Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

20/06/2018
editor rate: 4,7 user rate: 4,8
Embusan kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny 2019 terus terkuak akhir-akhir ini, mulai dari foto Spyshot, brosur hingga sekelumit informasi dari website resminya. Nah, belum lama ini, Suzuki Global menghadirkan spesifikasi dan fitur lengkapnya. Berikut ini adalah review Suzuki Jimny 2019.

PENGANTAR Suzuki Jimny 2019

Profil Suzuki Jimny 2019 - Terhitung genap 20 tahun setelah perilisan generasi ketiganya pada tahun 1998 silam. Rentang waktu yang cukup panjang bagi para peminat Suzuki Jimny untuk menantikan kehadiran generasi terbarunya.

Tampilan Generasi Suzuki Jimny dari tahun ke tahun yang sudah meraih generasi keempatnya sekarang

Flashback generasi awal Suzuki Jimny dari tahun 1970 hingga 1998 yang menjadi generasi ketiganya

Memang tak dapat dipungkiri, Suzuki Jimny memiliki karismatiknya sendiri. Seperti pada generasi pertamanya pada tahun 1970 yang mengusung ukuran bodi kecil dengan performa luar biasa di medan berat. Perubahannya dilanjutkan pada generasi kedua yang memadukan desain bergaya Urban dan utilitas Off-Road dalam bodi Solid-Square Shape. Sampai akhirnya pada tahun 1998, generasi ketiganya muncul dengan tingkatan kenyamanan lebih baik, Wheelbase lebih panjang dan suspensi handal.

Tampilan Suzuki Jimny 2019 cukup lama ditunggu sebagai generasi keempatnya

Tampilan Suzuki Jimny 2019 menjadi generasi keempat yang mengusung bodi ikonik bergaya Retro

Peluncuran generasi keempatnya, nanti akan menawarkan dua variasi warna meliputi Single-Tone Colours dan Two-Tone Colours. Belum lagi, dari informasi yang didapat, Suzuki Jimny 2019 ditawarkan ke dalam dua mode transmisi yakni 5 tingkat manual dan 4 percepatan otomatis. Cintamobil.com memprediksi All-New Suzuki Jimny akan dipasarkan mulai tahun depan di Tanah Air. Seperti apa tampilannya? Mari kita simak profil Suzuki Jimny 2019.

EKSTERIOR Suzuki Jimny 2019

Kita mulai melihat profil Suzuki Jimny 2019 dari sisi eksterior. Jika generasi ketiganya lebih menampilkan bodi boxy, beda halnya jika melihat desain eksterior Suzuki Jimny 2019 yang mengawinkan konsep Retro dan maskulin. Nampaknya Suzuki ingin membuat kendaraan Sporty Utility Vehicle (SUV) yang ikonik daripada banyak pesaing lainnya.

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Eksterior Depan

Daripada generasi sebelumnya, Jimny 2019 menggunakan tampilan tegas dengan Front Grille  menonjol, bemper berlatar Honey Comb dan moncong yang lebih kekar.  Menariknya semua lampunya memiliki ukuran bundar yang mana Head Lamp  LED-nya  memiliki ukuran lebih besar dan lampu sein berukuran kecil. Tak lupa, lampu kabutnya juga disematkan sejajar pada latar bemper yang mampu memberikan pencahayaan optimal.

Eksterior Depan Suzuki Jimny 2019 menggunakan moncong yang lebih kekar serta dilengkapi fitur pencahayaan mumpuni

Tampilan depan Suzuki Jimny 2019 menggunakan desain lebihh maskulin

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Eksterior Samping

Pesona maskulin dari bodi sampingnya semakin terasa kental dari Fender berukuran besar diberi kelir hitam. Berbeda dari generasi sebelumnya, sisi sampingnya kini dikemas dengan ukiran tegas mengintegrasikan kedua buah Fender-nya. Khusus pada varian Two-Tone, bagian atapnya dibalut warna hitam yang dikawinkan dengan 3 pilihan warna nyentrik.

Eksterior Samping Suzuki Jimny 2019 dibekali dengan Fender Besar dan mode 3-Door mirip dengan generasi sebelumnya

Tampilan samping Suzuki Jimny 2019 menampilkan Fender berukuran besar

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Eksterior Belakang

Perubahan juga dapat diamati dari sektor buritannya. Mengusung “Konde” berlatar hitam dengan Door Handle di bagian samping kirinya.  Fiturnya kini terbilang modern dengan hadirnya Stop Lamp di atas kaca belakang serta lampu LED Rear Combination pada kedua sisi bawahnya. Menariknya, pada sisi bemper kini dibuat lebih kokoh sehingga mampu meminimalisir terjadinya baret dari batu dan goresan lainnya.

Eksterior Belakang Suzuki Jimny 2019 menghadirkan ban cadangan atau sering kali disebut konde

Tampilan belakang Suzuki Jimny 2019 mengemas “Konde” sebagai penguat pesona maskulinnya

>>> Baca Juga:

INTERIOR Suzuki Jimny 2019

Sudah puas dengan eksterior, kini kita lengkapi profil Suzuki Jimny 2019 di sisi interior. Jika eksteriornya menampilkan sosok maskulin bergaya Retro, berbeda halnya dengan ruang interior Suzuki Jimny 2019 yang dikemas lebih lapang bernuansa modern.

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Dashboard

Panel dashboardnya kini dipersenjatai dengan fitur mumpuni yang tertata rapi diprioritaskan untuk memudahkan pengendara dalam mengakses fiturnya. Dominasi warna hitam legam pada panel dashboardnya, memberikan atmosfer tegas serta nuansa lebih minimalis. Nampaknya konsepnya sebagai SUV Off-Road kini semakin merambah sektor kenyamanan dalam berkendara.

Dashboard Suzuki Jimny 2019 kini dibalut kemewahan berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya

Dashboard Suzuki Jimny 2019 kini tampil lebih modern

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Setir

Dari kemudi setir, nampaknya Suzuki Jimny mengadopsi desain dari model Hatchback-nya yakni Ignis. Hanya saja, bagian bawahnya tidak nampak Flat layaknya setir Ignis. Meski begitu, di sisi kanan dan kiri setirnya terdapat tombol untuk mengakses pengaturan audio serta Cruise Control.

Setir Suzuki Jimny 2019 dibekali teknologi menarik seperti Cruise Control

Setir Suzuki Jimng 2019 menggunakan desain palang tiga mirip setir Suzuki Ignis

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Kursi

Sejalan dengan konsepnya sebagai mobil SUV Off-Road, kursinya kini tampil cukup nyaman dengan balutan kain berkualitas. Adapun ruang kabinnya kini tampak lebih lapang meski diisi 5 orang sekaligus.

Kursi Suzuki Jimny 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursi Suzuki Jimny dibalut material kain berkualitas

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Ruang Bagasi

Berdiri dalam kategori 3-Door Hardtop Model, dituntut untuk memberikan kapasitas ruang bagasi lebih lega. Bangku di bagian belakangnya didukung fitur pelipatan sehingga Anda dapat mengangkut beragam kebutuhan Off-Road dan Touring Anda.

Ruang Bagasi Suzuki Jimny 2019 dirancang sejalan dengan konsepnya sebagai mobil SUV pegunungan

Ruang bagasi Suzuki Jimny 2019 dirancang cukup untuk membawa peralatan Camping Anda

>>> Artikel Terkait:

FITUR Suzuki Jimny 2019

Nah, di segmen kali ini, Cintamobil.com hendak memberikan informasi terkait fitur Suzuki Jimny 2019.

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Fitur Keselamatan

Seperti yang sudah disebutkan pada segmen interior, Suzuki Jimny 2019 kini dibekali dengan teknologi Cruise Control yang mampu melajukan kendaraan tanpa harus menginjakkan pedal gas. Adapun performanya di medan-medan berat, kini ditunjang dengan Chassis Ladder Frame dan suspensi 3-Link Rigid Axle. Sehingga, mampu memberikan kenyamanan berkendara meskipun melaju di area bergelombang.

Fitur Keselamatan Suzuki Jimny 2019 dibekali dengan suspensi handal 3-Link Rigid Axle sehingga mampu melibas medan berat tanpa hambatan

Fitur keselamatan Suzuki Jimny 2019 dibekali dengan suspensi handal

Dari informasi yang didapat, Suzuki Jimny 2019 juga dibekali dengan teknologi keselamatan aktif seperti DSBS dan High Beam Assist. Menariknya, teknologi Weaving Alert juga dihadirkan yang mana mampu memberikan notifikasi audio ketika sistem mencatat pengendara mengantuk atau kelelahan. Teknologi ini terbilang cukup menarik untuk menjaga kewaspadaan Anda selama berkendara. Hal menarik lainnya, juga dirasakan pada Lane Departure Warning serta Traffic Sign Recognition yang mampu memberikan notifikasi audio ketika mobil keluar dari marka jalan serta ketika sistem mendeteksi adanya rambu-rambu lalu lintas.

Teknologi keselamatan aktif Suzuki Jimny 2019 kini tampil lebih canggih seperti dikemasnya teknologi DSBS

Teknologi DSBS mampu melakukan pengereman darurat secara otomatis bila sistem mendeteksi adanya potensi bahaya di sisi depan

Meski beritanya cukup membanggakan, namun website resminya mengklaim, fitur ini hanya dikhususkan untuk pasar Eropa. Belum ada kabar untuk pasar Asia termasuk Indonesia. Meski begitu, kita berharap teknologi ini diterapkan sehingga nama legendaris Jimny terus menggema di setiap abadnya.

  • Profil Suzuki Jimny 2019: Fitur Hiburan

Dashboardnya sudah didukung dengan fitur Infotainment System berteknologi Touchscreen 7 inci. Bahkan diprediksi, panel Head Unit-nya dikemas dengan pengaturan Smartplay Suzuki sehingga dapat memberikan hiburan atraktif bagi seluruh pengendara dan penumpang dalam kabinnya. Menariknya, fitur Air Conditioning (AC) System-nya mengadopsi dari Suzuki Swift yang mampu memberikan kesejukan secara otomatis.

Fitur Hiburan Suzuki Jimny 2019 dibekali panel audio mumpuni serta fitur penyejuk yang diadopsi dari Suzuki Maruti Swift

Fitur hiburan Suzuki Jimny 2019 menggunakan fitur pendingin mirip Suzuki Maruti Swift

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk membaca review produk SUV terbaru lainnya

OPERASI Suzuki Jimny 2019

Dari sisi performa, operasi mesin Suzuki Jimny 2019 menggunakan kapasitas 1.5 Liter yang dipadu dengan mode penggerak Part-Time 4 Wheel Drive (4WD) atau yang mereka sebut ALLGRIP PRO. Bermodalkan kapasitas silinder 1.462  cc dalam mesin berkode K15B, daya pacunya mampu meraih titik maksimum sebesar 75 kW setara 6.000 Rpm. Diramu dengan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis, membuatnya mampu meraih torsi puncak di angka 130 Nm pada putaran 4.000 Rpm.

Mesin Suzuki Jimny 2019 dibekali kapasitas 1.462 cc yang dpadukan dengan teknologi ALLGRIP PRO

Mesin Suzuki Jimny 2019 kini tampil bertenaga dengan 1.5 Liter berdaya 6.000 Rpm

>>> Review Suzuki Grand Vitara 2015: SUV Bercita Rasa Eropa

spesifikasi Suzuki Jimny 2019

Karena minimnya informasi terkait spesifikasi Suzuki Jimny 2019, Cintamobil.com hanya melampirkan beberapa hal yang dianggap valid. Namun, jika modelnya sudah dirilis secara global, Cintamobil.com akan melakukan update dalam waktu dekat.

SPESIFIKASI SUZUKI JIMNY 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.645 mm x 1.645 mm x 1.725 mm

Jarak Poros Roda

2.250 mm

Jarak Pijak Depan

1.395 mm

Jarak Pijak Belakang

1.405 mm

Radius Putar Minimum

4,9 m

Jarak Pijak Terendah

210 mm

MESIN

Tipe Mesin

K15B 4 Silinder Segaris 16 Katup

Kapasitas Silinder

1.462 cc

Daya Maksimum

75 kW / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

130 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Manual / 4 Tingkat Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring

Rem Depan

Solid Disc

Rem Belakang

Drum, Leading and Trailing

Ukuran Ban

195/80 R15

Sistem Kemudi

Recirculating Ball

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Mult Point Injection

kelebihan & kekurangan Suzuki Jimny 2019

Setelah mengetahui banyak spesifikasi dan fiturnya, Cintamobil.com hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Suzuki Jimny 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur interior tampil lebih lengkap, mampu menambah aspek kenyamanan dalam kabin

Dengan fitur interior berkelas, akan sangat disayangkan jika variannya hanya dibekali model 3-Door

Tampilan eksterior kini bergaya Retro sehingga menampilkan kesan ikonik

Sayangnya, teknologi mutakhir yang disematkan masih digunakan hanya untuk pasar Eropa saja dan belum ada kabar untuk pasar Asia seperti Indonesia
Fitur keselamatan kini semakin andal dengan memboyong suspensi andal dalam Chassis Ladder Frame  

 

daftar harga Suzuki Jimny 2019

Tim Cintamobil.com hingga kini, belum mendapatkan daftar harga Suzuki Jimny 2019. Kelak jika modelnya diluncurkan dalam waktu dekat, Cintamobil.com akan lampirkan harga lengkap di keseluruhan variannya.

Video Suzuki Jimny 2019

 

 

KESIMPULAN Suzuki Jimny 2019

Suzuki Jimny 2019 nampaknya semakin mengikuti perkembangan zaman. Konsepnya sebagai mobil SUV Off-Road kini semakin merambah ke aspek kenyamanan serta tampilan bodi ikonik bergaya Retro. Perubahannya kini terlihat cukup membanggakan jika dibandingkan dengan generasi ketiganya. Tentu bagi Anda pecinta Suzuki Jimny, model teranyarnya ini bisa Anda nantikan yang kami prediksi muncul tahun 2019 mendatang. Tim Cintamobil.com juga berharap merasakan sensasi Test Drive ketika produknya hendak dirilis di Tanah Air nantinya.

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil