Niro EV, Mobil Konsep Listrik dari Kia yang Menjadi Pesaing Toyota Prius

15/01/2018

Mobil baru
Share this post:
Niro EV, Mobil Konsep Listrik dari Kia yang Menjadi Pesaing Toyota Prius
CES 2018 yang sedang berlangsung di Las Vegas menjadi kesempatan bagi Kia untuk memperkenalkan mobil barunya. Konsep Niro EV menjadi debutan pertama Kia pada gelaran CES tahun ini. Kia Niro diharapkan menjadi pesaing kendaraan listrik lain semisal Chevrolet Bolt, Nissan Leaf dan Tesla Model 3.

Diperkenalkan pada gelaran Costumer Electronics Sows 2018 (CES), mobil konsep ini menjadi unggulan Kia dalam perlombaan kendaraan listrik masa depan. Kia mengumumkan keinginannya untuk menawarkan 16 kendaraan listrik, termasuk lima mobil yang sepenuhnya listrik yang akan dijual mulai 2025 nanti. Tapi, masih belum diketahui di mana mobil ini akan dijual.

Mobil Kia Niro EV berwarna hitam yang sedang dipertontonkan pada CES 2018

Mobil konsep Kia Niro EV yang akan menjadi pesaing Toyota Prius

Kia mengatakan bahwa mobil ini didukung oleh “powertrain generasi berikutnya”. Dibekali dengan motor listrik 150 kW dan baterai polimer lithium 64 kWh, Kia mengklaim bahwa mobil ini bisa menghasilkan jangkauan sejauh 238 mil (383 km). Ioniq Electric buatan Hyundai yang bisa dikatakan sepupu jauh dari Niro, memiliki baterai 28 kWh dan menyediakan Enviromental Protection Agency, yang diperkirakan berjarak 124 mil (200 km).

>>> Baca juga artikel mobil baru lainnya disini

Sebagai perbandingan, Chevrolet Bolt bisa menempuh total jarak sejauh 250 mil (400 km) pada uji coba CR baru-baru ini. Pesain lainnya, Nissan Leaf yang telah didesain ulang memiliki jarak tempuh yang lebih pendek, yaitu 150 mil (241 km).

Bagian interior pada mobil konsep Kia Niro EV

Bagian interior yang semakin futuristik

Niro EV dilengkapi sistem keamanan paling mutakhir yang dimiliki oleh Kia, Sistem peringatan Pejalan Kaki Aktif. Sistem ini menggunakan kamera yang menghadap ke depan, teknologi pengenal objek, bahkan speaker eksternal untuk memberitahu pejalan kaki atau pengendara sepeda agar tidak tertabrak.

>>> Baca juga, e-Palette mobil otomatis keluaran Toyota

Contohnya, jika seorang pejalan kaki tiba-tiba menyeberang di depan Niro EV, kendaraan tersebut akan melancarkan serangkaian peringatan yang bisa terdengar dan peringatan visual untuk menarik perhatian pejalan kaki tersebut. Sistem ini hadir karena sifat listrik dari mobil ini membuatnya melaju tanpa mengeluarkan suara dan bisa megejutkan pejalan kaki atau pengendara sepeda yang tidak memperhatikan.

Bagian interior mobil Kia Niro EV yang lebih futuristik dengan sistem canggih

Niro EV dilengkapi dengan Sistem Peringatan Pejalan Kaki

Untuk bagian kabin sendiri, mobil ini bergantung pada sistem pengenalan suara dan wajah yang dikembangkan Kia bersama Amazon Web Services. Sistem ini dikembangkan bersamaan dengan perintah sentuhan dan isyarat untuk sistem infotainment dan kontrol ventilasi. Bagian kulit yang ada pada dasar kemudi memungkinkan pengemudi menyesuaikan tingkat volume, mengganti lagu atau mengubah pengaturan suhu dengan cepat.

Lihat juga konsep Kia Niro EV pada CES 2018

Kia Niro saat ini dilengkapi dengan mesin empat silinder 139 HP dan motor penggerak listrik yang memiliki ekonomi bahan bakar yang bagus dan kargo serbaguna. Tapi, mobil yang kemungkinan dijual dengan harga $ 35.000 atau Rp. 465 Juta ini memiliki perjalanan yang lebih berombak. Tentu saja, Toyoa Prius menjadi pesaing terberat dengan menawarkan efisiensi bahan bakar lebih baik daripada Niro.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post: