Cara Mudah Ganti Ban Serep Double Cabin Toyota

30/05/2018
Di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta ataupun Surabaya, jumlah pengguna mobil berjenis dual cabin memang tidak terlalu banyak. Alhasil tidak banyak yang tahu, bagaimana cara mengganti ban cadangan jika ban utama yang terpasang kempis. Jangan bingung ataupun panik, inilah empat langkah mudahnya.

Kendaraan berjenis pick up dual cabin memang bukan selera semua orang. Bentuknya yang besar nan intimidatif, radius putarnya cenderung buruk dan seribu alasan lain untuk tidak menyukainya. Namun bagi sebagian orang, dual cabin merupakan salah satu refleksi gaya hidup. Beberapa mobil berjenis dual cabin mulai banyak beredar di jalanan ibu kota. Entah itu hanya berdandan ala city slicker, main lumpur di kala weekend, maupun hanya dipakai keluar masuk mall.

Lalu bagaimana jika pengguna dual cabin tersebut mengalami hal darurat? Misalnya ban kempis. Tidak semua bengkel mengetahui cara membongkar ban serepnya. Hal ini juga dirasakan tester Cintamobil.com saat mengetes Toyota Hilux 2.4 V A/T yang review lengkapnya bisa Anda lihat disini. Sedikitnya tiga orang tukang tambal ban menyerah saat diminta tolong membuka ban cadangannya.

Butuh trik khusus mengganti ban serep double-cabin Toyota

Butuh trik khusus untuk mengganti ban serep double-cabin Toyota

Mau telepon layanan Toyota semacam Astraworld tentunya akan tidak efisien, selain makan waktu juga karena ongkos biaya mekanik datang dan bongkar pasangnya saja sekitar Rp 300 ribu. Itu belum termasuk biaya menambal ban yang bocor lho! Tapi bukan Cintamobil.com kalau enggak berani bongkar sendiri dan kasih tips ke pembaca setia. Perlu Anda ketahui, semua dual cab Toyota dari Hilux sampai Tundra caranya sama. Berikut ini adalah 4 langkah mudahnya.

1. Pastikan Anda Dan Mobil Anda Parkir Aman

Pertama yang harus dilakukan adalah pastikan Anda dan mobil Anda parkir aman. Aman dalam artian, punya ruang cukup untuk kendaraan lain berpapasan maupun mendahului juga aman, maklum rata-rata dual cabin punya panjang lebih dari 5 meter. Lalu pastikan kondisi sekitar tidak terlalu sepi yang mengundang tindak kejahatan. Usahakan berhenti di pos polisi, pos keamanan atau minimal minimarket.

Dan yang tidak kalah penting adalah permukaannya. Usahakan memilih permukaan jalan yang rata dan keras. Karena jika kondisi jalannya menanjak atau menurun, pasti akan mempersulit proses mendongkrak mobil berjenis dual cabin. Ingat bobot mobil dual cabin rata-rata diatas 1.800 kg bahkan 2 ton. Kondisi permukaan yang lembek malah akan membuat dongkrak terbenam dan mobil gagal di angkat.

2. Ketahui Posisi Toolkit dan Letak Ban Serep

Langkah kedua ini yang jarang diketahui oleh orang awam. “Berbeda dengan MPV, SUV maupun sedan pada dual cabin letaknya agak tersembunyi. Toolkit bisa diakses dengan cara mengangkat alas kursi belakang setelah sebelumnya tali akses ditarik bersamaan kanan dan kiri. Disitu terdapat dongkrak, dan toolkit yang dibutuhkan,” papar Edi Apriyanto salah satu tim Public Relations PT. Toyota Astra Motor yang saat ban mobil tes kami kempis Cintamobil.com hubungi.

Posisi lubang untuk menurunkan ban serep

Posisi lubang untuk menurunkan ban serep

Untuk posisi ban cadangannya, berada dibawah bak pick up. “Ada lubang akses untuk ke ban serep, cara menurunkannya mudah tinggal rangkai batang toolkit yang digunakan untuk mendongkrak, lalu masukkan ujung yang memiliki kait,” tambah Edi sapaan akrab Edi Apriyanto ini. Setelah dimasukkan, rasakan kait tersebut telah menempel sempurna pada dudukan kait ban, lalu putar ke kiri untuk menurunkan ban serep. Perlu di ingat, memang proses memutar terasa agak keras, namun tetap bisa diputar dengan sedikit tambahan tenaga.

>>> Baca juga Tips memodifikasi mobil tua untuk meningkatkan performa

3. Dongkrak Ban dan Pasang Ban Cadangan

Setelah ban cadangan turun dari bawah bak dual cabin. Kendurkan rantai yang mengikat ban serep. Setelah itu tarik ban serep ke arah luar mobil dan tempatkan ban serep persis di depan atau di belakang ban yang kempis. Hal ini penting dilakukan, mengingat besaran dari dongkrak dual cabin Toyota rata-rata kecil, karena menggunakan model dongkrak botol. Dongkrak ini persis yang digunakan oleh Toyota Kijang Innova, Toyota All New Fortuner, yang memilkiki bobot tidak seberat Toyota Hilux.

Menurunkan ban serep double-cabin Toyota

Menurunkan ban serep double-cabin Toyota

Lakukan prosesi dongkrak seperti biasa, jangan lupa tempatkan titik tumpu dongkrak pada rangka ladder frame-nya jangan pada bodi maupun satu bagian kaki-kaki. Jika Anda bingung, lihat saja pada dongkrak yang tersedia, disitu tertempel stiker dimana tumpuan yang benar harus diletakkan. Oh ya, kerahkan tenaga ekstra untuk mendongkrak mobil dual cabin ya, maklum saja berat kosong tanpa oli dan bahan bakar Toyota Hilux 2.4 V A/T yang Cintamobil.com tes adalah 2.008 kilogram. Ya hitung-hitung sekalian olahraga.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

4. Kembalikan Toolkit Dan Ban Kempis Ke Posisi Semula

Jika ban cadangan yang bepelek besi telah terpasang, kami dari Cintamobil.com sangat menyarankan untuk meletakkan ban cadangan di dalam kabin atau mengembalikan ke posisi semula ban cadangan di letakkan. Bukan apa-apa, sebab pelek alloy bawaan Hilux tipe V per buahnya berharga cukup mahal dan ketersediaannya langka jika sampai hilang. Jika kabin belakang kosong, silahkan taruh ban tersebut di belakang dengan resiko kabin terasa sedikit kotor. Atau tinggal ulangi saja prosesi penurunan ban serep.

Selamat mencoba.  

Ban serep double-cabin Toyota pun terpasang
Ban serep double-cabin Toyota pun terpasang

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2