Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive

21/12/2019

Share this post:

Suzuki Swift 2016

Editor rate:

Rp 170.000.000

Daftar Harga Suzuki Swift Terbaru Lihat promo

Jika berbicara tentang Suzuki Swift, secara pamor mobil ini memang tidak sementereng Toyota Yaris dan Honda Jazz. Namun, mobil ini bisa jadi alternatif jika Anda membutuhkan sebuah hatchback yang memiliki unsur fun-to drive dan fitur melimpah.

Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive
Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive
0 Gambar

Pengantar Suzuki Swift 2016

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Swift 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Model eksterior keren, lampu sudah projector

Salah satu hatchback paling fun-to drive

Sudah dilengkapi cruise control (untuk transmisi otomatis)

Pengereman mumpuni dengan rem cakram di depan dan belakang

Kekurangan

Desain interior terlihat sangat membosankan

Performa mesin biasa saja di putaran mesin tinggi

Head unit minim konektivitas

Leg room baris kedua tidak begitu besar

Review Suzuki Swift GS 2016 - Suzuki Swift bukanlah model baru di Indonesia, tentu Anda masih mengingat model seperti Forsa, atau Amenity. Ya, kedua hatchback yang populer di era 80 hingga 90an awal itu merupakan cikal bakal Swift, yang hadir pada tahun 2006 untuk meramaikan pasar hatchback di Indonesia.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Forsa GLX warna hitam

Masih ingat Suzuki Forsa? Mobil ini jadi cikal bakal Swift

Jika dibandingkan dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris, dua pemain besar di pasar hatchback saat ini, Suzuki Swift memang tidak terlalu mentereng. Pun demikian, Swift memiliki reputasi sebagai city car yang fun-to drive, bahkan tak sedikit yang menganggap mobil ini adalah yang terbaik di kelasnya untuk kenikmatan berkendara.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Swift keluaran tahun 2006

Suzuki Swift hadir di Indonesia tahun 2006 dalam bentuk CBU

Pada gelaran Indonesia International Motor Show 2012, Suzuki memperkenalkan Swift generasi ketiga dengan varian GL, GX, dan Sport dengan pilihan transmisi otomatis dan manual. Tiga tahun berselang, tepatnya pada ajang Jakarta Fair 2015 Suzuki menambah satu varian baru yakni Swift GS, model yang akan kita review ini.

Dibandingkan varian GL dan GX, Swift GS 2016 punya beberapa perbedaan yang membuatnya terasa spesial. Daripada penasaran, lebih baik kita simak review Suzuki Swift GS 2016 dari Cintamobil.com untuk Anda para pecinta mobil yang sedang mencari city car hatchback dengan impresi berkendara yang asyik.

Eksterior Suzuki Swift 2016

Seperti dijelaskan di atas, ada beberapa hal baru pada Suzuki Swift GS 2016 yang membuatnya terasa spesial dibandingkan varian-varian lainnya. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Review Suzuki Swift GS 2016: Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Suzuki Swift GS 2016 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Aura sporty dihadirkan dengan penggunaan lampu model projector

Perbedaan paling signifikan dari Suzuki Swift GS 2016 dibandingkan dua varian lainnya adalah model GS menghadirkan DNA Swift Sport dengan penggunaan lampu HID projector dengan teknologi auto-leveling. Selebihnya, tidak ada perbedaan signifikan.

Review Suzuki Swift GS 2016: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Swift GS 2016 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Tampilan samping Suzuki Swift GS 2016

Secara garis besar, bagian samping mobil dengan panjang 3.850mm itu tidak terlalu menonjol dengan minimnya garis dan lekukan yang membuat mobil terlihat bersih dan kalem. Namun, secara proporsional penggunaan pelek 16 inci dengan profil ban 185/55 R16 itu membuat tampilan mobil terlihat kokoh dan sporty.

Hal menarik lainnya dari sisi samping Suzuki Swift GS 2016 adalah desain pillar A dan B yang diberi finishing black-out, dan sepintas memberikan kesan floating roof pada bagian depan mobil seperti layaknya sebuah Mini Cooper.

Review Suzuki Swift GS 2016: Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Swift GS 2016 dilihat dari sisi belakang

Hadirnya spoiler belakang dengan stoplamp LED membuat mobil ini makin sporty

Bagian belakang Suzuki Swift GS 2016 terlihat tak ada bedanya dengan varian lainnya, mungkin hanya lampu kombinasi belakang yang memiliki model berbeda dari sebelumnya. Dan juga pemasangan spoiler belakang dengan stoplamp LED yang membuatnya lebih sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Suzuki Swift 2016

Berbeda dari eksterior yang mendapat sedikit penyegaran, Anda akan sulit menemukan perbedaan antara interior Suzuki Swift GS 2016 dengan model pre-facelift yang muncul 2013 lalu. Mulai dari dashboard, setir, kursi, sampai akomodasi tidak ada bedanya dari model sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran di bawah ini.

Review Suzuki Swift GS 2016: Dashboard & Kemudi

Gambar menunjukkan Desain dasboard Suzuki Swift GS 2016

Jika melihat secara sekilas, Anda akan sulit membedakan ini sebuah Swift atau Ertiga

Jika Anda merasa familiar dengan layout interior Suzuki Swift GS 2016, Anda tidak sendirian. Menurut kami, desain dashboard mobil ini mengingatkan kami dengan Suzuki Ertiga. Yah, paling pembeda Swift dengan Eritga produksi 2016 adalah penggunaan AC digital yang sudah mendukung climate control saja, selebihnya bak pinang dibelah dua.

Setir yang digunakan Swift GS 2016 juga menggunakan desain sama seperti Ertiga, dan tidak menunjukkan aura sporty sama sekali. Pun demikian, setir ini punya pengaturan komplit karena dapat disetting secara tilt dan telescopic.

Review Suzuki Swift GS 2016: Kursi & Akomodasi

Gambar menunjukkan Layout interior dan kabin Suzuki Swift 2016

Meski dapat mengakomodir lima penumpang, legroom belakang Swift tidaklah besar

Sama seperti city car kebanyakan, Anda dapat memuat lima orang di dalam kabin Suzuki Swift GS 2016 dengan layout tempat duduk 2 + 3. Namun, akomodasi untuk penumpang tengah belakang tidak terlalu baik karena tidak adanya headrest, meski sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik untuk ketiga penumpang belakang.

Secara kenyamanan juga tidak ada masalah, meski ruang untuk penumpang bertinggi lebih dari 170 cm akan sedikit terbatas jika duduk di bangku belakang karena legroom yang tidak besar. Untuk kapasitas bagasi, mobil memiliki kompartemen belakang sebesar 204 liter, angka yang tidak spesial untuk sebuah city car.

>>> Ini tak kalah menariknya loh: 

Fitur Suzuki Swift 2016

Review Suzuki Swift GS 2016: Fitur Multimedia & Kenyamanan

Konsol tengah Suzuki Swift GS 2016 yang berisikan Head unit dan AC digital

Head unit dan AC digital berjajar rapih di konsol tengah

Suzuki Swift GS 2016 sudah dilengkapi head unit yang terintegrasi pada dashboard dengan fitur radio AM/FM, CD player, dan USB. Namun, sayang koneksi head unit ini terkesan jadul dengan hanya menghadirkan USB sebagai input dari smartphone Anda.

Setidaknya, perjalanan Anda dengan mobil ini masih tetap nyaman karena hadirnya AC digital dengan fitur auto climate control untuk mempertahankan suhu kabin mobil yang Anda inginkan.

Review Suzuki Swift GS 2016: Fitur Pengemudian

Layout multi information display Suzuki Swift GS 2016

Berbagai informasi dapat membantu Anda saat berkendara

Untuk unit bertransmisi otomatis (A/T), Suzuki Swift GS 2016 menghadirkan cruise control untuk menjaga kecepatan mobil secara konstan saat melaju di jalan tol. Anda juga mendapatkan fitur multi information display, meski tampak sangat identik dengan Suzuki Ertiga.

Meski demikian, tampilan ini cukup informatif dengan banyaknya informasi mobil yang bisa dilihat. Mulai dari hal sederhana seperti jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, sampai suhu di luar kabin.

Review Suzuki Swift GS 2016: Fitur Keselamatan

Detail fitur keselamatan Suzuki Swift GS 2016

Deretan fitur safety yang disematkan di Suzuki Swift GS 2016

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Suzuki Swift GS 2016 hadir dengan berbagai fitur yang memberi perlindungan lebih pada pengemudi. Mulai dari dual SRS Airbag, penggunaan rem cakram depan-belakang, dan fitur pengereman seperti ABS, EBD, dan BA.

Sasis Suzuki Swift dibuat menggunakan baja super kuat dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) untuk jaminan keamanan & bobot bodi yang lebih ringan. Salah satu fitur dari sasis ini adalah side impact beam yang memberi perlindungan ekstra dari benturan samping untuk pintu depan dan belakang.

Akses masuk ke dalam mobil juga akan semakin aman dan nyaman dengan fitur keyless entry, dan juga fitur immobilizer untuk mencegah mobil dari pencurian.

>>> 3 Bintang! Ini Hasil Crash Test Swift Terbaru

Operasi Suzuki Swift 2016

Mesin K14B yang digunakan Suzuki Swift GS 2016

Mesin K14B punya powerband di putaran bawah dan tengah

Untuk menunjang performa kendaraan, Suzuki Swift GS 2016 memakai generasi terbaru mesin Suzuki K14B yang menghasilkan tenaga 96 HP dan torsi 130 Nm. Mesin 4-silinder segaris berkapasitas 1.372 cc itu dipasangkan dengan pilihan transimisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan, dan disalurkan menuju roda depan sebagai penggerak utama.

Secara performa, angka tersebut tidak bisa dibilang fantastis. Namun, mesin K14B milik Swift GS 2016 memiliki powerband (rentang tenaga) yang cukup optimal dari putaran bawah ke rendah, hal ini tentu sangat menunjang karakteristik jalanan perkotaan besar yang stop & go.

Dimensi mungil yang jadi kelemahan dalam hal akomodasi justru jadi salah satu poin positif Swift GS 2016 jika dibandingkan rival sesama hatchback di tahun yang sama. Dengan bodi mungil dan kompak, Swift memiliki pengendalian yang tajam dan responsif saat melakukan manuver dibandingkan hatchback lainnya.

>>>  Suzuki Swift Balap Pecahkan Rekor Trek Tsukuba

Spesifikasi Suzuki Swift 2016

Setelah membahas luar, dalam, dan performa Swift GS 2016, simak spesifikasi lengkap Suzuki Swift GS 2016 sebagai tambahan referensi Anda.

Dimensi Suzuki Swift GS 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

3.850 mm x 1.695 mm x 1.510 mm

Jarak Poros Roda

2.430 mm

Ground Clearence

170 mm

Mesin Suzuki Swift GS 2016

Tipe Mesin

K14-B 1.372cc 4-Silinder

Tenaga Maksimal/rpm

95 HP / 6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

130 Nm /4.000 rpm

Transmisi

Manual 5-Speed/Automatic 4-Speed

Sistem Penggerak

Front-Wheel Drive

Handling Suzuki Swift GS 2016

Suspensi Depan

McPherson strut coil spring

Suspensi Belakang

Torsion beam type coil spring

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Pelek

185/55 R16

Fitur Suzuki Swift GS 2016

Fitur Keamanan

ABS, EBD, BA,  Side impact beam, Keyless enty, Immobilizer

Fitur Berkendara

Cruise Control (Swift GS A/T), Multi Information Display

Fitur Hiburan & Kenyamanan

Head Unit with AM/FM, CD Player, and USB Connectivity. Digital A/C With Auto Climate Control

>>> Review mobil Suzuki lainnya, klik link ini

Daftar Harga Suzuki Swift 2016

Karena masa edarnya yang tidak lama, maka akan sulit menemukan unit Suzuki Swift GS 2016 di pasaran. Namun, kami memprediksi harganya akan berkisar antara Rp 170-190 juta.

>>> Klik sini untuk simak informasi tentang promo saat membeli mobil Suzuki Swift terlengkap

Kesimpulan Suzuki Swift 2016

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Swift GS 2016 dipacu di jalan tol

Jika mencari hatchback yang asyik dikendarai, Suzuki Swift GS 2016 bisa Anda pertimbangkan

Meski pamornya tidak sebaik Honda Jazz ataupun Toyota Yaris yang mendominasi segmen hatchback, kehadiran Suzuki Swift GS 2016 bisa jadi alternatif tersendiri untuk Anda yang mencari sebuah mobil kompak yang fun-to drive.

Secara akomodasi memang mobil ini tidak sebaik dua nama di atas, namun Suzuki Swift GS 2016 memiliki karakteristik pengemudian yang responsif ditunjang dengan mesin yang cukup menunjang performanya.

Is this the car for you? Well, jika yang Anda cari adalah sensasi berkendara yang asyik saat menyusuri perkotaan, mobil ini patut Anda pertimbangkan.

>>> Review mobil menarik lainnya bisa Anda lihat di sini

Derry Munikartono
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Honda Brio Satya E 2013: LCGC Lincah untuk Berjiwa Muda

21/11/2019

Editor rate:

Honda Brio Satya E 2013 menjadi opsi yang baik jika Anda ingin membeli sebuah hatchback untuk perkotaan. Apa saja kelebihan hatchaback ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasannya di bawah ini

Lihat juga

Review Toyota Yaris E 2013: Pilihan Gaya Seharga LCGC

30/10/2019

Editor rate:

Toyota Yaris 2013 merupakan bagian dari produk Toyota Yaris generasi pertama yang hadir di Indonesia. Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2006 hingga model yang akan kami bahas saat ini yaitu Toyota Yaris E 2013. Generasi terbaru Toyota Yaris hadir di Indonesia pada tahun 2014 hingga saat ini.

Lihat juga

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Editor rate:

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Lihat juga

Review Suzuki Splash 2010: Bodi Boleh City Car, Tapi Tingkat Kenyamanan Setara MPV

19/09/2019

Editor rate:

Ingatkah Anda dengan sosok Suzuki Splash? Mobil mungil tapi punya kapasitas kabin super lega. Ya, secara dimensi sosoknya lebih cocok dikatakan mirip City Car. Tapi, soal kenyaman sudah bisa disejajarkan dengan Multi Purpose Vehicle (MPV). Ada rencana membelinya? Mari kita simak review Suzuki Splash 2010.

Lihat juga

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015: Bagi Yang Ingin Tampil Beda

28/09/2019

Editor rate:

Sebenarnya kami agak menyayangkan mengapa mobil ini tidak dijual lagi oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Karena menurut kami, mesin potensialnya dikawinkan dengan girboks sejuta rasio alias CVT sudah sangat pas untuk commuter di dalam kota. Mengapa kami bilang begitu? Untuk mengetahuinya simak Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 berikut ini. Mobil ini jarang ada, namun layak dimiliki bagi yang ingin tampil beda.

Lihat juga