Suzuki Swift Balap Pecahkan Rekor Trek Tsukuba

12/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Suzuki Swift Balap Pecahkan Rekor Trek Tsukuba
Dengan berbagai sentuhan modifikasi, HKS, produsen aftermarket Jepang berhasil memecahkan rekor Tsukuba Circuit untuk tipe mobil FF dengan Suzuki Swift Balap.

Tampak depan Suzuki Swift Balap

Persiapan HKS dan Taniguchi untuk memecahkan rekor

Bekerja sama dengan pembalap kawakan Negeri Sakura, Nobuteru Taniguchi, HKS mengoprek Suzuki Swift 2018 di hampir semua bagian. Eksterior dirombak dengan tambahan kit aero, spoiler berbahan serat karbon, serta ban lebar Yokohama, menjadikannya mirip dengan mobil reli. Bobot total mesin balap yang bernama HKS TRB-04 ini hanya 930 kilogram, jauh lebih ringan dibanding berat kotor versi jalanannya di kisaran 1.300 kg.

Dalam uji coba pertama akhir 2018 lalu, HKS memasangkan tipe mesin K14C pada Suzuki Swift balap dengan tenaga puncak 550 daya kuda. Untuk unit penggerak yang juga disematkan pada Vitara 2015 dan SX4 S-Cross 2016 tersebut, TRB-04 mencetak waktu 57,480 detik. Lewat blog pribadinya, Taniguchi yang juga merupakan pembalap Super GT kelas GT300 menargetkan waktu 54 detik. Ia dan HKS pun memilih opsi mesin 4G63.

>>> Baca juga: Suzuki Jimny 2019 dapat hasil kurang memuaskan saat Moose Test

Dengan kapasitas lebih besar, yakni 1.997 cc, 4G63 dipakai di berbagai varian, seperti Mitsubishi Gallant, Eclipse, serta Lancer Evolution I-IX. Varian turbonya juga dipakai saat pabrikan tiga berlian masih berlaga di ajang World Rally Championship.

Nobuteru Taniguchi menggeber Suzuki Swift Balap

Berkali-kali Taniguchi menggeber Suzuki Swift Balap, berapa waktu terbaiknya?

Pada percobaan pertama, Taniguchi mencatatkan waktu 56,8 detik dengan ban bekas, sebelum berganti dengan set baru dan memangkas waktu 0,8 detik. Selama menggeber Suzuki Swift balap tersebut, ia mengaku kesulitan membuka gas di beberapa titik.

>>> Cari mobil Suzuki terbaik? Cintamobil.com punya penawarannya di sini!

Dalam uji coba keduanya, mesin tersebut dipersenjatai dengan teknologi NOS hingga mencapai tenaga puncak di angka 750 daya kuda. Setelah beberapa kali mencoba, waktu terbaik HKS TRB-04 itu ada di 55,498 detik. Meski memegang rekor untuk kategori FF, angka tersebut masih jauh dari target keduanya.

Baik Taniguchi maupun HKS kini tengah mencari cara supaya 4G63 pada Suzuki Swift balap buatan HKS. Ia yakin mesin tersebut mampu mencetak rekor 54 detik di sirkuit yang terletak di Perfektur Ibaraki, Jepang tersebut. 

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Lihat video upaya pemecahan trek Suzuki Swift ini!

>>> Update terus berita otomotif terkini di Cintamobil.com!

Share this post:
 
back to top