Sayonara, Akhir Sejarah Toyota Prius di Balap Super GT

14/11/2018

Pasar mobil
Sayonara, Akhir Sejarah Toyota Prius di Balap Super GT
Sebagai salah satu penantang paling populer untuk kelas GT300 dari Autobacs Super GT Series, sejarah Toyota Prius di balap Super GT akhirnya berakhir sejak pertama kali masuk ke balapan Super GT pada 2012.

Balapan terakhir Motegi GT 250 Race “Grand Final” di Twin Ring Motegi menutup petualangan serta sejarah Toyota Prius di Balap Super GT. Membawa mid-engine bertenaga V8 hybrid, Koki Saga dan Kohei Hirate beserta pasangan Hiroaki Nagai dan Manabu Orido harus mengucapkan selamat tinggal bagi mobil tercinta yang telah berkompetisi sejak awal 2012.

Mengakhiri peran mobil JAF-GT300 bermesin tengah setelah dua puluh tahun, sungguh disayangkan bagaimana akhir tidak selalu indah. Saga dan Hirate yang menggunakan mobil bernomor 31 harus puas berada di posisi kedua, kalah dari Haruki Kurosawa dan Naoya Gamo dari Leno CVSTOS AMG.

Sejarah Prius di GT300

Sebagai salah satu mobil ramah lingkungan yang dikembangkan oleh Toyota, kehadiran Toyota Prius pada kompetisi balap menjelaskan satu hal: mobil bertenaga besar dengan rendah emisi juga bisa digunakan untuk balapan! Hal tersebut berlaku untuk Prius.

Gambar generasi pertama Toyota Prius GT

Generasi pertama Toyota Prius di GT300 tahun 2012

Tetapi tahun pertama untuk Prius sangat sulit. Tim mengalami kesulitan reliabilitas dalam lima balapan pertama. Turun di kategori GT300, Prius mengadopsi regulasi JAF-GT. Regulasi ini memungkinkan apr untuk mengacak-acak struktur dasar Prius, sampai memindahkan posisi mesin ke tengah layaknya supercar. Untuk menambah kekuatan, mesin 2ZR-FXE digantikan RV8K. Pada balapan tahun pertama, Prius hanya sekali mencicipi podium, yaitu pada balapan keenam di Fuji Speedway.

>>> Lima Ajang Balap Ini Jadi Arena Pembuktian Ford Mustang di Dunia Motorsport

Namun di tempat yang sama setahun setelahnya, Saga dan Nitta mengantarkan Prius ke kemenangan pertama Prius di Super GT300. Kemenangan ini menjadi lebih bermakna setelah menandai kemenangan mobil hibrida pertama dalam sejarah Super GT.

Gambar kemenangan pertama Toyota Prius

Kemenangan pertama Toyota Prius di GT300 Fuji

Tepatnya pada 2015, dua kemenangan berhasil diraih Prius mengantarkan mereka berada pada peringkat ketiga klasemen akhir. Tak lama setelah balapan, APR Racing mengkonfirmasi rumor bahwa Prius GT akan pensiun di akhir musim.

>>> Dapatkan berita pasar mobil baru lainnya hanya di sini

Generasi kedua Toyota Prius di Super GT300

Tak jadi pensiun. Toyota Prius malah mendapatkan pembaruan pada akhir 2015 – mengganti generasi XW30 menjadi XW40 – yang membuat wajah Prius Super GT berubah total. Dibuat senada dengan Prius edisi ulang tahun TRD, elemen desain versi balap dibuat seirama model jalan raya. Perubahan juga terletak pada sistem hybrid yang direlokasi ke bawah kaki penumpang depan.

Gambar generasi kedua Toyota Prius GT

Generasi kedua Toyota Prius GT yang dibuat sama seperti edisi ulang tahun TRD

Prius langsung membalap dengan debutnya pada tahun 2016 dengan dua mobil. Menandai kemenangan pertamanya di Sirkuit Sugo pada balapan ketiga. Dua kemenangan lainnya hanya mengantarkan Prius pada podium kedua dengan hasil akhir mengantarkan Koki Saga dan Yuichi Nakayama di posisi kedua dengan total poin 60.

>>> Ingin mencari mobil bertenaga tinggi? Dapatkan di listing Cintamobil.com

Tahun lalu Prius dibuat tanpa kemenangan dengan posisi finish tertinggi mobil pada peringkat 3. Sedangkan tahun ini yang menjadi akhir Prius di GT300, Toyota Prius yang digawangi oleh Koki Saga dan Kohei Hirate berjuang dalam pertarungan di tempat pertama dalam beberapa balapan. Tak menorehkan akhir yang manis, Prius tidak pernah berhasil meraih posisi pertama meskipun empat kali masuk podium.

Gambar Toyota Prius GT 2018 sedang berkendara di jalan

Toyota Prius mengakhiri 7 tahun keikutsertaannya di GT300

Prius adalah mobil paling radikal di Super GT. Menjadi penantang semua peluang untuk menang dan bersaing dengan mobil lain yang lebih cepat. Mewujudkan filosofi yang membuat Super GT unik, Toyota Prius mungkin akan menjadi mobil terakhir yang sepenuhnya menangkap semangat dari GT300.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top