Review Suzuki Swift 2020: Revisi Tengah Generasi dengan Fitur Baru

09/12/2020

Share this post:

Suzuki Swift 2020

Editor rate:

TBA

Harga mobil Suzuki Swift & Promo Lihat promo

Suzuki meluncurkan revisi pada generasi keempat dengan merilis Suzuki Swift 2020. Ada beberapa ubahan minor pada eksterior dan penambahan beberapa fitur baru.

Review Suzuki Swift 2020: Revisi Tengah Generasi dengan Fitur Baru
Review Suzuki Swift 2020: Revisi Tengah Generasi dengan Fitur Baru
0 Gambar

Pengantar Suzuki Swift 2020

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Swift 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Dimensi kompak dan desain yang stylish

Mesin Dualjet yang efisien

Ada tambahan fitur baru

Kekurangan

Lebih banyak perubahan kosmetik

Mesin masih sama

Tak lagi dijual di Indonesia

Suzuki akhirnya membawa beberapa pembaharuan terhadap hatchback perkotaan Suzuki Swift. Masih menjadi salah satu jualan Suzuki untuk pasar Eropa dan India, Suzuki Swift 2020 mendapatkan penyegaran dalam bentuk revisi eksterior dan berbagai fitur baru. Sedangkan Swift tetap membawa mesin berteknologi Dualjet yang efisien milik Suzuki.

Generasi pertama Suzuki Swift meluncur pada tahun 2000 dengan perubahan kedua diperkenalkan empat tahun setelahnya. Bagi pasar Indonesia, Swift generasi ketiga meluncur pada tahun 2012. Perubahan terakhir yang dibawa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) adalah trim Swift GS yang meluncur pada tahun 2015 di Jakarta Fair.

Generasi pertama Suzuki Swift berwarna perak
Generasi pertama Suzuki Swift keluaran tahun 2000

Hanya saja ubahan kali ini hanya berubah revisi minor pada kosmetik serta beberapa penambahan fitur. beberapa fitur akhirnya diberikan pada semua varian. Dengan varian tertinggi mendapatkan beberapa fitur tambahan untuk meningkatkan kenyamanan dan kesenangan berkendara di dalam hatchback unggulan Suzuki ini.

Sayangnya mobil ini tak lagi dipasarkan di Indonesia. Meskipun begitu, ada wacana untuk menghidupkan kembali mobil ini bagi konsumen Tanah Air. Hanya saja detail lengkapnya masih belum terungkap. Sebelum itu, simak lebih lanjut review Suzuki Swift 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Suzuki Swift 2020

Jika dibandingkan awal generasi keempat lalu, ubahan yang dilakukan pada eksterior bisa dibilang tak terlalu masif. Revisi desain lebih banyak terlihat pada bagian depan, sedangkan sisi samping dan belakang terasa hambar tanpa perubahan.

Review Suzuki Swift 2020: Eksterior Depan

Dari segi styling, ada beberapa revisi tampilan yang ditawarkan pada edisi terbaru ini, salah satunya pada desain grille baru. Ukuran dan bentuknya tetap sama, tapi trim plastik di tengah diperkecil menjadi strip tpis dengan aksen chrome, sedangkan bagian tengahnya menampilkan desain jaring, atau dikenal juga dengan nama honeycomb.

Tampilan depan Suzuki Swift 2020 berwarna cokelat
Tampilan depan Suzuki Swift 2020

Meskipun begitu desain lampu depan tanpa perubahan. Sedangkan beberapa pasar sudah mendapatkan teknologi LED. Begitu pula dengan bumper depan yang tak berubah, dibawa dari model pra-facelift. Tak ketinggalan lampu kabut yang tetap diberikan untuk menjaga visibilitas ketika berkendara di jalanan berkabut maupun di malam hari.

Review Suzuki Swift 2020: Eksterior Samping

Dari samping, Suzuki tak mendapatkan berbagai perubahan pada revisi kali ini. Dimensi yang masih tetap sama, tetap dinamis untuk kendaraan perkotaan. Tak banyak aksen pada sisi samping, terutama gagang pintu dengan cat sewarna badan. Ubahan paling kentara terlihat dari satu set velg baru, meski memiliki ukuran yang sama seperti sebelumnya.

Tampilan samping Suzuki Swift 2020 berwarna cokelat
Tampilan samping Suzuki Swift 2020

Selain itu, Suzuki menambahkan lebih banyak warna pada varian yang tersedia. Termasuk beberapa pilihan model bergaya two-tone seperti Flame Orange Pearl dengan atap hitam gloss dan Burning Red Pearl dengan atap hitam. Cat metalik Rush Yellow menerima atap berwarna perak, namun pilar samping masih tetap hitam.

Review Suzuki Swift 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Suzuki Swift 2020 berwarna cokelat
Tampilan belakang Suzuki Swift 2020

Ubahan sepertinya tak sampai di belakang. Tampilan yang hampir sama dengan model sebelum facelift menawarkan desain yang minimalis dari spoiler belakang yang tetap dengan high mount stop lamp,wiper belakang, bumper sewarna badan, dan lampu belakang yang tanpa perubahan. Sedangkan pintu belakang masih tetap mungil, sedikit menyulitkan ketika memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi belakang.

>>> Baca juga review Suzuki Swift paling update di sini


Interior Suzuki Swift 2020

Perubahan yang ditawarkan pada interior dari edisi terbaru Suzuki Swift facelift memang tak sebanyak perubahan eksteriornya. Namun jika diperhatikan lebih dekat, ada perbedaan kecil pada desain dan trim dashboard.

Review Suzuki Swift 2020: Dashboard

Dengan kelasnya sebagai kendaraan perkotaan yang terjangkau, masih banyak terdapat material plastik keras yang terdapat pada dashboard maupun door trim. Sedangkan head unit dengan layar 7.0 inci terintegrasi langsung dengan dashboard menjadi pusat dari segala hiburan di dalam kabin bisa didapatkan pada semua varian.

dashboard Suzuki Swift 2020 berwarna hitam
Dashboard Suzuki Swift 2020

Pada bagian atas head unit terdapat kisi AC yang bisa ditutup. Sedangkan di bawahnya ada beberapa knop pengaturan untuk AC mobil. Konsol tengah mendapatkan ruang penyimpanan terbuka serta aksen perak. Tak jauh berbeda dibandingkan ketika generasi keempat meluncur tahun 2017 silam.

Review Suzuki Swift 2020: Setir

setir Suzuki Swift 2020 berwarna hitam
Setir Suzuki Swift 2020

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, kemudi multifungsi palang tiga khas Swift masih tanpa perubahan. Namun Swift varian tertinggi sudah mendapatkan paddle shift, menghasilkan pengendaraan yang lebih sporty di bangku pengemudi. Di belakang setir, terdapat panel instrument berukuran 4.2 inci dengan penghitung kecepatan digital untuk pertama kalinya pada model Swift.

Review Suzuki Swift 2020: Kursi

kursi Suzuki Swift 2020 berwarna hitam
Kursi Suzuki Swift 2020

Kenyamanan duduk di dalam kabin bisa dibilang masih tetap sama. Dengan dimensinya yang tak begitu besar, ruang kaki dan kepala tak begitu lapang, namun masih cukup baik menampung penumpang di belakang. Tapi kali ini Swift terbaru juga menerima ubahan pada warna pelapis jok yang membuatnya semakin elegan dibandingkan model terdahulu.

Review Suzuki Swift 2020: Bagasi

Dimensi yang kompak cukup mempengaruhi kapasitas penyimpanan di belakang. Belum ada spesifikasi lengkap mengenai ruang penyimpanan di bagasi belakang, namun memang tak seluas model SUV maupun MPV yang notabene memang pas untuk kendaraan keluarga. Tapi Swift masih tetap nyaman untuk membawa beberapa tas berukuran kecil.

>>> Baca juga berita mengenai Suzuki Swift terbaru di sini

Fitur Suzuki Swift 2020

Fitur di dalam kabin bisa dibilang tanpa perubahan. Praktis teknologi hiburan mobil ini tak banyak berubah. Seperti head unit 7.0 inci dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Namun Swift mendapatkan layar multifungsi 4.2 inci yang sekarang menjadi standar untuk semua varian Swift di pasar Jepang.

fitur Suzuki Swift 2020 berwarna hitam
Fitur Suzuki Swift 2020

Begitu pulang untuk Swift varian tinggi sudah mendapatkan paddle shift serta kamera 360 derajat sebagai standar. Berada dalam perjalanan jauh tak begitu membosankan, karena kali ini Swift mendapatkan audio dari speaker 6 titik yang tersebar di dalam kabin dengan jangkauan yang lebih luas.

Review Suzuki Swift 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Teknologi yang ditawarkan tanpa penambahan, tapi sudah cukup baik untuk pengendaraan di perkotaan. Swift terbaru sudah mendapatkan Lane Keep Assist Traffic Sign Recognition, Blind Spot Monitor, Adaptive Cruise Control, dan Rear Cross Traffic Alert. Bagi varian termahal mendapatkan fitur Dual Sensor Brake Support dan High Beam Assist.

>>> 3 Fakta Baru Suzuki Swift Facelift 2020

Operasi Suzuki Swift 2020

Mekanisme di dalam kabin tak berubah. Yang berarti semua varian di Jepang didukung oleh mesin berkode K12C 1.2L twin-injector Dualjet 4-silinder yang sama. Menghasilkan tenaga maksimal 91 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 118 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Ada pula opsi mesin berkode K10C 1.0L Boosterjet turbo 3-silinder yang mampu membawa tenaga yang lebih besar, yaitu 102 PS dan 150 Nm torsi maksimal. Hanya saja pasar Jepang saat ini hanya mendapatkan mesin K12C. Semua model membawa sistem penggerak roda depan, disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan CVT.

Mesin Suzuki Swift 2020 berwarna hitam
Mesin Suzuki Swift 2020

Swift di pasar jepang dan Eropa juga menggunakan varian hibrida. Menggunakan mesin K12C, tetapi mendapatkan motor listrik 3,1 PS dan 50 Nm yang berfungsi sebagai Integrated Starter Generator (ISG). Daya terkait dengan baterai lithium-ion terpisah dan memberikan bantuan selama akselerasi, juga memulihkan energi ketika melakukan deselerasi, atau perlambatan.

>>> Tips Beli Mobil Bekas Suzuki Swift GS 2016: Mobil Sporty Generasi Masa Kini

Spesifikasi Suzuki Swift 2020

Dimensi Suzuki Swift 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.855 x 1.695 x 1.495 mm

Jarak Poros Roda

2.450 mm

Mesin Suzuki Swift 2020

Tipe Mesin

K12C 1.2L twin-injector Dualjet 4-silinder

Kapasitas Silinder

1.242 cc

Tenaga Maksimal

91 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

118 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi

5-percepatan manual dan CVT

Sistem Penggerak

Front-wheel drive dan All-wheel drive

Rasio Kompresi

12.5:1

Diameter x Langkah

73.0 mm x 74.2 mm

Kaki-Kaki Suzuki Swift 2020

Suspensi Depan

MacPheson strut & coil spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam & coil spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Tipe Ban

195/45 R17

Velg

17 inci

Daftar Harga Suzuki Swift 2020

Ketika pertama kali diperkenalkan di Jepang, Suzuki mematok harga 1.535.600 Yen, atau setara dengan Rp 209 jutaan. Sayangnya model ini sudah tak lagi dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2017, ketika PT SIS memperkenalkan Suzuki Baleno hatchback. Hanya saja, menurut beberapa media di akhir 2019 lalu, PT SIS memiliki rencana tentang kehadiran kembali Suzuki Swift di Tanah Air.

Kesimpulan Suzuki Swift 2020

Tak banyak perubahan yang ditawarkan pada Suzuki Swift 2020. Sedikit perubahan pada eksterior dan penambahan fitur dirasa sudah cukup untuk memberikan penyegaran pada hatchback mungil Suzuki ini, meski tak begitu signifikan dan kurang menggiurkan. Hanya saja beberapa sistem hiburan mendapatkan peningkatan. Dan jika mobil ini kembali masuk ke Indonesia, ada Honda Brio dan Nissan March yang siap menghadang.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top