Tak lupa, pesona mewah juga ditampilkan pada pelipis kaca sampingnya yang dilapisi dengan ornamen krom mengilap. Sedangkan dari segi fitur, Honda Clarity menghadirkan kaca spion yang didukung fitur retractable mirror juga pemanas spion. Tentu, fitur tersebut mampu memperkaya fungsinya dan memberi kesan praktis bagi pengendara.

Eksterior samping Honda Clarity PHEV 2018 dihias apik dengan krom mengilap pada pelipis kacanya

Tampilan samping Honda Clarity dikemas apik dengan pelek berdesain Hybrid-Aerodynamic Aluminium 18 inci

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Eksterior Belakang

Beralih ke bodi belakangnya, sosoknya nampak gagah, dengan lekukan tajam dan tonjolan berotot di beberapa titiknya. Lampu belakangnya menggunakan konfigurasi LED Brake Lights dan LED Taillights, menjadikannya mampu tampil optimal di area minim pencahayaan. Pada kaca belakangnya juga tak lupa disematkan Rear Window Defroster yang memiliki fungsi untuk menghilangkan embun serta es yang menempel pada kaca sehingga Anda akan mendapatkan visibilitas lebih jelas.

Eksterior Belakang Honda Clarity PHEV 2018 mengandalkan lampu LED Brake Lights dan LED Tailights

Tampilan belakang Honda Clarity PHEV 2018 dihias apik dengan ornamen krom di bagian tengahnya

>>> Baca juga:


Interior Honda Clarity PHEV 2018

Tiba saatnya, membahas ruang interior Honda Clarity PHEV 2018 yang dikemas cukup minimalis dipadu dengan fitur canggih. Kesan tegas dan sporty, juga ditampilkan lewat dominasi warna hitam serta Beige pada setiap sisi kabinnya. Racikan tersebut, nyatanya mampu memberikan sensasi berkendara lebih percaya diri serta kemudahan pengendara dalam mengakses fitur-fiturnya.

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Dashboard

Segala fitur pada dashboardnya dirancang cukup rapi dengan tata letak yang egronomis yang mana segala fiturnya disematkan pada sisi tengah serta kemudi setirnya. Sepanjang dashboardnya, tertata apik empat buah kisi AC dengan formasi dua buah di sisi tengah dan dua buah di masing-masing ujung kanan dan kiri-nya. Adapun di sisi tengah dihadirkan Display Audio System berukuran 8 inci yang mampu mengoperasikan beragam hiburan atraktif serta fungsi navigasi.

Dashboard Honda Clarity PHEV 2018 mengusung tampilan elegan di setiap sisinya

Dashboard Honda Clarity PHEV 2018 dirancang cukup minimalis

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Setir

Beralih ke kemudi setirnya, desainnya menggunakan palang tiga yang dihias apik dengan logo Honda pada bagian tengahnya. Adapun genggamannya terasa nyaman berkat balutan material kulit berkualitas. Hal paling menarik, setirnya disajikan dengan tombol-tombol praktis layaknya teknologi Cruise Control, pengaturan audio, konektivitas serta pengendalian panel informasinya.

Setir Honda Clarity PHEV 2018 menggunakan desain palang tiga

Setir Honda Clarity PHEV 2018 terasa nyaman digenggam berkat material kulit berkualitas

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Kursi

Sebagai mobil sedan, kapasitas tampung Honda Clarity PHEV mampu mengangkut lima orang sekaligus termasuk pengendara. Kursinya juga nyaman dengan balutan trim kulit pada permukaannya. Sementara itu, pada kursi belakang tersedia fitur Armrest yang mampu memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang.

Kursi Honda Clarity PHEV 2018 mengusung tampilan elegan dengan warna Beige

Kursi Honda Clarity PHEV 2018 dikemas cukup elegan, memberi kesan mewah tersendiri bagi penumpang

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Ruang Bagasi

Melirik ke ruang bagasi, Anda dapat menaruh hingga empat tas berukuran besar. Kami rasa hal tersebut cukup mampu memenuhi berbagai kebutuhan Anda baik keluarga dan perkantoran. Tak cukup di situ, bagi Anda yang membutuhkan kapasitas lebih besar, Honda Clarity menyediakan fitur pelipatan pada bangku belakangnya. Sehingga, Anda bisa menaruh barang bawaan berjumlah banyak pada bagasinya.

Ruang bagasi Honda Clarity PHEV 2018 mampu menampung hingga 4 tas berukuran besar

Ruang bagasi Honda Clarity PHEV 2018 memiliki kapasitas 439 Liter

>>> Artikel terkait:

Fitur Honda Clarity PHEV 2018

Setelah cukup banyak mengetahui segala hal tentang eksterior dan interior, tentu sebagian dari Anda merasa penasaran dengan fitur Honda Clarity PHEV 2018. Hal canggih apa yang disuguhkan pada mobil futuristik satu ini? Berikut terbagi menjadi dua aspek yakni fitur hiburan dan fitur keselamatan.

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Fitur Keselamatan

Mobil sedan satu ini nyatanya dibekali fitur keselamatan lengkap yang siap mendongrak performanya. Hal ini dapat diamati pada aspek pengereman yang mengusung racikan teknologi 4-Wheel Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Tentu, racikan tersebut mampu memberikan sensasi pengereman yang empuk, handal serta presisi. Adapun dari aspek kestabilan, performanya ditunjang dengan teknologi Vehicle Stability Assist (VSA) dan Traction Control (TC).

Fitur Keselamatan Honda Clarity PHEV 2018 tampil lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan Honda Clarity PHEV 2018 mampu menunjang performanya di jalanan kota

Sama seperti produk-produk terbaru Honda, Clarity PHEV juga dibekali teknologi Honda Sensing yang terdiri dari beberapa fitur menarik layaknya Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW) dan Road Departure Mitigation (RDM). Namun perlu diketahui, teknologi Honda Sensing ini umumnya diaplikasikan pada negara-negara maju saja yang notabene sudah memiliki infrastruktur maju baik dalam hal rambu-rambu lalu lintas yang lengkap serta marka jalan yang sudah jelas.

  • Preview Honda Clarity PHEV 2018: Fitur Hiburan

Aspek hiburan juga tak luput dihadirkan pada Honda Clarity. Seperti yang dikatakan pada segmen dashboard, terdapat fitur Display Audio System berukuran 8 inci yang mampu mengoperasikan audio, video, radio serta navigasi. Belum lagi, kualitas suara yang dihasilkan terbilang jernih berkat terintegrasinya 8 buah speaker yang disematkan di setiap sisi kabinnya. Hal menarik lainnya juga didapati pada fitur penyejuk yang sudah didukung teknologi Dual-Zone Automatic Climate Control. Tak tanggung-tanggung, fitur tersebut juga sudah terintegrasi dengan Air-Filtiration System yang mampu memberikan udara yang bersih tanpa polusi.

Fitur Hiburan Honda Clarity PHEV 2018 tampil cukup canggih dan siap menghibur Anda

Fitur hiburan Honda Clarity PHEV 2018 mengandalkan panel Head Unit canggih yang sudah didukung fungsi navigasi

>>> Simak juga beragam ulasan menarik dari produk besutan Honda lainnya

Operasi Honda Clarity PHEV 2018

Tiba saat yang ditunggu-tunggu yakni membahas hal terbaik dari Honda Clarity yakni spesifikasi mesinnya. Hal futuristik didapati pada operasi mesin Honda Clarity PHEV 2018 yang menggunakan teknologi Hybrid Electric. Perlu Anda ketahui, pada kap mesinnya terdapat dua tenaga yakni sebuah baterai yang bisa diisi ulang untuk motor listriknya serta mesin utama berkapasitas 1.498 cc. Pada kecepatan rendah, Honda Clarity mengandalkan tenaga dari motor listriknya, memberi performa irit serta emisi gas buang rendah. Adapun ketika meraih kecepatan menengah, mesin utama bertenaga bensin dan motornya, bekerja bersamaan menghasilkan tenaga listrik yang mampu mendongkrak traksi serta mengisi ulang daya baterainya. Sedangkan pada kecepatan tinggi, mesin bensinnya menjadi penggerak utama. Menariknya, di fase tersebut motor listriknya mulai mengisi daya baterainya lewat Regenerative Braking.

Mesin Honda Clarity PHEV 2018 menggunakan dua tipe yakni mesin utama dan motor listrik

Mesin Honda Clarity PHEV 2018 dibekali kapasitas silinder 1.498 cc

Bagaimana dengan performa kecepatan dari kedua mesinnya? Keduanya memberi performa tangguh dengan peraihan daya maksimum di angka 212 HP pada putaran mesin 5.500 Rpm. Bahkan, supaya performanya makin mulus, Honda Clarity menggunakan transmisi E-Continously Variable Transmission (E-CVT) sehingga mesin utamanya mampu meraih torsi maksimum 99 Nm ditambah torsi motornya sebesar 232 Nm. Hal paling mengesankan dirasakan pada performa kedua mesinnya yang tampil sangat irit bahan yakni hanya membutuhkan 2,1 Litre Equivalent (LE) bensin untuk jarak tempuh 100 Km.

>>> Klik di sini jika Anda ingin membandingkan dengan produk sedan menarik lainnya

Spesifikasi Honda Clarity PHEV 2018

Tak lupa, Cintamobil.com juga hendak menyampaikan spesifikasi Honda Clarity PHEV 2018 di setiap detailnya.

SPESIFIKASI HONDA CLARITY PHEV 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.895 mm x 2.134 mm x 1.478 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Berat Kosong

1.843 Kg

Jarak Pijak Terendah

134 mm

Jarak Pijak Depan

1.581 mm

Jarak Pijak Belakang

1.587 mm

Radius Putar Minimum

5,8 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter Atkinson Cycle 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Daya Maksimum Mesin Utama

103 HP / 5.500 Rpm

Daya Maksimum Motor Listrik

181 HP / 5.000 – 6.000 Rpm

Kombinasi Daya Maksimum

212 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum Mesin Utama

99 Nm / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum Motor Listrik

232 Nm / 0 – 2.000 Rpm

MOTOR LISTRIK

Tipe Baterai

Lithium-Ion

Kapasitas Baterai

17 kWh

Waktu Pengisian Daya (240V/120V)

2,5 Jam / 12 Jam

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link Independent

Rem Depan

Power-Assisted Ventilated Discs

Rem Belakang

Solid Rear Discs

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power-Assisted Steering (EPS)

Ukuran Ban

P235/45 R18 94V (M+S)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Port Fuel Injection

Tingkat Emisi

Tier 3 Bin 20

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

26,5 Liter

Daftar Harga Honda Clarity PHEV 2018

Tentu performanya yang irit bahan bakar sejalan dengan kemauan konsumen akan minimnya biaya untuk bahan bakar ke depannya. Namun jika melihat harganya yang berada di kategori menengah serta dibebani biaya pajak, mobil satu bisa dibilang cukup mahal. Berikut daftar harga Honda Clarity PHEV 2018.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA CLARITY PHEV 2018 BARU

Honda Clarity PHEV 2018

$ 39.900 / IDR. 578.550.000

Catatan:

  • Harga di atas adalah harga Honda Clarity di Canada

  • Harga yang ditampilkan adalah estimasi kurs (1$ = IDR. 14.500)

  • Mengingat model ini belum dirilis di Indonesia, harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja

Kesimpulan Honda Clarity PHEV 2018

Memang tak dipungkiri, produk-produk besutan Honda selalu hadir dengan teknologi terbaru dan inovatif. Perjuangan Honda dalam merealisasikan teknologi masa depan, membuahkan hasilnya dengan kehadiran Honda Clarity PHEV 2018. Tawarkan performa mesin efisien serta kenyamanan berkendara mengesankan, menjadi sajian utama pada mobil mewah ini. Bahkan, desain eksteriornya sangat berkarismatik khas model-model sedan Honda layaknya Civic. Ide-ide cerdas Honda pada model terbarunya ini, setidaknya menjadi transisi awal yang sukses dari teknologi mesin berbahan konvesional menjadi performa mesin yang irit bahan bakar serta ramah lingkungan. Apakah model ini hendak dirilis di Indonesia? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top