Review Dan Test Drive Toyota Prius PHV 2018

19/10/2018

Share this post:

Toyota Prius 2018

Editor rate:

Lihat promo

Pergerakan evolusi teknologi dari waktu ke waktu terlihat terus berkembang sehingga mampu menciptakan berbagai terobosan baru. Sama halnya dengan bahan bakar mobil konvensional yang kini semakin berkembang ke arah baru seperti Hybrid, Elektrik, Hydrogen Fuel Cell hingga Plug-In Hybrid. Hal tersebut nyatanya sudah diaplikasikan pada Toyota Prius PHV yang menjadi perintis dari kisah otomotif di masa depan. Mari kita simak preview Toyota Prius PHV 2018.

Review Dan Test Drive Toyota Prius PHV 2018
Review Dan Test Drive Toyota Prius PHV 2018
0 Gambar

Pengantar Toyota Prius 2018

Mari kita simak spesifikasi Toyota Prius 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Inovasi mobil hybrid paling canggih dari Toyota saat ini

Fitur interior terlihat cukup mewah dan memiliki sisi unik tersendiri daripada model Toyota lainnya

Fitur keselamatan patut diacungi jempol dengan memadukan Toyota Safety Sense dan Star Safety System

Kekurangan

Desain bukan selera semua orang

Performa mesin tampil efisien namun bukan untuk diajak berlari kencang

Review Toyota Prius PHV 2018 – Menciptakan imajinasi teknologi masa depan, memang tak bisa dikatakan mudah terkait berbagai masalah serta hambatan. Toyota Prius misalnya, pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep pada tahun 1995 di acara Tokyo Motor Show. Sebagaimana mobil konsep, Prius nyatanya belum bisa dijalankan kala itu, hanya menjadi ancang-ancang Toyota dalam kesungguhannya menciptakan teknologi masa depan.

Toyota Prius Generasi Pertama diperkenalkan di acara Tokyo Motor Show tahun 1995

Toyota Prius generasi pertama sempat memeriahkan dunia otomotif internasional kala itu

Setelah melalui berbagai kegagalan dan proses panjang, akhirnya Toyota berhasil menjawab tantangan abad 21 yakni dengan meluncurkan generasi pertama Toyota Prius yang mulai dipasarkan tahun 1997. Berselang enam tahun, generasi kedua berhasil diluncurkan dan meraup penjualan 10.000 unit setiap bulan di pasar Global pada tahun 2003. Tak berhenti di situ saja, generasi ketiganya tampil dengan tingkat efisiensi mumpuni yang menyentuh angka konsumsi 4,7 Liter bahan bakar untuk jarak tempuh 100 Km.

Perancang Toyota Prius Koji Toyoshima terlihat sedang memperkenalkan Toyota Prius kepada publik

Sosok Chief Engineer di balik Toyota Prius, Koji Toyoshima

Generasi paling akhir diperkenalkan pada tahun 2015, berhasil menyentuh jarak tempuh 40 Km untuk setiap Liter bahan bakar yang dihabiskan. Pemasarannya sendiri sudah mulai dilakukan pada awal tahun 2017, di dealer-dealer resmi Toyota Jepang. Rencananya model satu ini hendak dipasarkan di negara lainnya pada tahun 2018. Di tahun ini pun PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau Toyota Indonesia selaku perusahaan yang memproduksi kendaraan Toyota di Indonesia, memberi enam mobil Toyota Prius hybrid dan PHV dan kepada enam perguruan tinggi untuk melakukan riset dan studi.

Salah satu perguruan yang mendapatkan kesempatan melakukan riset dan studi Toyota Prius PHV 2018 ialah Universitas Indonesia. Cintamobil.com pun berkesempatan mencoba mobil ini dan berikut adalah Review dan Test Drive Toyota Prius PHV 2018.

beauty shot Toyota Prius PHV 2018 berwarna biru muda

Tampilan generasi teranyar Toyota Prius PHV 2018

Eksterior Toyota Prius 2018

Nama PHV sendiri merujuk kepada Plug-in Hybrid Vehicle, kendaraan hybrid futuristik yang menyajikan performa mesin berefisiensi tinggi dengan sumber tenaga listrik yang bisa di-charge layaknya device smartphone. Tampilan eksterior Toyota Prius PHV 2018 juga terlihat modern dan atletis, seakan memancarkan kharisma tersendiri.

