First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018

11/08/2018

Share this post:

Suzuki Swift 2018

Editor rate:

Lihat promo

Di ajang GIIAS 2018 kali ini terdapat sedikit kejutan dari Suzuki. Suzuki membawa beberapa mobil konsep tidak hanya Jimny, tetapi juga Suzuki Swift yang sudah mengusung konsep hybrid. Kami akan memberikan impresi pertama kami terhadap mobil ini.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018
First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018
0 Gambar

Pengantar Suzuki Swift 2018

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Swift 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior khas mobil Amerika-Eropa

Fitur-fitur penunjang cukup lengkap

Ramah lingkungan dan hemat bahan bakar

Dapur pacunya sedikit lebih besar

Kekurangan

Material interior biasa saja

Belum ada kabar untuk masuk ke Indonesia

Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018

Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2018

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 - Kalau bisa dibilang, Suzuki Swift Strong Hybrid ini sudah mewakili generasi keempat Suzuki Swift yang bisa dilihat dari desain bodinya. Dan yang pasti, varian Hybrid dari hatchback Suzuki ini sudah diluncurkan di negara asalnya pada tahun kemarin. Sebelum mobil ini benar-benar dijual di Indonesia, paling tidak kita berkenalan dulu dengan mobil satu ini.

Eksterior Suzuki Swift 2018

Eksterior Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 sejatinya masih sama dengan varian Swift biasa, mengusung konsep mobil kompak ala Amerika-Eropa. Diberikan embel 'hybrid' sebagai pembeda dari varian Swift biasa.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018: Desain Bagian Depan

bagian depan Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dengan head lamp LED dan gril berjaring

Bagian depan Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang mirip dengan varian biasa

Bagian depan Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 menggunakan head lamp yang sudah menggunakan teknologi LED. Gril depan berukuran besar didesain berbentuk jaring. Bemper depan dibuat cukup unik dengan bezel fog lamp yang dibuat menyatu melalui tarikan garis yang memanjang di seluruh bemper depan.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Desain Bagian Samping

bagian samping Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dengan embel hybrid dan gagang pintu dekat kaca

Bagian samping Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang begitu terasa ciri khas mobil kompak Amerika-Eropa

Bagian samping Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 juga mengikuti desain dari varian Swift biasa, meskipun hanya diberi embel 'hybrid' di dekat fender agar terlihat berbeda dan gagang pintu untuk kursi baris belakang diletakkan di jendela kaca. Kesan mobil kompak khas Amerika-Eropa begitu terasa kental kalau dilihat dari samping.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Desain Bagian Belakang

bagian belakang Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dengan stop lamp besar dan logo hybrid

Bagian belakang Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang cukup sporty

Bagian belakang Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 pun juga dibuat sama dengan varian Swift biasa, memiliki rear combination stop lamp berukuran besar yang dibuat lebih futuristik. Roof spoiler pun sudah pasti ada untuk melengkapi bagian belakang mobil ini. Kalau di varian Swift biasa ada reflektor di bemper belakang yang terlihat sedikit janggal karena diletakkan di tengah-tengah bemper, kini varian hybrid ini terlihat begitu polos, tidak terlihat janggal.

>>> Anda bisa lihat:


Interior Suzuki Swift 2018

Interior Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 didesain kurang lebih sama dengan desain interior Suzuki Swift yang sudah meluncur di India dan Jepang. Meskipun yang didatangkan di GIIAS 2018 memiliki head unit yang sudah layar sentuh.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Dashboard

dashboard Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dengan material plastik warna hitam dan aksen silver

Bagian dashboard Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang cukup stylish

Dashboard Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 menggunakan material plastik berwarna hitam dengan aksen silver yang membentang di bawah blower AC. Di bagian tengah dashboard diberikan head unit layar sentuh yang diperkirakan memiliki fitur-fitur canggih yang sama dengan varian Swift biasa. Kontrol AC mobil ini sudah Automatic Climate Control sehingga suhu dalam kabin dapat disesuaikan secara otomatis. Dibawahnya terdapat tombol Start/Stop Push Button akan memudahkan pengemudi untuk mematikan atau menyalakan mobil hanya dengan satu tombol. Karena mengusung konsep Hybrid, terdapat tombol ECO Mode yang akan membuat gaya berkendara Anda menjadi hemat bahan bakar. Didekatnya terdapat tombol-tombol fitur keselamatan yang akan dijabarkan pada bagian berikutnya.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Setir

setir Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dengan Audio Steering Switch

Setir Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang terlihat fungsional

Setir Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dibalut dengan kulit dan posisinya bisa diatur sesuai keinginan karena sudah didesain Tilt & Telescopic. Setir mobil ini dilengkapi dengan Audio Steering Switch yang akan memudahkan pengemudi untuk mengatur pilihan pada sistem audio tanpa harus melepas setir kemudi.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Kursi

kursi penumpang depan Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang dilapisi dengan fabric

Kursi penumpang depan Suzuki Swift Strong Hybrid 2018

Kursi Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 terdiri dari dua baris dan mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Kursi mobil ini menggunakan material yang cukup empuk namun masih dilapisi dengan fabric.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Bagasi

bagasi Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 berkapasitas 286 liter

Ruang bagasi Suzuki Swift Strong Hybrid 2018

Bagasi Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 memiliki ruang bagasi yang sama besarnya dengan varian Swift biasa, berkapasitas 286 liter yang masih muat untuk menaruh beberapa barang bawaan. Jika kursi baris kedua dengan konfigurasi 60:40 dilipat, maka ruang bagasi akan jauh lebih luas.

>>> Review mobil lainnya:

Fitur Suzuki Swift 2018

Fitur keselamatan dan keamanan Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 yang baru diketahu saat ini dimulai dari sistem pengereman dengan fitur ABS dan EBD yang siap memberikan pengereman terbaik. 7 SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang yang dipadukan dengan seat belt with pretensioner siap memberikan perlindungan keselamatan yang maksimal. Untuk kontrol stabilitas sudah diberikan Electronic Stabilty Program (atau dikenal sebagai ESC) dan Hill Road Assist (atau dikenal dengan Hill Start Assist). Untuk keamanan selama perjalanan diberikan Dual Camera Brake Support yang siap memberitahu Anda untuk memberikan gambaran suasana mobil dan memberikan instruksi untuk mengerem jika dekat dengan objek, serta Lane Departure Warning yang akan membaca marka jalan dan memberitahu Anda untuk kembali ke lajur yang benar ketika Anda tidak sengaja keluar dari jalur yang benar.

 

Operasi Suzuki Swift 2018

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Mesin 

mesin Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 berkapasitas 1.197 cc dilengkapi dengan motor listrik

Mesin konvensional dan motor listrik Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 (sumber: suzuki.co.jp)

Mesin Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 menggunakan mesin 1.2L VVT 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.197 cc yang sudah dipadukan dengan motor listrik. Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 94 daya kuda sudah termasuk dengan tenaga dari motor listrik, torsi maksimal mencapai 150 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT.

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018​: Mild Hybrid

Teknologi Mild Hybrid pada Suzuki Swift memadukan Dual Jet Engine dan Motor Generator Unit. Ketika mobil dihidupkan, Motor Generator Unit akan digerakkan oleh baterai yang diletakkan di bagian bagasi. Ini juga berlaku ketika menginjak gas dan melakukan akselerasi. Ketika dipacu pada kecepatan 60 km/jam, mesin konvensional akan hidup dan bekerja, serta Motor Generator Unit akan membantu menambah kecepatan. Saat pengereman dan kecepatan berada di bawah 60 km/jam, mesin konvensional akan berhenti dan Motor Generator Unit bekerja seperti dinamo yang akan menghasilkan listrik untuk mengisi baterai Lithium.

Spesifikasi Suzuki Swift 2018

Spesifikasi Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Spesifikasi Suzuki Swift Strong Hybrid 2018

Tipe Mesin

1.2L VVT 4 silinder segaris 16 katup dengan motor listrik

Kapasitas

1.197 cc

Tenaga Maksimum

94 dk (termasuk tenaga motor listrik)

Torsi Maksimum

150 Nm

P x L x T

3.840 x 1.695 x 1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.450 mm

Berat Kosong

880 kg

Tipe Transmisi

5-Speed M/T dan CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan pegas per

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

* Catatan: di GIIAS 2018 Indonesia mobil ini didatangkan langsung dari Jepang, sehingga di Indonesia masih hanya sekedar perkenalan

Daftar Harga Suzuki Swift 2018

Di Jepang, Suzuki Swift Strong Hybrid 2018 dibanderol mulai dari 212 juta Rupiah hingga 249 juta Rupiah mengikuti kurs Yen Jepang saat ini. Karena tidak dijual dan hanya sekedar diperkenalkan di ajang GIIAS 2018, maka kita tunggu saja perkembangan selanjutnya ketika mobil ini siap dipasarkan di Indonesia.

Kesimpulan Suzuki Swift 2018

Butuh regulasi yang jelas untuk mobil hybrid ini, mengingat mobil ini sudah dibuat untuk ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Meskipun hanya hatchback, namun kalau dikenai pajak yang tinggi, tetap jatuhnya menjadi mobil yang mahal. Bisa dikatakan Suzuki menjadi pelopor mobil hatchback yang sudah mengusung konsep hybrid.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Handy Goeyana
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

20/06/2018

Editor rate:

Embusan kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny 2019 terus terkuak akhir-akhir ini, mulai dari foto Spyshot, brosur hingga sekelumit informasi dari website resminya. Nah, belum lama ini, Suzuki Global menghadirkan spesifikasi dan fitur lengkapnya. Berikut ini adalah review Suzuki Jimny 2019.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Suzuki All New Ertiga GX 2018: Bersenjata Makin Lengkap

29/06/2018

Editor rate:

Di tengah-tengah kritik terhadap pengurangan fitur Suzuki Ertiga 2018, Cintamobil.com melakukan test drive varian teratas GX. Simak terus untuk review selengkapnya

Lihat juga

Profil Suzuki APV Luxury 2014, Perlawanan Terakhir APV

14/06/2018

Editor rate:

Suzuki APV yang sudah malang melintang dari 2005 silam kali ini mendapat penyegaran yang cukup mencolok meskipun hanya tipe tertingginya yang diberi perubahan. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 menjadi ajang perkenalan mobil multifungsi ini. Berikut ini profil Suzuki APV Luxury 2014.

Lihat juga

Profil Suzuki Every Plus 2003, “Prototipe” Suzuki APV

11/06/2018

Editor rate:

Suzuki Every Plus masuk sekitar pada tahun 2003 dan hanya dijual sampai tahun 2004. Meski sejatinya masih satu keluarga dengan Carry, Suzuki Every 2003 berbeda dengan versi pickup dengan beberapa perubahan di bagian kaki dan transmisi. Berikut ini adalah profil Suzuki Every Plus 2003.

Lihat juga

Spesifikasi Suzuki Mega Carry 2018: Yang Extra Untuk Bisnis Anda

26/05/2018

Editor rate:

Siapa tak kenal sang legenda pikap Suzuki Carry? Sejak tahun 2011 Suzuki Carry Mega hadir memenuhi kebutuhan para pengusaha di Indonesia, Carry Mega hadir guna mempertahankan pangsa dari gerogotan Daihatsu Gran Max, Suzuki meluncurkan Mega Carry berukuran lebih besar. Berikut ini spesifikasi Suzuki Mega Carry 2018.

Lihat juga