Suzuki Jimny 2019 Dapat Hasil Kurang Baik Untuk Kategori Pengujian Moose Test

19/02/2019

Mobil baru
Share this post:
Suzuki Jimny 2019 Dapat Hasil Kurang Baik Untuk Kategori Pengujian Moose Test
Sebuah situs asal rusia km77.com merilis hasil test mereka mengenai Suzuki Jimny 2019. Suzuki Jimny 2019 yang akan mereka gunakan adalah yang sama persis dengan Suzuki Jimny yang dipajang di ajang Gaikindo Indonesia Internationa Auto Show 2018 lalu. Ternyata Suzuki Jimny 2019 Dapat hasil kurang baik untuk kategori pengujian moose test.

Hype akan mobil Suzuki Jimny di Indonesia masih tinggi, terbukti banyak dari konsumen setia Suzuki maupun para hobbies yang menunggu mobil ini untuk diluncurkan serta dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales di Indonesia. Namun sayangnya Suzuki Jimny 2019 ini belum diluncurkan di Indonesia. Namun, bagi Anda yang concern atau peduli soal keselamatan berkendara, ada baiknya menyimak secara serius artikel dari kami ini, pasalnya Suzuki Jimny 2019 mendapatkan hasil yang kurang baik untuk kategori pengujian moose test.

>>> Ini pendapat kami mengenai Suzuki Jimny 2019 yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018

Suzuki Jimny 2019 Sedang Tes Moose Test

Suzuki Jimny 2019 mendapatkan hasil kurang baik di tes kali ini

Moose test adalah sebuah Moose Test sejatinya adalah sebuah metode pengujian kemampuan mobil bermanuver untuk mengelak dari sebuah objek, dan metode tes ini merupakan salah satu tes terberat yang akan menentukan performa tingkat stabilitas mobil. Di namakan sebagai moose test karena diambil dari kondisi di jalanan di Eropa terutama di negara Skandinavia. Pengemudi di sana kerap berhadapan dengan rusa maupun hewan liar lainnya yang menyeberang jalan secara tiba-tiba, sehingga harus mengelakkan mobilnya agar tak menabrak hewan.

>>> Ini dia komparasi Suzuki Jimny 2019 vs Toyota Land Cruiser 2019, hebat mana ya? 

Tampak Trek Moose Test

Test track moose test seperti diatas

Mobil tes yang digunakan oleh pihak km77 adalah sebuah Suzuki Jimny 2019 Mode 3, mobil ini pakai ban bawaan yaitu Bridgestone Dueler H/T 684 II dengan ukuran 195/80 R15 dan memiliki fitur keselamatan aktif seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), serta ESP (Electronic Stability Program). Ketiga mode fitur tersebut dalam kondisi aktif sepanjang pengetesan. Pertama mobil dilarikan pada kecepatan konstan 76 km/jam, lalu berbelok secara mendadak, hasilnya Suzuki Jimny 2019 memang berhasil menghindari objek, namun kurang mulus.

>>> Nih, modifikasi Suzuki Jimny 2019 yang diubah bak Mercedes-Benz G-Class yang ikonik itu

Pengujian dilakukan dengan bantuan alat Racelogic

Pengujian moose test dilakukan dengan bantuan Racelogic yang berbasis GPS

Namun yang membuat skornya menjadi jelek adalah putaran setir terasa lamban, sehingga driver harus bekerja ekstra dalam memutar kemudi. Sebuah hal yang tidak lazim pada mobil berukuran kompak seperti Suzuki Jimny 2019. Alasan kedua selain setir yang kurang responsif adalah lemahnya grip ban, bisa jadi hal ini disebabkan oleh setup suspensi Suzuki Jimny 2019 yang diperuntukkan untuk mobil dengan bobot ringan, sehingga kerja grip ban menjadi kurang optimal. Hasil kurang baik kedua malah ditunjukan saat kecepatan diturunkan menjadi 68 km/jam, body roll dari Suzuki Jimny sangat terasa, serta kerja ESP yang kurang smooth menyebabkan 'shaking body effect' pada Suzuki Jimny 2019 ini.

>>> Ini dia harga baru Suzuki Jimny di Indonesia

Gerakan bodi Suzuki Jimny 2019 teralu banyak

Bahkan di kecepatan 68 km/jam efek bodi joget sangat terasa di Suzuki Jimny

Untunglah hasil tes slalom tidak terlalu buruk, meski masih ada celah untuk Suzuki melakukan improvement pada produk ikonik mereka ini. So, bagaimana keseimpulannya? Dengan adanya hasil pengetesan ini, semoga saja pihak Suzuki Corporation melakukan penyempurnaan terhadap mobil ini. Memang, mobil ini merupakan produk bersejarah dan juga memiliki penggemar tersendiri, namun alangkah baiknya jika aspek keselamatan dan kestabilan tidak luput dari perhatian Suzuki Motor Corporation.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Waduh, Jadi Primadona Banyak Orang Suzuki Jimny Ternyata Tidak Aman Banget

22/09/2018

Mobil baru

Sungguh tak diduga, Suzuki Jimny yang tengah jadi primadona di Jepang dan jadi bahan pembicaraan di dunia punya fitur keselamatan yang sangat buruk.

Lihat juga

Saat Suzuki Jimny Menjadi Kembaran Mercedes-Benz G-Class, Bisakah Anda Membedakannya?

15/01/2019

Pasar mobil

Keduanya sama-sama bisa dibawa berpetualang. Tetapi perbedaan harga menjauhkan mereka berdua. Bagaimana jadinya jika Suzuki Jimny dibuat mirip dengan G-Class yang premium?

Lihat juga

Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

20/06/2018

Editor rate:

Embusan kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny 2019 terus terkuak akhir-akhir ini, mulai dari foto Spyshot, brosur hingga sekelumit informasi dari website resminya. Nah, belum lama ini, Suzuki Global menghadirkan spesifikasi dan fitur lengkapnya. Berikut ini adalah review Suzuki Jimny 2019.

Lihat juga

Review Suzuki Jimny 2018 Model

13/12/2017

Editor rate:

Semenjak dihadirkan di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kemarin, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Suzuki Jimny 2018 model sebagai produk pilihannya di tahun 2018 mendatang. Yuk kita simak informasi selengkap Suzuki Jimny 2018 model bersama Cintamobil.com.

Lihat juga

Daftar Harga Suzuki Jimny terbaru

01/04/2020

Suzuki

Ketika perilisan versi terbaru Suzuki Jimny, pihak PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan pemberitahuan bahwa mobil yang satu ini hanya tersedia 88 unit saja. Adapun peraturan tersebut, akan diberlakukan bukan untuk satu daerah saja, namun lebih ke tiap-tiap pelosok daerah sehingga produk legendaris yang satu ini dapat tersebar merata. Apa saja fitur-fitur unggulan dari mobil ini? Berapa harga Suzuki Jimny terbaru?

Lihat juga
 
back to top