Bisakah Suzuki Jimny Mengikuti Ketangguhan Toyota Land Cruiser di Jalanan Off-Road?

21/11/2018

Pengemudian
Bisakah Suzuki Jimny Mengikuti Ketangguhan Toyota Land Cruiser di Jalanan Off-Road?
Setelah hampir 20 tahun, Suzuki akhirnya menggantikan generasi pertama Suzuki Jimny dengan model serba baru. Namun, apakah pembaruan model ini membuat Jimny bisa mengikuti Toyota Land Cruiser ketika diajak berkendara off-road?

Ketimbang mengikuti tren pasar saat ini yang memfokuskan SUV pada pengendaraan dalam kota yang ramah keluarga, Suzuki menjaga Suzuki Jimny sedekat mungkin dengan generasi pertamanya; untuk dibawa berpetualang. Dengan sasis ladder frame, as yang solid, serta bodi yang tipis, bisakah Jimny mengikuti Toyota Land Cruiser yang memang dikhususkan untuk jalan tanah yang berliku-liku?

Gambar Suzuki Jimny dan Toyota Land Cruiser dan seorang di sampingnya

Suzuki Jimny vs Toyota Land Cruiser

Autocar, majalah otomotif tertua di dunia akhirnya mencoba mengetahui apakah Jimny yang mungil bisa nyaman dibawa berpetualang. Dibuat berkendara bersama dengan versi tiga pintu yang baru dari Toyota Land Cruiser, mereka menunjukan bagaimana kedua mobil tersebut dibawa ke jalan yang jauh dari kata datar.

Land Cruiser sendiri disebut sebagai ‘kambing gunung’ yang mampu mengatasi bagaimanapun anehnya jalan yang dihadapinya. Land Cruiser telah menaklukkan setiap sudut dunia. Dibuat tidak terlalu menonjolkan desain premium. Jika dibandingkan dengan Jimny, tentu saja bukanlah perbandingan yang sesuai.

>>> Produk Sudah Discontine, Berikut Tips Lengkap Membeli Chevrolet Captiva Bekas

Gambar Suzuki Jimny di medan off-road

Suzuki Jimny ketika dibawa ke medan off-road

>>> Tips pengemudian terbaru hanya ada di sini

Jimny saat ini sudah mendapatkan tenaga dari mesin naturally aspirated 1.5 liter 4 silinder bertenaga mesin yang mampu memproduksi hingga 100 daya kuda serta 130 Nm torsi. Memang tidak terdengar besar, tetapi tenaga dari mesin disebut bisa menaklukan kondisi off-road. Ditambahkan girboks lima percepatan manual sebagai standar, Anda juga bisa memilih girboks otomatis empat percepatan.

Jimny disebut mampu menangani pengendaraan ‘panjat tebing’ dengan kisaran gigi rendah dan tinggi. Namun tidak memiliki penguncian dan harus menggunakan rem untuk membatasi slip. Land Cruiser memang sudah sepantasnya tangguh pada kondisi jalan ini, tetapi tidak membuat Suzuki Jimny terlalu jauh tertinggal.

>>> Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

Ini dia bagaimana Suzuki Jimny bersaing dengan Toyota Land Cruiser di jalanan off-road

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top