Mengetahui Area Blind Spot Truk Yang Perlu Diwaspadai

12/04/2018

Pengemudian
Share this post:
Mengetahui Area Blind Spot Truk Yang Perlu Diwaspadai
Blind spot merupakan area yang tidak terlihat oleh sopir truk saat berada di jalanan. Area ini bisa dibilang berbahaya karena bisa saja truk berbelok dan tidak tahu bahwa terdapat kendaraan lain di sampingnya atau di belakangnya. Oleh sebab itu, bagi pengendara sebaiknya berhati-hati dengan area blind spot truk jika ingin menyalip.

Kecelakaan yang sering terjadi di jalanan berhubungan dengan truk adalah masalah area blind spot. Hal tersebut dikarenakan pihak Sopir tidak mengetahui ternyata ada kendaraan lain yang berada di sampingnya. Dengan melihat kondisi tersebut maka kali ini akan diberikan informasi mengenai area blind spot truk yang perlu diketahui. Tujuannya adalah keselamatan dan keamanan bersama ketika berkendara.

Setiap kendaraan bermotor mempunyai area blind spot yang harus diwaspadai. Bahkan sepeda motor juga memilikinya, sehingga setiap kendaraan beresiko kecelakaan karena masalah tersebut. Untuk Mobil truk memiliki area blind spot yang tidak bisa dilihat sopir dalam 4 tempat atau area.

1. Bagian Depan Kendaraan

Adapun area yang pertama adalah bagian depan kendaraan. Melihat bentuk truk yang tinggi menjadikan area depan memiliki are blind spot. Berbeda dengan Mobil lain seperti sedan, MPV dan lainnya yang pendek. Sebagai sopir harus berhati-hati dalam masalah ini, karena akan sangat berbahaya jika tiba-tiba terdapat anak kecil di depan Mobil tanpa diketahui.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi area blind spot pada Mobil truk

Hati-hati saat melaju di area blind spot Mobil Truk

Sebagai contoh misalnya sedang di lampu merah dan terdapat anak-anak yang sedang menyeberang. Namun entah kenapa anak tersebut malah berhenti di depan truk, saat lampu hijau maka anak tersebut bisa tertabrak. Hal ini dikarenakan posisinya berada di area blind spot yang tidak diketahui oleh sopir truk.

>>> Mungkin tertarik, Ingin Mudik? Pelajari Cara Klaim Asuransi Mobil Dalam Perjalanan

2. Bagian Belakang Kendaraan

Area blind spot truk yang kedua adalah bagian belakang. Yang dimana untuk area ini juga rawan bahaya bagi kendaraan lain. Untuk area di belakang truk tidak bisa dilihat oleh sopir dari kaca spion biasanya berjarak 1 sampai 2 meteran. Namun jika yang dibelakangnya Mobil masih terlihat sih, namun jika sepeda motor lain cerita. Coba saja terdapat sepeda motor berada persis di belakang truk dan posisinya di tengah. Pihak sopir tidak akan dapat melihat pengendara motor tersebut karena berada pada posisi blind spot.

Gambar ini menunjukka mobil truk putih dengan 4 area blind spot ditandai dengan garis warna kuning

Area blind spot pada mobil truk tidak bisa dilihat oleh sopir

3. Bagian Samping Kendaraan

Untuk area blind spot yang ketiga adalah samping Mobil truk. Posisi ini sulit untuk dilihat oleh sopir baik dari kaca spion ataupun menoleh ke samping secara mendadak. Untuk dapat melihat area tersebut harus ekstra waspada dan fokus karena kepala kita akan menoleh agak ke belakang. Biasanya munculnya kendaraan lain yang berada pada posisi tersebut dapat mengagetkan. Alasannya karena tidak dapat dilihat dan tiba-tiba sudah di samping kendaraan serta menyalip.

>>> Klik di sini untuk mengupdate Tips pengemudian lainnya

4. Bagian Samping Kiri Kendaraan

Adapun area blind spot truk yang terakhir adalah samping kiri Mobil Truk. Tidak jauh berbeda dengan yang sebelah kanan, hanya saja kalau posisi ini sangat sulit untuk dilihat. Jika Anda berkendara sendiri, maka tidak boleh memaksakan melihat area blind spot yang terakhir ini karena sangat berbahaya. Bagaimana tidak? Sopir truk mengemudi di sebelah kanan, jika ingin melihat area blind spot sebelah kiri maka harus bergerak dahulu ke sebelah kiri yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mobil warna coklat berada di belakang mobil truk

Saat berada di area blind spot truk segera menghindar supaya tetap aman dalam perjalanan

Melihat kondisi tersebut, kebanyakan sopir truk akan mengajak sesorang untuk mendampingi perjalanan yang dilakukan. Selain sebagai teman bicara untuk mengusir rasa kantuk, juga dapat membantu melihat area blind spot kendaraan. Apakah ada yang berbahaya atau tidak dan lain sebagainya.

Itulah 4 area blind spot truk yang perlu diperhatikan. Untuk sopir truk harus berhati-hati, sedangkan bagi pengendara yang berpapasan sebaiknya jangan melaju terlalu lama di area blind spot Mobil truk karena berbahaya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik lainnya

Share this post:
 
back to top