Review Toyota Prius PHV 2018: Eksterior Depan

Toyota Prius PHV 2018 mengadopsi lampu Quad-LED Projector yang sudah terintegrasi dengan fitur Auto On/Off dan LED Daytime Running Light (DRL). Desain lampunya juga dikemas menyipit, dipadukan apik dengan Fog Lamps berkontur vertikal memanjang ke arah atas. Menariknya, bumper depannya mengaplikasikan bentuk huruf “X”, memberi kesan sporty dan agresif.

tampak depan Toyota Prius PHV 2018 berwarna biru muda

Tampilan depan Toyota Prius PHV 2018 menggunakan lampu canggih yakni Quad-LED Projector

Review Toyota Prius PHV 2018: Eksterior Samping

Beralih ke bodi sampingnya, mobil satu ini dibekali kaca spion yang bisa dilipat dan memiliki pemanas. Namun, untuk negara tropis seperti Asia, fitur ini satu ini tidak begitu diperlukan. Beda halnya dengan negara-negara dingin seperti Eropa, fitur penghangat pada kaca spionnya terasa sangat diperlukan untuk meminimalisir embun pada kacanya. Hal tak kalah menarik, ditampilkan pada desain peleknya yang menggunakan 5-Spoke Alloy Two Tone berukuran 15 inci. Memberi warna agresif dan sporty, khas mobil-mobil sedan perkotaan.

tampak samping Toyota Prius PHV 2018

Tampilan samping Toyota Prius PHV 2018 bersolek mewah dengan pelek 5-Spoke Alloy Two Tone

Review Toyota Prius PHV 2018: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya menggunakan material Carbon Fibre Polymer memberi kesan stylish serta bobot bodi ringan. Adapun kaca belakangnya juga tampak menarik menggunakan desain terbaru yang disebut Dual-Wave, memberi tekstur tersendiri yang membedakan dari model lainnya. Kesan agresif juga tak lupa mewarnai sektor buritannya, mengaplikasikan lampu belakang berdesain futuristik, mempertegas sisi ikonik pada Toyota Prius.

tampak belakang Toyota Prius PHV 2018

Tampilan belakang Toyota Prius PHV 2018 menggunakan kaca belakang berdesain Dual-Wave

>>> Baca juga:


Interior Toyota Prius 2018

Jujur, ketika melihat ruang interior Toyota Prius PHV 2018, tampilannya terlihat mengesankan. Memadukan desain futuristik, teknologi inovatif dan sentuhan premium. Atmosfer ruangannya juga dirancang senyaman mungkin dan fitur-fiturnya tertata rapi, memudahkan pengendara dalam mengaksesnya.

Review Toyota Prius PHV 2018: Dashboard

Dashboardnya menghadirkan sebuah panel memanjang yang menyatukan panel Head Unit serta fitur pendingin Smart-Flow Climate Control-nya. Sistem audionya juga terbilang mumpuni dengan mengadopsi EntuneTM Premium Audio High Resolution berukuran 7 inci yang sudah didukung teknologi Touchscreen dan Split-Screen. Dari fitur tersebut Anda bisa mengoperasikan hiburan atraktif layaknya musik, video, radio serta navigasi.

interior Toyota Prius PHV 2018

Dashboard Toyota Prius PHV 2018 memadukan nuansa futuristik, sporty dan elegan

Hal tak kalah menarik juga didapati pada panel informasinya yang disematkan pada bagian teratas dashboardnya. Pasalnya, dari panel tersebut Anda bisa mengamati informasi terkini seputar kendaraan meliputi Speedometer, kapasitas bahan bakar, Hybrid Mode Indicator serta Drive Mode Indicator.

Review Toyota Prius PHV 2018: Setir

Merambah ke kemudi setirnya, tampilannya bernuansa padu dengan atmosfer interiornya yang menggunakan desain sporty serta futuristik. Balutan material yang digunakan juga tergolong cukup nyaman untuk digenggam berkat SofTex-Trimmed. Tak hanya itu saja, di kedua sisi sampingnya juga dibekali tombol praktis layaknya pengaturan audio, kesejukan, operasi Multi Information Display (MID) serta konektivitas yang tersambung dengan Gadget Anda via teknologi Bluetooth. Memang tak dipungkiri, fitur-fitur tersebut nyatanya mampu memberikan kemudahan akses yang mirip dengan produk besutan Toyota lainnya.

Setir Toyota Prius PHV 2018 terasa nyaman untuk digenggam dan juga dibekali beragam fitur multifungsi

Beragam tombol praktis dan multifungsi, disematkan pada setir Toyota Prius PHV 2018

Review Toyota Prius PHV 2018: Kursi

Sama dengan mobil sedan lainnya, kapasitas kursi Toyota Prius PHV 2018 mampu menampung hingga empat orang sekaligus. Adapun semua kursinya sudah dilengkapi dengan fitur pelipatan 60/40, Cup Holders dan Center Console. Hal cukup menarik, bisa dirasakan pada dikemasnya Center Armrest yang sudah disematkan pada deret bangku depan dan belakangnya. Tentu fitur penyangga tangan ini, dinilai cukup mampu dalam memberikan kenyamanan selama berkendara.

kabin jok Toyota Prius PHV 2018

Kursi Toyota Prius PHV 2018 dilengkapi dengan Center Armrest baik pada bangku depan dan belakangnya

Review Toyota Prius PHV 2018: Ruang Bagasi

Konsepnya sebagai mobil empat penumpang, dituntut tampil nyaman dalam hal ruang bagasi. Pihak Toyota sendiri mengklaim bahwa Prius dibekali kapasitas bagasi yang cukupan di angka 560 Liter. Dengan kapasitas tersebut, Cintamobil.com memprediksi bagasinya mampu memuat hingga dua hingga tiga tas berukuran besar.

bagasi berisi tiga tas besar Toyota Prius PHV 2018

Ruang bagasi Toyota Prius PHV 2018 mampu menampung hingga tiga tas berukuran besar

>>> Artikel terkait:

Fitur Toyota Prius 2018

Tentu kita bertanya-tanya, apakah mobil mutakhir satu ini hanya diprioritaskan tampil efisien dalam hal bahan bakar? Bagaimana dengan performanya di jalanan kota? Nah, di segmen kali ini, Cintamobil.com hendak membahas lebih dalam tentang fitur Toyota Prius PHV 2018.

Review Toyota Prius PHV 2018: Fitur Keselamatan

Jangan khawatir sobat, nyatanya Toyota Prius dibekali teknologi keselamatan unggul yang dinamai Star Safety System Toyota Safety Sense. Seperti yang kita tahu, Star Safety System merupakan sebutan umum akan racikan teknologi khas Toyota meliputi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Lewat racikan teknologi tersebut, mobil ini dipastikan mampu memberikan sensasi pengereman presisi serta tingkat kestabilan yang mumpuni.

Toyota Safety Sense Toyota Prius PHV

Beberapa fitur Toyota Safety Sense di Toyota Prius PHV 2018

Di sisi lain, mobil mutakhir satu ini juga sudah dibekali teknologi keselamatan Toyota Safety Sense. Memang teknologi tersebut sering kali dikenal akan kemampuannya dalam mencegah terjadinya kecelakaan. Pasalnya, dalam teknologi Toyota Safety Sense terdapat formasi fitur Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection (PD), Lane Departure Alert (LDA), Steering Assist (SA), Automatic High Beams dan Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).  Teknologi selengkap ini, tentu dirasa sangat menjamin dalam menjaga keselamatan Anda dalam berkendara.

Review Toyota Prius PHV 2018: Fitur Hiburan

Sedangkan untuk aspek hiburan, varian tertinggi Toyota Prius menggunakan sistem audio EntuneTM Premium Touchscreen berukuran 7 inci. Kualitas suara yang dihasilkan tergolong mumpuni berkat terintegrasinya enam buah speaker yang disematkan di berbagai sisi kabinnya. Menariknya, panel tersebut juga sudah mendukung format modern layaknya CD, HD Radio, AM/FM, UBS 2.0 Port, Ipod, Bluetooth dan SiriusXM Satellite Radio. Sehingga, dengan adanya kelebihan tersebut, Anda dapat mengoperasikan berbagai hiburan atraktif secara praktis.

