Di Jepang 5 Bintang, Uji Keselamatan Suzuki Swift Buatan India Hanya 2 Bintang

11/10/2018

Pasar mobil
Maruti Suzuki Swift yang dibuat di India hanya mendapatkan bintang dua dari total 5 bintang dalam uji keamanan New Car Assessment Program (NCAP) Global.

NGAP Global hanya memberikan dua bintang untuk hatchback Maruti Suzuki Swift karena kinerja buruknya dibandingkan dengan mobil Eropa yang mendapatkan curtain airbags dengan Electronic Stability Control (ESC) sebagai standar. Masalahnya, mobil yang sama (varian hibrida) yang dijual di Jepang telah mendapatkan peringkat 5 dari uji keamanan.

Gambar yang menunjukan uji tabrakan Suzuki Swift dari NCAP

Uji tabrakan NCAP hanya memberikan dua bintang untuk Swift

Bahkan mobil yang dijual di Eropa mendapatkan rating bintang 3, meskipun bukan pasar terbesar dibandingkan mobil pasar India. Mobil yang sama, perusahaan yang sama, tetapi nilai yang berbeda untuk pasar yang berbeda.

>>> Tak Disangka, Jualan Mercedes-Benz Meningkat Saat Rupiah Melemah

Yang lebih mengejutkan adalah Swift buatan India diekspor ke Eropa dan pasar Jepang. Jika Suzuki dapat membuat mobil yang cukup aman untuk memenuhi standar internasional di India, mengapa tidak menjual mobil dengan standar keamanan yang sama kepada pembeli di India?

Gambar yang menunjukan perbedaan hasl uji tabrakan Swift India dan Eropa

Perbedaan uji tabrakan Swift buatan India (kiri) dan Eropa (kanan)

>>> Dapatkan semua pasar mobil internasional hanya di sini

Global NCAP menggunakan model Swift yang paling terjangkau. Dilengkapi dengan dua kantong udara depan untuk uji tabrakan, namun Swift gagal memberikan perlindungan yang memadai untuk dada dan lutut pengemudi. Bahkan struktur mobil dinilai tidak stabil dan dinyatakan tidak mampu “menahan beban lebih lanjut” ketika mengalami benturan.

David Ward, Sekretaris Jenderal Global NCAP mengatakan, “Versi terbaru dari Swift yang dijual di India telah meningkat dan baik untuk dual airbag sebagai standar. Ini menegaskan efek menguntungkan dari peraturan uji tabrakan baru Pemerintah India. Namun kinerja Swift yang dijual di Eropa dan Jepang menunjukkan bahwa kinerja keselamatan yang lebih baik masih mungkin sehingga Global NCAP ingin melihat Maruti Suzuki mendapatkan hasil lebih tinggi.”

>>> Ingin membeli mobil Suzuki terbaru? Intip daftar harga dari Cintamobil.com di sini

Test uji keamanan Maruti Suzuki Swift oleh NCAP

Maruti sebelumnya menerima pujian setelah hasil yang bagus untuk Vitara Brezza dengan bintang empatnya. Perlu dicatat bahwa tidak ada satupun mobil buatan India yang mendapatkan bintang lima penuh dalam tes NCAP Global sejauh ini.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top