Hanya di India, Truk Dinaikan ke Atas Kereta Api untuk Hemat Bahan Bakar

19/10/2018

Pasar mobil
Terlihat pemandangan aneh yang bisa jadi diakibatkan oleh harga bahan bakar yang melambung tinggi di India. Berbagai macam truk dinaikan ke atas kereta api untuk memangkas waktu, jarak, serta bahan bakar.

India memang dikenal dengan sistem kereta api yang sangat unik. Selain ratusan penumpang yang seringkali naik ke atas atap kereta api, saat ini ada truk yang dinaikan ke atas kereta api melalui Tyakal, Karnataka di arah barat daya jalur kereta api India. Dalam video yang diluncurkan oleh akun YouTube TheRailZone, terlihat truk Ashok Leyland 1616il (Kuning) dan U-Truck (Putih).

Kereta api di India yang mengangkut truk barang

Adalah RORO Services atau Roll on-Roll yang menawarkan transportasi truk berisi muatan dengan menggunakan kereta api. Konkan Railway merupakan satu-satunya yang memberikan penawaran ini di India. Jalur yang tersedia adalah dari Kolad (145 km dari Mumbai), menuju Verna (12 km dari Madgaon) hingga ke Surathal (20 km dari Mangalore) dan sebaliknya. Konkan menyebutkan akan menambah rute lainnya dalam waktu dekat.

>>> Tak Ada Brio, Honda Disalip Juragan Xpander

Dijelaskan beberapa keuntungan dari layanan ini. Yang pertama dan paling penting yaitu untuk menghemat penggunaan bahan bakar di India. Kecepatan yang ditawarkan bahkan lebih cepat dibandingkan perjalanan di jalan raya. Sedangkan waktu untuk bongkar muat hanya membutuhkan 15-20 menit hingga kereta berangkat.

Konkan bahkan menjelaskan bahwa layanan ini bisa mengurangi masalah yang terjadi akibat kecelakaan serta perawatan truk menjadi lebih terjaga. Truk hanya akan diam di atas kereta sehingga mengurangi biaya tol hingga polusi selama perjalanan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas, jangan abaikan daftar mobil dijual di sini

Gambar yang menunjukan truk yang naik kereta api

Truk dinaikan untuk mengurangi biaya bahan bakar

Selama beberapa bulan terakhir, pemerintah India sedang gonjang ganjing akibat kenaikan bahan bakar. Harga satu liter bensin di India saat ini mencapai 80 rupee, atau setara dengan Rp 16 ribu dengan kurs saat ini. Dengan ketidakstabilan ekonomi India saat ini, tentu saja layanan ini merupakan salah satu cara menghemat biaya bensin selama perjalanan.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top