Fitur Hiburan TOyota Prius PHV 2018

Fitur hiburan Toyota Prius PHV 2018 menggunakan panel Head Unit mumpuni

>>> Review mobil dengan penjelasan detail dari produk-produk terbaru, bisa Anda baca di sini

Operasi Toyota Prius 2018

Tiba saatnya, Cintamobil.com membahas sisi performa dan teknologi jantung pacudari mobil ini. Seperti konsepnya, Toyota Prius dirancang untuk tampil dengan teknologi mutakhir terutama dalam hal efisiensi. Operasi mesin Toyota Prius PHV 2018 memadukan jantung pacu mekanis dengan motor elektrik.

Mesin Toyota Prius PHV 2018 menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE dengan spesifikasi 1.8-liter 4-cylinder Hybrid Synergy Drive dengan double-overhead cam (DOHC) 16-valve dan VVT-i, yang mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 95 HP setara 5.200 Rpm. Mesin ini dipadukan Motor Generator DC600V yang terkoneksikan dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 8.8 kWh yang ditempatkan di belakang kursi baris kedua.

Secara total kombinasi teknologi jantung pacu Toyota Prius PHV 2018 bisa menghasilkan tenaga 121 hp dan torsi 249 Nm. Semua tenaga didistribusikan ke roda depan melalui sistem transmisi Electronically Controlled continuously Variable Transmission (ECVT).

 

 

 

 

Jantung Mekanis Toyota Prius PHV 2018

Mesin terbaru Toyota Prius PHV 2018

Menariknya, Anda juga bisa memilih empat mode berkendara meliputi HV Mode & EV Mode, EV City, dan Battery Charge Mode. Selain itu tersedia pula 'Drive Mode' yang mengatur tiga mode mesin mobil, yakni NORMAL, POWER dan ECO. 

pilihan mode berkendara Toyota Prius PHV 2018

Performa mesin Toyota Prius PHV 2018 dapat Anda sesuaikan dengan tiga pilihan mode berkendara

Berbeda dengan Toyota Prius “biasa”. Model PHV telah mengadopsi teknologi plug-in hybrid, dimana pasokan daya untuk listrik selain menggunakan energi regenerasi saat pengereman, juga bisa menggunakan sistem charging menggunakan colokan rumah, semudah pengisian daya smartphone atau laptop.

Sistem port charger pengisian baterai Toyota Prius PHV 2018

Toyota Prius PHV 2018 menggunakan konektor charger Type 2

Tersedia dua mode pengisian daya, yakni listrik 200V dengan waktu isi-ulang 2 jam 20 menit hingga terisi penuh, atau menggunakan metode quick charging secepat 20 menit hingga 80 %  kapasitas baterai. Untuk konektor charger menggunakan Type 2 yang sudah menjadi standar di mayoritas mobil berteknologi plug-in hybrid.

Saat kami coba melewati jalanan Universitas Indonesia, terasa sekali bahwa mobil ini memiliki karakter performa yang sigap saat bergerak dari kondisi diam. Tak perlu full throttle, respon motor elektris langsung bergerak cepat mendistribusikan tenaga. Menariknya, perpindahan dari kondisi penggunaan motor elektris ke mesin bensin terasa sangat smooth, hanya baru terasa dari suara deru mesin yang halus atau dari layar Driver's Meters di instrument cluster.

Sensasi Berkendara Toyota Prius PHV 2018

Toyota Prius PHV 2018 sangat efisien untuk penggunaan berkendara dalam kota

Sekedar informasi, untuk bisa mencapai 100 km/jam dalam kondisi diam, Toyota Prius PHV 2018 bisa mengeksekusinya dalam waktu 11,1 detik (klaim) dan top speed berada di kecepatan 162 km/jam. Pun demikian Toyota Prius PHV 2018 memang tidak ditakdirkan untuk menjadi yang tercepat, melainkan menjadi mobil urban yang sangat ramah lingkungan, bahkan bisa digunakan tanpa perlu mengisi tangki bahan bakar.

Berdasarkan klaim Toyota, untuk bisa meraih jarak perjalanan 100 km, mobil plug in hybrid ini hanya membutuhkan sekitar 1 liter bahan bakar dengan BBM RON 95 atau lebih. Atau jika Anda benar-benar menggunakan EV Mode alias hanya mengandalkan motor elektrik dengan sumber tenaga dari baterai listrik, Toyota Prius PHV 2018 bisa digunakan sejauh 40 km (kondisi baterai full charge). Jadi jika mobilitas Anda hanya pulang-pergi kantor untuk penggunaan di dalam kota Jakarta, cukup bermodalkan sering charging hingga baterai penuh, maka perjalanan bisa jadi semakin hemat dan terjangkau.

Soal irit, jelas Toyota Prius PHV 2018 bisa menjawab semua permasalahan. Tapi bagaimana dengan keasyikan berkendara? Untungnya Toyota Prius PHV sudah menggunakan konsep platform mobil unibody TNGA alias Toyota New Global Architecture. Mulai dari konstruksi sasis dan suspensi yang dikemas untuk memaksimalkan keasyikan berkendara, serta setir yang sangat responsif dan presisi, membuat mobil ini tidak hanya jago irit-iritan BBM, tapi juga sangat asyik untuk diajak berkendara agresif maupun meliuk-liuk manis melewati kemacetan di jalanan perkotaan.

sasis, mesin dan baterai Toyota Prius 2018

Struktur sasis TNGA milik Toyota Prius PHV 2018

>>> Jika Anda tertarik untuk mengetahui beragam harga dari mobil Toyota terbaru lainnya, Anda bisa mengetahui informasinya di sini

Spesifikasi Toyota Prius 2018

Setelah cukup banyak membahas tentangnya, kini Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Toyota Prius PHV 2018.

SPESIFIKASI TOYOTA PRIUS PHV 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.646 mm x 1.760 mm x 1.471 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Jarak Pijak Depan

1.529 mm

Jarak Pijak Belakang

1.539 mm

Jarak Terendah

122 mm

MESIN

Tipe Mesin Utama

2ZR-FXE 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT-i

Kapasitas Silinder

1.797 cc

Daya Maksimum Mesin Utama

98 PS / 5.200 Rpm

Torsi Maksimum Mesin Utama

142 Nm / 3.600 Rpm

Motor Listrik

1NM/1SM

Daya Maksimum Motor

72 PS / 53 kW

Sistem Transmisi

Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (ECVT)

Mode Penggerak

Front-Wheel Drive

HANDLING

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut dan Double Wishbone Style dengan Stabilizer Bars

Suspensi Belakang

Multi-Link Rear dengan Stabilizer Bars

Rem Depan

Power-Assisted Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Integrated Regenerative Braking

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS)

Ukuran Ban

P195/65 R15

Daftar Harga Toyota Prius 2018

Toyota Prius nyatanya memang sudah dihadirkan di beberapa negara seperti Amerika dan negara asalnya. Di Indonesia sendiri, model mobil plug-in hybrid besutan Toyota ini memang tidak dijual secara resmi maupun melalui Importir Umum, namun harga dalam rupiah sudah tercatat di Samsat Online. Berikut kami lampirkan daftar harga Toyota Prius PHV 2018 berdasarkan informasi yang kami himpun dari dari sistem Samsat Online.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA PRIUS 2018

Toyota Prius Hybrid 2018

Rp. 526.000.000

Toyota Prius PHV 2018

Rp. 706.000.000

 

 

 

>>> Toyota Prius Segera Dijual Di Indonesia?

Kesimpulan Toyota Prius 2018

Toyota Prius PHV 2018 @ Universitas Indonesia

Toyota Prius PHV 2018 menjadi tonggak teknologi termutakhir untuk hybrid

Jika melihat rekam jejaknya, Toyota Prius memang menjadi tonggak sejarah dari teknologi mesin mobil berbahan bakar non-konvensional. Keberhasilan Toyota dalam menciptakan produk mutakhir layaknya Toyota Prius, memang harus diapresiasi setinggi-tingginya.

Seiring berjalannya waktu, Toyota pun memastikan kendaraan ramah lingkungan mereka tidak hanya sekedar jago menjaga konsumsi BBM. Lebih jauh, Toyota menambahkan unsur fun to drive, sistem pengisian daya baterai lebih mutakhir, serta teknologi berkendara yang sangat mutakhir. Tak ayal sebagai benchmark kemajuan teknologi mobil ramah lingkungan, plus sebagai pematah persepsi mobil hybrid membosankan, Toyota Prius PHV 2018 adalah jawaban paling tepat dan relevan untuk saat ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top