Preview Toyota Mirai 2015: Tonggak Masa Depan Dunia Otomotif Berbahan Bakar Hidrogen

23/07/2018
editor rate: 4,1 user rate: 4,0
Sebagai ajang adu teknologi terbaru di antara perusahaan otomotif internasional, Toyota Motor Corporation (TMC) mengeluarkan “jurus pamungkasnya” dengan menelurkan Toyota Mirai. Perlu Anda ketahui sebelumnya, model satu ini merupakan kendaraan futuristik yang sering kali dikategorikan sebagai Fuel Cell Vehicle (FCV). Apakah itu? Mari kita simak bersama Preview Toyota Mirai 2015.

PENGANTAR Toyota Mirai 2015

Preview Toyota Mirai 2015 - TMC mengabarkan ke beberapa media internasional pada tahun 2014 lalu, bahwasannya perusahaan otomotif asal Jepang ini akan mengeluarkan produk mutakhir di tahun 2015. Toyota sendiri ingin merealisasikan visi Back To The Future dengan sistem pengolahan bahan bakar terbaru bagi produk teranyarnya. Tak tanggung-tanggung, Toyota bahkan mempertemukan Michael J Fox dan Christopher Lloyd dalam sebuah cuplikan video singkat. Berselang satu tahun, nyatanya pernyataan tersebut bukanlah gertakan sambal belaka. Tepat pada bulan Desember tahun 2015, TMC menelurkan produk berteknologi mutakhir yang mereka namai Toyota Mirai.

Cuplikan video singkat akan kehadiran Toyota Mirai yang bahan bakarnya diolah dari pengolahan sampah sedemikan rupa yang kemudian menjadi hidrogen

Bahkan bisa dibilang, Toyota Mirai 2015 adalah tonggak sejarah dari mobil futuristik berbahan bakar Hydrogen. Kinerjanya terbilang brilian yang mana Hydrogen menjadi bahan bakar utama untuk mengaktifkan tenaga listrik pada mesinnya. Pihak Toyota juga mengklaim teknologi ini dinamai Toyota Fuel Cell System (TFCS) yang memadukan skema dari teknologi Fuel Cell dan Hybrid. Tentu saja, tujuan akhirnya adalah sebuah kendaraan futuristik yang sangat hemat bahan bakar tanpa menghilangkan sensasi berkendara yang nyaman bagi pengendara.

Tampilan Toyota Mirai 2015 mengusung pesona sporty dan futuristik

Tampilan Toyota Mirai 2015 terlihat sangat futuristik dan sporty tentunya

Nyatanya, kehadiran model mutakhir ini sempat ramai diperbincangkan di dunia otomotif internasional. Kira-kira bagaimana performanya? Apakah benar mobil ini mampu memberikan konsumsi bahan bakar yang Ultra-Efficient? Mari kita bedah bersama dalam  preview Toyota Mirai 2015.

EKSTERIOR Toyota Mirai 2015

Bodi utamanya menggunakan basis Mid-Sedan yang menggunakan lima buah pintu dengan tampilan bodi memanjang. Bahkan tampilan eksterior Toyota Mirai 2015 nampak elegan dengan menonjolkan pesan futuristik di setiap inci bodinya.

  • Preview Toyota Mirai 2015: Eksterior Depan

Jujur, wajah depannya sangat dipenuhi ventilasi-ventilasi yang dihias apik dengan tampilan sporty. Hal tersebut diamati di berbagai titik seperti pada Front Grille, Front Bumper serta Fog Lamp Housing-nya. Tentunya, rancangan tersebut disengaja dengan maksud memberikan sirkulasi udara yang baik mesin mutakhirnya. Sedangkan, dari sisi lampu, desainnya nampak dibuat menyipit yang dipadu dengan ornamen berkelir hitam mengalur hingga ke sisi kaca spionnya.

Eksterior Depan Toyota Mirai 2015 menggunakan banyak ventilasi udara

Tampilan depan Toyota Mirai 2015 menggunakan desain lampu menyipit

  • Preview Toyota Mirai 2015: Eksterior Samping

Merambah ke sisi sampingnya, nampak jelas patahan-patahan terlihat dari sisi Fender yang pipih dan bodi tengah menonjol dengan garis tegas menyeruak hingga ke bodi belakangnya. Tampilan tersebut nyatanya memberikan esensi tegas pada bodi sampingnya. Hiasan sporty juga disematkan pada pelipis kaca sampingnya berwarna hitam dipadu dengan kaca spion praktis terintegrasi dengan lampu seinnya.

Eksterior samping Toyota Mirai 2015 menggunakan desain patahan pada bodi sampingnya

Tampilan samping Toyota Mirai 2015 menghadirkan siluet tegas dengan patahan artistik

  • Preview Toyota Mirai 2015: Eksterior Belakang

Pesan futuristik nampak terasa kental dari sektor buritannya. Menggunakan lampu belakang berbentuk segitiga yang menyeruak hingga ke sisi samping bodi. Menariknya di bagian tengah, tepat di atas lampu belakangnya, tersemat apik Stop Lamp yang membentang hingga ke sisi ujung. Tak lupa, pemanis mewah seperti logo kebanggaan Toyota berlapis krom nampak diaplikasikan pada bagian tengah lampu tersebut.

Eksterior Belakang Toyota Mirai 2015 menggunakan desain ikonik terutama dalam hal lampu

Tampilan belakang Toyota Mirai 2015 mengusung pesan futuristik dari rancangan lampunya

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Mirai 2015

Beralih ke sektor interior, seperti apa kiranya atmosfer kabinnya? Cintamobil.com juga cukup penasaran apa yang dibawa pada ruang interior Toyota Mirai 2015. Namun kita tahu bahwa pihak TMC mengklaim mobil ini sangat nyaman dikendarai. Mari kita cari tahu jawabannya bersama.

  • Preview Toyota Mirai 2015: Dashboard

Desain dashboardnya dirancang sangat futuristik yang dapat diamati dari desain mengalur seperti air layaknya Hydrogen sebagai bahan bakarnya. Belum lagi, dashboardnya didominasi warna hitam dan putih, sehingga mampu memberikan kesan sporty nan elegan layaknya sebuah mobil sedan Premium. Menariknya, di bagian teratas terdapat panel Multi Information Display (MID) yang membentang dari ujung ke ujung seperti “Mahkota”. Tak hanya itu, di bagian tengahnya juga terdapat formasi fitur layaknya panel Head Unit canggih, dua Blower, panel transmisi, penyejuk serta fitur Toyota Touch Go Plus.

Dashboard Toyota Mirai 2015 dikemas cukup elegan dengan paduan warna putih dan hitam

Dashboard Toyota Mirai 2015 menggunakan desain futuristik dan dibekali fitur canggih

  • Preview Toyota Mirai 2015: Setir

Merambah ke sektor kemudinya, desainnya nampak apik dengan balutan material kulit serta berdesain tiga palang. Di setiap sisinya juga dibekali beberapa tombol multifungsi seperti pengaturan panel MID, audio serta pengaktifan teknologi Cruise Control. Tidak seperti mobil pada umumnya, di bagian belakang setirnya tidak terdapat panel MID. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, panel MID-nya tertata apik di bagian paling atas dari dashboardnya.

Setir Toyota Mirai 2015 menghadirkan teknologi Cruise Control dan pengaturan audio

Setir Toyota Mirai 2015 dibekali tombol praktis memberikan kemudahan akses bagi pengendara

  • Preview Toyota Mirai 2015: Kursi

Sedangkan dari sisi kursinya, tampilannya nampak mewah dan elegan, dengan paduan warna hitam serta putih dalam balutan kulit berkualitas. Sebagaimana halnya sebuah Mid-Size sedan, Toyota Mirai 2015 mampu menampung lima orang sekaligus. Kami menilai kursi di deret belakang, terasa cukup sempit untuk digunakan oleh orang dewasa terutama dalam hal ruang kaki.

Kursi Toyota Mirai 2015 menggunakan perpaduan warna hitam dan putih, sehingga menampilkan pesan sporty

Kursi Toyota Mirai 2015 dikemas dengan perpaduan dua warna elegan

  • Preview Toyota Mirai 2015: Ruang Bagasi

Menilik ruang bagasinya, kapasitasnya terbilang cukupan yang diprediksi mampu mengangkut dua tas koper berukuran besar. Hal ini cukup dimaklumi, mengingat konsep bodinya menggunakan basis Mid-Size sedan sehingga tidak menuntut kebutuhan daya muat lebih besar layaknya mobil keluarga.

Ruang bagasi Toyota Mirai 2015 terlihat cukupan yang mampu mengangkut dua barang sekaligus

Ruang bagasi Toyota Mirai 2015 dirasa mampu memenuhi kebutuhan perkantoran Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Mirai 2015

Setelah cukup membahas banyak hal, kini saatnya Cintamobil.com membahas fitur Toyota Mirai 2015. Berikut terbagi dua hal meliput fitur keselamatan dan fitur hiburan.

  • Preview Toyota Mirai 2015: Fitur Keselamatan

Pihak Toyota sendiri mengklaim bahwa Toyota Mirai 2015 memiliki unsur keselamatan yang sama seperti kendaraan-kendaraan Toyota lainnya. Fitur keselamatan seperti perlengkapan Airbags lengkap, teknologi kestabilan, Hill Start Assist (HSA) dan Pre-Crash System, nyatanya sudah dihadirkan pada model satu ini.

Fitur Keselamatan Toyota Mirai 2015 menggunakan komponen yang mirip dengan produk Toyota lainnya

Fitur keselamatan Toyota Mirai 2015 juga merambah aspek pengisian bahan bakarnya

Menariknya, tangki Carbon Fibre yang menyimpan bahan bakarnya dirancang dengan Detector dan beberapa komponen keselamatan lainnya. Sehingga, proses pengisian bahan bakar dapat berlangsung sangat aman.

  • Preview Toyota Mirai 2015: Fitur Hiburan

Sedangkan pada aspek hiburan, Toyota Mirai 2015 dibekali segudang fitur canggih. Pada dashboard misalnya, sudah dihadirkan panel Head Unit VGA Touchscreen Display yang dapat mengoperasikan multimedia serta navigasi. Pengoperasian fitur tersebut terbilang cukup mudah yakni dengan hanya menyentuh Toyota Touch 2 Go Plus alias Touchpad pada mobil-mobil Premium lainnya. Tak hanya itu saja, kualitas suara yang dihasilkan tergolong mumpuni berkat terintegrasinya 11 speaker JBL Premium Hi-Fi dipadu DAB Tuner.

Fitur Hiburan Toyota Mirai 2015 menggunakan panel Head Unit canggih yang memiliki kualitas suara unggul

Fitur hiburan Toyota Mirai dibekali dengan beragam teknologi canggih

>>> Spesifikasi Nissan X-Trail Hybrid 2015: Berusaha Bertahan Dari SUV Pendatang Baru

OPERASI Toyota Mirai 2015

Operasi mesin Toyota Mirai 2015 menggunakan basis FCV yakni proses pemisahan io antara hidrogen dan oksigen untuk membangkitkan listrik. Hidrogen tersimpan dalam tangki Carbon Fibre-nya dan oksigen diolah dari udara, yang kemudian menghasilkan air murni. Tak berhenti di situ saja, Fuel-Cell yang notabene merupakan unsur dari sistem Hybrid, juga diaplikasikan sehingga membentuk suatu rangkaian teknologi yang disebut TFCS.

Mesin Toyota Mirai 2015 menggunakan teknologi TFCS yang menggunakan bahan bakar hidrogen

Mesin Toyota Mirai 2015 memadukan mesin motor listrik dan Fuel-Cell

Hasilnya cukup memuaskan, pengisian Hidrogen selama tiga menit, mampu melajukan Toyota Mirai sejauh 650 Km. Menilik dari segi performa, daya maksimum pada mesin Fuel-Cell-nya mampu meraih angka 114 kW setara 155 PS. Mengingat mobil ini juga ditunjang dengan teknologi Hybrid, mesin motornya memberi dukungan daya sebesar 113 kW dengan torsi maksimum 350 Nm. Meski di atas kertas, akselerasinya kurang memuaskan, namun produk satu ini perlu diapresiasi sebagai tonggak utama mobil masa depan.

  • Impresi berkendara

Pada Mirai, sistem fuel-cell sengaja diposisikan di bawah sasis. Pertama untuk efisiensi ruang. Kedua demi memberikan titik pusat gravitasi rendah. Bayangan bahwa Mirai akan menjadi mobil hambar pun pupus. Cintamobil.com pernah berkesempatan menguji-coba Toyota Mirai di Fuji Speedway pada 2015 dan mendapatkan bahwa mobil terasa mantap dikemudikan. Dalam pengetesan selama 3 lap tersebut, terbukti bahwa Mirai merupakan mobil sesungguhnya. Sumber tenaganya boleh berbeda, tetapi jika Anda takkan menyadari ini adalah FCV andai tidak diberitahu. 

Keberadaan sistem hybrid memberikan efek regenerative braking, mengalirkan arus listrik untuk mengisi-ulang baterai. Berguna saat membantu Toyota Mirai 2015 berakselerasi. Sebagaimana Prius, informasi aliran tenaga juga disajikan secara menarik pada panel instrumen.

Deretan Toyota Mirai 2015 di Fuji International Speedway

Sesi test drive Toyota Mirai di Fuji International Speedway 2015

  • “Buang air”

Terdapat tombol bertuliskan H2O di sisi kiri kemudi. Ketika ditekan, muncul air dari ‘pipa knalpot’. Keberadaan tombol ini terkesan unik, karena tanpa harus ditekan pun pasti akan keluar air sebagai sisa proses FC. Jawabannya cukup bikin geli. Pertama, merupakan simbol keramah-tamahan ala Jepang. Di sana, sempitnya lahan membuat sering kali mobil harus parkir dua tingkat. Bayangkan jika Mirai yang parkir di atas dan tahu-tahu ‘buang air’.  Dijamin bikin kotor mobil di bawahnya. Sementara alasan kedua tentu untuk keperluan pencitraan, bahwa ini ‘bukan mobil sembarangan’. 

Tombol H20 di kabin Toyota Mirai 2015

Tekan tombol H20 untuk mengeluarkan air sisa proses kimiawi fuel-cell

>>> Klik di sini untuk membaca artikel review menarik lainnya

spesifikasi Toyota Mirai 2015

Supaya artikel ini makin lengkap, tak lupa Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Toyota Mirai 2015. Berikut informasi selengkapnya, selamat menyimak sobat.

SPESIFIKASI TOYOTA MIRAI 2015

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.890 mm x 1.815 mm x 1.535 mm

Jarak Pijak Depan

1.535 mm

Jarak Pijak Belakang

1.545 mm

Jarak Poros Roda

2.780 mm

Jarak Pijak Terendah

130 mm

MESIN

Tipe Mesin Fuel-Cell

Toyota FC Stack Polymer Electroclyte Fuel Cell

Daya Maksimum Mesin Fuel-Cell

114 kW / 155 PS

Tipe Motor Listrik

AC Synchronous Electric Generator

Daya Maksimum Motor Listrik

113 kW / 154 PS

Torsi Maksimum Motor Listrik

335 Nm

Kecepatan Maksimum

175 Km/Jam

Jarak Tempuh

650 Km

Akselerasi 0-100 Km/Jam

9,6 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

kelebihan & kekurangan Toyota Mirai 2015

Tentu dalam setiap halnya ada unsur positif dan negatif, begitu juga pada Toyota Mirai ini. Di bawah ini, Cintamobil.com hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Toyota Mirai 2015.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tonggak sejarah baru bagi mobil futuristik ke depannya

Mobil berbahan bakar mutakhir ini, harus diimbangi dengan banyaknya infrastruktur terkait seperti stasiun pengisian bahan bakar hidrogen

Desain interiornya dikemas sangat elegan dan sporty

Penempatan Fuel-Cell System di belakang bangku kedua, membuat ruang gerak terasa sempit bagi penumpang

Menariknya, pengisian Hydrogen selama tiga menit, mampu melajukan mobil ini hingga 650 Km

Jarak antara kepala dan atap kabinnya pada bangku belakang, tergolong sangat minim khususnya bagi penumpang berpostur tinggi 170 cm

daftar harga Toyota Mirai 2015

Peluncurannya secara internasional pada tahun 2015, nyatanya melebih ekspektasi. Untuk bulan pertama saja, Toyota Jepang sudah menerima 1.500 pesanan Toyota Mirai. Terlepas dari itu, berapa harga yang dipatok untuk mobil satu ini? Berikut daftar harga Toyota Mirai 2015.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA MIRAI

Toyota Mirai 2015

$59,260 / 7,236 Yen

(Kisaran Rp. 829 jutaan)

Catatan:

  • Mengingat produk ini belum dirilis di Indonesia, harga di atas merupakan harga modelnya di Amerika dan Jepang
  • Harga di atas sifatnya hanya menjadi referensi saja

>>> Untuk tahu harga mobil Toyota lainnya, silahkan klik sini

Video Toyota Mirai 2015

KESIMPULAN Toyota Mirai 2015

Menurut Anda, apakah mobil mutakhir ini sudah siap kita terapkan dunia masa kini? Jika berbicara kesiapan dengan tolak ukur 100%, kami merasa mobil ini kurang siap untuk diaplikasikan sehari-hari. Bukannya lebih ke arah pesimis, namun memang dibutuhkan banyak izin, menggaet perusahaan bahan bakar Hydrogen dan penyediaan infrastruktur layaknya SPBU di tempat-tempat strategis. Hal-hal tersebutlah yang nyatanya harus kita pahami sebagai tantangan ke depan. Meski begitu, kami sepakat bahwa mobil satu ini berhasil menunjukkan romantisme perkembangan teknologi dari zaman ke zaman. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Toyota Mirai 2015 sedang mengisi bbm hidrogen

Toyota Mirai 2015, gerbang pembuka menuju era mobil ramah lingkungan

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil