Ini Sudut Pandang Pengemudi Truk Terhadap Titik Buta Pada Truk

29/01/2019

Pengemudian

4 menit

Ini Sudut Pandang Pengemudi Truk Terhadap Titik Buta Pada Truk
Truk dengan dimensi besar kadang dapat menjadi momok menakutkan bagi sebagian pengemudi mobil, apalagi pengemudi mobil yang baru pertama kali dapat mengemudikan mobilnya dijalan raya, tim tester Cintamobil.com lompat ke bangku pengemudi truk untuk mengetahui lebih jauh titik buta pada truk.

Di jalan, yang menjadi 'lawan' Anda bukan hanya orang disekitar mobil Anda, sepeda motor, serta mobil pengendara lain. Namun truk juga termasuk, apalagi truk dengan ukuran besar seperti kelas Medium Duty Truck (MDT). Maklum saja, truk dengan dimensi besar terkadang dapat menjadi momok menakutkan bagi sebagian pengemudi mobil, apalagi pengemudi mobil yang baru pertama kali dapat mengemudikan kendaraannya dijalan raya.

Tampak sebuah truk Volvo Truck FH16 2019

Posisi kun di samping kanan serta kiri depan dan juga belakang menunjukkan titik buta pengelihatan pengemudi truk

>>> Ini cara unik Ford untuk memperkenalkan titik buta pada pengemudi truk dan pengendara sepeda

Padahal, jika kita mengetahui titik buta pada truk, Anda akan aman saja mengemudikan mobil meskipun ada truk disekitar Anda. Untuk mengetahui titik buta pada truk, salah satu tim tester Cintamobil.com lompat ke bangku pengemudi truk untuk mengetahui titik mana saja yang dapat menjadi titik buta bagi pengemudi truk.

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah dimensi truknya, truk dengan panjang lebih dari 8 meter bila posisi Anda persis dibelakang truk tersebut maka Anda tidak akan terlihat oleh kaca spion pengemudi truk, ini merupakan titik buta pertama pada truk.

Yang kedua, jika posisi Anda persis disamping kiri truk, Anda juga mobil Anda tidak akan terlihat oleh pengemudi truk tersebut, ini merupakan titik buta pada truk yang kedua.

>>> Ini pendapat kami mengenai truk Isuzu yang paling laris se-jawa tengah

Tampak tim Cintamobil.com melakukan test drive Truk Volvo FH16

Tim tester Cintamobil.com 'melompat' langsung ke bangku pengemudi truk untuk mengetahui titik mana saja yang jadi titik buta pengemudi truk

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik? Dapatkan daftarnya di sini

Terakhir apabila Anda memposisikan mobil Anda tepat 45 derajat disamping truk, itu merupakan titik buta pengemudi truk yang ketiga. Tim tester Cintamobil.com merasakan sendiri 'susahnya' memprediksi ada kendaraan atau tidak saat melakukan pengetesan truk Volvo FH16 dan Volvo FMX beberapa waktu lalu.

Makanya, tak heran beberapa truk produksi Jerman maupun Eropa lainnya banyak yang melengkapi sensor radar bahkan kamera pada truk andalan mereka untuk mengurangi titik buta pada truk mereka.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top