Suzuki Swift Terbaru Sangat Menggoda, Bakal Dijual di Indonesia?

26/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Suzuki Swift Terbaru Sangat Menggoda, Bakal Dijual di Indonesia?
Penampilan Suzuki Swift Extreme Concept di Thailand Motor Show 2019 begitu menggoda. Seberapa besar kemungkinan Suzuki Swift terbaru ini dijual di Indonesia?

Suzuki Swift sudah tidak ada dalam barisan line up PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejak 2017. Selain penjualan yang minim, kehadiran Suzuki Baleno Hatchback di GIIAS 2017 jadi alasan SIS memilih fokus pada model baru ini ketimbang Swift.

Meski meredup di tanah air, pamor Suzuki Swift tetap bersinar di mancanegara seperti Thailand dan India. Di kedua negara tersebut, Suzuki Swift begitu digemari dan terus dikembangkan. Yang terbaru, Suzuki menghadirkan model Suzuki Swift Extreme Concept di ajang Thailand Motor Show 2019.

Dilihat dari berbagai sisi, penampilan Suzuki Swift terbaru ini berbeda sangat jauh dibanding Swift yang ada sekarang. Desainnya lebih sporty dan sangat menggoda. Anda bisa lihat foto-fotonya berikut:

Foto menunjukkan Suzuki Swift Extreme Concept tampak dari samping depanFoto menunjukkan Suzuki Swift Extreme Concept tampak dari sampingFoto menunjukkan Suzuki Swift Extreme Concept tampak dari samping belakang

Suzuki Swift terbaru tampilan lebih sporty

1. Peluang masuk Indonesia

Pertanyaan sederhana, apakah SIS punya rencana membawa mobil ini ke Indonesia lagi? Menurut 4W Sales Direktur PT SIS, Makmur, setiap model yang dipasarkan di mancanegara selalu dipelajari, apakah ada peluang untuk masuk ke pasar Indonesia atau tidak. Termasuk Suzuki Swift terbaru, meski model lama sudah dihentikan, masih banyak konsumen yang menanyakan.

"Saya juga nungguin, tapi belum putus-putus. Banyak yang tanya juga. Rentang Swift di negara asalnya banyak." tutur Makmur seperti dikutip dari Liputan6, (25/12/2019).

Kalaupun diizinkan dijual lagi di Indonesia, SIS harus mengatur sedemikian rupa agar tidak berbenturan dengan Baleno karena keduanya sama-sama hatchback. Yang membedakan Swift dibekali mesin K12M berkapasitas 1.200 cc dengan tenaga maksimum 82 Hp dan torsi maksimum 108 Nm. Sementara Baleno mengusung mesin K14B berkapasitas 1.400 cc, dengan tenaga maksimum 91 Hp dan torsi maksimum 130 Nm.

"Kalau untuk versi smart hybrid harganya di atas Baleno, kalau mesin pembakaran biasa di bawah Baleno. Dan harga itu juga tergantung dari seberapa banyak fitur yang kita jual," tambahnya.

>>> Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Tampilan Suzuki Baleno facelift 2020 tampak dari samping depan

Suzuki Baleno hatchback mendapat penyegaran

2. Penjualan Suzuki Swift

Suzuki Swift pernah menjadi line up unggulan Suzuki di segmen hatchback beberapa tahun lalu, yaitu sejak tahun 2005. Pada akhirnya setelah hampir 12 tahun penjualan Suzuki Swift dihentikan mulai April 2017 karena penjualan yang terus menurun hingga titik terendah, yaitu sebanyak 4 unit di bulan Februari 2017. Swift kalah jauh dari pesaingnya si Honda Jazz dan Toyota Yaris dimana di saat yang sama keduanya terjual lebih dari 1.000 unit.

>>> Tertarik membeli Suzuki, Cek koleksi dan harganya di sini!

>>>  Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ini Yang Bikin Penjualan Suzuki Carry Meningkat Pesat

25/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap salah salah satu faktor yang membuat penjualan Suzuki Carry di Indonesia meningkat pesat mengalahkan All New Ertiga.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Mengenal Sejarah Suzuki Baleno, Dari Sedan hingga Hatchback

25/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Dari awalnya diproduksi dalam bentuk sedan hingga menjadi hatchback, sejarah Suzuki Baleno terpampang sebagai salah satu model unggulan Suzuki di Indonesia.

Lihat juga

Ini Saatnya Berburu Suzuki Baleno New Old Stock Dengan Diskon Hingga Rp 30 Juta!

23/12/2019

Event - Promosi

3 menit

Suzuki New Baleno 2020 baru saja meluncur, namun sebenarnya inilah saat tepat untuk memburu Suzuki Baleno New Old Stock dengan diskon hingga Rp 30 juta!

Lihat juga

Model Facelift Diluncurkan, Ini Penjualan Suzuki Baleno Lama

21/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Demi menjaga persaingan Suzuki meluncurkan versi penyegaran dari model Baleno di penghujung 2019. Lantas, berapa hasil penjualan Suzuki Baleno selama ini?

Lihat juga

Inspirasi Modifikasi Suzuki Jimny: Bisa Disulap Jadi Mirip Dua Mobil Ini

25/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Ingin tampil beda namun ingin tetap berpenampilan maskulin? Simak inspirasi modifikasi Suzuki Jimny yang dihadirkan tuner DAMD asal Jepang berikut ini

Lihat juga