Review Toyota Dyna LT 2017, For Toyota's Minded Trucker

23/03/2019
editor rate: 3,3 user rate: 4,5
Di segment light duty truck, nama Toyota memang tidak begitu santer seperti pemain lainnya di segmen ini seperti Mitsubishi Fuso, Hino, hingga UD Trucks. Namun, truk ini juga termasuk potensial untuk dibahas, inilah persembahan dari kami mengenai Review Toyota Dyna LT 2017 kembaran dari Hino Dutro ditujukan untuk para pemilik usaha yang Toyota minded.

PENGANTAR Toyota Dyna 2017

Gambar mobil Toyopet Light Truck 1956 berwarna hijau dilihat dari sisi depan

Inilah cikal bakal Toyota Hilux di bumi, sebuah Toyotpet Toyoace SKB tahun 1956

Review Toyota Dyna LT 2017 - Sejarah kehadiran Toyota Dyna di bumi tidak lepas dari sebuah light truck bernama Toyopet  Route Truck dengan kode bodi RK52 di tahun 1956, oh ya, dulu Toyota masih bernama Toyopet, dan truk ini dijual di Toyopet Store. 3 tahun setelahnya Toyopet Route Truck ber-ubah nama menjadi Toyota Dyna. Sepanjang perjalanannya di generasi pertama dan kedua, Toyota Dyna ini tidak begitu banyak mengalami ubahan yang berarti. Tahun 1966 Toyota melakukan marger dengan Hino Motors.

Gamabr mobil Toyota Dyna Gen 2 tahun 1968-1977 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Seperti inilah bentuk Toyota Dyna generasi ke-3 yang diproduksi mulai 1968 dan bertahan selama 9 tahun lamanya

Pada tahun 1968 Toyota meluncurkan generasi pengganti dari Toyota Dyna yang muka-nya cukup banyak mengalami ubahan dibandingkan dengan generasi pertama dan kedua. Pada tahun 1968 pula, perusahaan Jepang lainnya yakni Daihatsu juga turut memasarkan truk ringan ini dengan nama Daihatsu Delta. Hampir sama dengan koalisi Avanza-Xenia atau Livina-Xpander kekinian, ada beberapa pembeda eksterior maupun mesin yang menjadi pembeda antara kedua truk ini.

Gambar mobil Daihatsu Delta Havier Truck 1500 dan 2000 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Inilah Daihatsu Delta yang merupakan produk kembaran dari Toyota Dyna

Oke cukup kita melihat masa lalu Toyota Dyna yang mayoritas tidak masuk Indonesia, mari kita fast forward ke model-model Toyota Dyna yang masuk ke tanah air. Pada tahun 1984 Toyota memperkenalkan Toyota Dyna Rino untuk negara kita, truk ini dibekali dengan pilihan mesin berkubikasi 3.400 cc dengan kode mesin 3B dan 13B. Mengusung nama besar Toyota, durabilitas dan keandalan dari truk ini tidak diragukan, pengguna jarang yang mengeluh truk-nya rewel saat bertugas.

Gambar mobil Toyota Dyna BY34 1984 - 2002 dilihat dari sisi depan

Toyota Dyna sejak tahun 1984 hingga 2002 mengalami banyak tampilan baik eksterior dan juga interior

18 tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2002 Toyota melakukan penyegaran pada truk ringan andalan mereka. Tampilan luar serta bagian interiornya mengalami ubahan yang mengarah ke truk-truk ringan modern. Pada tahun ini pula, Hino mulai merangsek dengan memperkenalkan si kembaran Toyota Dyna, yaitu Hino Dutro. Meskipun hadir satu basis, namun baik Toyota Dyna maupun Hino Dutro saling bersaing satu sama lain untuk mendapatkan pasar.

Gambar mobil Toyota Dyna LT WU340 Flat Bed 2002-2006 dilihat dari sisi samping

Tahun 2002 Toyota melakukan facelift Toyota Dyna yang berefek pada tampilannya yang lebih segar

Kedigdayaan Mitsubishi Fuso dikelas Light Duty Truck (LDT) dengan Colt Diesel atau lebih diakrab disapa Mitsubishi Canter-nya tampaknya membuat jagoan geng sunter ini mengubah strategi bertarung. Hino Dutro 300 mulai dimasukkan ke lini terdepan sebagai penyerang, sedangkan Toyota dengan Dyna-nya lebih memilih defensif. Sayangnya strategi ini nampaknya belum berhasil menumbangkan sang juara bertahan. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Dyna LT 2017? Berikut ini ulasan lengkap kami seputar LDT andalan Toyota.

Gamabr mobil Toyota Dyna Light Duty Truck ST110 dilihat dari sisi depan

Setelah 9 tahun sejak 2002, baik Toyota dan Hino meluncurkan model terbaru dari light duty truck mereka

EKSTERIOR Toyota Dyna 2017

Review Toyota Dyna LT 2017 : Tampilan Depan

Mobil Toyota Dyna LT 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Jujur saja, tampilan depan dari eksterior Toyota Dyna LT 2017 ini bagus dan enak dilihat

Meskipun secara bentuk cab atau kabin dari Toyota Dyna LT 2017 ini tak ubahnya dengan Hino Dutro 300 LT, namun harus diakui tampilan depan dari eksterior Toyota Dyna LT 2017 ini bagus dan enak untuk dilihat. Aura modern sangat kentara dari penerapan headlamp model multi reflektor kristal serta grill dengan warna doff black yang macho. Belum lagi lis pada bagian atas lampu truk ini membuatnya tampil semakin modern.

Review Toyota Dyna LT 2017 : Tampilan Samping

Gambar mobil Toyota Dyna LT 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Sayangnya, meski rivalnya sudah dilengkapi dengan aksesoris pendukung utilitas, truk Toyota Dyna LT 2017 ini masih 'polos'

Pada tampilan samping Toyota Dyna LT 2017 ini sebenarnya tidak ada yang salah, sepertinya halnya sebuah truk semuanya didesain fungsional termasuk kabin jungkit truk ini. Sayangnya, meski rival lainnya seperti Isuzu NMR71, atau Mitsubishi Colt Diesel Canter sudah dilengkapi dengan aksesoris pendukung utilitas seperti talang air, extension foot step, optional snorkel dan sebagainya. Truk Toyota Dyna LT 2017 ini masih tampil 'polos' saja. Kami berharap Toyota membaca tulisan kami ini dan memperhatikan hal ini.

Review Toyota Dyna LT 2017 : Tampilan Belakang

Gambar mobil Toyota Dyna LT 2017 dilihat dari sisi belakang

Seperti halnya truk lainnya tampilan belakang dari truk Toyota Dyna LT 2017 ini eksterior belakangnya mengikuti karoserinya

Seperti halnya truk lainnya, untuk tampilan belakang tentunya bentuk akan mengikuti karoseri yang dipasangkan pada truk ini, dan Toyota Dyna LT 2017 ini bukanlah suatu pengecualian. Bawaan pabrik, hanya tersedia stoplamp set serta rangka saja yang siap untuk dipasangkan bak, boks bahkan perangkat utilitas lainnya. Ban serep dari truk juga diletakkkan pada bagian belakang sasis truk ini dengan tujuan agar mudah dijangkau oleh sopir maupun kenek truk ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Dyna 2017

Review Toyota Dyna LT 2017 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor truk Toyota Dyna LT 2017

Layout dasbor yang fungsional pada Toyota Dyna LT 2017

Sama halnya seperti mayoritas light duty truck lainnya yang dijual di Indonesia, layout dasbor pada truk Toyota Dyna LT 2017 pun sama halnya dengan truk ringan kebanyakan. Yakni, fungsional dengan minim fitur, layoutnya pun sederhana dan kurang menggugah. Bentuk setirnya pun jadul seperti halnya Toyota Kijang lawas  yang lahir di tahun 1990-an dengan dua buah spoke yang kaku. Bagi kami, interior dari Toyota Dyna LT 2017 ini masih dapat dibuat lebih modern lagi.

Review Toyota Dyna LT 2017 : Kursi

Gambar menunjukkan desain Kursi Truk Toyota Dyna LT 2017

Kursi yang digunakan oleh Toyota Dyna LT 2017 juga tidak kalah jadulnya dari layout dasbor serta setir truk ini

Bagi Anda yang berhadap ada unsur modern pada truk Toyota Dyna LT 2017 ini di kursinya Anda pasti akan kecewa, karena kursi yang digunakan meski fleksibel namun bentuknya biasa saja dan tidak menggugah. Dan kami yakin ketika diduduki kursi seperti ini tidak akan betah berlama-lama karena terlihat sekali penggunaan busa dari jok depan ini tipis, apalagi headrestnya juga tidak kalah tipisnya dan tidak adjustable pengaturannya.

Review Toyota Dyna LT 2017 : Tilt Steering

gambar menunjukkan tilt Steering pada mobil Toyota Dyna LT 2017

Hanya tersedia tilt steering, belum full adjustable seperti para rival lainnya dikelas light duty truck

Tidak seperti truk lainnya di kelas light duty truck alias truk ringan, untuk pengaturan setir pada truk ini hanya tersedia tilt steering saja, belum full adjustable telescopic seperti yang sudah diadopsi oleh para rival dikelasnya seperti Mitsubishi Colt Diesel Canter maupun Isuzu NMR71. Tentunya ini akan menjadi masalah ketika truk ini dikemudikan oleh pengemudi truk yang punya postur besar dan tinggi.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Dyna 2017

Review Toyota Dyna LT 2017 : Meter Cluster

Gambar menunjukkan Meter cluster pada mobil Toyota Dyna LT 2017

Untunglah aura modern masih terpancar dari penggunaan odometer dan fuel meter digital pada truk ini

Meski sektor interiornya agak mengecewakan menurut kami, namun beruntunglah karena aura modern masih sedikit terpancar berkat penggunaan odometer dan fuel meter digital pada truk Toyota Dyna LT 2017 ini.  Meskipun layar LCD-nya masih berupa monokrom biasa tanpa TFT high resolution seperti mobil kekinian, namun setidaknya panel ini sudah memberikan aura ke-baruan pada truk andalan geng Sunter ini.

Review Toyota Dyna LT 2017 : Audio

Tampak Sistem audio Toyota Dyna LT 2017

Sepanjang perjalanan baik sopir maupun kernet tidak akan kesepian berkat adanya fitur audio dengan double speaker ini

Head unit berlabel kenwood beserta dua buah speaker akan menghibur sepanjang perjalanan yang dilalui oleh sopir beserta kenek di truk Toyota Dyna LT 2017 ini. Meskipun ini merupakan head unit basic yang pengaturannya hanya sebatas volume, treble, bass, tanpa prosesor maupun passive crossover, bahkan time alignment namun setidaknya lagi-lagi fitur sederhana ini akan membuat sopir dan kenek terhibur sepanjang perjalnana dengan truk ini.

Review Toyota Dyna LT 2017 : Kabin Jungkit

Gambar menunjukkan desain bagian Kabin jungkit Toyota Dyna LT 2017

Keberadaan fitur kabin jungkit akan mempermudah mekanik maupun teknisi melakukan perawatan berkala

Seperti lazimnya truk-truk lainnya dikelas light duty truck, kabin dari Toyota Dyna LT 2017 ini juga dapat dengan mudah di jungkitkan ke atas guna mempermudah mekanik maupun teknisi dalam melakukan perawatan berkala. Hanya dengan melakukan 4 langkah mudah saja, kabin dari truk ini dapat diangkat serta dijungkitkan ke depan. 

>>> Mengetahui Area Blind Spot Truk Yang Perlu Diwaspadai

OPERASI Toyota Dyna 2017

Gamabr menunjukkan desain bagian Mesin Toyota Dyna LT 2017

Mesin W04D-TR sama persis dengan yang digunakan oleh Hino Dutro 300

Berbekal mesin berkapasitas besar, membuat performa dari truk Toyota Dyna ini cukup baik, dan seperti halnya mobil Toyota, ia terbukti mampu melibas semua kondisi jalanan yang anda lalui. Namun yang menarik dari mobil ini adalah memiliki efisiensi BBM yang sangat baik, bahkan sudah sejak dulu Toyota Dyna di kenal sebagai mobil truk yang punya tenaga baik tapi irit dalam konsumsi bahan bakar. Untuk daya tampung bahan bakar yang bisa tersimpan di dalam mobil ini adalah mencapai 100 liter, hal ini juga akan membantu Anda maupu sopir Anda untuk tidak membuang banyak waktu dengan tidak perlu sering-sering mengisi bahan bakar.

Gamabr menunjukkan Gardan mobil Toyota Dyna LT 2017

Bagian kopel dan gardan pada truk Toyota Dyna LT 2017 ini sudah diperkuat

Dari segi keamanan Toyota Dyna ini memiliki Pengereman yang baik dalam pengoprasiannya hal ini juga di tambah dengan Booster Dyna tandem yang memiliki ukuran 9+10 inchi yang mampu menghasilkan injakan pedal rem yang semakin ringan dan pendek sehingga membuat pengereman semakin efektif dan tentu saja semakin pakem, pada kaca depan Mobil ini menggunakan tambahan kaca depan Laminated yang memberikan keselamatan bagi pengemudi pada saat terjadi benturan pada kaca depan, karena kaca model ini hanya akan retak saja dan tidak akan membuat serpihan kecil, Terdapat juga Side Impact Beam yakni tambahan baja pada pintu hal ini akan semakin memberi perlindungan pada sang pengemudi.

Gambar menunjukkan Per daun mobil Toyota Dyna LT 2017

Per dengan jenis daun menjamin kekuatan dan daya tahan truk ini untuk mengangkut beban akan semakin baik

>>> Ini Dia Bocoran Keseruan IIMS 2019, Ada Kapal Layar dan Truk Raksasa

spesifikasi Toyota Dyna 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Dyna LT 2017.

Mesin Toyota Dyna LT 2017

Seri Mesin

W04D-TR

Tipe Mesin

Diesel 4 Stroke, 4 Cylinder in-line, Direct Injection, Turbocharger with Intercooler

Tenaga Maksimum

128 Hp @ 2.700 rpm

Torsi Maksimum

372,7 Nm @ 1.800 rpm

Kapasitas Silinder

4.009 cc

Bore X Stroke

104,0 mm X 118,0 mm

Tipe Transmisi

M550. 5 Percepatan Manual, Penggerak Roda Belakang

Rangka Toyota Dyna LT 2017

Panjang X Lebar X Tinggi (Dengan rangka khusus)

6.026 mm X 1.945 mm X 2.165 mm

Jarak Sumbu Roda

3.380 mm

Radius Putar

21,6 m

Berat Kotor & G.V.W

6.700 Kilogram & 8.250 Kilogram

Kapasitas Tangki

100 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Dyna LT 2017

Suspensi Depan & Belakang

Rigid Axle With Leaf Spring

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion (optional)

Rem Depan & Belakang

Drum with two leading shoes with vacuum

Struktur Sasis

Steel dengan ketebalan rangka 6 mm

Struktur Bodi

Galvanis

Handbrake

Menggunakan mekanisme hidrolik

Pelek

Steel

Merek & Jenis Ban

Gajah Tunggal, 7.50-16-14PR

kelebihan & kekurangan Toyota Dyna 2017

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Dyna LT 2017 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Nama besar Toyota

Bentuk exterior cab sama persis dengan Hino Dutro

Jaringan servis Toyota sudah tersebar luas

Kalah tenaga dan torsi bila dibandingkan dengan pesaing

Durabilitas Toyota tidak diragukan lagi

Kalah reputasi di kalangan truck mania

daftar harga Toyota Dyna 2017

Model yang dihadirkan pada Toyota Dyna terbilang sangat beragam. Mulai dari Econo Truck (ET), Fast Truck (FT), Heavy Truck (HT), Small Truck (ST) hingga Xpress Truck (XT). Bahkan di setiap modelnya ditawarkan berbagai varian sesuai kebutuhan berkendara Anda. Berikut daftar harga Toyota Dyna terbaru 2019 di semua variannya.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA DYNA BARU (OTR)

Econo Truck

Toyota Dyna ET 6 R Chassis 110 PS ET Power Steering

IDR. 296.350.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 110 PS ET

IDR. 289.850.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 110 PS ET Power Steering dengan Heavy Duty

IDR. 297.950.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 110 PS ET Power Steering dengan Off Road

IDR. 304.250.000

Toyota Dyna 110 ET 4x2 M/T

IDR. 324.650.000

Fast Truck

Toyota Dyna 6 R Bus Chasis 110 PS FT Power Steering

IDR. 277.900.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 110 PS FT Power Steering

IDR. 289.500.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 110 PS FT

IDR. 283.000.000

Toyota Dyna 110 FT 4x2 M/T

IDR. 317.650.000

Toyota Dyna 110 FT Long 4x2 M/T

IDR. 328.650.000

Heavy Truck

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT STD Gear Power Steering

IDR. 316.300.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT STD Gear

IDR. 309.800.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT STD Gear Power Steering dengan Heavy Duty

IDR. 317.900.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT STF Gear Power Steering dengan Off Road

IDR. 324.200.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT High Gear Power Steering

IDR. 316.800.000

Toyota Dyna 6R Chasis 130 PS HT High Grade

IDR. 310.300.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT High Gear Power Steering dengan Heavy Duty

IDR. 318.400.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS HT High Gear Power Steering dengan Off Road

IDR. 324.700.000

Toyota Dyna 130 HT Ekspedisi 4x2 M/T

IDR. 346.050.000

Toyota Dyna 130 HT Long Ekspedisi 4x2 M/T

IDR. 356.650.000

Toyota Dyna 130 HT Long Ekspedisi Hi-Gear 4x2 M/T

IDR. 357.150.000

Toyota Dyna 130 HT Hi-Gear 4x2 M/T

IDR. 350.850.000

Toyota Dyna 130 HT Extreme Hi-Gear 4x2 M/T

IDR. 332.100.000

Toyota Dyna 130 HT Off-Road Hi-Gear 4x2 M/T

IDR. 369.350.000

Toyota Dyna 130 HT 4x2 M/T

IDR. 344.250.000

Small Truck

Toyota Dyna 4 R Chasis 110 PS ST Power Steering

IDR. 259.800.000

Toyota Dyna 4 R 110 PS ST

IDR. 253.300.000

Toyota Dyna 4 R Truck Chasis 110 PS ST Long Wheel Base Power Steering

IDR. 268.500.000

Toyota Dyna 4 R Bus Chasis 110 PS ST Power Steering

IDR. 259.900.000

Toyota Dyna 4 R Bus Chasis 110 PS ST Long Wheel Base Power Steering

IDR. 268.600.000

Toyota Dyna 110 ST 4x2 M/T

IDR. 281.850.000

Toyota Dyna 110 ST Long 4x2 M/T

IDR. 290.450.000

Toyota Dyna 110 ST Bus 4x2 M/T

IDR. 288.750.000

Toyota Dyna 110 ST Bus Long 4x2 M/T

IDR. 300.650.000

Xpress Truck

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS XT Power Steering

IDR. 311.600.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS XT

IDR. 306.100.000

Toyota Dyna 6 R Chasis 130 PS XT Long Wheel Base Power Steering

IDR. 321.000.000

Toyota Dyna 130 XT 4x2 M/T

IDR. 339.250.000

Toyota Dyna 130 XT Long 4x2 M/T

IDR. 349.450.000

Toyota Dyna 130 XT Long Hi-Gear 4x2 M/T

IDR. 349.950.000

Toyota Dyna 130 XT Bus Long 4x2 M/T

IDR. 340.850.000

*Harga per tanggal 1 Maret 2019

Video Toyota Dyna 2017

KESIMPULAN Toyota Dyna 2017

Gambar mobil Toyota Dyna LT 2017 dilihat dari sebelah kanan

Layakkah ia untuk dimiliki?

Lantas dengan segala kelebihannya dan keunggulannya layakkah ia untuk dimiliki? Dengan berat hati kami bilang tidak. Untuk kecepatan dan daya tahan kami lebih menyarankan Anda untuk membeli Mitsubishi Colt Diesel Canter untuk menunjang bisnis dan usaha Anda. Mengapa? Karena truk Mitsubishi sudah terkenal dengan keandalannya. Sebaiknya Toyota fokus memperbaharui mobil penumpang macam Toyota Avanza saja agar terus dicintai rakyat Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil