Review Suzuki Swift Sport 2013, Calon Mobil The Most Collectible Item In Indonesia?

09/06/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Mobil ini didatangkan bulat-bulat dari Jepang oleh PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2013 demi mendongkrak image Suzuki Sport di Indonesia. Karena saat itu harga jualnya mahal dan diatas Rp 300 juta, tak heran mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini hanya berhasil laku 24 unit saja di Indonesia. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

PENGANTAR Suzuki Swift 2013

Gambar menunjukkan 2 Mobil Suzuki Swift Sport 2014 di Sentul

Tampak dua buah mobil Suzuki Swift Sport 2013 menjadi safety car acara balap motor Suzuki beberapa tahun yang lalu

Review Suzuki Swift Sport 2013 - Suzuki Swift lahir di Indonesia pada tahun 2006, sebagai penantang langsung dari Honda Jazz ini hadir dengan segudang kelebihan. Salah satunya adalah kualitas buatan yang oke punya, maklum saja mobil ini didatangkan bulat-bulat dari negara luar Indonesia yaitu Jepang. Tahun 2008 sempat terjadi "penurunan" kualitas buatan, karena Suzuki Swift dirakit secara CKD di Indonesia, cukup banyak fitur yang sebelumya ada di Swift CBU dipangkas demi mengurangi harga jual, namun saat itu belum ada tanda-tanda Suzuki Swift Sport akan di jual di indonesia.

Gambar menunjukkan Tampak Suzuki Swift GX vs Suzuki Swift Sport

Nama "Sport" enggak sembarangan, karena memang mobil Suzuki Swift Sport ini berbeda dengan Swift "biasa"

Baru pada tahun 2013, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan secara resmi Suzuki Swift Sport ke Indonesia. Publik awalnya skeptis, maklum saja beberapa tahun sebelumnya Suzuki sempat meluncurkan beberapa tipe Suzuki Swift, seperti Swift GT, Swift GT2, hingga Swift GT3 yang jujur saja, mengecewakan bagi petrolheads sejati, karena hanya tambahan kosmetik saja tanpa adanya dapur pacu yang berbeda. Suzuki Swift Sport 2013 ini masuk Indonesia dan langsung mendapat decak kagum pecinta hot hatch di Indonesia. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Mengingat jumlahnya yang terbatas, akankah ia jadi mobil the most collectible item in Indonesia? So, Simak ulasan lengkap mobil ini sampai habis.

EKSTERIOR Suzuki Swift 2013

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampak tampilan depan Suzuki Swift Sport 2013 berwarna kuning

Bumper depan pakai model yang lebih tegas dan sporti, serta headlamp smoke-nya 'dikawal' jet washer di bawahnya

Tampilan depan dari mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini sudah sangat meyakinkan dari awalnya. Coba saja Anda lihat, penerapan bumper depan yang modelnya lebih tegas dan sporti membuat kesan gahar mencuat di hot hatch mungil ini. Belum lagi, headlamp depan mengadopsi model projector dengan yang bagian dalamnya di smoke warna hitam membuat kesan sporti muncul ke permukaan, juga jangan lupa ada jet washer yang tertempel dibawah lampu depannya.

Gambar menunjukkan Tampilan depan sebuah mobil Suzuki Swift Sport 2013 berwarna kuning

Meskipun ubahannya tergolong minor, namun tetap saja Suzuki Swift Sport 2013 ini terlihat too sporty di mata orang awam

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Suzuki Swift Sport 2013 berwarna kuning

Pelek 16 inchi serta side skirt jadi menu pembeda di Suzuki Swift yang beneran Sport ini

Beralih ke tampilan samping mobil Suzuki Swift Sport ini, seakan pelek 10 spoke dengan baut lima ber-PCD 114,3 serta side skirt menjadi menu pembeda pada mobil Suzuki Swift yang benar-benar sport ini. Pelek ini merupakan hasil kerjasama dengan pabrikan pembuat pelek ternama Enkei asal Jepang. Jadi meskipun pelek OEM (Original Equipment Manufucture) ini terlihat keren, ia juga berkualitas buatan baik.

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Suzuki Swift Sport 2013 berwarna kuning

Begitupun dengan tampilan belakang Suzuki Swift Sport 2013 ini, ia tetap tak mampu menyembunyikan kesan sportinya

Lanjut ke tampilan belakang mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini, ia benar-benar tak kuasa untuk menyembunyikan jati diri karakter sport-nya. Lihat saja, muffler ganda yang keduanya aktif bukan hanya hiasan, lalu spoiler yang bentuknya sporti membuatnya ia jadi Swift yang benar-benar spesial. Menurut kami, apabila emblem Sport di Suzuki Swift Sport 2013 ini dilepas, ia akan tetap terlihat sporty.

Gambar menunjukkan tampilan serong belakang Suzuki Swift Sport 2013 berwarna kuning

Emblem 'Sport' di bagian belakang itu mengukuhkan bahwa ia adalah Suzuki Swift yang benar-benar spesial

>>> Baca juga:

INTERIOR Suzuki Swift 2013

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan desain layout dasbor Suzuki Swift Sport 2013

Jika Anda merasa familiar dengan Suzuki Ertiga, maka Anda juga akan berpendapat sama dengan kami

Apabiila Anda merasa familiar dengan dasbor yang ada pada mobil ini, maka Anda pun rasanya akan berpendapat sama dengan kami. Karena layout dasbor Suzuki Swift Sport 2013 ini Suzuki Ertiga banget! Tentu saja ini tidak mengherankan, mengingat Suzuki Ertiga memang berbagi basis dengan Suzuki Swift. Hanya saja, jika diperhatikan secara detail, memang banyak perbedaan, seperti di mobil ini sudah tersedia AC climate control digital, head unit terintegrasi dan sebagainya.

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi Suzuki Swift Sport 2013

Kursi adalah salah satu hal istimewa yang ada di bagian interior Suzuki Swift Sport 2013 ini

Penggunaan kursi model full sized pada mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini patut diacungi jempol. Karena meskipun ia terlihat sempit, namun pada kenyataannya kursi ini  nyaman diduduki serta memeluk Anda ketika melakukan manuver kencang dengan mobil ini. Maka tak heran, kursi yang pengaturannya lengkap ini adalah salah satu hal istimewa yang ada pada bagian interior Suzuki Swift Sport 2013 ini. Belum lagi emboss 'Sport' pada sandarannya akan membuatnya ekslusif.

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Setir

Gambar menunjukkan desain Setir Suzuki Swift Sport 2013

Model setirnya sebenarnya biasa saja dan kurang menggugah, namun karena dibalut kulit dan jahitan asli membuatnya spesial

Setir dari mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini sebenarnya modelnya biasa saja dan kurang menggugah, seharusnya Suzuki Motor Corporation dapat memasang setir yang bentuknya lebih keren seperti model flat bottomed. Namun, karena setir ini sudah dibalut dengan lapisan kulit serta jahitan aseli, membuat setir di mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini terasa spesial dan nyaman untuk digenggam.

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Swift 2013

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi information display Suzuki Swift Sport 2013

Begitu juga dengan layar multi information displaynya... nothing special

Mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini juga dilengkapi dengan on board computer yang tersaji di dalam cluster multi information display. Isinya seperti biasa, hanya konsumsi BBM rata-rata, trip meter, dan real time fuel consumption. Sayangnya, meski informasi yang tersaji lumayan lengkap, rasanya agak kurang spesial di mobil yang dijual terbatas di Indonesia ini. Seharusnya Suzuki Motor Corporation mampu membuatnya lebih menarik.

Review Suzuki Swift Sport 2013 : Paddle Shift

Gambar menunjukkan paddle shifft Suzuki Swift Sport 2013

Transmisi CVT pada mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini mampu 'dikendalikan' secara manual lewat tuas dibalik setir

Suzuki Swift Sport 2013 ini ketika diluncurkan di Indonesia tersedia dalam 2 pilihan transmisi, yang pertama adalah manual 6 percepatan, kedua adalah otomatis CVT. Transmisi CVT yang terpasang di mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini mampu dikendalikan secara manual melalui tuas yang ada di balik setir. Namun, tetap saja rasa perpindahan giginya tidak akan bisa natural. Maka, jangan heran jika kami lebih menyarankan Anda untuk membeli Suzuki Swift Sport dengan transmisi manual. 

>>> Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Swift 2017

OPERASI Suzuki Swift 2013

Gambar menunjukkan Mesin M16A di Suzuki Swift Sport 2013

Mesin berkode M16A lebih besar 100 cc dari Suzuki Swift 'tidak sport'

Dapur pacu adalah pembeda utama Suzuki Swift Sport 2013 ini dengan Suzuki Swift 'tidak Sport'. Karena, mesin berkode M16A yang tertanam dibalik bonnet mobil ini kubikasinya lebih besar 100 cc dari Suzuki Swift standar. Mesin ini berkarakter alami overstroke, sehingga torsi yang dihasilkan dapat diraih pada putaran mesin yang lebih rendah. Apalagi mobil ini menyalurkan tenaganya ke dua roda depan melalui transmisi CVT dan manual 6 percepatan. Namun, kami pribadi lebih menyarankan jika Anda berminat dengan mobil ini, cari yang pakai transmisi manual saja, lebih pas dengan 'nafas' sport di mobil ini.

Gambar Tampak Suzuki Swift Sport 2013 Bermanuver Di Tikungan

Setup suspensi yang dilakukan oleh Suzuki membuat pengendalian Suzuki Swift Sport 2013 ini terasa mantab

Kami cukup terkesan dengan kemampuan pengendalian di mobil ini, karena ia mampu melibas tikungan-tikungan di sirkuit Sentul dengan smooth dan minim gejala understeer yang umumnya terjadi di mobil dengan penggerak roda depan. Say thanks to ban Yokohama Advan yang terpasang di keempat roda pada mobil ini cukup membantu pengendalian mobil yang harga barunya Rp 300 jutaan ini. Kami menyukai feel perpindahan gigi di mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini untuk varian bertransmisi manual, karena perpindahan giginya ringan dan presisi, hampir enggak terasa karakter perpindahan gigi mobil Suzuki yang perpindahan giginya kaku.

Gambar menunjukkan Tim Cintamobil.com sempat merasakan langsung Suzuki Swift Sport 2013

Tim tester Cintamobil.com pun cukup terkesan dengan performa mobil ini secara keseluruhan

>>> 3 Bintang! Ini Hasil Crash Test Swift Terbaru

spesifikasi Suzuki Swift 2013

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Swift Sport 2013.

Mesin Suzuki Swift Sport 2013  
Seri mesin  M16A, VVT, DOHC
Pasokan Bahan Bakar  Multi Point Fuel Injection
Rasio Kompresi  11,0 : 1
Tenaga Maksimum  134 Hp @ 7,000 rpm
Torsi Maksimum  160 Nm @ 4,400 rpm
Kapasitas Silinder  1,586 cc
Bore X Stroke  78,0 mm X 83,0 mm
Tipe Transmisi  Otomatis CVT (Virtual 7 Percepatan) & Manual 6 Percepatan, Penggerak Roda Depan
Rangka Suzuki Swift Sport 2013
Panjang X Lebar X Tinggi  3,890 mm X 1.695 mm X 1,510 mm
Jarak Sumbu Roda  2,430 mm
Jarak Terendah Ke Tanah  N/A
Track Roda Depan & Belakang  N/A
Kapasitas Tangki  45 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Swift Sport 2013
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering, Rack And Pinion
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc Brake & Disc Brake
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD & BA
Teknologi Safety Sasis  Total Effective Control Technology
Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
Pelek Alloy, 16 inch
Jenis Ban Yokohama Advan, 195/60 R16

>>> Suzuki Swift 2017: Lebih Stylish, Lebih Sporty

kelebihan & kekurangan Suzuki Swift 2013

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Suzuki Swift Sport 2013 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift Sport 2013 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan agresif dan sporty

Hanya tersedia dua warna, kuning dan putih

Kualitas buatan baik

Harga mahal

Dijual secara resmi dan terbatas oleh APM Suzuki

Performa terasa biasa saja

daftar harga Suzuki Swift 2013

Suzuki Swift Sport hanya laku sekitar 24 unit di Indonesia sejak tahun 2013 sampai 2015. Membuat unit ini langka dan akan memiliki harga jual yang 'gelap' di kemudian hari. Sementara ini Suzuki Swift Sport 2013 ini dijual mulai harga Rp 240 jutaan. Namun, Anda harus bersabar dalam mencari unit bekasnya, mengingat seperti yang kami telah sebutkan di awal, bahwa tidak banyak Suzuki Swift Sport ini yang terjual di Indonesia, karena saat pertama kali kemunculannya di Indonesia harganya menyentuh Rp 300 jutaan.

>>> Ingin membeli mobil Suzuki Swift? Jangan tinggal daftar ini

Video Suzuki Swift 2013

KESIMPULAN Suzuki Swift 2013

Lantas layakkah Suzuki Swift Sport 2013 ini Anda miliki?

So, is this car for you?

Kami enggak akan basa-basi lagi dalam menulis kesimpulan ulasan mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini. Yes! Bagi Anda yang mencari hot hatch sejati, this is car for you!

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil